ON LINE

Followers

IKAN STURGEON SUKA MELONCAT.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 10 Desember 2011

Ikan sturgeon yang bertubuh besar dan bentuknya mirip ikan prasejarah ditemukan di perairan berbagai belahan dunia. Salah satu speciesnya yaitu ikan Sturgeon Teluk, berdiam di lepas pantai dan sungai-sungai di Teluk Meksiko. Ikan ini menghuni perairan, mulai dari Lousiana sampai Florida, memiliki popularitas unik karena mereka bisa meloncat tinggi di atas permukaan air.



Ikan meloncat bukanlah hal luar biasa. Akan tetapi kalau yang meloncat adalah ikan yang panjangnya 2,5 meter dan beratnya sampai 91 kilogram, ini menjadi fenomena menarik untuk dicermati. Saat meloncat terkadang terjadi beberapa insiden akibat ulah ikan ini. Sejumlah orang jatuh dari perahu karena kaget tersambar siripnya. Ada yang terluka gara-gara diterjang Sturgeon di Sungai Suwannee Florida.


Spesies sturgeon terbesar dapat tumbuh hingga 6 meter, yang sama besar dengan hiu putih. Hidup di muara sungai Teluk Meksiko.

Karena suka meloncat tinggi, sturgeon terkadang jatuh ke geladak kapal.


Sungai ini menjadi konsentrasi habitat terbesar Sturgeon Teluk. Akibat seringnya terjadi insiden-insiden menggelikan karena ulah ikan ini, maka selalu menjadi bahan pemberitaan tabloid lokal. Para peneliti sampai sekarang belum bisa mengungkap mengapa ikan-ikan itu suka meloncat.



Berbagai dugaan muncul mengapa ikan ini suka meloncat. Ada yang menyebut karena ikan ini menghindari predator. Atau ikan ini suka meloncat karena sekedar bersenang-senang. Semua dugaan ini sampai sekarang belum bisa dibuktikan. Ahli biologi dari US - Geological Survey punya pertimbangan sendiri.


Dengan berat hampir mencapai 1 kwintal, Ikan Sturgeon cukup sulit ditangani satu orang. Untuk menangkap ikan Sturgeon perlu bantuan orang lain.

Sirip punggung ikan Sturgeon yang mirip gergaji sangat tajam untuk melukai mangsanya.


Menurut tim peneliti, ikan Sturgeon suka meloncat untuk berkomunikasi. Pada saat meloncat suara yang dikeluarkan Sturgeon berbeda dengan bunyi ikan-ikan lain yang juga meloncat. Para peneliti dari USGS yakin, aksi meloncat itu setara dengan lenguhan sapi, yaitu mengumumkan keberadaan dirinya kepada kelompoknya.



Aktivitas meloncat mencapai puncaknya pada musim panas dan musim gugur. Saat itu kawanan Sturgeon berkerumun dalam kelompok-kelompok besar.



Sumber : GeoWeek.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.