ON LINE

Followers

TARSIUS YANG SUKA TERSENYUM.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 31 Oktober 2011 0 komentar

Binatang bertubuh mungil kalau boleh dibilang imut-imut dengan mata bulat besar dan tinggal di sebuah pulau vulkanik yang terpencil di Indonesia itu adalah anggota terbaru daftar merah ( Red List ) yang perlu mendapat perhatian kita semua. Dalam daftar yang dirilis setiap tahun oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam, daftar merah untuk sebutan itu menyangkut keberadaan atas kelompok spesies yang sangat-sangat terancam punah dari kehidupan di muka bumi.



Spesies yang masuk kategori berisiko tinggi akan punah pada tahun 2011 itu di antaranya Tarsius yang mendiami Pulau Siau. Menurut situs GeoWeek, Tarsius itu juga dikenal sebagai Tarsius yang suka tersenyum karena wajahnya yang selalu sumringah. Keserakahan manusia atas nafsu berburu binatang, merupakan ancaman nyata terhadap kehidupan Tarsius yang tidak bisa mengelak dari kejaran pemburu liar yang masuk ke dalam habitatnya di pedalaman hutan tropis Indonesia.



Selain perburuan liar, masih ada lagi ancaman nyata yang berasal dari alam yaitu meletusnya gunung berapi yang masih aktif di daerah tersebut. Dengan sendirinya kondisi tarsius yang sudah tersudut karena ulah perburuan liar dan keberadaan gunun api yang masih aktif, akan ikut mendorong primata mungil yang tinggal hanya di satu pulau ini, ke gerbang kepunahan. Upaya menyelamatkan kehidupan Tarsius agar tidak diganggu manusia sudah dilakukan oleh kalangan pencinta alam demi menjaga kelestarian hidupnya.


Tarsius juga memiliki kepala yang unik karena mampu berputar hingga 180 derajat ke kanan dan ke kiri seperti burung hantu. Ciri-ciri fisik tarsius yang unik lainnya adalah ukuran matanya yang sangat besar. Ukuran mata tarsius lebih besar ketimbang ukuran otaknya.


Namun dalam kenyataan, populasi manusia di Pulau Siau telah menghancurkan habitat binatang ini. Hanya dalam satu dekade, hampir 80 persen tarsius di Pulau Siau telah punah. Sedangkan sebagian sisanya yang masih berdiam di sekitar gunung berapi Karengetang, juga terancam hidupnya karena aktivitas vulkanik gunung ini.



Keprihatinan akan masa depan Tarsius dari ancaman kepunahan sudah dilakukan dalam program pengembangbiakan yang dilakukan oleh kebun binatang dan pusat-pusat konservasi, sekali pun masih mengalami kegagalan. Mereka tidak menyerah dengan usaha ini demi terus mengupayakan kehidupan masa depan Tarsius dari ancaman kepunahan. Tujuannya menjaga agar Tarsius tetap bisa hidup di habitatnya dengan aman dari ancaman letusan gunung berapi.



Sekali pun upaya mewujudkannya perlu kerja keras oleh mereka yang peduli akan kelestarian hewan langka ini, dukungan kepada mereka perlu kita sokong. Kini harapan untuk masa depan kehidupan Tarsius agar tidak terancam punah hanya ada di Pulau Siau. Senyum manis Tarsius boleh jadi isyarat kepada manusia agar dirinya tidak diperlakukan semena-mena. Saat ini Tarsius sangat membutuhkan perhatian kita semua.

Read More..

Prolog : Masih banyak saudara kita yang belum tahu apa itu reiki dan apa pula manfaatnya bagi kesehatan. Karena begitu penting untuk diketahui oleh pembaca, maka tidak ada salahnya sehat dengan kundalini reiki terbit ulangkan kembali postingan lama reiki ini agar segera diketahui, daripada mencari ke arsip reiki blog ini. Arsip reiki sudah ratusan jumlahnya dan ada beberapa postingan yang di blog lama pernah terbit, di blog ini sedapat mungkin akan diterbit ulangkan kembali dengan sedikit revisi ( editing ) menyangkut judul postingan dengan tidak mengurangi maknanya.



Anda sahabat sehat dengan reiki pasti pernah menonton wayang orang dengan tokoh Kresna Raja Dwarawati yang mempunyai kakak bernama Baladewa memerintah Kerajaan Manduro dengan arif bijaksana. Kresno dalam dunia pewayangan digambarkan mempunyai senjata sakti andalan yang bisa menghancurkan gunung. Senjata ini dinamakan Chakra. Demikian pula halnya dengan Baladewa, dia juga mempunyai senjata sakti andalan bernama Nenggala. Chakra senjata sakti milik Kresno dalam budaya India yang menganut ajaran Hindu sangat penting sekali peranannya dalam memerangi angkara murka. Karena Kresno sebagai titisan Dewa Wisnu didaulat para Dewa di Kahyangan untuk bertugas memelihara dan mengatur alam semesta, maka dia dibekali dengan senjata sakti Chakra.



Senjata chakra milik Kresno berbentuk roda atau chakram yang berputar. Tapi kali ini saya tidak akan bercerita soal wayang perihal Chakra senjata andalan Kresno itu. Saya hanya menggambarkan chakra sebagai senjata Kresno berbentuk seperti roda berputar itu dengan Chakra sebagai gerbang pintu energi yang terdapat pada tubuh manusia. Kalau chakra senjata Kresno bisa dilihat kasat mata, maka Chakra yang satu ini hanya bisa dilihat oleh pewaskita sebagai putaran roda yang berputar searah dan kebalikan jarum jam.


Meditasi reiki kundalini sangat membantu untuk membuat chakra utama tetap aktif dan bersih terus menerus.


Chakra begitu praktisi reiki menyebut, merupakan pusat pintu aliran energi yang masuk dan keluar tubuh. Pengetahuan tentang chakra penting sekali diketahui setiap orang baik yang pernah atau belum pernah belajar olahraga pernapasan, reiki, prana dan tenaga dalam. Atau Anda, sahabat sehat bersama reiki yang tidak pernah belajar sama sekali tentang olahraga pernapasan sama sekali? Tidak masalah untuk mengetahuinya sekedar menambah wawasan saja. Karena chakra digambarkan sebagai berputarnya roda yang berputar searah putaran jarum jam yang artinya maju atau berlawanan arah putaran jarum jam yang artinya mundur, maka chakra terlihat unik dan menakjubkan penampakannya.



Berputarnya roda chakra atau tepatnya roda energi digambarkan sebagai kelopak bunga teratai. Putaran chakra ibaratnya seperti berputarnya roda-roda kincir secara terus menerus seirama tarikan napas manusia pemiliknya, terlihat seperti pusaran angin tornado yang berbentuk corong yang menimbulkan pusaran energi ke satu titik. Pusaran energi yang terbentuk selanjutnya dialirkan ke alat-alat organ pada tubuh fisik manusia melalui nadi yang sangat halus. Nadi yang sangat halus ini disebut meridian. Jadi chakra adalah pintu gerbang masuknya energi dari alam semesta ke dalam tubuh manusia atau sebaliknya.



Menurut Flora dalam buku Chakras : Key to Spiritual Opening menyebut chakra sebagai pusat energi dan setiap orang mempunyai sistem energi. Salah satu bagian dari sistem ini adalah sistem chakra yang berisi informasi spiritual dan energi yang bersangkutan. Menurut Leadbeater dalam buku tersebut, tanpa energi maka tubuh jasmani manusia tidak ada. Oleh karena itu pusat-pusat energi (chakra) setiap orang selalu bekerja sekali pun pada orang yang belum pernah diattunement reiki. Chakra itu bergerak lambat hanya sekedar untuk kebutuhan energi bagi tubuh manusia tidak lebih.



Sedangkan bagi orang yang telah menerima attunement reiki chakra-chakra tersebut akan bercahaya dan mengembang sehingga jumlah energi yang masuk lewat chakra tersebut jauh lebih banyak sehingga akan dapat memberi manfaat bagi orang bersangkutan. Melihat pentingnya chakra dan peranannya dalam sistem-sistem dan jaringan dalam tubuh manusia, sangat penting menjaga keseimbangan chakra dimaksud setidaknya menjaga keseimbangan tiga sistem utama dalam tubuh yaitu sistem saraf otonom mencakup (pernapasan, denyut jantung), imunitas (perlawanan terhadap penyakit) serta hormonal.



Tadi sehat bersama reiki singgung bahwa setiap manusia memiliki chakra dalam tubuh energinya. Hanya saja chakra setiap orang berbeda-beda. Ada yang besar, kecil dan belum mengembang, ada yang bersih dan ada yang kotor. Bagi Anda yang merasa chakra tubuh belum mengembang atau dirasa masih kotor ada beberapa cara yang menurut praktisi reiki bisa menolong untuk membersihkan dan sekaligus memperbesar. Jadi siapa pun yang kesehatannya tidak begitu baik sudah barang tentu chakra dalam tubuhnya kekurangan energi sehingga tidak bersih dan cenderung kotor.



Cara pertama dan setiap orang pasti bisa membersihkan chakra, adalah melakukan olahraga teratur sehingga kesehatan tubuh terjaga.Tubuh sehat dengan sendirinya chakra utama dalam kondisi tetap bersih. Chakra-chakra yang bersih akan membuat perputaran chakra lebih aktip dan interaksi dengan energi alam semesta lambat laun akan memperbesar chakra tubuh. Tentu saja hal ini tidak bisa diperoleh secara instant namun harus diikuti pola hidup sehat berkelanjutan sebagaimana disarankan dokter dan berinteraksi dengan alam sekitar yang bersih alami dari pencemaran udara kotor dan kebersihan lingkungan.



Kedua, adalah belajar teknik pernapasan yang digabung dengan olah fisik dapat membantu chakra mengembang dan bersih. Olah raga pernapasan dan fisik yang benar dapat menyeimbangkan jalur Ida dan Pinggala, keseimbangan unsur Yin dan Yang dalam tubuh turut pula menyeimbangkan fungsi dan kerja organ-organ tubuh. Dengan seimbangnya fungsi organ tubuh turut pula bersihnya chakra yang berhubungan organ dimaksud. Jadi dengan teknik pernapasan yang benar setidak-tidaknya kita memelihara kebersihan chakra agar berfungsi maksimal dalam menarik dan mengeluarkan energi dalam tubuh.



Ketiga, dengan teknik inisiasi/attunement reiki. Cara ini dibilang paling instant karena dengan attunement seketika itu juga orang mempunyai kemampuan untuk menarik dan mengeluarkan energi yang bersumber dari alam semesta. Dengan attunement yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan oleh Reiki Master, saat itu juga chakra-chakra seseorang yang menerima attunement akan terbuka baik permanen atau temporer. Lho kenapa ada yang permanen dan temporer?



Itu barangkali pertanyaan Anda pada sehat bersama reiki. Yang permanen adalah 7 chakra utama termasuk di sini chakra ajna. Sedangkan yang temporer hanya khusus chakra ajna saja. Sebab chakra ajna pada sebagian orang yang memang dikarunia bakat oleh Tuhan YME bisa melihat energi halus dengan sendirinya bisa melihat alam yang lebih dalam lagi yaitu alamnya makhluk halus. Pada saat-saat tertentu bila dipergunakan untuk keperluan khusus, chakra ajna dapat berfungsi secara otomatis melihat tabir dibalik alam yang kasat mata ini. Contoh aktipnya chakra ajna secara berlebihan adalah fenomena anak indigo.



