ON LINE

Followers

BUAH NAGA BUAH MERAH SAGA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 15 Mei 2010

Madura selain terkenal dengan karapan sapi juga terkenal akan pembudidayaan buah naga. Buah naga atau yang dikenal dengan istilah Ho Lung Kuo ini dipercaya mampu menetralisir kadar gula darah. Selain itu pula buah ini mampu menetralkan kadar kolesterol dan melancarkan aliran darah dalam tubuh. Karena itu tidak heran buah yang dulu kala dibudidayakan di Pulau Jawa kini mulai dibudidayakan di daerah kering panas Madura.



Buah berwarna merah saga ini menjadi makanan favorit kaum manula. Lho kenapa menjadi makanan favorit manula? Sebab penurunan fungsi tubuh manusia biasanya dimulai di usia empat puluh tahun. Pada usia inilah segala jenis penyakit mulai akrab dengan tubuh. Mulai penyakit ringan hingga berat mulai akrab bersahabat dengan orang yang tidak peduli akan kesehatannya. Karena itu begitu mengetahui khasiat buah naga yang mampu menetralisir keluhan penyakit seperti kadar gula darah, kolesterol darah dan melancarkan aliran darah, maka menjadikan Fitria bergaul akrab dengan buah yang satu ini.



Dibalik rasanya yang manis menyegarkan, buah naga kaya akan manfaat. Banyak orang percaya buah ini dapat menurunkan kolesterol dan penyeimbang gula darah. Memang belum ada penelitian pasti tentang manfaat buah ini. Namun mengingat asalnya dari jenis buah kaktus, kita percaya buah naga mengandung vitamin C, beta karoten, kalsium dan karbohidrat. Yang pasti buah naga tinggi serat sebagai pengikat zat karsinogen penyebab kanker dan memperlancar proses pencernaan. (id. Wikipedia)



Ibu Fitria begitu biasa tamu yang datang ke rumahnya menyapa, memulai usaha pembudidayaan buah naga sejak empat tahun lalu dengan modal awal lima puluh juta rupiah. Awalnya dia menanam sebanyak dua ratus lima puluh batang pohon di lahan yang dia miliki di Desa Sendang Kecamatan Pragaan Sumenep Jawa Timur. Tentu saja di awal usahanya sedikit mengalami kesulitan membudidayakan tanaman buah naga mengingat pekerjaan sebelumnya sebagai petani tembakau. Berkat ketekunan dan usaha keras maka tanaman buah naga kali ini mencapai panen raya.




Buah naga bentuknya bulat agak lonjong seukuran dengan buah alpukat. Kulit buahnya berwarna merah menyala untuk jenis buah naga putih dan merah.


Meskipun secara geografis Madura merupakan tanah kering dan tadah hujan dan berhawa panas sebagaimana terlihat sehat dengan kundalini reiki bersama kerabat kerja Kamis 14 April 2010 lalu, tetapi panen raya buah naga kali ini mencapai empat ton bila dibandingkan dengan panen perdana empat tahun lalu yang hanya lima kwintal buah naga. Dengan semakin banyaknya buah naga yang berhasil dipetik maka semakin tinggi pula keuntungan yang diperoleh. Sebagai gambaran harga 1 ton buah naga harganya mencapai tujuh belas juta rupiah.



Menurut Fitria sekalipun buah naga yang ditanam di daerah panas kering seperti di Madura ini, ternyata buah naga sukses dibudidayakan bahkan buah naga hasil budidaya petani Sumenep Madura ini memiliki lebih banyak serat dan kadar air sedikit sehingga mampu bertahan lama ketika disimpan. Saat panen raya kali ini banyak terlihat buah naga dijajakan di kios pinggir jalan Desa Sendang. Kini buah naga sudah mulai dibudidayakan petani lain sehingga diharapkan nantinya Kabupaten Sumenep mulai dikenal masyarakat sebagai sentra buah naga berkualitas di Madura.



Salah seorang warga desa Pelengaan Pamekasan, Munirah mulai tertarik untuk mencoba mengembangkan budidaya buah naga ini di rumahnya. Di samping menguntungkan dari sisi ekonomi, buah berwarna merah saga asal Negeri Tirai Bambu ini dapat dikonsumsi untuk menunjang kesehatan tubuh, juga sangat indah dijadikan pemandangan sebagai seni bercocok tanaman hias. Mengutip situs garfazh.blogspot.com, Morfologi tanaman buah naga terdiri dari akar, batang, duri dan bunga serta buah. Akar buah naga hanyalah akar serabut yang berkembang di dalam tanah di batang atas sebagai akar gantung.




Dibalik rasanya yang manis menyegarkan, buah naga kaya akan manfaat. Banyak orang percaya buah ini dapat menurunkan kolesterol dan penyeimbang gula darah.


Akar tumbuh di sepanjang batang di bagian punggung sirip di sudut batang. Di bagian duri muncul ini akan tumbuh bunga yang bentuknya mirip bunga Wijayakusuma. Bunga yang tidak rontok berkembang menjadi buah. Buah naga bentuknya bulat agak lonjong seukuran dengan buah alpukat. Kulit buahnya berwarna merah menyala untuk jenis buah naga putih dan merah, berwarna merah gelap untuk buah naga hitam dan berwarna kuning untuk buah naga kuning. Di sekujur kulit dipenuhi dengan jumbai-jumbai yang dianalogikan dengan sisik seekor naga. Oleh sebab itu, buah ini disebut buah naga.



Kenyataan bahwa buah naga tidak hanya mendatangkan keuntungan dalam waktu singkat tetapi tanaman ini dalam setahun panen raya selama tiga sampai empat bulan. Apalagi menjelang perayaan Imlek kemaren buah naga ini banyak dicari konsumen dari masyarakat Tionghoa yang ada di Indonesia. Jadi naga yang menyemburkan api dalam cerita klasik Tiongkok dengan lidah menjulur menakutkan, juga mempunyai cerita indah tersendiri bila naga yang satu ini berubah menjadi buah merah saga dengan sebutan buah naga alias Hou Lung Kuo.



Jadi kalau Anda datang ke Pulau Madura selain mencicipi nasi buk yang menyajikan nasi jagung dengan mendol alias tempe yang ditumbuk mirip perkedel plus paru goreng, empal, ayam goreng ditambah sayur nangka serta kerupuk kelapa khas Madura, juga sempatkan diri melihat karapan sapi. Anda boleh juga membawa oleh-oleh garam yodium putih dari Kalianget, tentu yang tak boleh dilupakan membeli si merah saga buah naga. Semua ini dapat diperoleh di daerah Sumenep daerah paling timur dari daratan Pulau Madura.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.