ON LINE

Followers

DIA HOBI OLAHRAGA BERSEPEDA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 17 Oktober 2012

Mas Hari saudara sepupu saya selalu menyempatkan diri ngontel sepeda untuk kegiatan hariannya. Mulai dari pergi ke pasar untuk membeli pakan burung dan belanja bahan makanan hingga pergi bekerja, dia selalu asyik nongkrong di atas sadel sepedanya. Bahkan di saat sore hari ketika warung angkringan di dekat rumah saya di Solo sudah pada buka, dia selalu memarkir sepedanya di dekat angkringan tersebut, cuma untuk mengobrol  dengan pemilik warung angkringan.

Begitu sayangnya pada sepeda ontel antiknya, setiap ada kegiatan sepeda gembira di kota Solo, dia selalu ikut berpartisipasi. Mengayuh sepeda bersama group sepeda gembira di komunitasnya, menjelajah rute Solo hingga Jogja, Semarang, Salatiga, Ngawi, Pacitan bahkan Madiun sudah dilakoninya dengan sepeda balapnya. Itu semua dia lakukan untuk satu tujuan, mumpung kaki masih kuat ngontel, tubuh harus dibuat kuat sehat dengan olahraga bersepeda.

Bahkan ketika komunitas sepeda jelajah jarak jauh Solo hingga Denpasar beberapa tahun lalu dilangsungkan, dia ikut berpartisipasi. Dia tidak takut ketinggalan dan tercecer dari rombongan saat masing-masing pembalap saling adu kecepatan, Mas Hari tetap semangat mengayuh pedal sepeda balapnya  hingga finis di tujuan akhir kota Pacitan. Saya bilang padanya, bahwa ia lebih cocok menjadi pembalap sepeda saja daripada ngebut dengan sepeda motornya, namun Mas Hari menolak disebut sebagai pembalap sepeda.
Sepeda adalah salah satu alat transportasi darat yang digerakkan dengan cara mengayuh. Banyak jenis sepeda yang dibuat, dari berbagai merk dan perusahaan, namun Anda bebas memilih sepeda yang disukai dan nyaman saat digunakan. Apakah sepeda balap atau sepeda ontel yang digunakan untuk jarak dekat.
Begitu cintanya pada olahraga bersepeda,  dia dengan fasih menjelaskan manfaat dari olahraga sepeda. Menurut manual book dari komunitas pesepeda Solo yang dia ikuti, sejatinya kegiatan bersepeda kerap dipandang sebagai olahraga biasa-biasa saja. Namun sejatinya, setiap pembalap atau orang yang hobi bersepeda alias pit-pitan, selalu menyebut olahraga bersepeda sebagai olahraga gembira untuk melepas stres di saat roda sepeda meluncur di jalan aspal yang mulus, alias tidak bergelombang kontur permukaan aspal jalanan yang dilewatinya.

Untuk mendapatkan manfaat kebugaran tubuh di saat bersepeda, setiap pembalap atau orang yang hobi naik sepeda selalu memahami empat elemen dasar bersepeda, yaitu ketahanan ( endurance ), kekuatan ( power ), kelenturan ( flexibility ) dan tentu saja keterampilan ( skill ) bersepeda di jalan raya. Keempat elemen dasar bersepeda harus didukung dengan frekuensi, durasi, intensitas dalam pelaksanaan latihan dan nutrisi  untuk menunjang latihan.

Karena empat elemen dasar itulah setiap pembalap sepeda selalu ingin mendapatkan manfaat sebagai salah satu kiat sehat, bugar, awet muda dan umur panjang. Setiap pembalap pun harus memperhatikan nutrisi penunjang dan istirahat cukup sebelum lomba bersepeda dilakukan. Olahraga bersepeda selain ramah lingkungan karena tidak ada bahan bakar buangan yang keluar dari sepedanya, bersepeda memberikan manfaat lain untuk tubuh sehat dan bugar.
Bersepeda merupakan salah satu bentuk olah raga yang paling efektif dan murah untuk mencapai kesehatan yang mahal harganya. Sebagai contoh, bersepeda dan mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes, untuk itulah kenapa bersepeda merupakan salah satu sarana untuk hidup sehat.
Mengingat setiap pembalap sepeda akan mengalami pembakaran jumlah kalori yang sama, semua tergantung pada berat tubuh dan kelebihan lemak yang dimiliki setiap pembalap. Rata-rata bersepeda selama 60 menit untuk jarak 20 hingga 25 kilometer setiap hari, akan membantu membakar 500 - 700 kalori tubuh. Otot kaki juga harus kuat di saat melakukan kayuhan ( pedaling ) sehingga cardiovaskuler dan sirkulasi paru bekerja aktif,  terutama saat berpacu di atas sepeda.
Bersepeda memberikan efek yang positif pada perasaan dan suasana hati kita, apalagi jika berboncengan dengan kekasih. Bersepeda dapat mengurangi depresi, strees, meningkatkan mood dan memotivasi diri kita. Sebagai contoh dengan bersepeda kita dapat melihat lingkungan sekitar secara lebih seksama, bersosialisasi dengan lingkungan, menikmati pemandangan alam dan udara yang segar. Bonus dari semua itu adalah kesehatan.
Mas Hari masih meneruskan obrolan tentang manfaat bersepeda yang telah dilakoninya sejak masih duduk di bangku SMA. Dia menjelaskan bahwa  bersepeda akan membuat peredaran darah lebih lancar sehingga oksigen dapat disalurkan pada seluruh bagian tubuh dengan efektif. Lalu dia balik bertanya kepada saya, olahraga apa saja yang selama ini saya ikuti, saya jawab dengan jujur, olahraga jalan kaki rutin seminggu empat kali.

Mendengar jawaban saya, Mas Hari malah menawari saya untuk sekali-kali mencoba sepeda ontelnya jika nanti saya jadi menetap di Solo saat pensiun tiba. Saya jawab jujur saja, kita lihat saja perkembangannya, yang jelas saya dan Mas Hari yang sama-sama hobi berolahraga dengan cara berbeda, mempunyai satu tujuan, bahwa olahraga sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.