Keempat, agar chakra tetap bersih dengan rutin melakukan meditasi pembersihan chakra. Bisa juga meditasi umum yang setiap orang diluar praktisi reiki bisa melakukannya dibantu dengan terapi warna dan suara chakra. Meditasi yang dipadukan dengan doa/zikir mengingat Allah akan membersihkan tidak saja chakra-chakra tubuh tetapi juga mind dan kalbu kita dari hal-hal negatife. Terapi warna bisa dilakukan dengan memberi warna yang sesuai dengan warna chakra. Teknik meditasi ini membayangkan warna chakra yang dibersihkan. Sedangkan terapi suara bisa dilakukan dengan melakukan relaksasi sambil mendengarkan musik teduh misalnya musik klasik.



Kelima, sebagaimana kita ketahui para Yogi dan Pendeta India atau Tibet sejak dahulu telah biasa mempraktekkan Yoga sebagai salah satu sarana untuk membersihkan, mengembangkan chakra bagi perkembangan spiritual mereka. Begitu pentingnya pengetahuan tentang chakra bagi kesehatan tubuh manusia, tentu kita berharap agar chakra kita selalu aktip dalam kondisi tetap bersih sekaligus berkembang setiap saat. Masih sedikit orang memahami kekuatan chakra sebagai pedoman penyaluran energi penyembuh seperti teknik prana, tenaga dalam dan reiki. Padahal kalau chakra-chakra itu diaktipkan dengan sungguh-sungguh akan sangat mempengaruhi kualitas bagi kesehatan tubuh manusia.



Gambar kiri atas adalah teknik mengaktipkan sekaligus membersihkan chakra utama lewat meditasi Kundalini Reiki.

Read More..

WAJAH TETAP TERLIHAT MUDA SECARA ALAMI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 30 Oktober 2011 0 komentar


Masih ingat dengan penyanyi Titik Puspa? Atau Jane Fonda yang masih kinclong terlihat awet muda kendati pun usianya semakin menua? Jawaban atas pertanyaan ini mungkin agak rumit bagi sehat dengan reiki menjawabnya. Saat melihat Acara Papiko di Televisi RI sekian tahun silam dan Senin malam ( 24/10/11 ) lewat acara Bukan Empat Mata, terlihat Mbak Titik Puspa menyanyi dan diwawancarai Mas Tukul yang disorot beberapa kamera, terlihat wajahnya tetap sama dengan wajah yang tampil ketika acara Papiko dulu. Apalagi kalau wajahnya disorot dalam posisi Close UP, raut mukanya tetap menampakkan wajah awet muda di saat memasuki usia senja saat ini. Lantas apa sih rahasianya kok bisa mempertahankan wajah tetap terlihat awet muda hingga saat ini?



Ahli gizi menjawab, " Dengan teratur makan buah dan sayur, proses penuaan bisa diperlambat. Banyak pendapat yang berkembang seputar rahasia awet muda, di antaranya dengan perbanyak senyum atau tertawa, hingga berusaha hidup lurus, tidak neko-neko dan ngoyo ", jawabnya. Selain makan buah dan sayur teratur, disarankan pula untuk rajin mengkonsumsi vitamin dan mineral. Karena vitamin dan mineral adalah zat nutrisi yang penting bagi manusia agar dapat hidup dengan kesehatan prima.



Vitamin merupakan senyawa organik yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan kesehatan dan seringkali bekerja sebagai faktor enzim untuk metabolisme. Proses penuaan setiap manusia adalah alami dan akan dialami setiap orang. Terjadinya proses penuaan selain akibat serbuan radikal bebas juga disebabkan oleh kekurangan vitamin dalam jumlah besar. Makanan memang memberikan sejumlah vitamin, hanya saja tidak semua vitamin dibutuhkan untuk mencegah proses penuaan karena dipasok oleh makanan.



Ketika seorang menjadi tua, lebih banyak vitamin dibutuhkan tubuh mengingat daya serap usus sudah berkurang kinerjanya serta kurangnya produksi vitamin di dalam tubuh. Sementara mineral merupakan senyawa anorganik yang menjadi bagian dari enzim dan dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan termasuk tulang. Seperti halnya vitamin, mineral juga penting untuk metabolisme.


Kebanyakan orang pasti ingin memiliki kulit bersinar, terutama seiring bertambahnya usia. Sebagian perempuan rela mengeluarkan dana tidak sedikit untuk merawat kulit. Ternyata untuk mencapai kulit bersinar tidak perlu harus mengeluarkan dana besar. Cukup dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan segar akan memberikan cahaya yang sehat dan membuat kulit Anda lebih menarik.


Untuk hidup sehat dengan reiki melalui latihan pernafasan, penyaluran reiki secara teratur tampaknya kurang cukup juga sarananya. Masih diperlukan sarana kecukupan mineral untuk tubuh, di antaranya berpaling ke alam sekitar. Coba simak isi kebun kita. Sudah tersediakah sayur mayur yang kita tanam agar bisa dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan mineral setiap harinya?



Memang buah-buahan dan sayuran asli Indonesia banyak diyakini bisa menunda proses penuaan dini seseorang. Tentu Anda masih ingat akan almarhum kakek dan nenek kita semasa hidupnya. Mereka lebih banyak mengkonsumsi sayur mayur hasil kebun, buah-buahan segar dan jarang makan daging.



Makan daging itu pun dibatasi dari hewan tertentu saja yang dagingnya dikonsumsi, misalnya daging ayam dan ikan segar. Selebihnya lebih banyak minum air putih matang dan mengolah spirit dengan cara hidup prihatin jauh dari hura-hura seperti kehidupan manusia modern sekarang ini. Kebetulan di jaman itu belum banyak bahan makanan yang diawetkan dengan bahan kimia. Jika makanan sudah jamuren dan berbau segera dibuang ke pawuhan atau diberikan ke ayam.



Lalu soal mineral yang masuk tubuh jumlahnya dibedakan menjadi dua kelompok. Pertama, mineral yang terdapat dalam jumlah relatif banyak, seperti kalsium, fosfor, magnesium, kalium, natrium, klorida dan sulfur. Kedua, mineral yang jumlahnya sangat sedikit disebut unsur hara seperti kromium, seng, selenium, iodiom, besi, fluor, kobalt, tembaga, mangan dan molibdenum.



Yang perlu diingat asupan mineral yang berlebihan dapat menimbulkan gejala keracunan dan bila kekurangan dapat menimbulkan gejala defisiensi. Nah jawaban atas pertanyaan awet muda pada alinea awal di atas adalah membiasakan diri kita untuk kembali ke alam. Ya... menengok alam dengan segala kekayaan alam yang siap kita olah dan konsumsi untuk kebutuhan pangan kita sehari-hari.



Bagaimana memperoleh semua itu? Kekayaan alam Indonesia terutama tumbuhan tidak dipungkiri sudah terkenal sejak dulu kala akan keampuhannya untuk menyembuhkan penyakit. Demikian pula halnya dengan usaha manusia untuk memperoleh karunia berupa awet muda, mereka mendapatkan jawaban singkat. Mereka berpaling ke alam yang memproduksi buah-buahan dan sayuran segar untuk dikonsumsi. Buah-buahan dan sayuran tersedia dalam jumlah cukup. Kira-kira apa saja buah-buah dan sayuran itu?



1. Buah Alpukat ( Persea Americana Miller )
Tumbuhan asli Amerika Tengah ini memiliki buah buni berdaging berbentuk bola atau bulat telur, panjang 5 sampai 20 cm, warnanya hijau atau hijau kuning. Bila buahnya matang dagingnya terasa lunak dan berlemak.



Buah alpukat mengandung air dan lemak terutama lemak tidak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol, protein karbohidrat, zat besi, betakarotin, vitamin B komplek, folat dan glutation dengan nilai energi 600-8-- kilojoule per 100 gram. Buah ini mudah dicerna dimakan sebagai es campur, jus atau bahan salad.



Minyak buah ini digunakan dalam industri kosmetika untuk produk sabun dan pelembab kulit. Berkhasiat melembutkan serta mengencangkan kulit dan menyuburkan rambut, melindungi kulit dari sinar matahari dan hawa panas, serta menjaga kulit dari kerusakan akibat hujan.



2. Bayam merah ( Amaranthus Tricolor I )
Bayam mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amrantin, betakarotin, vitamin A,C,E, asam folat dan glutation. Bayam dapat meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi bayam setiap hari berguna untuk membersihkan darah sehabis melahirkan. Air perasan akar bayam merah dapat mengobati disentri. Bayam berguna juga untuk obat kurang darah ( anemia ) dan sebagai campuran ramuan untuk penderita gagal ginjal.



3. Tomat ( Lycopersion Esculentum Mill )
Buah ini rasanya manis asam lebih memberikan rasa sejuk dalam tubuh. Sering digunakan sebagai antiseptik usus, pencahar ingan, merangsang pengeluaran enzim lambung dan memperlancar aliran empedu.

4. Wortel ( Daucus Carota I )
Wortel segar mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin A, glutation dan betakaroten. Kandungan betakarotennya merupakan antioksidan untuk menjaga kesehatan dan menghambat penuaan.



5. Brokoli ( Brassica Oleacea var Italica )
Brokoli mirip kubis tersusun dari bunga-bunga kecil berwarna hijau dan mempunyai tangkai yang lebih panjang daripada kubis. Berkhasiat mempercepat penyembuhan setelah sakit berat. Kandungan vitamin dan mineralnya berkhasiat memperpanjang umur dan penuaan dini.



Nah itu saja yang sehat dengan reiki bagikan kepada Anda semua agar dapat memanfaatkan sayur dan mayur, buah-buahan yang ada di sekitar kita yang bisa kita konsumsi setiap saat. Tujuannya agar penampakan wajah tetap segar bugar, kulit masih halus dan kinclong tidak berkerut dan tetap kenyal. Masih ingin menunda penuaan dini khan? Semua tentu ingin tetap muda gagah dan cantik, itulah jawabannya.



Sumber : Gaya hidup sehat.

Read More..

KELEBIHAN ENERGI REIKI LAKUKAN GROUNDING.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Setiap praktisi reiki yang sudah lama belajar dan praktek reiki tentu diharapkan semua chakra utamanya sudah aktif semua yang ditandai semakin mengembangnya chakra, lembaran-lembaran chakra seimbang dan rata permukaannya layaknya kelopak bunga teratai dan tentu saja inti chakra utamanya sudah semakin bersih. Dengan kondisi seperti ini akses energi reiki pun semakin cepat sehingga detik itu juga bisa masuk ke chakra mahkota lalu menyebar merata lewat jalur Shushumna, Ida dan Pinggala.



Untuk mendapatkan kondisi ini sebenarnya gampang-gampang susah tergantung kepada serius tidaknya praktisi reiki mendayagunakan energi reiki, utamanya untuk kasus penyembuhan penyakit dalam diri juga penyembuhan penyakit ke orang lain. Jika keinginan mengenal reiki hanya sebatas untuk tahu saja tanpa disertai praktek reiki secara kontinyu, tentu saja perkembangan chakra utama untuk semakin aktif dan bersih, sulit didapat dalam waktu singkat.



Saat praktek reiki dengan konsisten, semua chakra utama akan ikut dibersihkan seiring masuknya energi reiki lewat jalur Sushumna lalu menyebar ke bagian tubuh lewat usapan tangan praktisi reiki. Aktifnya semua chakra utama akan membuat sirkulasi energi semakin lancar memenuhi seluruh bagian tubuh. Jika ada bagian tubuh yang sakit dan tidak nyaman, saat itu juga reiki akan mengalir dengan deras ke bagian yang sakit. Sebaliknya jika dalam tubuh tidak ada sensasi apa-apa dari sentuhan telapak tangan, bukan berarti energi reiki tidak mengalir. Reiki tetap mengalir akan tetapi bagian tubuh yang disentuh sudah cukup menerima reiki sehingga sensasi reiki tidak terasa sama sekali.



