ON LINE

Followers

DEBU VULKANIK MENGARAH KE TIMUR EROPA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 17 Mei 2010

Sejumlah bandara internasional di wilayah utara Eropa menunda sebagian jadwal penerbangannya setelah debu vulkanik dari letusan gunung berapi Islandia, mulai mengarah ke wilayah timur dan utara Eropa. Para ilmuwan sejauh ini masih meneliti gejala yang terjadi di dalam gunung berapi Eyjaf-Jalla-Jokull setelah debu vulkanik mulai berkurang namun guncangan masih terus terjadi.



Sejumlah bandara internasional Eropa yang ditutup diantaranya adalah Bandara Utama Finlandia, Vantaa di Helsinki. Sementara beberapa bandara di Norwegia dan Swedia menunda jadwal penerbangannya. Bandara utama Swedia, Arlanda dan Bandara Norwergia, Gardermoen sejauh ini masih beroperasi. Namun pihak otoritas penerbangan setempat masih terus memonitor perkembangan arah pergerakan debu vulkanik.



Pejabat otoritas penerbangan Norwegia telah menggelar pertemuan darurat setelah debu vulkanik mulai bergerak ke wilayah udara Norwegia dan mengancam operasional Bandara Gardermoen. Pihak otoritas penerbangan Denmark juga mulai membuka kembali jadwal penerbangannya namun Badan Meteorologi setempat memprediksi pergerakan debu vulkanik mulai mengarah ke wilayah udara Denmark. Letusan Gunung Eyjafjallajokull di Islandia menyemburkan abu vulkanik yang memusingkan, karena mengacaukan lalu lintas udara Eropa. Ribuan penumpang tertahan di bandara, perekonomian terganggu, barang-barang komoditas pertanian membusuk karena tak bisa dikirim.




Abu Islandia (AP Photo/Jon Gustafsson). Letusan Eyjafjallajökull 'saja' bisa mempengaruhi atmosfer dan membuat dunia penerbangan kalang kabut.


Gunung berapi Eyjaf-Jalla-Jokull yang terletak sekitar 120 kilometer sebelah tenggara Reykjavik meletus selama sepekan terakhir menyebabkan terganggunya jalur penerbangan di wilayah udara Eropa. Peristiwa ini juga mengakibatkan beberapa negara terkena imbas. Abu vulkanik tebal yang menyelimuti awan membuat pernerbangan ditunda. Tentunya maskapai penerbangan dibeberapa negara mengalami kerugian.



Namun, menurut laman Wall Street Journal, Sabtu 24 April 2010 sebagaimana dirilis oleh vivanews.com dampak letusan Gunung Eyjafjallajökull tak sebanding dengan letusan Gunung Tambora di Sumbawa Indonesia. Pada 5 April 1815 sore, gunung berapi Tambora mulai bergemuruh dan 'batuk -batuk'. Kondisi ini terjadi dalam beberapa hari. Beberapa hari kemudian, pada 11 dan 12 April letusan Gunung Tambora mencapai klimaksnya. Gunung besar itu meletus, getarannya mengguncangkan bumi hingga jarak ratusan mil.



Letusan Tambora bahkan lebih dahsyat dari Krakatau. Menurut data Volcanic Explosivity Index (VEI), indeks letusan gunung yang mirip skala Richter untuk mengukur kekuatan gempa.


Selama lebih dari 10 hari kemudian, Tambora mengeluarkan 24 kubik mil (1 mil = 1,6 kilometer) lava dan bebatuan gunung. Saking dahsyatnya, di puncak Tambora tercipta kawah selebar tiga mil dan dalamnya hampir 1 mil. Lelehan lava panas, batu yang berterbangan, dan gas mematikan yang keluar dari perut Tambora saat itu menewaskan puluhan ribuan orang. Jutaan ton abu dan debu memenuhi udara, mengubah siang hari menjadi gelap gulita. Debu tebal menyelimuti wilayah kaki gunung dan bahkan Bali. Debu menutup semua vegetasi di Pulau Bali dan menyelimuti lautan. Sekitar 117.000 orang di wilayah yang dulu dikenal sebagai Hindia Belanda tewas. Banyak dari mereka terkena imbas letusan, jadi korban kelaparan dan penyakit.




Tak terbayang jika Tambora meletus di era ini. Seperti meriam raksasa, Tambora menyemburkan abu, debu, dan setidaknya 400 juta ton gas sulfur ke udara, hingga 27 mil tegak lurus ke strastofer, jauh di atas awan cuaca. Letusan gunung di Islandia sama sekali bukan bandingan untuk Tambora. Badan Geologi Amerika Serikat atau US Geological Survey bahkan menobatkan letusan Tambora sebagai "yang terkuat sepanjang sejarah"


Sumber : Reuters/Finland - Ash Report.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.