ON LINE

Followers

DANAU VOSTOK ANTARTIKA MIRIP JUPITER.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 18 Maret 2012

Setelah menggali hampir 10 tahun, ilmuwan Rusia berhasil menjangkau permukaan cari Danau Vostoc di Antartika, 5 Februari. Danau seluas 250 x 80 kilometer itu terletak 3,2 kilometer di bawah permukaan bumi. Danau itu terkubur lapisan es 14 - 43 juta tahun lalu.



Kondisi danau ini mirip keadaan di satelit bulan Jupiter yang bernama Europa. Satelit ini memiliki permukaan es, tetapi diperkirakan ada lautan di bawahnya. Penggalian dilakukan untuk mendapatkan petunjuk jika nantinya penggalian Europa berlangsung. " Tidak ada perbandingan yang lebih baik di Bumi untuk menggambarkan kondisi Europa selain Danau Vostoc, " kata wakil kepala peneliti bidang eksplorasi tata surya pada Laboratoriom Propulsi Jet Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat ( NASA ),Kevin Hand kepada Space, Senin ( 13/2 ).



Namun permukaan cair di Europa jauh lebih dalam dibandingkan kedalaman Danau Vostok, yaitu 15 kilometer. Jumlah air di Europa diperkirakan 2 - 3 kali lebih banyak daripada Bumi. Jika air di Bumi memainkan peran penting dalam evolusi kehidupan, kehadiran air di Europa diharapkan memberikan pengaruh sama.


Sekelompok peneliti dari Rusia berhasil menjangkau danau Vostok, yang terkubur di dasar lapisan es Antartika. Danau tersebut telah terkubur di kedalaman 3,2 kilometer, selama lebih dari 14 juta tahun.


" Europa adalah tempat utama untuk mencari asal-usul kehidupan kedua ( setelah Bumi ) di tata surya, " katanya. Pengeboran es Antartika oleh ilmuwan Rusia dimulai tahun 1970-an. Saat itu, mereka tidak tahu bahwa di bawah lokasi pengeboran terdapat danau terbesar di bawah permukaan bumi.



Ketika teknologi citra satelit dan penginderaan jarak jauh ditemukan 20 tahun kemudian, diketahui keberadaan Danau Vostok. Penggalian itu membutuhkan waktu lama karena menghadapi banyak kendala peralatan dan menjaga agar contoh air tidak terkontaminasi kondisi permukaan.



Seperti dilansir Live Science, Kamis ( 9/2/2012 ), pencapaian itu diperoleh setelah melakukan pengeboran selama puluhan tahun. Alat pengeboran yang digunakan para ilmuwan tersebut menembus lapisan es tipis di dasar lapisan es utama, dan menyentuh air danau Vostok pada kedalaman 3.769 meter.



( Sumber : Space/MZW ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.