Semakin intens kita praktek reiki terkadang kelebihan energi reiki di dalam tubuh energi semakin over dosis. Itu artinya semua chakra utama sudah aktif mengembang, pembukaan chakra utama semakin lebar sehingga akses energi reiki pun semakin cepat masuk tubuh energi. Karena itu jika Anda peka akan terasa sekali getaran energi reiki mengalir memenuhi tubuh yang ditandai sensasi panas berlebihan, kadang hangat di selang-seling sengatan hawa panas layaknya terkena aliran setrum listrik. Dalam kondisi demikian, sekali pun kita tidak meniatkan reiki mengalir, otomatis dengan kesadarannya sendiri, energi reiki akan mengalir masuk tubuh lewat chakra mahkota secara spontan.


Grounding posisi ini akan memudahkan keluarnya energi penyakit ke dalam bumi lewat chakra dasar. Karena chakra dasar menempel kulit bumi, maka energi bumi pun dengan leluasa dapat kita akses masuk lewat chakra dasar.


Akibatnya sering timbul sensasi berlebihan dalam tubuh energi. Dampaknya tubuh phisik akan merasakan panas. Jika tidak diimbangi dengan grounding ( terhubung dengan bumi ) akan menyebabkan praktisi reiki mengalami kondisi tidak nyaman, misalnya susah tidur. Ibarat perangkat komputer yang dioperasikan terus menerus maka akan menimbulkan panas dalam CPU -nya kendati pun kipas pendingin juga berfungsi saat komputer digunakan. Jika mengetahui kondisi demikian langkah terbaik adalah mematikan komputer sementara agar reaksi panas berlebihan dalam CPU bisa dikurangi.



Lalu jika panas energi reiki berlebihan menjadikan tubuh menjadi tidak nyaman, apakah ada cara untuk mengurangi reaksi panas itu? Ada sahabat....salah satunya segera melakukan grounding ( menghubungkan diri ke bumi ) agar energi panas dalam tubuh bisa dibuang ke dalam bumi sembari membuang energi negative penyakit bersamaan lewat chakra terkait. Misalnya saat membersihkan energi negatife dalam rongga kepala, maka energi negatife akan dibuang keluar lewat chakra ajna. Pada saat bersamaan, chakra ajna juga ikut dibersihkan agar selalu terjaga dalam kondisi mekar, aktif, seimbang dan bersih inti chakranya.



Dengan grounding pula praktisi reiki dapat mengakses energi bumi yang bersifat mendinginkan agar suhu tubuh praktisi menjadi seimbang. Tidak merasakan panas berlebihan, juga tidak dingin berlebihan. Selain praktek self healing, healing ke orang lain, praktek melakukan grounding juga harus sering-sering dilakukan. Tujuannya agar dengan sering mengakses energi bumi paralel dengan mengakses energi reiki, keseimbangan unsur langit dan bumi dalam tubuh manusia terus terjaga. Unsur langit terdiri atas api dan angin sedangkan unsur bumi terdiri atas tanah dan air.



Dalam praktek reiki memang ada tradisi reiki tertentu yang mensyaratkan praktisi reiki rajin melakukan grounding. Namun ada pula tradisi reiki yang tidak menyinggung bahkan mengharuskan praktisinya melakukan grounding. Dengan kata lain grounding tidak pernah disinggung sama sekali dalam materi pelajaran reiki dan hanya diutamakan rajin mengakses reiki semata demi menyehatkan diri sendiri dan juga orang lain. Karena itulah menurut hemat sehat dengan reiki dan kundalini dan tentu saja semua sahabat yang mempraktekkan reiki dan kundalini, tidak ada salahnya praktek grounding juga dilakukan.



Banyak metode grounding dilakukan praktisi reiki. Ada yang menggunakan pembersihan dengan cahaya warna putih terang benderang dari langit turun dari langit masuk chakra mahkota dan terus turun bagian per bagian masuk tubuh sembari membersihkan energi penyakit warna ungu. Jika pembersihan sudah sampai ke bagian tubuh paling bawah, energi negatife dibuang masuk bumi dengan tanpa merugikan mahkluk apa pun yang hidup di dalam bumi. Saat itu juga kita salurkan hal positif dalam diri yang telah dibebaskan dari energi penyakit ke dalam bumi. Sebagai balasannya bumi ciptaan Tuhan akan memberikan berkahnya dengan mengeluarkan energi warna hijau lambang kesuburan dan kemakmuran kepada praktisinya.



Ada pula metode yang kasat mata dalam grounding sekali pun dia bukan praktisi reiki. Yaitu membersihkan diri tubuh sehari-hari, misalnya mandi mengguyur tubuh dengan air yang keluar dari pancuran atau shower di kamar mandi 2 kali sehari. Saat air turun membasahi dan membersihkan seluruh tubuh karena digosok dengan kedua telapak tangan, maka energi negatife kotoran yang melekat dalam tubuh akan disapu oleh air turun ke bawah membasahi lantai dan terbuang ke saluran air yang menempel ke tanah ( bumi ). Selain itu pula metode grounding dengan menggoreskan kuas ke bidang lukisan, menulis dengan tinta pada kertas dan yang sekarang ini sehat dengan kundalini reiki lakukan saat saat sedang mengetik tulisan pada papan keyboard komputer ini.



Selain metode grounding dari berbagai aliran reiki yang tekniknya satu sama lain berbeda, namun yang paling pas untuk melakukan grounding adalah dengan mengambil posisi grounding dengan posisi duduk di lantai atau kursi layaknya sedang bermeditasi. Melihat begitu pentingnya grounding dalam reiki, tidak salahnya kita sebagai manusia yang mempunyai unsur jasmani dan rohani, tidak selalu harus mendongak ke atas langit dan sekali-kali harus pula menengok ke bawah atau ke bumi agar hidup menjadi seimbang. Menengok ke bawah inilah yang oleh praktisi reiki dipraktekkan lewat grounding atau terhubung ke dalam bumi.



Bumi dengan segala isinya jika dirawat, dipupuk dan disirami lalu disemai dengan bibit yang positif akan menghasilkan tanaman yang akan menghasilkan panen yang positif pula. Ibaratnya siapa menanam dia pula yang akan memanen. Tentu saja dalam hidup ini adalah panen berbuat kebajikan kepada sesama tanpa disekat-sekat oleh perbedaan atas golongan, ras, kebangsaan, agama dan keyakinan yang dianutnya.

Read More..



Cafe dalam pengertian sehat dengan reiki adalah kedai kopi, di mana pengunjung dapat bersantai sambil minum kopi, teh atau wedang jahe sambil membaca koran atau majalah baik di pagi hari sebelum berangkat kerja atau sore hari selepas bekerja. Demikian pula di kampung saya di Laweyan Solo, sejak dulu sudah ada cafe tradisional yang menempati emperan rumah orang dan berjualan sejak jam 5 sore hingga jam 3 pagi. Cafe tradisional inilah yang sampai sekarang tetap bertahan melawan cafe modern yang sekarang banyak tumbuh berjejalan di kota Solo.



Cafe tradisonal yang menjadi ciri khas budaya wong Solo yang seneng lek-lekan di malam hari, memang sudah ada sejak dulu. Jika dalam perkembangannya, pengunjung yang dulu datang adalah kaum marginal yang mengais rejeki di Solo seperti tukang becak, tukang gali saluran, tukang batu, buruh batik bahkan juragan batik dengan sebutan Ndoro kakung , saat ini beragam profesi mulai dari tukang becak hingga kalangan terpelajar di Solo tetap setia datang bertamu dan ngobrol ngalor ngidul sampai larut malam. Mereka begitu asyik menikmati suasana malam kota Solo sambil leyeh-leyeh slonjor di atas tikar di emperan toko atau nangkring di atas lincak.



Tentu saja pengunjung cafe tradisional ini kalau boleh dibilang jujur, banyak kalangan mahasiswa yang sekarang ini menuntut ilmu di Solo begitu menggandrungi suasana kafe yang serba guyub dan merakyat. Mau tidak mau cafe tradisional ini menjadi tempat sosialisasi bagi sekelompok orang untuk bersantai sambil menonton siaran televisi atau mendengarkan siaran radio yang menyiarkan klenengan ( gending-gending Jawa ) , keroncong bahkan sekarang ini lagu-lagu pop termasuk musik ndangdut. Cafe tradisional ini oleh wong Solo atau Jogja dikenal dengan istilah warung angkringan.



Mari kita tengok kafe tradisional milik Mas Jongki di kawasan Kampung Batik Laweyan, yang berjualan di tikungan Jalan Sidoluhur Kampung Jagalan Laweyan. Mas Jongki generasi kedua penerus kafe tradisional milik orang tuanya, Lik Darto, telah berjualan di kawasan ini kurang lebih 5 tahun. Tentu saja yang dijual di sini makanan nasi kucing ( nasi seukuran kepalan tangan isi ikan teri dan sejumput sambal cabe terasi ), sate tempe gembus, sate telur puyuh, tempe goreng, tahu, tempe bacam, blanggreng, wajik coklat, welut goreng bahkan mie rebus.



Makanan serba murah meriah sangat merakyat bagi golongan menengah ke bawah milik wong Solo ini, sejatinya sudah ada sejak Mbah saya di era paska kemerdekaan. Pokoknya istilah wong Solo atas makanan ini adalah, murah meriah serba merakyat. Minumannya air serbat, wedang jahe, kopi dan jeruk manis panas atau dingin. Angkringan ini tersebar merata di setiap pemukiman, gang-gang bahkan berjualan bersebelahan dengan mall yang saat ini menjamur di kota Solo.



Sesuai dengan perkembangan jaman, cafe modern atau tradisional yang semula menjadi tempat bersosialisasi, kini berkembang menjadi tempat hiburan karena selain kafe tradisional , sekarang ini banyak cafe modern yang menawarkan hiburan kepada publik pengunjung cafe tersebut. Tengok saja kalau di Jakarta ada Hard Rock Cafe, Jazz and Rock Cafe dan sebagainya, sedangkan di Solo ada Cafe Slonjor murah meriah nanging wareg berjualan di kaki lima, tiada lain ya cafe angkringan tadi.


Kuliner yang satu ini memang terasa nuansa Jawa-nya. Di Solo orang mengenalnya dengan HIK, konon singkatan dari Hidangan Istimewa Kampung. Yang dijual di warung ini ciri khasnya ada sego kucing, wedang jahe, kopi, teh tubruk dan jajanan pasar.


Dalam perkembangan jaman teknologi komunikasi seperti sekarang ini, fasilitas areal hot spot gratis ditawarkan oleh pemilik cafe modern di Solo kepada pelanggannya. Begitu pula halnya dengan cafe tradisional penjual hik tak mau ketinggalan memberikan fasilitas gratis akses internet kepada pelanggannya. Salah satunya adalah cafe angkringan yang berjualan di depan Balai Kampung Laweyan Solo pun tak mau ketinggalan memanfaatkan sarana hot spot gratis di depan Pasar Kabangan untuk menarik pengunjung.



Pengunjung dimanjakan oleh fasilitas ini. Selepas ngopi atau nyruput wedang jahe, pengunjung cukup melangkahkan kaki ke balai Laweyan, lalu duduk manis membuka laptop, maka akses internet gratis 24 jam pun bisa dinikmati sepuasnya. Hanya saja demi efisiensi penggunaan listrik kantor Kelurahan Laweyan, pengunjung hot spot gratis di balai kampung Laweyan ini tidak bisa menggunakan listrik yang bersumber dari PLN. Karena itulah disarankan saat berselancar di internet cek kondisi baterei laptop dalam kondisi full energi.



