ON LINE

Followers

GUNUNG SANTIAGUITO MELETUS.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 09 Mei 2010

Gunung berapi Santiaguito di Guatemala kembali meletus dan menyemburkan pasir serta debu setinggi lebih dari delapan kilometer. Semburan debu membahayakan lalu lintas penerbangan di Provinsi Quetzaltenango sehingga pemerintah setempat memutuskan untuk membatalkan penerbangan.



Gunung berapi Santiaguito yang terletak di Provinsi Quetzaltenango, sekitar 200 kilometer sebelah barat Santiago, mulai bergejolak sejak Senin 26/04 lalu. Hari Kamis kemaren kembali melakukan aktifitas vulkanik dan menyemburkan pasir serta debu setinggi lebih dari delapan kilometer yang membuat kegiatan masyarakat sehari-hari terganggu. Gangguan ini dikhawatirkan bisa menimbulkan gangguan pernapasan.



Pemerintah di tiga provinsi terpaksa menutup sekolah dan menghentikan penerbangan untuk sementara waktu. Pembatalan penerbangan menyebabkan ribuan calon penumpang terlantar di sejumlah negara seperti halnya jadwal penerbangan yang sempat kacau karena letusan gunung api Eyjafjoell di bawah Glestser Islandia beberapa waktu lalu. Debu Gunung Santiaguito juga dikhawatirkan akan merusak lahan pertanian di wilayah sekitar gunung.




Angin membawa abu dari gunung setinggi 2.500 meter di atas permukaan laut itu ke ibu kota Guatemala, Guatemala City. Abu dari semburan letusan gunung api itu menyelimuti enam provinsi.

Gunung Api Santiaguito yang terletak di Provinsi Quetzaltenango, 200 kilometer dari Guatemala City, ibu kota Guatemala pada Senin (26/4) meletus dan menyemburkan pasir dan abu menyelimuti Guatemala bagian barat.


Badan penanggulangan bencana nasional telah menghimbau warga yang tinggal di sekitar Gunung Santiaguito untuk segera mengungsi. Badan penanggulangan bencana nasional telah menaikkan tingkat bahaya Gunung Santiaguito ke tingkat oranye. Gunung Santiaguito yang memiliki ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut sebelumnya pernah meletus pada tahun 1989. Gunung ini merupakan bagian dari gugusan gunung berapi aktif yang terbentang di dataran tinggi Maya.



Bencana alam tampaknya masih akan terus berlangsung sampai kapan kita pun tidak pernah tahu. Bencana satu belum selesai ditanggulangi, bencana lain datang menyusul. Entah itu bencana gunung berapi atau banjir dan tanah longsor atau pun gempa bumi. Semua terjadi tanpa dapat diprediksi sebelumnya dan datangnya tiba-tiba dan selalu membawa korban jiwa manusia, binatang dan kerusakan lingkungan.


Abu dan pasir dari letusan gunung api itu dikhawatirkan akan merusak ladang pertanian warga.

Letusan ini oleh Institut Seismologis negeri itu dinilai sebagai sesuatu yang tidak biasa dan merupakan letusan sangat keras. Letusan terburuk Gunung Santiaguito itu terjadi pada 1929 dan menewaskan 2.500 orang.


Sumber : Latin/Guatemala - Volcano.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.