ON LINE

Followers

WAJAH TETAP TERLIHAT MUDA SECARA ALAMI.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 30 Oktober 2011


Masih ingat dengan penyanyi Titik Puspa? Atau Jane Fonda yang masih kinclong terlihat awet muda kendati pun usianya semakin menua? Jawaban atas pertanyaan ini mungkin agak rumit bagi sehat dengan reiki menjawabnya. Saat melihat Acara Papiko di Televisi RI sekian tahun silam dan Senin malam ( 24/10/11 ) lewat acara Bukan Empat Mata, terlihat Mbak Titik Puspa menyanyi dan diwawancarai Mas Tukul yang disorot beberapa kamera, terlihat wajahnya tetap sama dengan wajah yang tampil ketika acara Papiko dulu. Apalagi kalau wajahnya disorot dalam posisi Close UP, raut mukanya tetap menampakkan wajah awet muda di saat memasuki usia senja saat ini. Lantas apa sih rahasianya kok bisa mempertahankan wajah tetap terlihat awet muda hingga saat ini?



Ahli gizi menjawab, " Dengan teratur makan buah dan sayur, proses penuaan bisa diperlambat. Banyak pendapat yang berkembang seputar rahasia awet muda, di antaranya dengan perbanyak senyum atau tertawa, hingga berusaha hidup lurus, tidak neko-neko dan ngoyo ", jawabnya. Selain makan buah dan sayur teratur, disarankan pula untuk rajin mengkonsumsi vitamin dan mineral. Karena vitamin dan mineral adalah zat nutrisi yang penting bagi manusia agar dapat hidup dengan kesehatan prima.



Vitamin merupakan senyawa organik yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan kesehatan dan seringkali bekerja sebagai faktor enzim untuk metabolisme. Proses penuaan setiap manusia adalah alami dan akan dialami setiap orang. Terjadinya proses penuaan selain akibat serbuan radikal bebas juga disebabkan oleh kekurangan vitamin dalam jumlah besar. Makanan memang memberikan sejumlah vitamin, hanya saja tidak semua vitamin dibutuhkan untuk mencegah proses penuaan karena dipasok oleh makanan.



Ketika seorang menjadi tua, lebih banyak vitamin dibutuhkan tubuh mengingat daya serap usus sudah berkurang kinerjanya serta kurangnya produksi vitamin di dalam tubuh. Sementara mineral merupakan senyawa anorganik yang menjadi bagian dari enzim dan dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan termasuk tulang. Seperti halnya vitamin, mineral juga penting untuk metabolisme.


Kebanyakan orang pasti ingin memiliki kulit bersinar, terutama seiring bertambahnya usia. Sebagian perempuan rela mengeluarkan dana tidak sedikit untuk merawat kulit. Ternyata untuk mencapai kulit bersinar tidak perlu harus mengeluarkan dana besar. Cukup dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan segar akan memberikan cahaya yang sehat dan membuat kulit Anda lebih menarik.


Untuk hidup sehat dengan reiki melalui latihan pernafasan, penyaluran reiki secara teratur tampaknya kurang cukup juga sarananya. Masih diperlukan sarana kecukupan mineral untuk tubuh, di antaranya berpaling ke alam sekitar. Coba simak isi kebun kita. Sudah tersediakah sayur mayur yang kita tanam agar bisa dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan mineral setiap harinya?



Memang buah-buahan dan sayuran asli Indonesia banyak diyakini bisa menunda proses penuaan dini seseorang. Tentu Anda masih ingat akan almarhum kakek dan nenek kita semasa hidupnya. Mereka lebih banyak mengkonsumsi sayur mayur hasil kebun, buah-buahan segar dan jarang makan daging.



Makan daging itu pun dibatasi dari hewan tertentu saja yang dagingnya dikonsumsi, misalnya daging ayam dan ikan segar. Selebihnya lebih banyak minum air putih matang dan mengolah spirit dengan cara hidup prihatin jauh dari hura-hura seperti kehidupan manusia modern sekarang ini. Kebetulan di jaman itu belum banyak bahan makanan yang diawetkan dengan bahan kimia. Jika makanan sudah jamuren dan berbau segera dibuang ke pawuhan atau diberikan ke ayam.