Bukan itu saja yang sehat dengan reiki tangkap dari perkembangan cafe saat ini. Sesuai dengan perkembangan jaman, cafe juga menyesuaikan diri dengan menyediakan sarana internet dalam cafe, di mana kita bisa bersantai sambil menjelajah dunia internet, hingga muncul istilah Cybercafe yang dalam arti harafiahnya sebuah kafe cyber ( dunia komputer/cybernetik atau sebuah proses yang menggunakan komputer).



Miturut sejarahnya, Cybercafe yang pertama muncul di Eropa, dimana masyarakat masih senang berkumpul di cafe setiap ada kesempatan. Tepatnya di Paris dan menjadi populer di kalangan pengguna internet hingga akhirnya merambah dunia dan menjadi trend baru yang menjangkau semua orang, baik pengguna pemula hingga pengguna tingkat mahir di dunia internet. Cybercafe cukup membantu untuk menghilangkan kesan bahwa dunia internet itu ekslusif, hanya bagi pemilik komputer dan akses ke internet provider.



Nah dengan tersebarnya cybercafe di mana-mana , makin banyaklah orang yang akan menjelajah dunia internet dan internet sendiri makin memasyarakat. Memang tepat kalau kita ingin bersantai sambil minum kopi, teh dan minuman khas angkringan tadi atau cafe elit di mall sambil menunggu teman selingkuhan, sahabat karib bahkan keluarga, kita bisa menjelajah dunia internet, syukur di tempat cafe ini berada ada hotspot gratis sebagai bonus pengunjung cafe.



Keuntungan adanya cybercafe ialah kita dapat mengambil e-mail di manapun Anda berada, selama ada cybercafe, misalnya Anda berada di Jepang, Amerika, Eropa Anda tidak perlu mengakses langsung ke provider di Jakarta, namun tinggal mencari cybercafe terdekat, anda masukkan pop ( server tempat e-mail anda berada, biasanya di provider lokal ).



Kecuali Anda memiliki alamat e-mail berbentuk homepage seperti Hotmail, Starmail dan Rocketmail, Anda tinggal memasuki alamat situs mereka dan mengambil e-mail sesuai petunjuk yang ada di situs mereka. Keuntungan lain bagi para pelajar dengan adanya cybercafe, mereka dapat tempat untuk mencari bahan kuliah, artikel, informasi dalam lingkungan santai di cafe, juga mereka dapat menyelesaikan paper di sana.

Daripada mereka menghabiskan uang di cafe biasa tanpa fasilitas hotspot, mengapa mereka tidak menghabiskan waktu di internet cafe? Toh uang yang mereka belanjakan hampir sama, cuma keuntungan yang didapatkan pasti lebih banyak jika mereka berkumpul di Cybercafe.



Berikut ini saya berikan tip-tip ala sehat berkat reiki mengenai cybercafe :



1. Jika Anda bepergian keluar negeri, usahakan selalu mencari lokasi cybercafe di lokasi negara yang akan Anda tuju, caranya dengan mencari di search engines seperti Yahoo dan Google. Biasanya dengan menggunakan key word cybercafe lalu telusuri situs mereka yang akan menerangkan segala fasilitas yang dapat digunakan, lokasi cafe bahkan Anda dapat melihat menu makanan yang mereka sediakan.



2. Selalu minta petunjuk untuk mengubah pop guna mengambil e-mail Anda, walaupun Anda sudah terbiasa untuk mengubah setting komputer, karena tiap komputer itu unik dan untuk menghindari kesalahan setting, minta bantuan pramusaji mereka untuk mengubahnya.



3. Siapkanlah alamat situs yang Anda butuhkan guna menghemat waktu penjelajahan dan menghemat pengeluaran uang dalam berselancar di dunia internet. Alamat situs sebaiknya Anda catat secara manual di selembar kertas atau menyimpannya di hand phone bahkan bila Anda sudah jadi Praktisi Reiki dengan mudah alamat diingat kembali hanya dengan menyebutkan affirmasi yang ingin dimunculkan semudah anda menelusuri dengan Google.



Nah pertanyaan saya, " Sudahkah Anda berkunjung ke Solo dan menikmati angkringan hik di malam hari sambil berselancar di internet, kawan ? " Malam ini cuaca Solo sangat bersahabat, " tulis sahabat saya di Solo sambil mengakhiri chating singkat lewat internet ini.

Read More..

RILEKSASI MELEMASKAN OTOT-OTOT TUBUH.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 29 Oktober 2011 0 komentar

Menuju rileksasi sempurna selain dengan teknik pernapasan, Anda pun dapat melakukan rileksasi dengan melemaskan seluruh otot yang ada dalam jaringan tubuh. Mulai dari otot-otot di bagian telapak kaki, tungkai, betis, lutut, paha, organ kemaluan dan seterusnya ke atas hingga otot-otot di bagian kepala, dapat dilemaskan melalui tarikan dan hembusan napas panjang nan lembut dengan perasaan halus. Jika kondisi nyaman sudah tercapai, maka tingkat emosional yang ada akan hilang dan otot-otot bagian tubuh yang dirilekkan akan menjadi lemas seluruhnya.



Teknik ini sering disebut dengan istilah Progressive Muscle Relaxation ( PMR ) menurut para ahli psikologi yang bertujuan mendapatkan kenyamanan baik psikis, mental dan emosional dalam diri seseorang. Perlu kita sadari bersama bahwa jika kita dalam kondisi tertekan, merasa tidak aman dan selalu tegang secara emosional, tanpa kita sadari lambat laun otot-otot pun akan ikut menegang. Tubuh akan merespon ketegangan ini dengan ciri khas pelakunya akan susah tidur. Selalu gelisah dan effeknya kesehatan akan terganggu yang membuat hidup serasa tidak nyaman sekali pun secara ekonomi dia mampu mencukupi segala kebutuhannya.



Untuk menghilangkan kegelisahan karena tegangnya otot-otot tubuh, pertama lakukan dan rasakan ketegangan otot tadi sedikit demi sedikit mengendor melalui teknik pernapasan panjang sambil mengambil posisi tubuh duduk atau berbaring dengan rileks. Setelah nyaman dengan teknik PMR ini, jika Anda peka maka akan terasa peningkatan rasa enak dalam diri terlepas dari kondisi emosi yang tidak stabil.



Kedua, membuat otot-otot tubuh mulai rileks, lakukan pernapasan sembari mengalirkan energi pernapasan itu ke bagian otot yang ingin dirilekskan. Lakukan penyaluran energi pernapasan ini ke bagian kaki, perut, diafragma, dada, pundak, punggung hingga bagian kepala. Untuk memberikan sugesti rasa nyaman sambil menghirup dan membuang napas, iringi dengan affirmasi positif terhadap otot di bagian tubuh yang dirilekskan, misalnya kalimat affirmasi, " Seluruh otot-otot di bagian tubuhku ini mulai mengendur. Ketegangan otot diurai seiring dengan membuang energi napas kotor berwarna abu-abu dan menggantinya dengan menarik energi napas bersih berwarna putih bercahaya." Anda pun bebas merancang kalimat afirmasi sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan yang ingin dicapai.


Rileksasi tempat favorit sambil duduk di alam bebas, menghirup napas panjang lalu membuangnya sembari melemaskan seluruh otot-otot tubuh.


Lakukan langkah merilekskan bagian per bagian tubuh itu hingga kondisi otot seluruhnya menjadi lemas dan nyaman sambil menutup kedua kelopak mata. Rasakan kenyamanan dalam diri bebas dari ketegangan untuk sementara waktu. Untuk menambah rasa nyaman, Anda dapat memvisualkan tempat favorit yang pernah atau belum dikunjungi dalam pikiran Anda. Ciptakan suasana nyaman dalam pikiran dan rasakan energi kenyamanan itu. Misalnya visualisasi tempat favorit seperti daerah pegunungan dengan pemandangan indah, pantai pasir putih, hamparan sawah menghijau dengan gemericik air bersih di bebatuan mengalir deras, hamparan salju di musim dingin di daerah sekitar tempat tinggal Anda dan sebagainya.



Saat pikiran sedang menjelajah ke tempat favorit nyaman tadi, akses pula rasa nyaman, tenteram, hati tenang ke dalam pikiran bawah sadar Anda. Misalnya saat memvisualkan alam pegunungan indah di pagi hari, rasakan hawa sejuk dingin menerpa kulit sambil mendengarkan gemericik suara air mengalir dan kicauan burung di dahan pohon. Ulangi proses visualisasi tempat favorit ini berulang-ulang dalam pikiran sambil menarik dan membuang napas panjang. Dengan memberi imajinasi positif dalam pikiran, kondisi rileksasi yang ingin dicapai akan lebih sempurna.



Teknik PMR ini atau teknik pengendalian napas memang sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh praktisi pernapasan. Dengan tercapainya kondisi rileks akan berperan untuk menghambat berbagai gangguan pikiran. Setelah gangguan pikiran dihilangkan dengan sendirinya konsentrasi pikiran akan meningkat dalam menghadapi tugas setiap hari. Semoga tips sehat ala sehat dengan kundalini reiki di awal pekan ini akan mendukung psikis, mental dan emosional Anda semakin kuat dan nyaman dalam kondisi sehat bugar setiap hari. Salam....

Read More..

PRAKTEK MENGHIPNOSIS DIRI SENDIRI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Kali ini sehat dengan reiki menulis seputar hipnoterapi atau lebih tepatnya praktek hipnosis sebagaimana pernah dipraktekkan di kelas Lokakarya Kundalini Reiki tahun 2004 lalu. Dengan memberikan sugesti positif kepada seorang peserta lokakarya, seorang terapis hipnoterapi mampu mempengaruhi alam bawah sadar peserta sehingga mau menuruti apa yang menjadi kemauannya. Dalam praktek di kelas itu peserta dibuat tidur ngorok pulas sekali dan akan bangun bila diperintah bangun.



Begitu mudah praktek hipnosis ini dilakukan oleh siapa pun. Hanya dengan latihan rutin mampu mendayagunakan pikiran bawah sadarnya serta mampu mempengaruhi pikiran bawah sadar orang lain, maka proses hipnosis akan berjalan dengan sendirinya. Tentu saja dengan latihan secara teratur, mampu memprogram kalimat affirmasi yang tetap ke dalam alam bawah sadar seseorang, proses memberikan terapi berupa hipnosis akan bekerja sesuai dengan keinginan sang pemberi hipnosis. Hipnosis di sini dalam arti untuk tujuan positif dan bukan untuk memperdayai korbannya.



Seperti dijelaskan hipnoterapi pada dasarnya pendayagunaan alam bawah sadar untuk mengembalikan keseimbangan fungsi tubuh. Semua sistem dalam tubuh kita dikendalikan alam bawah sadar itu dan berlangsung secara otomatis tanpa disadari. Contohnya pernafasan, detak jantung, peristaltik usus, kelenjar ludah dan asam lambung.



Bahkan ketika kita tidur pulas detak jantung dan napas tetap berlangsung. Semua terjadi berkat perintah yang tidak disadari. Sebenarnya prinsip hipnoterapi sederhana saja, yaitu bagaimana mengkondisikan seseorang ke dalam relaksasi yang dalam, sehingga mencapai keadaan nirsadar, critical factor menjadi pasif. Selanjutnya memberikan sugesti sesuai dengan harapan atau yang dimaui si hipnoterapis.



Tampaknya sederhana proses terapinya tetapi proses terapinya sendiri harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Terapi harus dilakukan penuh kasih sayang, disertai doa, memohon petunjuk serta bimbingan-Nya. Apabila terapi hipnosis digunakan untuk penyembuhan penyakit, sugesti dibuat sedemikian rupa sesuai kondisi kesehatan pasien sehingga penyakitnya bisa disembuhkan. Jika digunakan untuk ketenangan jiwa, lakukan sugesti yang menenangkan jiwa pasien.


