ON LINE

Followers

JALAN KUNING DALAM WIZARD OF OZ.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 13 Oktober 2011

Dalam buku cerita anak-anak yang sangat terkenal The Wonderful Wizard of Oz ( 1990 ) dan film layar lebar yang dibuat berdasarkan cerita ini tahun 1929, tokoh Dorothy dan teman-temannya diminta untuk mengikuti jalan berbata kuning ( yellow brick road ) untuk bisa sampai Emerald City dengan selamat. Popularitas The Wizard of Oz membuat sejumlah lokasi di Amerika Serikat mengklaim telah menjadi inspirasi untuk cerita itu.



Sejumlah jalan di Aberdeen, di Chicago, di Holland, Michigan, di Liberal, Kansas dan di Syracuse, New York, mengkalim bahwa jalan di kota merekalah yang telah menginspirasi cerita Baum tentang jalan kuning emas tersebut. Sejarawan John Curran yakin sebagaimana dilansir situs GeoWeek, bahwa ia telah menemukan lokasi orisinil tempat Baum menemukan jalan berbata kuning tersebut, yaitu di Peekskill, New York.



Alasannya, Baum yang tumbuh di dekat Syracuse masuk ke sekolah militer di Peekskill tahun 1868 ketia ia berusia 12 tahun. Itu adalah dua tahun yang membuatnya menderita. Sangat besar kemungkinan Baum menelusuri Sungai Hudson dengan kapal uap menuju Peekskill dan dia berhenti di dermaga kota itu. Curran menemukan sejumlah peta yang menunjukkan bahwa sekolah militer yang sudah lama ditutup itu berada di ujung jalan yang langsung mengarah ke dermaga.


Legenda setempat mengatakan bahwa Oz, juga dikenal sebagai The Emerald City, ini terinspirasi oleh sebuah benteng terkemuka seperti bangunan di komunitas Castle Park dekat Holland, Michigan. Jalan batu bata kuning berasal dari sebuah jalan pada waktu itu diaspal oleh batu bata kuning.


Jalan itu dibuat dari bata buatan Belanda. Kala itu batu bata kuning lazim digunakan pada masa itu. Meskipun jalan asli telah hilang, masih ada sebagian kecil bagian jalan berbatu bata kuning asli itu di dekat stasiun kereta api.



Bukan mustahil, kala si kecil Baum tiba di Peekskill dan mencari lokasi sekolah militer, ia diberitahu " ikuti saja jalan berbatu bata kuning ". Atau bisa jadi ia sering melamun memandangi jalan itu untuk berpikir tentang kebebasan dan kemudian mengasosiasikan bata kuning dengan penuh harapan dan fantasi.



Oz adalah wilayah fantasi berisi empat tanah di bawah pemerintahan satu raja. Pertama kali diperkenalkan dalam The Wonderful Wizard of Oz (1900) oleh L. Frank Baum, salah satu dari banyak fantasi negara-negara yang ia ciptakan untuk buku-bukunya. Baum sering merujuk 1893 Chicago World's Fair ( "White City") sebagai inspirasi bagi Emerald City. Legenda lain menyinggung bahwa inspirasi berasal dari Hotel Del Coronado dekat San Diego, California. Baum sering menjadi tamu di hotel, dan telah menulis beberapa buku Oz sana.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.