ON LINE

Followers

SUMBER SEL PUNCA DARI OTAK JENAZAH.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 29 Oktober 2012

Otak jenazah saat manusia telah mati, proses hidup bagian-bagian tubuh manusia tidak berakhir bersamaan. Setelah paru-paru berhenti, jantung berhenti berdetak, otak berhenti bekerja, tubuh mulai mendingin dan tanda-tanda vital kehidupan menghilang, masih ada sel-sel tubuh yang bertahan hidup hingga beberapa minggu. Para peneliti dapat memanen sel yang masih hidup dari kulit kepala dan lapisan otak jenazah manusia dan memprogramnya menjadi sel punca.

Sel punca yaitu sel yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi berbagai jenis sel  dalam tubuh. Adapun proses yang dilakukan peneliti adalah dengan mengambil fibroblas sel jaringan ikat dari kulit kepala dan lapisan otak dari 146 donor untuk diinduksi menjadi sel punca pluripoten. " Kami dapat mengatur jaringan sel hidup dari orang mati pada skala yang lebih besar dibandingkan sebelumnya, " kata Thomas Hyde, peneliti dari Institut Pengembangan Otak Lieber, di Baltimore, Amerika Serikat, kepada Livescience, Selasa ( 16/10 ).

Mayat yang digunakan dalam penelitian ini berumur dua hari dan disimpan dalam lemari pendingin, tetapi tidak sampai beku. Para peneliti menemukan fibroblas dari lapisan otak ( duramater ) 16 kali lebih berhasil menjadi sel punca daripada kulit kepala. Ini sesuai prediksi mengingat kulit kepala rentan terkontaminasi jamur dan bakteri, sama seperti kulit di bagian lain.

Sel-sel kulit kepala berkembang lebih banyak dan cepat dibandingkan sel durameter. Hasil penelitian yang dimuat jurnal Plos One, 27 September, ini ke depan diharapkan dapat digunakan utuk mengatasi berbagai gangguan otak akibat malfungsi selama pembentukan jaringan, seperti skizofrenia, bipolar, autisme dan keterbelakangan mental. ( Livescience/MZW ).

1 Responses to SUMBER SEL PUNCA DARI OTAK JENAZAH.

  1. sel punca baru dengar ini mbak, terima kasih infonya
    ngomong-ngomong tentang program Attunement reikinya masih jalankah saat ini? terus terang tertarik untuk mengikutinya

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.