Praktek menghipnosis orang lain untuk pemberian terapi atas kasus keluhan penyakit.


Kepada pasien yang mempunyai persepsi salah sehingga jiwanya resah berkepanjangan dan tidak harmonis perlu dilakukan wawancara secara seksama. Tujuan wawancara ini untuk menjajagi penyebab resahnya jiwa pasien ini. Baru setelah itu diberikan sugesti yang tepat kepada pasien ini. Dengan kekuatan affirmasi yang telah dirancang si terapis maka alam bawah sadar pasien dimasuki sugesti ini.



Sebagaimana sehat dengan reiki pernah tulis mengenai relaksasi di postingan terdahulu, gelombang otak manusia saat relaksasi dalam akibat self hipnosis diri sendiri berada dalam kondisi alfa atau pada frekuensi antara 8 - 12 siklus per detik. Lebih dalam lagi gelombang otak bisa mencapai kondisi teta atau sekitar 4 - 7 siklus per detik. Dalam kondisi seperti ini sugesti positif untuk mendapatkan rasa nyaman serta ketenangan jiwa akan mudah diterima pikiran bawah sadar kita.



Demikian pula bila kita menghipnotis pasien/seseorang, pola pikir pasien yang terlanjur salah sehingga mengakibatkan resah jiwanya dapat kita ubah rekaman alam bawah sadarnya yang dimiliki selama ini, agar menjadi lebih baik lagi. Dengan latihan relaksasi siapa pun bisa menjadi hipnoterapis bagi diri sendiri atau orang lain. Sebagai gambaran gelombang otak manusia dalam keadaan sadar aktif berkisar antara 14 - 80 siklus per detik. Dengan relaksasi akan menurunkan dan terus menurunkan gelombang otak ini.



Keberhasilan terapi hipnosis sama seperti terapi psikologis lainnya diukur dengan melihat perubahan yang dialami pasien. Jadi sejauh mana tingkat keberhasilan penyembuhan itu sepenuhnya tergantung pada tingkat "kepuasan" pasien yang menerima terapi hipnoterapi.



Dalam hipnoterapi sugesti memang memegang peranan penting. Apa pun metode hipnosisnya dan jenis keluhan pasien yang dirasakan agar mendapat kesembuhan, kuncinya terletak pada sugesti. Hanya orang yang tidak bertanggung jawab saja yang menggunakan sugesti ini untuk hal-hal negative, misalnya melakukan tindak kejahatan.



Karena itu mari sehat dengan reiki ajak Anda belajar relaksasi lebih dulu. Bila Anda mempunyai keluhan psikis misalnya penyakit imsonia, dengan relaksasi sederhana Anda akan mampu menyembuhkan diri sendiri keluhan itu. Caranya tanamkan ke dalam pikiran bawah sadar Anda lebih dulu, bahwa semua manusia yang diciptakan Tuhan pasti akan mempunyai rasa mengantuk apabila waktunya tiba untuk segera tidur. Ucapkan affirmasi ke dalam alam bawah sadar secara perlahan penuh penghayatan dan sangat rileks sambil berbaring dan mulai tutup mata pelan-pelan.



( 1 ) " Saya pasti mengantuk bila mata sudah berat untuk melek. Saya perintahkan saat ini juga wahai kedua mataku untuk merem. Semakin kuat engkau ingin melek, semakin kuat pula kelopak matamu menutup erat-erat. Saat ini juga saya perintahkan engkau menjadi malas untuk membuka mata. Sekarang juga pergilah tidur. "



( 2 ) " Saat saya sedang merancang kalimat postingan ini, tiba-tiba rasa kantuk datang menyergap. Dia seperti pencuri yang mengendap-endap ingin mencuri sesuatu. Akibatnya kalimat tidak menyambung karena kelopak mata sudah sangat berat untuk terus membuka. Saya akhiri saja tulisan ini dan memutuskan pergi tidur segera. "



Begitulah kira-kira kalimat affirmasi yang tepat untuk diprogram ke dalam alam bawah sadar Anda jika kita merasa ingin tidur. Untuk kasus keluhan lain, Anda bisa merancang kalimat yang sesuai dengan tujuan hendak memberikan hipnoterapi kepada orang lain. Kuncinya kondisikan gelombang otak kanan dan diri Anda dalam kondisi rileks. Selain itu hati nurani Anda juga mau menerima sugesti dari Anda sendiri dan jangan menolak. Nah...selamat berlatih.



Sumber - edited dari:
1. Materi cd pelatihan Self Empowerment dan Kundalini Reiki.
2. Mind-Body-Soul Majalah Intisari Edisi Khusus.

Read More..

LOMBA MAKAN SAYAP AYAM.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 28 Oktober 2011 0 komentar

Wanita gemuk dan tubuhnya subur tentu mempunyai hobi makan enak dan banyak porsinya. Variasi menu makanan yang dia santap sudah barang tentu mengandung karbohidrat tinggi. Selain itu dengan tubuhnya yang gemuk menjadikan dia menjadi serba salah. Maunya untuk menjaga penampilan agar terlihat cantik dengan tubuh langsing, berbagai cara akan dilakukan agar tubuhnya tidak bertambah gemuk yang akhirnya akan menyulitkan dia dalam beraktivitas. Pendek kata maunya mempunyai berat badan ideal, tetap sehat dan tentu saja bisa mengendalikan kegemaran untuk tidak makan banyak dan enak.



Akan tetapi tidak demikian halnya dengan Sonya Thomas, perempuan dengan berat badan ideal berbobot 47,6 kilogram, ternyata mempunyai keahlian dalam hal menghabiskan makanan dalam waktu cepat. Selain cepat menyelesaikan urusan menghabiskan makanan, Sonya juga mempunyai kegemaran makan banyak. Yang membuatnya heran dan tak habis pikir, kenapa dia yang mampu makan banyak dan cepat, berat badannya sedang-sedang saja alias tidak kurus juga tidak gemuk.



Akhirnya soal berat badan dikesampingkan Sonya setelah dirinya ikut kontes makan cepat dan banyak. Hobi makan cepat dan banyak akhirnya membawa dia pada keberuntungan setelah mengalahkan lawan-lawannya dalam kontes makan cepat dan banyak. Sonya tentu saja senang mengikuti kontes ini karena menu makanan yang dilombakan adalah menu favoritnya, yaitu sayap ayam. Kontes yang digelar awal September 2011 lalu akhirnya mencatat rekor dengan sayap ayam terbanyak yang berhasil disantap Sonya dalam waktu 12 menit.



Dalam kontes yang dilombakan kali ini, Sonya berhasil makan sayap ayam sebanyak 183 potong mengalahkan pesaingnya bekas juara, seorang lelaki yang hanya mampu menyantap 174 potong sayap ayam. " Saya sudah lima kali memenangi lomba makan sayap ayam dalam lomba bertajuk Kontes Makan Sayap Nasional Buffalo, " kata Sonya dengan gembira sebagaimana diwartakan AFP dan UPI.



Keberhasilan mampu makan cepat dan banyak menu favoritnya, sayap ayam buffalo menghantarkan Sonya meraih hadiah 1.500 dollar AS atau setara Rp. 12,8 juta. Ia mengalahkan pesaingnya, bekas juara seorang lelaki bernama Joey Chestnut, yang mampu menyantap sayap ayam sebanyak 174 potong. Kegagalan Joey Chesnut ini karena dia merasa sudah kenyang dan glegeken terus menerus saat bertanding melawan Sonya.

Kalau diteruskan menyantap sayap ayam dalam kondisi glegekan akan membuatnya muntah sehingga juri akan menghentikan perlombaan. Untuk itulah Joey Chestnut menyerah setelah melihat Sonya unggul lebih dulu dengan jumlah santapan sayap ayam sebanyak 183 potong dalam waktu 12 menit. " Saya senang dapat mengalahkan Joey Chestnut karena dalam banyak lomba, saya selalu bersaing melawan lelaki, " ujar Sonya sumringah.



Masih dalam kondisi terengah-engah selesai mengunyah potongan sayap ayam , Sonya berujar bahwa soal menyantap sayap ayam adalah bidangnya. Tentu saja panitia dan penonton lomba kali ini boleh berbangga karena wanita dengan berat badan sedang-sedang saja seperti Sonya ini, mampu bersaing melawan pria bekas juara kontes sebelumnya. Penonton pun tertawa terbahak-bahak manakala melihat Sonya dalam kondisi sehat dan bugar selepas menghabiskan sayap ayam sebanyak 183 potong.



Kegembiraan Sonya saat menerima hadiah lomba mengingatkan akan kemalangan yang menimpa Ivan Mended dalam lomba makan kue tradisional Ukrania Vareniki yang berlangsung September lalu. Pria sepuh berusia 77 tahun warga Ukrania ini, menghembuskan napas terakhir sesaat setelah dia menerima hadiah lomba. Kue khas Ukrania bernama Vareniki yang dilombakan memupus cita-citanya menjadi juara karena ajal telah menjemputnya.

Read More..

KECERDASAN INTELEKTUAL DAN EMOSIONAL.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Semua makhluk hidup mempunyai otak. Bila otak manusia dipergunakan dengan baik maka ia akan menghasilkan pemikiran yang cemerlang sehingga melahirkan karya, cipta dan karsa dalam hidup ini. Menurut buku laris Head Strong yang sehat dengan reiki baca, Toni Buzan sang pengarang buku ini menulis bahwa otak manusia itu ibarat raksasa yang sedang tidur. Para neurolog memang membuktikan segala sesuatu berawal dari organ ini. Dengan otak pula manusia berpikir dan bertindak sehingga melahirkan pemikiran brilian atau cemerlang yang dapat menghasilkan cipta, karsa dan rasa.



Hasil pemikiran itulah merupakan kerja otak manusia yang cerdas dan tidak setiap orang memilikinya. Setelah kecerdasan intelektual para psikolog meyakini ada kecerdasan lain yang tak kalah penting juga yakni kecerdasan emosional dan spiritual. Semua dimungkinkan karena kecerdasan ini lahir dari pikiran. Dalam kehidupan sehari-hari orang sering menyamakan istilah antara kecerdasan intelektual dengan intelligence quotient ( IQ ) padahal keduanya berbeda. IQ sebenarnya angka relatif untuk menunjukkan tingkat kecerdasan intelektual hasil dari penggunaan otak manusia.



Sebagai contoh anak usia enam tahun tapi dia sudah bisa mengerjakan matematika tingkat sma kelas 3. Berarti IQ anak ini adalah ( 18/6 ) x 100 = 300. Dengan kata lain tingkat kecerdasan intelektualnya di atas rata-rata. Kebalikannya jika usia kalendernya dua belas tahun tapi usia mentalnya baru 6 tahun berarti IQ nya ( 6/12 ) x 100 = 50. Artinya tingkat kecerdasan intelektual anak ini dibawah rata-rata.



Awal mula orang memang selalu cenderung mengenal kata kecerdasan hanya untuk menunjukkan kecerdasan intelektual semata. Namun kemudian muncul kecerdasan emosional sebagai jenis kecerdasan lain yang dimiliki manusia. Memang kecerdasan jenis ini belum bisa diukur secara eksakta seperti halnya kecerdasan intelektual tadi. Dalam diri manusia perpaduan kedua kecerdasan tadi adalah dua hal yang integral dalam diri manusia. Keduanya saling bersinergi.



Menurut panduan buku pelatihan Esoterik dari G.Tummo Reiki yang ditulis oleh Tjiptadinata Effendi mengatakan bahwa dalam perkembangan jaman, sejarah telah membuktikan bahwa orang-orang yang memiliki kemampuan kecerdasan luar biasa, bahkan disebut genius, namun tidak diimbangi dengan kedewasaan emosional, ternyata bukan saja berguna bagi manusia lain, malahan akan menghancurkan kehidupan orang lain.



