ON LINE

Followers

PANCARAN ARUS ESLANDIA UTARA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 15 Desember 2011

Saat saya belajar ilmu bumi di bangku sekolah menengah pertama, dikenalkan dengan istilah arus air samudra. Diceritakan oleh Pak Seno, guru geografi ku di SMP Negeri 5 Solo, mengatakan bahwa arus samudra di seluruh dunia yang memutar air laut, ibarat aliran darah yang beredar dalam sistem peredaran darah. Arus menukarkan air yang temperaturnya lebih hangat dengan air dingin dari wilayah kutub.



Cara kerja arus mirip ban berjalan dan ini berperan penting dalam mengatur iklim bumi. Salah satu arus tersebut adalah The Atlantic Meridional Overturning Circulation ( AMOC ) mengedarkan air di Atlantik Utara melalui celah-celah di Greenland - Scotland Ridge yang memisahkan Atlantik dengan laut-laut di utara. Saluran air utama dari AMOC mengalir melalui Selat Denmark, antara Eslandia dan Greenland.



Bagaimana AMOC berfungsi di Selat Denmark dapat diterangkan sebagai berikut. Sebagian besar air dingin keluar menuju Atlantik di sepanjang sisi timur Greenland, yang disebut Arus Greenland Timur. Meski demikian, dua pakar ilmu kelautan dari Eslandia menemukan bahwa ada arus tandingan yang sama-sama mengalir ke Atlantik.


Pergerakan arus laut samudra di seluruh dunia.


Para pakar itu menyebut arus kedua ini sebagai sebagai pancaran Eslandia Utara ( Nort Iceland Jet ) karena alirannya mengikuti lika-liku Eslandia yang berseberangan dengan Selat Denmark. Situs GeoWeek menyebut penelitian awal menunjukkan, bahwa Pancaran Eslandia Utara membawa sedikitnya separuh dari total volume air yang melewati selat. Sebagian besar adalah air terdingin dan terpekat.



Untuk memahami bagaimana air dipompa ke cekungan Atlantik, atau bagaimana pengaruh perubahan iklim global, para peneliti memperbanyak penempatan sejumlah alat-alat monitoring di Selat Denmark. Kajian terhadap Arus Greenland Timur dan Pancaran Eslandia Utara ini berlangsung setahun penuh. Jadi Arus Tanah Hijau Timur atau Arus Greenland Timur merupakan arus dingin yang mengalir dari laut Kutub Utara ke selatan menyusur pantai timur Tanah Hijau. Arus ini didorong oleh angin timur yang berasal dari daerah kutub.



Sumber : GeoWeek.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.