ON LINE

Followers

JALUR TERBANG ATLANTIK.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 16 Oktober 2012

Masih ingat dengan lagu Angsa Putih yang dinyanyikan oleh Anna Mantovani di era tahun 1960 an? Bagi sebagian orang mungkin lagu itu sudah dianggap old dies alias kuno yang dikemas dalam lagu kenangan, akan tetapi tidak demikian dengan si  angsa itu sendiri. Dari jaman ke jaman, angsa tetaplah  angsa  yang mempunyai keunikan tersendiri atas bentuk badannya yang berleher jenjang dan panjang dengan kepakan sayapnya yang membentang di kanan dan kiri tubuhnya.

Setiap pergantian musim, gerombolan angsa datang  dalam jumlah ribuan, bahkan puluhan ribu sekali terbang di setiap tahunnya. Rombongan angsa yang memenuhi angkasa sedang menunjukkan keahliannya sebagai juru terbang, lalu menukik tajam ke bawah meluncur ke danau-danau dan pantai pesisir di Atlantik.

Angsa ini adalah angsa Tundra, angsa Kanada dan angsa Salju. Karena diburu oleh siklus internal, mereka terbang ke arah selatan mengikuti desakan migrasi untuk mencari kehidupan  baru. Di saat musim dingin yang ganas dan menyusutnya bahan makanan di Kanada dan Antartika, angsa-angsa berpindah tempat dengan menempuh perjalanan panjang nan melelahkan.

Mereka terbang ke arah selatan mencari tumbuh-tumbuhan yang terdapat di rawa darat. Selain rawa darat yang masih menjanjikan pangan melimpah, angsa ini juga mendarat di pesisir yang lebih hangat dan tentu yang tak kalah menarik, angsa ini mencari air tempat mandi. Pilihan ini jatuh pada   danau-danau.
Angsa Tundra gemar bermigrasi menuju tempat baru yang menjanjikan banyak bahan makanan di saat musim dingin yang ganas berlangsung di Kanada dan Antartika. Rombongan angsa Tundra terbang lalu mendarat di danau dan pesisir yang berhawa hangat.
Bersama-sama binatang air lainnya, menurut situs Geo Weeks, burung-burung perkasa ini lalu mencari makanan berupa tumbuhan yang ada di bawah permukaan air sambil bercericit. Di saat migrasi menempuh perjalanan panjang, ikut pula ribuan angsa tundra yang menetap setiap musim gugur di Delaware, Marylang, New Jersey, Nort Carolina, Pennsylvania dan Virginia ( Amerika Serikat ).

Dikenal sebagai angsa-angsa yang senang bersiul, angsa tundra adalah spesies yang paling umum dilihat di Amerika Utara. Meskipun pesisir Atlantik merupakan lokasi primer untuk migrasi di musim gugur, angsa-angsa ini juga melakukan perjalanan panjang ke selatan sampai ke Karibia.

[youtube=http://www.youtube.com/watch?feature=player_detailpage&v=jruw6Vc2sSk]
(  GeoWeeks/You Tube by Kent Degerrot ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.