Orang beranggapan kalau dua aspek kecerdasan tadi mampu ada dalam diri manusia, maka ia akan menjadi orang yang bermanfaat bagi sesamanya. Namun ternyata pendapat demikian juga akhirnya dikoreksi oleh perjalanan jaman. Seseorang baru dapat dikatakan masuk ke dalam tahap pencerahan, apabila dalam hidupnya mampu menerapkan dua aspek itu yakni aspek intelektual dan kedewasaan emosional atau kecerdasan emosional secara seimbang dan pada akhirnya melahirkan kematangan spiritual.



Untuk mencapat tingkatan seimbang tadi maka diterapkan hidup bermeditasi. Meditasi keseimbangan adalah salah satu cara yang dipakai dalam latihan sebagai pelengkap kelas Esoterik. Sekalipun meditasi bukan merupakan suatu jaminan bahwa apa yang kita inginkan pasti akan tercapai, namun setidaknya jalan menuju ketingkat hidup luhur telah ada di depan kita.



Menurut penelitian di Australia bila setiap orang mau meluangkan waktu hanya 5 saja setiap hari untuk meditasi, maka ia akan tetap sehat, tidak cepat pikun, dapat hidup mandiri tanpa harus menggantungkan diri kepada orang lain. Meditasi keseimbangan bagi kelas Esoterik G.Tummo bertujuan untuk memberikan hasil ganda dalam hidup ini yaitu hidup sehat jiwa dan raga dalam menuju pencerahan.

Read More..

Prolog : Masih banyak saudara kita yang belum tahu apa itu reiki dan apa pula manfaatnya bagi kesehatan. Karena begitu penting untuk diketahui oleh pembaca, maka tidak ada salahnya sehat dengan kundalini reiki terbit ulangkan kembali postingan lama reiki ini agar segera diketahui, daripada mencari ke arsip reiki blog ini. Arsip reiki sudah ratusan jumlahnya dan ada beberapa postingan yang di blog lama pernah terbit, di blog ini sedapat mungkin akan diterbit ulangkan kembali dengan sedikit revisi ( editing ) menyangkut judul postingan dengan tidak mengurangi maknanya.



Seorang sahabat yang bukan praktisi reiki pernah bertanya kepada sehat dengan reiki bagaimana Reiki itu bekerja dan bagaimana cara mengaksesnya? Dengan jujur saya katakan bahwa Reiki sangat mudah diakses begitu ada niat dalam kalbu praktisi reiki. Lantas setelah niat dicetuskan bagaimana rasanya reiki itu masuk ke dalam tubuh kita?



Itulah sekilas pertanyaan dari sekian kali pertanyaan dalam forum diskusi Lokakarya Reiki bagi orang awam yang ingin menjadi praktisi reiki. Pertanyaan itu biasanya terlontar mengingat begitu gampangnya reiki dipelajari dan dipraktekkan. Sekali mendapat attunement maka saat itu juga reiki dengan mudah kita akses untuk keperluan penyembuhan atas penyakit yang mendekam dalam tubuh.



Memang reiki bekerja dikendalikan oleh kalbu praktisi reiki. Reiki akan bekerja mengikuti instruksi praktisi yang meniatkannya mengalir (on) selanjutnya reiki mengalir begitu saja mengikuti pikiran praktisi reiki. Dengan kata lain energi dalam hal ini reiki bekerja mengikuti kemauan praktisi reiki. Instruksi atau perintah sebelum mengakses reiki disebut afirmasi.



Afirmasi tak lain adalah keinginan, perintah, instruksi dari kalbu praktisi reiki. Perintah ini muncul dari cipta (pikiran), rasa (emosi) dan karsa (kehendak/keinginan) sang praktisi reiki. Perintah kerja agar reiki mengalir dan saat itu juga terakses tertuang dalam kalimat-kalimat positif dalam afirmasi. Afirmasi bisa kita ucapkan dalam hati saja atau kita baca pelan-pelan agar makna dari kalimat afirmasi tadi direkam oleh alam bawah sadar kita yang selanjutnya detik itu juga diwujudkan dalam penyaluran energi reiki.


Saat hendak mengakses reiki, niatkan dalam hati reiki bekerja untuk penyembuhan kasus penyakit. Saat itu juga reiki akan terakses dengan cepat dan mengalir seketika ke pasien.


Niat untuk mengakses reiki pun bisa diucapkan dalam hati atau dibaca pelan-pelan sebagaimana mengucapkan afirmasi tadi. Biasanya praktisi reiki menyampaikan perintah kerja kepada Reiki bukan dengan niat saja,melainkan dibarengi dengan kalimat afirmasi yang telah dirancang untuk maksud apa reiki itu bekerja. Bila niat telah dicetuskan di awal sebaiknya selama mengakses reiki tidak mengulang-ulang niat. Niat cukup sekali saja diucapkan selanjutnya...pasrahkan segala sesuatu kepada-Nya. Biarlah Tuhan berkarya dalam penyembuhan dan kepada-Nya lah kesembuhan dimohonkan melalui Reiki.



Reiki bekerja menurut perintah kalbu praktisi reiki. Tentu Anda yang kritis akan bertanya lagi," Mengapa dapat terjadi? " Anda tentu pernah tahu bahwa kalbu atau mind memang besar sekali pengaruhnya terhadap benda. Anda tahu David Coperfield seorang pesulap yang mampu menggerakkan benda hanya dengan niat saja? Nah demikian halnya praktisi reiki ketika menggerakkan energi reiki agar bekerja.



Banyak praktisi Telekinetik yang memiliki kemampuan menggerakkan benda-benda baik dengan memegang benda ataupun tanpa memegang sama sekali. Penelitian yang dilakukan oleh Prof.Robert Jahn dari Princeton Univercity dibantu dua kelompok peneliti dari Jerman yang meneliti pengaruh kalbu manusia (human mind) terhadap peralatan elektronik yang dilakukan tahun 1996 memperlihatkan bahwa kalbu (mind) dapat berdampak secara signifikan terhadap data keluaran (output data) komputer sepanjang faktor-faktor lain dapat dikendalikan.



Dari penelitian tadi adalah hal biasa bagi praktisi reiki saat meniatkan reiki atau energi non reiki bekerja untuk keperluan apa nantinya. Misal reiki diniatkan untuk selalu bekerja menormalkan tekanan darah dan kadar gula darah pasien. Maka kondisi tekanan darah dan kadar gula darah normal saja milik pasien yang akan terkondisikan demikian, apabila tekanan dan kadar gula darah diperiksakan di laboratoriom suatu saat kemudian. Mengapa bisa begitu?



Sebab...reiki adalah energi yang memiliki sifat keilahian. Reiki adalah energi positif yang telah disediakan oleh Allah SWT untuk memberikan kehidupan kepada manusia, hewan dan tumbuhan di bumi ini. Reiki adalah energi asal dan dari energi asal tadi Tuhan menciptakan segala sesuatu di alam semesta ini. Karena reiki berasal dari Tuhan dan diperuntukkan bagi kehidupan mahkluk ciptaan-Nya maka tidak mungkin reiki energi negative. Pun oksigen sebagai zat yang selalu kita hirup untuk bernapas juga ciptaan Ilahi disamping unsur air, tanah, api dan kayu akan tersedia setiap saat dalam jumlah yang tidak terbatas.



Sebagai tambahan reiki selalu tersedia dalam jumlah tidak terbatas di bumi ini. Akan selalu ada setiap saat dalam jumlah tak terbatas. Kapan diperlukan diakses saat itu juga akan hadir dan tersedia tanpa mengenal blank area di tempat mana kita mengaksesnya. Reiki sendiri juga memiliki kecerdasan tinggi, artinya reiki tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai hasil maksimal tanpa harus diberi petunjuk praktisi reiki.



Reiki akan bekerja memenuhi instruksi atau afirmasi praktisi reiki yang meniatkannya. Termasuk di sini juga energi-energi non reiki, misal energi khusus penyembuh masuk angin, penyakit stroke, reumatik dan penyakit lainnya, dapat kita akses dan disalurkan untuk keperluan penyembuhan itu. Nah...untuk bisa mempelajari dan menyelaraskan energi reiki dan non reiki tadi secara mandiri dan dapat menularkan keilmuan tadi, Anda dapat belajar dan praktek reiki atau lebih jelasnya belajar Teknik Prana Shakti.



Sebenarnya masih banyak sifat reiki yang bisa kita pahami dan praktekkan tetapi yang lebih penting dari itu ialah reiki bisa untuk menjaga diri dan tubuh tetap sehat, sehat ala dokter dan sehat ala praktisi reiki. Sehat dengan reiki pun berharap di akhir pekan ini Anda dan keluarga di mana pun selalu sehat dan bahagia.

Read More..

HINDARI SAKIT MAAG PERBAIKI POLA MAKAN.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Anak tetangga sebelah rumah sehat dengan reiki akhir-akhir ini sering mengeluh perihal perutnya yang suka kembung berhari-hari. Pasalnya sang anak ini masih muda, aktip kuliah dan belum punya persoalan hidup layaknya orang dewasa namun sudah divonis sakit maag oleh dokter. Kenapa ya? Bahkan sang anak ini pernah mengungkapkan keinginannya untuk belajar meditasi agar hidupnya tidak selalu dicekam ketegangan demi mencegah penyakit maagnya yang sering kumat.



Yang bisa sehat dengan reiki sarankan kepada anak tetangga ini lewat chating di internet agar mau belajar relaksasi lebih dulu baru nanti belajar meditasi. "Ya...namanya sibuk kuliah, istirahat kurang, selalu emosi dan telat makan itulah yang membikin badannya lemah dan sering bersendawa tanpa sebab," kata ibu anak ini kepada saya beberapa hari lalu. Mendengar penuturan sang ibu ini, perbincangan pun beralih ke masalah penyakit kronis yang disebut maag. Penyakit ini sering menimpa anak remaja karena tidak menerapkan pola makan sehat dan selalu dicekam kecemasan dalam menghadapi pekerjaan dan pelajaran di sekolah.



Memang sakit maag merupakan penyakit yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam bahasa medis, sakit maag ditandai dengan gejala syndrome dyspepsia. Menurut Dr. Ari Fahrial Syam SpPD KGEH, MMB menyebutkan bahwa definisi syndrome dyspepsia adalah rasa nyeri atau tidak nyaman di sekitar ulu hati dan keluhan-keluhan lain, seperti rasa mual bahkan muntah, perut kembung dan cepat kenyang, nafsu makan berkurang dan lebih parahnya bersendawa.



Sakit maag dapat disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, banyak mengonsumsi jenis makanan dan minuman yang dapat meningkatkan asam lambung, pola makan dan frekuensi tidak teratur, alkohol, merokok serta stress yang tidak dapat ditanggulangi dengan baik. Menurut jangka waktunya, sakit maag dibagi menjadi dua, yaitu sakit maag akut dan sakit maag kronis.


Makan secara teratur dan sebisa mungkin menghindari strees agar terhindar sakit maag.


Disebut akut jika gejala-gejala sakit maag terjadi tiga bulan atau kurang, sedangkan yang kronis jika sudah terjadi selama lebih dari tiga bulan. Nah menilik keterangan sang ibu anak tetangga sebelah rumah yang mengatakan bahwa anaknya pernah dirawat di rumah sakit dan kejadian kembung terus menerus berarti penyakit maagnya digolongkan ke dalam kondisi kronis. Penyembuhan yang paling gampang dilakukan saat ini ialah meredakan ketegangan pikiran lebih dulu dan selalu relak dalam kondisi apa pun.