Lalu soal mineral yang masuk tubuh jumlahnya dibedakan menjadi dua kelompok. Pertama, mineral yang terdapat dalam jumlah relatif banyak, seperti kalsium, fosfor, magnesium, kalium, natrium, klorida dan sulfur. Kedua, mineral yang jumlahnya sangat sedikit disebut unsur hara seperti kromium, seng, selenium, iodiom, besi, fluor, kobalt, tembaga, mangan dan molibdenum.



Yang perlu diingat asupan mineral yang berlebihan dapat menimbulkan gejala keracunan dan bila kekurangan dapat menimbulkan gejala defisiensi. Nah jawaban atas pertanyaan awet muda pada alinea awal di atas adalah membiasakan diri kita untuk kembali ke alam. Ya... menengok alam dengan segala kekayaan alam yang siap kita olah dan konsumsi untuk kebutuhan pangan kita sehari-hari.



Bagaimana memperoleh semua itu? Kekayaan alam Indonesia terutama tumbuhan tidak dipungkiri sudah terkenal sejak dulu kala akan keampuhannya untuk menyembuhkan penyakit. Demikian pula halnya dengan usaha manusia untuk memperoleh karunia berupa awet muda, mereka mendapatkan jawaban singkat. Mereka berpaling ke alam yang memproduksi buah-buahan dan sayuran segar untuk dikonsumsi. Buah-buahan dan sayuran tersedia dalam jumlah cukup. Kira-kira apa saja buah-buah dan sayuran itu?



1. Buah Alpukat ( Persea Americana Miller )
Tumbuhan asli Amerika Tengah ini memiliki buah buni berdaging berbentuk bola atau bulat telur, panjang 5 sampai 20 cm, warnanya hijau atau hijau kuning. Bila buahnya matang dagingnya terasa lunak dan berlemak.



Buah alpukat mengandung air dan lemak terutama lemak tidak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol, protein karbohidrat, zat besi, betakarotin, vitamin B komplek, folat dan glutation dengan nilai energi 600-8-- kilojoule per 100 gram. Buah ini mudah dicerna dimakan sebagai es campur, jus atau bahan salad.



Minyak buah ini digunakan dalam industri kosmetika untuk produk sabun dan pelembab kulit. Berkhasiat melembutkan serta mengencangkan kulit dan menyuburkan rambut, melindungi kulit dari sinar matahari dan hawa panas, serta menjaga kulit dari kerusakan akibat hujan.



2. Bayam merah ( Amaranthus Tricolor I )
Bayam mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amrantin, betakarotin, vitamin A,C,E, asam folat dan glutation. Bayam dapat meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi bayam setiap hari berguna untuk membersihkan darah sehabis melahirkan. Air perasan akar bayam merah dapat mengobati disentri. Bayam berguna juga untuk obat kurang darah ( anemia ) dan sebagai campuran ramuan untuk penderita gagal ginjal.



3. Tomat ( Lycopersion Esculentum Mill )
Buah ini rasanya manis asam lebih memberikan rasa sejuk dalam tubuh. Sering digunakan sebagai antiseptik usus, pencahar ingan, merangsang pengeluaran enzim lambung dan memperlancar aliran empedu.

4. Wortel ( Daucus Carota I )
Wortel segar mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin A, glutation dan betakaroten. Kandungan betakarotennya merupakan antioksidan untuk menjaga kesehatan dan menghambat penuaan.



5. Brokoli ( Brassica Oleacea var Italica )
Brokoli mirip kubis tersusun dari bunga-bunga kecil berwarna hijau dan mempunyai tangkai yang lebih panjang daripada kubis. Berkhasiat mempercepat penyembuhan setelah sakit berat. Kandungan vitamin dan mineralnya berkhasiat memperpanjang umur dan penuaan dini.



Nah itu saja yang sehat dengan reiki bagikan kepada Anda semua agar dapat memanfaatkan sayur dan mayur, buah-buahan yang ada di sekitar kita yang bisa kita konsumsi setiap saat. Tujuannya agar penampakan wajah tetap segar bugar, kulit masih halus dan kinclong tidak berkerut dan tetap kenyal. Masih ingin menunda penuaan dini khan? Semua tentu ingin tetap muda gagah dan cantik, itulah jawabannya.



Sumber : Gaya hidup sehat.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.