ON LINE

Followers

MENGENAL MEDITASI

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 11 Januari 2010

Setiap praktisi reiki dari berbagai aliran selalu menjalankan meditasi di samping latihan reiki itu sendiri. Anjuran melakukan meditasi dengan tujuan melatih disiplin bathin yang akan membentuk suatu kesadaran di mana pola pikir mengarah ke satu titik tertentu (fokus). Pola dasar meditasi adalah mencapai keseimbangan dalam hidup. Kita sadar bahwa alam sekitar telah mengajarkan banyak hal perihal kearifan hidup yang akan membuahkan ketentraman dan kedamaian bagi si pelaku meditasi.

Jika direnungkan lebih dalam perihal meditasi sesungguhnya mengajarkan pada kita tentang kesabaran, keyakinan dan ketekunan. Bukan perkara mudah untuk mencapai tingkat sabar, yakin dan tekun dalam kondisi masyarakat modern seperti sekarang ini. Hal inilah yang menjadikan hambatan untuk mencapai keseimbangan diri untuk menyeimbangkan antara pikiran dan jiwa. Padahal meditasi itu tidak susah. Semua orang dari tingkatan anak sekolah dasar hingga manula bisa melakukan meditasi asalkan dilatih dengan ketekunan dan dibimbing oleh guru meditasi.

Gede Prama sang motivator yang berbicara di Radio Sonora Jakarta Senin siang 11 Januari 2010 mengatakan bahwa dengan meditasi seseorang diarahkan untuk belajar mengenal dirinya sendiri lebih dulu. Untuk melakukan meditasi seseorang harus mencapai kondisi rileks, santai lebih dulu dan setelah itu penyerahan total kepada Tuhan YME. Bagaimana langkah awal untuk memulai meditasi? Tidak terlalu sulit. Pertama mulai bernapas dengan cara tarik napas lewat hidung tahan sebentar di dada lalu buang napas lewat mulut.

Pernapasan model ini ditujukan untuk mengkondisikan tubuh menjadi rileks. Ulangi pernapasan ini beberapa kali siklus. Bisa 10-8-6-4 kali putaran. Bila sudah merasa santai dan rileks mulai bernapas alami yaitu tarik dan buang napas lewat hidung. Jika Anda peka maka akan terasa energi alam semesta masuk ubun-ubun (chakra mahkota) lalu diserap otak dan disimpan di dalam tubuh. Selanjutnya energi yang masuk ini akan bersikulasi melalui garis energi (meridian) yang dimulai dari kening turun ke bawah sampai di titik chakra dasar. Lalu meloncat lewat belakang merambat jalur sushumna di tulang sumsum belakang bergerak ke atas hingga chakra mahkota.

Begitu seterusnya perputaran energi ini bergerak atas-bawah-lewat belakang-atas-ke bawah kembali. Itulah sebabnya mengapa saat kita melakukan meditasi ada aliran energi hangat merayap sepanjang tulang sumsum belakang dan energi hangat lalu menyebar keseluruh bagian tubuh. Bagi sahabat sehat bersama kundalini reiki yang pernah melatih meditasi, Anda bisa mengaktipkan energi ini untuk disalurkan ke bagian organ tubuh yang bermasalah. Contohnya jika Anda pernah sakit maag, energi ini Anda arahkan mengalir ke lambung atau ke pankreas bagi sahabat yang mengidap diabetes melitus.

Menurut Anthoni MD Chiu trainer pada Self Healing Qi Gong dalam buku Mind Body and Soul Intisari menekankan meditasi murni yang diajarkannya adalah Qi Gong Diam tak ada gerakan. Hanya konsentrasi pernapasan ke titik tertentu dengan maksud mengalirkan energi hangat ke simpul-simpul saraf. Setiap peserta dapat melatih di rumah masing-masing setiap hari selama 15 hingga 1 jam. Jika Anda pernah belajar Tai Chi maka energi yang didapat lalu disalurkan ke gerak yang selanjutnya disebut Meditasi Gerak.

Latihan meditasi menurut Anthony antara lain melancarkan peredaran energi di seluruh penjuru tubuh. Ini merujuk pada ilmu pengobatan tradisional Cina yang menganggap darah dan energi ibarat saudara kembar. Jika energi dibuat lancar, darah pun menjadi lancar. "Darah manusia ibarat sungai yang mengalirkan makanan ke seluruh penjuru sel di dalam tubuh manusia. Jika peredaran darah lancar terjaminlah suplai makanan ke setiap sel yang jumlahnya 100 triliun buah. Dengan demikian sel jadi sehat dan imunitas tubuh meningkat", jelas Antony lebih lanjut.

Energi yang diputar dalam meditasi disebut mikrokosmos yakni suatu lingkaran berupa meridian 'ren' di jalur depan tubuh dan meridian 'du' yang dibelakang sepanjang tulang sumsum. Adanya energi yang bersirkulasi ini pada saat meridian 'ren' turun sampai titik chakra dasar disebut hui yin (titik paling bawah) lalu energi memutar masuk tulang ekor merambat ke atas masuk batang otak di rongga kepala. Perputaran inilah yang dalam istilah attunnement reiki disebut napas ungu. Kenapa disebut napas ungu?

Napas ungu dipakai dalam attunement dimana cahaya putih yang masuk chakra mahkota Reiki Master merambat jalur meridian depan dimulai dari kepala, cahaya berubah menjadi energi warna biru berputar searah jarum jam sangat cepat sekali lalu turun ke titik hui yin. Energi warna biru terang lalu naik ke atas sepanjang jalur sushumna masih searah putaran jarum jam lalu sampai rongga kepala. Di dalam rongga kepala ini energi diputar semakin cepat lalu berubah warna menjadi ungu terang. Energi semakin terang lalu diturunkan kembali lewat jalur belakang sampai titik Hui Yin naik keatas berputar kebalikan jarum jam sampai di rongga kepala. Masih menahan napas lalu energi warna ungu ditiupkan ke ubun-ubun (chakra mahkota) agar chakra mahkota calon praktisi reiki terbuka dan aktip.

Meditasi keseimbangan unsur Yin dan Yang. Hawa hangat menjalar ke seluruh tubuh.




Jadi meditasi adalah cara untuk membangkitkan energi. Energi pada manusia sebenarnya sudah ada tapi tidur. Metabolisme tubuh diantaranya karbohidrat dibakar, diurai menjadi gula, gula dibakar lalu berubah menjadi energi. Dalam ilmu pengobatan Cina dikenal filosofi Jing-Qi-Shen di mana Jing adalah saripati makanan, minuman dan oksigen yang diolah menjadi qi (energi) agar shen (jiwa) menjadi sehat. Selain itu ada juga filosofi lain yang disebut keseimbangan unsur Yin dan Yang yang dalam kehidupan sehari-hari dilambangkan dengan unsur dingin dan unsur panas.



0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.