Kini bagaimana cara mengatasi sakit maag? Salah satu cara mudah untuk atasi penyakit maag adalah dengan menerapkan pola makan yang seimbang dan teratur. Makan dengan porsi sedikit lebih baik untuk lambung daripada makan dengan porsi banyak tetapi hanya sekali sehari. Menurut Dr. Ari sebaiknya penderita membatasi makanan dan minuman yang menyebabkan produksi asam lambung dan pergerakan lambung menjadi lambat, seperti:



1. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, misalnya sawi dan kol, buah-buah nangka dan pisang ambon, makanan berserat tertentu yaitu kedondong dan buah yang dikeringkan.



2. Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih, sari buah sitrus, susu dan minuman bersoda.



Melihat begitu banyaknya pantangan makanan dan minuman bagi penderita sakit maag sebaiknya mengkonsumsi obat sakit maag jenis antasida yang berfungsi menetralisir asam lambung dengan mengaplikasikan reaksi netralisasi asam basa, banyak dijadikan pilihan untuk sakit maag. Obat jenis ini sudah banyak dijual bebas di pasaran.



Sambil melakukan chating lewat internet yang bisa sehat dengan reiki sarankan kepada anak tetangga ini, sebaiknya mulai sekarang menata hidup lebih santai, menjauhi stress dan melakukan manajeman stress yang baik. Kepadanya saya pinjamkan buku yang berhubungan dengan Reiki dan Meditasi, agar bila saatnya tiba yang bersangkutan mau belajar Reiki.

Read More..

MENDAYAGUNAKAN KEKUATAN RILEKSASI DALAM DIRI.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 27 Oktober 2011 0 komentar

Manusia hidup dengan segala pernak-pernik permasalahannya tentu mempunyai cara untuk mengatasi tekanan hidup melalui pengendalian tubuh dan mental. Saat memberikan respon terhadap tekanan hidup, setiap individu pasti mempunyai kiat untuk mengembalikan ke dalam kondisi normal dalam arti setiap pengambilan keputusan didasarkan atas pertimbangan rasional dan dalam suasana rileks. Karena itulah kekuatan rileksasi sangat berpengaruh terhadap kondisi psikologis seseorang yang sedang dilanda ruwetnya pikiran.



Setiap orang mempunyai kemampuan untuk mendayagunakan kekuatan rileksasi dalam dirinya. Kekuatan rileksasi sebenarnya sangat mudah, sederhana dan tidak ruwet mempraktekkannya untuk dibangkitkan agar mental yang sudah mlorot bisa dikembalikan lagi ke dalam kondisi nyaman. Mengingat kondisi tubuh tidak dalam kondisi stimultan untuk tetap rileks dan tegang terus menerus, maka dengan mempelajari rileksasi dengan sendirinya kita dapat mengendalikan perasaan tertekan dan mampu menghindarkan diri dari kondisi tertekan tadi.



Setiap teknik menenangkan diri terhadap perasaan dan pikiran yang sedang kalut, dapat dipraktekkan setiap orang yang ingin hidupnya tetap nyaman sekalipun untuk itu harus belajar khusus tentang teknik rileksasi. Sebenarnya dengan modal dasar mengenal teknik pernapasan sederhana yang otomatis kita miliki, seseorang akan mampu mendayagunakan kemampuan itu untuk hidup rileks. Beberapa teknik rileksasi mungkin berguna pada diri seseorang, akan tetapi tidak effektif untuk meningkatkan kenyamanan. Karena itulah perlunya melatih teknik rileksasi dengan berkelanjutan agar didapat kondisi homeostatis dalam diri.


Diafragma adalah otot yang berbentuk kubah tipis seperti parasut yang memisahkan rongga dada (paru-paru dan jantung ) dari rongga perut (usus, lambung, hati, dll)


Salah satu teknik rileksasi untuk menenangkan diri adalah dengan mengendalikan pernapasan. Dalam kondisi stress yang memunculkan kecemasan dengan degup jantung berdebar-debar, coba perhatikan napas Anda? Jika Anda peka maka akan merasakan sesak napas dan pernapasan akan berjalan cepat yang menandakan seperti terengah-engah dengan tekanan pada ulu hati sedikit mengeras.



Apabila hal ini terjadi maka pernapasan yang kita lakukan adalah pernapasan dada dan bukan melalui diafragma ( pernapasan perut ). Bernapas melalui dada dalam kondisi seperti ini membuat paru-paru kita akan kekurangan oksigen. Effeknya akan terjadi perubahan kadar oksigen dalam darah yang akan meningkatkan pengeluaran adrenalin sehingga kadar kecemasan dalam diri semakin meningkat. Tubuh akan gemetar menahan napas yang terengah-engah karena napas berjalan cepat dan dangkal.



Sebaliknya jika dalam kondisi cemas seperti itu, Anda sedikit santai dan rileks tidak grusa-grusu, maka cepat ambil napas lewat diafragma yaitu bernapas alami lewat perut. Rasakan pergerakan napas akan lebih dalam dan pelan. Kondisi bernapas ini akan membuat oksigen ke dalam tubuh meningkat. Perasaan nyaman saat menarik dan membuang napas semakin meningkat.


Saat menarik napas lewat hidung, perut membuncit ke depan. Saat membuang napas lewat hidung, perut akan mengendor ke dalam.


Anda dapat mengecek kondisi pernapasan diafragma ini dengan melihatnya langsung. Anda dapat meraba perut dan merasakan perut bergerak menggelumbung ke depan saat menarik napas dan menggelumbung ke dalam saat membuang napas lewat lubang hidung. Kondisi itulah yang dinamakan bernapas lewat diafragma. Namun jika Anda bernapas lewat dada yang berlawanan dari kondisi pernapasan diafragma, maka effeknya dada akan terasa sesak seperti menahan beban karena napas dihimpun di dalam dada untuk beberapa saat.



Mengatur pernapasan diafragma dapat dilatih setiap hari untuk jangka waktu 15 menit bagi pemula. Jika kita mampu melakukannya dengan baik maka kondisi rileksasi akan cepat tercapai. Teknik penenangan diri seperti pernapasan diafragma diharapkan mampu meredam kecemasan alias stress untuk sesaat, sehingga kondisi mental yang sedang down dapat dikurangi secara bertahap.



Tentunya kita semua mengharapkan hidup jauh dari stress agar kondisi tekanan darah tetap normal. Jika itu tercapai maka bergembiralah Anda. Dalam tubuh sehat terdapat jiwa sehat, pikiran sehat dan beradaptasi dengan lingkungan sehat pula. Sehat dengan kundalini reiki berharap semoga malam minggu ini Anda dalam kondisi relaks sehingga malam ini Anda dapat tidur nyenyak.

Read More..

KECERDASAN EMOSIONAL.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Dunia pendidikan yang membina hubungan antara guru dan murid dalam proses belajar mengajar tentu akan bersinggungan dengan istilah Intelligence Quotient ( IQ ) yang mengacu pada kecerdasan anak didik dalam menerima pelajaran dari guru. Bukan saja kecerdasan anak didik dalam mencerna materi pelajaran yang diajarkan oleh gurunya sehingga semua pelajaran dapat diserap dengan mudah menjadikannya dia sebagai murid genius. Akan tetapi kecerdasan guru dalam menyampaikan semua ilmu kepada muridnya juga memerlukan kesabaran tersendiri manakala semua muridnya tidak semuanya mempunyai IQ sama cerdas. Artinya ada murid cerdas gampang menerima materi pelajaran, ada pula murid bebal yang susah mencerna materi pelajaran sehingga guru perlu waktu untuk menerangkan materi pelajaran berulang-ulang.



Rambut murid dan guru boleh mempunyai warna sama, kita sebut saja warna hitam yang menandakan otak pemiliknya mampu membedakan yang benar dan salah secara logika dalam berpikir. Jika logika mengatakan bahwa 2 ditambah 2 sama dengan4 berdasarkan rumus ilmu hitung, maka seorang anak sekolah dasar tingkat satu pun mampu menjawab soal yang ditanyakan ini dengan cepat. Artinya anak ini mempunyai kemampuan intelligence quotient yang menandakan dia cukup cerdas dalam menjawab pertanyaan soal yang ditanyakan gurunya.



Lantas apa sebenarnya kemampuan intelligence itu? Kemampuan intelligence quotient merupakan istilah yang cukup akrab didengar dalam dunia pendidikan. Sudah sering kita mendengar bahwa IQ atau kecerdasan menjadi patokan cerdas tidaknya seseorang dalam menerima pesan yang disampaikan orang lain. Dengan ukuran IQ pula salah satu prasyarat seseorang bisa memasuki dunia pendidikan ataupun dunia kerja.



Namun tidak seluruhnya IQ menjadi syarat mutlak seseorang menjadi sukses dalam hidupnya. Dalam perkembangannya, selain kecerdasan intelektual pada diri seorang, ada pula kecerdasan emosional yang cukup menentukan apakah seseorang mampu mengelola emosinya secara baik daripada dia menggunakan semua emosinya dengan tidak benar. Karena itulah dalam perkembangannya, Emotional Intelligence ( EI ) atau kecerdasan emosional pun harus diperhatikan dengan benar.


Kemampuan mengelola emosi dalam diri wanita merupakan salah satu cara agar perasaan dapat terungkap dengan jelas.


Menurut Rumah Pengetahuan, menyatakan bahwa kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam mengendalikan emosinya saat dia menghadapi situasi yang menyenangkan ataupun menyakitkan. Karena hidup manusia adalah ibarat naik perahu yang terus bergoyang seiring bergeraknya ombak di lautan, maka penumpang pun terkadang bergoyang posisi duduknya ke atas dan ada kalanya posisi duduknya bergoyang ke bawah. Lebih ekstremnya lagi ada senang ada pula sedih perasaannya. Ada untung ada pula kemalangan yang bakal menimpanya.



Karena hidup manusia ibarat matahari yang terbit di ufuk timur dan akan tenggelam di ufuk barat dipadu dengan irama angin yang bertiup kencang dan pelan, maka Daniel Goleman tertarik untuk menulis hal tentang EI yang dikaitkan dengan ketrampilan seseorang dalam mengatur emosinya dalam menghadapi masalah hidup. Manusia hidup perlu perjuangan untuk menentukan di posisi mana dia akan berada, apakah seterusnya ataukah sementara jika dikaitkan dengan ketahanan dia untuk siap hidup sukses dan siap pula gagal.



Dalam bukunya Emotional Intelligence, Why It Can Matter More than IQ, Goleman mengatakan bahwa kecerdasan emosional adalah kemampuan lebih yang dimiliki seseorang dalam memotivasi diri, ketahanan dalam menghadapi kegagalan, mengendalikan emosi dan menunda kepuasan serta mengatur keadaan jiwa agar tetap seimbang. Lebih jauh Goleman membagi EI ke dalam lima bidang kompetensi.



1. Pertama adalah kemampuan untuk mengidentifikasi atau mengenal emosi dirinya sendiri serta kemampuan memahami hubungan antara emosi, pikiran dan tindakan.



2. Kedua adalah kemampuan untuk mengelola emosi. Hal ini berarti mengatur perasaan agar perasaan dapat terungkap dengan tepat.



3. Ketiga adalah kemampuan untuk memotivasi diri yang dapat ditelusuri dengan cara menerima sikap optimis dan berpikir positif.



4. Keempat adalah kemampuan untuk membaca dan mengenal emosi orang lain ( empati ).



5. Kelima adalah kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain. Otomatis kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain menjadi satu bentuk keterampilan yang sangat mendukung keberhasilan seseorang dalam bergaul dengan orang lain dalam kehidupan sosial baik di lingkungan keluarga, masyarakat sekitar, organisasi tempat bekerja dan organisasi dalam mengelola manajemen pemerintahan.

