ON LINE

Followers

PERENCANAAN SEHAT DI TAHUN 2010

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 01 Januari 2010

Di awal tahun 2010 ini siapa yang tidak mau memiliki tubuh sehat, bebas dari penderitaan penyakit? Semua sahabat sehat dengan reiki tentu menginginkan sehat dan bugar sepanjang tahun ini...itu kalau bisa dan terlaksana. Kita sadar tidak mudah menerapkan gaya hidup sehat manakala penyakit telah datang dan mengeram dalam tubuh kita. Menyesal...tidak! Karena hal sepele ini timbul akibat alpa menerapkan perilaku hidup sehat. Biasanya kesadaran timbul ketika telah jatuh sakit.


Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari membiasakan hidup sehat bukanlah hal sulit dilakukan. Ini dapat dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sosial. Pepatah kuno mengatakan dan masih relevan dalam kehidupan manusia sampai saat ini, bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena itu perilaku sehat adalah bagian dari pencegahan dini terhadap penyakit yang akan datang ke setiap orang.


Status kesehatan seseorang secara umum dipengaruhi oleh empat faktor yaitu perilaku, lingkungan, pelayanan kesehatan dan keturunan. Menurut data Depkes ini, faktor keturunan merupakan potensi faktor yang tidak bisa diubah lagi seperti riwayat penyakit keturunan. Tapi jangan berkecil hati sahabat sehat dengan reiki jika Anda

Happy Family on Farm --- Image by © Simon Jarratt/Corbis

mempunyai leluhur yang mempunyai riwayat penyakit dan kemungkinan menularkan kepada keturunannya. Ini bukan harga mati karena masih ada tiga faktor lain yang menjadi pengendali dan membantu mencegah seseorang mengalami penyakit lebih kronis lagi.


Depkes menginformasikan lagi bahwa perilaku dan lingkungan menentukan status kesehatan seseorang. Perilaku sehat, lingkungan bersih dari kotoran merupakan modal dasar. Pasalnya sebagian besar penyakit menular dan tidak menular dapat ditangkal melalui gerakan penyehatan lingkungan oleh warga masyarakat yang cinta kebersihan serta perilaku higienis masyarakat terhadap penyakit diare, demam berdarah, ISPA, pneumonia dan malaria. Untuk merealisasikan hidup sehat ada beberapa macam cara dan dapat dilakukan oleh masing-masing pribadi dengan baik.


Misalnya memperhatikan asupan makanan dan minuman. Jika asupan baik otomatis stamina akan terjaga dan produktivitas sehari hari berjalan lancar karena kita sehat. Di zaman yang serba cepat orang tidak memiliki banyak waktu untuk memilih makanan yang masuk dalam katagori asupan baik lagi bergizi seimbang. Yang lezat dimakan asal kenyang tapi justru membawa dampak buruk bila dikonsumsi berlebihan. Ingat..sesuatu yang berlebihan dikonsumsi itu tidak baik dalam tubuh. Perlu kesadaran dan ketaatan untuk menyesuaikan pola asupan makanan dengan benar.


Perilaku sehat lainnya yang tidak boleh kita lupakan adalah membiasakan diri tubuh bergerak. Istilah yang populer adalah berolahraga. Luangkan waktu sejenak setiap hari untuk olahraga. Latihan jasmani secara rutin memiliki banyak manfaat bagi kebugaran tubuh. Aktifitas tadi harus dilakukan setiap orang kalau dirinya sadar ingin hidup sehat tanpa mengenal gender dan usia. Frekuensi dan jenis olahraga pun macam-macam mulai dari yang murah meriah tanpa modal seperti jalan kaki di pagi hari, senam kesegaran jasmani, aerobik, bersepeda, berenang dan olahraga permainan yang mendebarkan dan memicu adrenalin seperti olahraga arung jeram.


Olahraga tadi dapat disesuaikan dengan dengan hobi masing-masing orang. Bahkan dokter kesehatan olahraga sering menganjurkan bagi orang yang telah mengidap penyakit tertentu misalnya diabetes perlu melakukan olahraga asalkan berkonsultasi lebih dulu dengan dokter. Selanjutnya kebiasaan hidup bersih sebagai faktor perilaku hidup sehat lain adalah membiasakan diri hidup bersih. Pola menjaga kebersihan jika tidak dilakukan secara rutin akan terbuang percuma. Bersih lingkungan diawali dengan kebiasaan sanitasi lingkungan terdekat rumah tempat tinggal untuk mencegah penyebaran berbagai kuman penyakit.


Untuk melakukan perilaku higienitas mesyarakat, Depkes telah mengembangkan kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dengan pendekatan Community Lead Total Sanition di mana kegiatan ini telah diresmikan sejak tahun 2008. Tentu sahabat sehat dengan reiki bertanya apa itu Sanitasi Total? Sanitasi total adalah kondisi suatu komunitas benar-benar menjalankan pilar-pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat seperti tidak buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun sebelum menyentuh makanan dan minuman, mengelola air murni rumah tangga, makanan yang nyaman, mengelola sampah dengan benar pada tempatnya serta mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.


Jika kelima pilar dapat diterapkan dengan kontinyu dan berkelanjutan tanpa rasa bosan dengan sendirinya diharapkan sektor kesehatan dan ekonomi masyarakat yang baik akan dapat tercapai. Kuncinya perilaku higienis akan terwujud ideal jika dimulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga. Nah...sahabat sehat dengan reiki....untuk hari ini saja sudahkah Anda menerapkan salah satu pilar hidup sehat bagi diri Anda dan keluarga? Sehat bersama reiki berharap tentunya kita semua mampu menjabarkan kelima pilar ini dengan baik tanpa ada perasaan tertekan demi mendapatkan kesehatan dan kebugaran sepanjang tahun 2010. Anda mau...mari mulai sekarang hidup sehat...terserah caranya, ada banyak pilihan menuju sehat.


0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.