ON LINE

Followers

JAGA KOLESTEROL BAIK ANDA TETAP NORMAL.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 14 Oktober 2012

Sabtu ( 22/9 ) lalu, saya sehat dengan donor darah ketemu lagi dengan teman-teman sesama pendonor darah di Mall sebuah pertokoan Jakarta Barat.  Dalam perbincangan sehat di hari libur Sabtu itu, salah seorang rekan pendonor sedikit uring-uringan yang menjadikan tekanan darahnya melonjak naik saat diperiksa oleh tim dokter PMI. Pasalnya dia sedikit kecewa dengan panitia yang punya gawe kegiatan donor darah, kerabat kerja yang ditunjuk menerima tamu pendonor darah, bekerja lemot sekali pagi itu.

Saya yang diajak bicara, mengajak rekan pria itu sedikit bersabar, toh hari masih pagi dan masih banyak yang harus dipersiapkan panitia. Oleh karena itu saya ajak dia bersikap tenang daripada uring-uringan, nanti malah membuat tekanan darahnya naik saat diperiksa sebelum diambil darahnya. Betul juga kata saya pagi itu, begitu diperiksa tim dokter, ternyata tensi darahnya naik di atas normal.

Apakah karena dia sedikit emosi, atau masalah lain saya tidak tahu. Yang jelas tensi darahnya ikut naik, kolesterol darah pun ikut naik saat diperiksa paska pengambilan darah. Dengan begitu klop sudah rekan itu punya riwayat kesehatan yang tidak menggembirakan pagi itu.

Sekalipun jiwa sosialnya sudah diperlihatkan dengan mendermakan 400 cc cairan darah merahnya, lalu kenapa tensi darah naik di atas normal berdasar bukti pemeriksaan medis, kolesterol teman itu juga ikut naik? Barangkali sekalipun secara fisik, emosi dan mental terlihat sehat, pola makan lah yang mempengaruhi terjadinya peningkatan kolesterol.
Beberapa karyawan Pertamina sedang mendonorkan darahnya di Kantor Pusat Pertamina di Jakarta, Rabu (27/6). Foto Media Indonesia/ROMMY PUJIANTO.
Kalau dirunut berdasarkan catatan medis kedokteran, kolesterol lebih dikenal dengan dampak buruknya yang menyebabkan stroke, jantung dan tekanan darah ikut pula naik. Selain kolesterol yang berdampak buruk tersebut, ada pula kolesterol baik yang setia berteman dengan diri kita.

Kolesterol baik yang dikenal dengan high density lipoprotein ( HDL ) berfungsi untuk membuang kolesterol jahat atau law density lipoprotein ( LDL ) dari pembuluh darah. Saat ini banyak orang yang menderita kolesterol tinggi karena kadar HDL di bawah normal. Untuk membuat kolesterol normal, ada beberapa cara menaikkan kadar HDL.

Caranya cobalah selalu bergerak aktif setiap hari dengan kegiatan olahraga minimal selama setengah jam sehari saja. Lakukan kegiatan positif ini lima kali seminggu. Olahraga yang bermanfaat untuk menormalkan kadar kolesterol di antaranya, senam aerobik, bersepeda, berenang dan jalan kaki.

Selain olahraga tersebut ada pula aktivitas fisik yang dapat membakar lemak. Misalnya berkebun dengan mengayunkan cangkul, menyabit rumput  dan menyiangi tanamanan yang daunnya rimbun menutup genting. Setelah berolahraga sehat, sebisa mungkin menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh karena dapat menaikkan kadar kolesterol jahat dan merusak pembuluh darah.

Mengonsumsi gandum dan kacang-kacangan sangat baik saat sarapan. Lalu banyak minum jus jeruk setiap hari karena antioksidan dalam jeruk cukup tinggi sehingga dapat menaikkan kadar HDL. Makan buah alpukat karena daging buahnya mengandung kadar kolesterol baik yang cukup tinggi. Sebisa mungkin mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun  saat menggoreng bahan makanan.
Kacang kedelai yang telah diolah menjadi tahu, tempe, susu kedelai dan tepung kedelai, mengandung isoflavon yaitu zat yang bisa menekan LDL.
Mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan, kacang kedelai yang kaya serat. Protein pada kedelai sangat baik untuk menggantikan protein yang berasal dari hewan. Yang tak kalah penting jika Anda pria perkasa, berhentilah merokok.

Menurut penelitian, dengan berhenti merokok kadar kolesterol baik bisa naik sampai 10 persen. Selanjutnya cobalah berhenti minum alkohol karena konsumsi berlebihan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan serius seperti tekanan darah tinggi dan buntutnya stroke. Tentu saja peringatan dini ini ibarat sedia payung sebelum hujan turun.

Nah hujan turun itu adalah isyarat adanya penyakit  yang masuk tubuh kita yang semakin tambah usia semakin rapuh daya tahannya.  Anda dan saya kan ingin terus hidup sehat bukan ? Kalau begitu masing-masing diri kita tentu sudah tahu caranya mewujudkan hidup sehat, terserah bagaimana caranya.  Yang jelas hidup sehat adalah dambaan setiap orang di muka bumi ini.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.