ON LINE

Followers

LABA-LABA AIR.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 16 Oktober 2011

Laba-laba yang sering kita lihat selama ini membuat sarangnya bergelantungan di sudut tembok bangunan rumah. Mereka menganyam sarangnya melingkar dan dengan serat sarangnya itu pula, laba-laba menangkap mangsanya yang terjebak dalam untaian serat warna putih. Laba-laba ini hidupnya bergelantungan di udara. Namun selain laba-laba yang hidupnya di udara ada laba-laba yang menghabiskan hidupnya di bawah air.



Laba-laba dengan gelembung udara dengan nama Latin Argyroneta Aquatica terdapat di Eropa bagian utara dan Asia, adalah satu-satunya laba-laba yang hidupnya di bawah air. Laba-laba ini membuat sendiri aqualung sebagaimana dituturkan situs GeoWeek pekan ini. Gelembung-gelembung air diputar, dialirkan ke bawah, dilekatkan ke tanaman bawah air. Gelembung yang disebut diving bell ini berfungsi seperti insang yang menarik oksigen dari air.


Laba-laba air merupakan mesin-mesin pembunuh yang memiliki kemampuan untuk membuat perangkap dan membangun sarang di bawah air,


Setelah gelembung-gelembung itu perlahan-lahan hilang kemampuannya dalam menarik oksigen, laba-laba itu pun naik kembali ke permukaan air untuk membuat riak dan kemudian menarik kembali gelembung baru. Dengan memanfaatkan gelembung, laba-laba dapat bertahan di bawah air lebih dari sehari penuh tanpa harus naik ke permukaan. Media air sekaligus menjadi tempat berlindung laba-laba karena mereka terhindar dari incaran burung pemangsa dan predator air di sekitarnya.



Predator air seperti serangga, ikan kecil dan krustasea sangat suka memangsa laba-laba air. Untuk menghindarkan diri dari sergapan predator, laba-laba air memanfaatkan gelembung udara saat menyergap mangsanya. Cara kerja gelembung ini tak ubahnya seperti jaring laba-laba yang hidupnya di darat. Ketika mangsa menyentuh gelembung udara, laba-laba pun memperoleh sinyal untuk menyerang si mangsa dengan taringnya dan melumpuhkan mangsa sebelum sempat melarikan diri, lalu segera menariknya ke dalam gelembung air.



Saat sebelum musim kawan tiba, laba-laba jantan membuat gelembung di dekat gelembung laba-laba betina. Setelah memutar pipa yang menghubungkan kedua gelembung, laba-laba jantan kemudian menerobos masuk ke dalam gelembung si betina. Beberapa waktu kemudian, laba-laba betina menyimpan telur-telurnya di gelembung yang sama sampai menetas menjadi anak laba-laba air.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.