Read More..

IKAN GOA BISA TAHU WAKTU.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 26 Oktober 2011 0 komentar

Meskipun buta karena tidak memiliki mata, ikan goa yang telah hidup jutaan tahun di bawah tanah, terisoli dari matahari yang membedakan siang dan malam, ikan itu tetap memiliki jam biologi. Penelitian ini menunjukkan bagaimana waktu juga bekerja untuk hewan secara umum. Waktu yang disebut jam circadian membawa pemikiran bagaimana fauna yang hidup dalam kegelapan tetap mengetahui waktu.



Seorang ahli jam biologi bernama Cristiano Bertoluci pada Universitas Ferrara, Italia dan timnya meneliti ikan goa Somalia. Ikan Somalia yang nama latinnya Phreatichthys Andruzzi yang hidup terisolasi 1,4 juta - 2,6 juta tahun di bawah padang gurun tandus daratan Afrika. Menurut laporan Livescience, 6 September 2011, mereka membandingkan tingkah laku berenang dan aktivitas jam genetika ikan goa dengan ikan normal yaitu jenis ikan zebra ( Danio Rerico ).


Ketidak adanya mata pada binatang, ternyata mempengaruhi ritme hidup ikan goa dengan tubuh pucat dan tanpa sisik ini. Tubuh binatang membuat aturan ritme circadian baru.


Jenis ikan zebra ini memiliki jam circadian yang sangat berirama, sinkron dengan kondisi gelap dan terang. Sementara itu, ikan goa yang buta itu memiliki tingkah laku yang tidak sinkron dengan pencahayaan. Demikian kilas iptek mewartakan dalam jurnal ilmu pengetahuan dan teknologi sebagaimana dilansir Kompas 8 September 2011.



Dalam penelitian lanjutan saat pemberian sinyal yang diberikan dengan irama berbeda-beda di saat ikan sedang mendapatkan makanan, jam circadian kedua jenis ikan itu cocok. Hal ini menujukkan jam biologi ikan goa dapat bekerja jika diberi sinyal seperti makanan.



Sumber : AP/ICH.

Read More..

LARANGAN ANTI MEROKOK DI BHUTAN.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Siapa pun orang yang biasa hidup merdeka tentu tidak ingin berurusan dengan hukum. Sekali pun untuk itu harus menahan keinginan sementara waktu dari hobi yang tidak bisa dihilangkan dalam dirinya, agar dirinya bebas dari jeratan hukum. Lain negara lain pula aturan hukum yang diberlakukan kepada warga negaranya. Termasuk di sini warga negara asing yang sedang berkunjung ke Thimphu Bhutan di daerah Pegunungan Himalaya.



Pasalnya negeri ini sangat ketat menyadarkan warga negaranya dan warga asing agar tidak sembarang merokok di tempat umum. Slogan berupa himbauan sudah sering ditujukan kepada perokok aktif yang mulutnya merasa kecut jika dalam sehari saja tidak merokok. Sangsi hukum bagi perokok yang ketahuan nekat merokok di tempat umum adalah ganjaran penjara.




Larangan antirokok di Bhutan ini merupakan yang terketat di dunia. Penjualan tembakau dilarang keras, termasuk merokok di tempat umum.

Tidak itu saja ganjaran penjara bagi perokok. Ganjaran hukuman juga berlaku bagi penjual rokok dan memiliki tembakau. Mereka bisa diganjar penjara sampai lima tahun. Larangan anti merokok di Bhutan merupakan yang paling ketat di dunia sehingga membuat siapa pun takut merokok jika sedang berada di tempat umum. Juga penjualan tembakau dilarang keras. Demikian bunyi peraturan soal merokok di Bhutan sebagaimana dilansir Kilasan Kawat Sedunia Kompas.



Sekalipun aturan tidak boleh merokok di tempat umum dipatuhi warganya, ternyata Bhutan juga kecolongan dalam hal peraturan undang-undang tentang merokok. Ada saja warga yang mengakali aturan undang-undang itu dengan caranya sendiri. Contohnya dampak undang-undang itu malahan menyuburkan penyelundupan rokok di kerajaan kecil di Pegunungan Himalaya yang mempunyai salju abadi di puncaknya.


Kalau mulut sudah merasa kecut karena tidak merokok, diam-diam warga Bhutan ini terpaksa merokok sekalipun ada larangan merokok di tempat umum.


Para pelanggar undang-undang berdalih bahwa undang-undang itu tidak menyatakan merokok melanggar hukum, tetapi membatasi kepemilikan tembakau pribadi sebanyak 200 gram dan 200 batang rokok yang diimpor. Para pengguna harus selalu mengantongi tanda terima pembayaran pajak yang besarnya 200 persen. Selanjutnya aturan yang dibuat bagi perokok di tempat umum akhirnya memakan korbannya setelah seorang pendeta Buddha pada Maret lalu menjadi orang pertama yang diganjar hukuman.



Pendeta itu ketahuan setelah dirinya didapati mengantongi tembakau kunyah yang bernilai Rp. 20.000 saja. Dia tidak dapat menunjukkan surat pembayaran pajak saat ketahuan pihak berwajib. Sejak peristiwa itu, lebih dari 50 orang ditahan untuk peristiwa sama yaitu merokok di tempat umum dan menjual tembakau. Salah satu orang yang ditahan adalah si Mbah berusia 81 tahun dan remaja usia 16 tahun. Karena itu tetap waspada jika Anda perokok dan sedang berada di Bhutan. Patuhi peraturan soal tidak boleh merokok di tempat umum dan soal membawa tembakau yang harus disertai surat pembayaran pajak.

Read More..

RILEKSASI DI MALAM HARI UNTUK MEMBUAT GAMPANG TIDUR.

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 25 Oktober 2011 0 komentar

Setelah bekerja keras tentu badan perlu istirahat sejenak agar tenaga pulih kembali seperti sedia kala. Pulihnya tenaga bukannya tubuh lantas nglokro akan tetapi membuat tubuh menjadi bugar dan merasa sehat. Jika tubuh sehat dan bugar kemampuan tubuh untuk merespon getaran energi halus dari luar tubuh akan membuat kita merasa nyaman dan enak. Karena itulah untuk mencapai kondisi demikian tidak ada salahnya kita belajar melakukan rileksasi. Anda dapat melakukan latihan ini menjelang tidur malam hari atau selepas kerja di kantor di saat jam istirahat siang sebelum makan siang.



Kenapa kita harus melakukan rileksasi? Yang jelas kita melakukan rileksasi karena tubuh kita bukan mesin yang bisa digeber seenaknya saja. Tubuh perlu istirahat sejenak di sela rutinitas pekerjaan. Apakah pekerjaan itu dilakukan dengan kekuatan otot seperti orang sedang mencangkul di ladang. Atau pak tani dan mbok tani sedang bekerja di sawah, atau Anda lebih banyak bekerja menggunakan konsentrasi pikiran sambil duduk diam di kursi kerja.



Tidak ada salahnya marilah rehat sejenak dari rutinitas kerja tadi sambil mengistirahatkan fisik, mental, emosional agar selepas istirahat kerja tubuh kembali bugar. Atau setelah melakukan rileksasi menjelang tidur malam hari, esok hari saat bangun tidur, tubuh akan merasa sehat, bugar dan tidak aras-arasen untuk memulai aktivitas harian di hari baru di pagi hari. Sekali lagi rileksasi sangat diperlukan untuk mengembalikan stamina yang telah kendor.



Pada saat relaksasi seluruh tubuh, mental, emosional istirahat total akan tetapi spirit tetap aktif. Dalam kondisi relaksasi seluruh bagian tubuh dalam keadaaan homeostatis atau kondisi seimbang. Rileksasi dapat dilakukan dalam kondisi tidur di malam hari atau dalam suasana tenang tetapi tidak tidur. Dalam kondisi tenang pernapasan kita mirip pernapasan orang tidur nyenyak, yaitu napas perut.



Gerakan napas perut menunjukkan gerakan napas di dada tidak kelihatan. Yang terlihat adalah napas perut bergerak pelan dan lambat berirama. Kondisi otot tubuh seluruhnya rileks. Pada saat kondisi seperti ini spirit berperan aktif, sedangkan mental belajar dari apa yang diberikan oleh spirit itu. Kondisi ini diperoleh bukan dengan mengatur napas, tetapi membiarkan tubuh apa adanya dengan melemaskan seluruh otot tubuh.



Perhatian ditujukan untuk merasakan getaran tubuh tanpa memperhatikan nafas. Banyak orang yang tidak bisa merasakan getaran tubuh sendiri akan tetapi hal ini tidak masalah. Seandainya tidak bisa merasakan getaran tubuh sendiri, terima apa adanya dan jangan membayangkan. Latihan ini sangat baik dilakukan di malam hari menjelang tidur malam dan bukan tidak mungkin di tengah latihan, Anda kehilangan kesadaran phisik dan jatuh tertidur lebih cepat dan pulas.



Salah satu sikap rileksasi latihan ini adalah merasakan seluruh otot-otot dan organ-organ tubuh dalam keadaan lemas. Setelah siap tutup mata pelan-pelan dan mulai kosongkan pikiran, perasaan, angan-angan dan jangan memikirkan apa-apa lagi yang telah terjadi dalam pikiran hari itu. Perhatian ditujukan pada seluruh otot-otot dan organ tubuh dalam keadaaan lemas dan istirahat total.



Mulai rasakan getaran atau tenaga dari kedua ujung jari kaki pada kaki kanan dan kiri. Rasakan getaran ini mulai merambat naik sampai ke lutut dan kemudian naik lagi perlahan-lahan sampai ke pangkal paha. Kalau Anda peka, rasakan saja keadaan ini apa adanya. Kalau tidak merasakan biarkan apa adanya dan perhatian tetap pada bagian tubuh tersebut.



Getaran tenaga mulai naik menyebar ke perut naik sampai ke dada. Setelah bergetar di bagian ini, pelan-pelan getaran akan melemah di bagian perut dan dada. Tetap rasakan gerakan napas pelan-pelan melemah sehingga denyut jantung di dada kiri tidak terasa lagi getarannya. Pada saat bersamaan rasakan getaran tenaga dari bokong dan tulang ekor naik pelan-pelan sampai ke bahu. Rasakan seluruh otot yang dilalui oleh getaran ini dalam keadaan relaksasi.



Jika kita peka maka getaran dari tenaga yang berasal dari dada, punggung dan lengan akan menyatu sampai ke leher. Rasakan dan nikmati otot-otot di leher dalam kondisi istirahat total. Untuk sesaat biarkan apa adanya kondisi ini dan mulai rasakan getaran naik sampai ke muka ( wajah ). Nikmati seluruh otot-otot muka, mata dalam kondisi rileks. Tahan sebentar dan mulai rasakan getaran berpindah ke otak. Setelah merasakan getaran dalam otak untuk beberapa saat, pelan-pelan getaran dalam otak pelan-pelan melemah.



Dalam kondisi ini seluruh getaran tenaga tadi mulai keluar melalui ubun-ubun ( chakra mahkota ). Pada saat bersamaan jika Anda peka maka getaran atau tenaga dari luar tubuh memasuki tubuh lewat ubun-ubun, masuk ke seluruh bagian tubuh lalu turun ke bawah sampai ujung jari tangan dan ujung jari kaki. Diharapkan dalam kondisi seperti ini tubuh akan merasa segar jika Anda masih terjaga sebelum tidur malam hari. Namun adakalanya di tengah latihan tadi, tidak jarang kita jatuh tertidur pulas sebelum sesi terakhir latihan rileksasi selesai. Latihan ini sangat cocok bagi penderita susah tidur sekali pun sudah dibantu dengan pil tidur.

Read More..

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.