ON LINE

Followers

KAMPANYE UNTUK MAU BERTEGUR SAPA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 18 Oktober 2012

Hidup rukun dengan tetangga menjadi dambaan setiap orang dimana pun dia bertempat tinggal. Salah satu cara menjalin  relasi harmonis dengan tetangga adalah saling bertegur sapa satu sama lain. Cara ini cukup ampuh untuk merekatkan ikatan sosial sesama penghuni rumah, sekali pun tidak setiap hari bisa bersua lalu bertegur sapa, dikarenakan kesibukan masing-masing penghuni rumah dalam sebuah kawasan tempat tinggal.

Untuk itulah peranan Ketua Lingkungan terkecil dalam sebuah wilayah pemukiman mutlak diperlukan. Orang awam menyebut Ketua Lingkungan adalah Pak RT atau Bu RT jika yang menjabat sebagai ketua lingkungan adalah wanita. Warga yang patuh pada aturan hidup bertetangga dalam sebuah rukun tetangga akan dengan senang hati mematuhi peraturan yang dibuat oleh ketua RT yang disyahkan oleh pejabat di atasnya, yaitu ketua RW.

Biasanya untuk mengakrabkan penghuni rumah satu sama lain agar tidak terjadi kesenjangan komunikasi, ketua RT sebulan sekali akan mengadakan pertemuan warga. Tempat bertemuanya warga bisa diadakan di aula atau bergilir dari rumah warga satu ke rumah warga berikutnya setiap bulannya. Ternyata cara ini cukup ampuh untuk mengakrabkan penghuni rumah dengan tetangga lain di sekitarnya.

Namun rambut boleh hitam akan tetapi isi kepala atau pikiran setiap orang cenderung berbeda dalam mensikapi masalah. Ada warga yang rajin datang di  setiap pertemuan warga, ada pula warga yang tidak mau bersosialisasi datang ke pertemuan warga. Mereka berpendapat bertemu tetangga hanya buang-buang waktu saja yang ujung-ujungnya akan terlibat gosip murahan.

Kalau ada warga yang enggan datang di saat ada pertemuan warga, tentu mereka bisa digolongkan sebagai pembangkang alias egois mau hidup sendiri tanpa perlu bantuan  tetangga. Kalau sudah begitu, apakah mereka bisa mengatasi masalah, misalnya ada anggota keluarga yang sakit mendadak, apa harus menghubungi keluarga lebih dulu yang jauh, daripada meminta bantuan kepada tetangga di sekitarnya?

Tipe orang egois tidak mau bersosialisasi dengan tetangga saat ini  sedang melanda warga Malmoe Swedia nun jauh dari Tanah Air Indonesia tercinta. Di negeri empat musim inilah, orang Swedia semakin tidak peduli kepada tetangganya. Jangankan berbincang-bincang tentang keseharian di lingkungan tempat tinggalnya, misalnya berbicara masalah keamanan tempat tinggal, memberi senyum tulus kepada tetangga pun ada yang enggan melakukan.

Jika berbicara akrab dengan tetangga saja sudah jarang dilakukan warga Malmo Swedia, apalagi memberi senyum tulus, tentu memprihatinkan kondisi ini bagi kelangsungan hidup harmonis bertetangga di Malmo Swedia. Melihat situasi ini, sebuah perusahaan perumahan di Swedia melancarkan kampanye senilai 137.000 dollar AS atau sekitar Rp. 1.3 miliar untuk menggugah warga Swedia mau tersenyum dan menyapa tetangganya.

Kampanye senyum untuk tetangga berjudul Katakan Hai ini diumumkan oleh perusahaan pengelola perumahan MKB di Malmo. Tujuan kampanye ini dilakukan dengan menyebarkan brosur kepada para penyewa rumah, agar mereka mau memulai pembicaraan pendek dengan tetangga saat bertemu setiap hari.
Menurut juru bicara MKB Margaretha Soderstrom, kampanye menggugah kesadaran warga untuk mau saling bertegur sapa dengan tetangga  sebenarnya tidak selalu diperlukan setiap kali mereka bertemu di saat jam berangkat kerja. " Terkadang cukup dengan seulas senyum manis di bibir saja, ditambah anggukan kepala atau gerakan kecil lainnya, misalnya melambaikan tangan, sudah cukup menjalin keakraban, " katanya.  (   UPI ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.