ON LINE

Followers

PRAKTEK MENGHIPNOSIS DIRI SENDIRI.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 29 Oktober 2011

Kali ini sehat dengan reiki menulis seputar hipnoterapi atau lebih tepatnya praktek hipnosis sebagaimana pernah dipraktekkan di kelas Lokakarya Kundalini Reiki tahun 2004 lalu. Dengan memberikan sugesti positif kepada seorang peserta lokakarya, seorang terapis hipnoterapi mampu mempengaruhi alam bawah sadar peserta sehingga mau menuruti apa yang menjadi kemauannya. Dalam praktek di kelas itu peserta dibuat tidur ngorok pulas sekali dan akan bangun bila diperintah bangun.



Begitu mudah praktek hipnosis ini dilakukan oleh siapa pun. Hanya dengan latihan rutin mampu mendayagunakan pikiran bawah sadarnya serta mampu mempengaruhi pikiran bawah sadar orang lain, maka proses hipnosis akan berjalan dengan sendirinya. Tentu saja dengan latihan secara teratur, mampu memprogram kalimat affirmasi yang tetap ke dalam alam bawah sadar seseorang, proses memberikan terapi berupa hipnosis akan bekerja sesuai dengan keinginan sang pemberi hipnosis. Hipnosis di sini dalam arti untuk tujuan positif dan bukan untuk memperdayai korbannya.



Seperti dijelaskan hipnoterapi pada dasarnya pendayagunaan alam bawah sadar untuk mengembalikan keseimbangan fungsi tubuh. Semua sistem dalam tubuh kita dikendalikan alam bawah sadar itu dan berlangsung secara otomatis tanpa disadari. Contohnya pernafasan, detak jantung, peristaltik usus, kelenjar ludah dan asam lambung.



Bahkan ketika kita tidur pulas detak jantung dan napas tetap berlangsung. Semua terjadi berkat perintah yang tidak disadari. Sebenarnya prinsip hipnoterapi sederhana saja, yaitu bagaimana mengkondisikan seseorang ke dalam relaksasi yang dalam, sehingga mencapai keadaan nirsadar, critical factor menjadi pasif. Selanjutnya memberikan sugesti sesuai dengan harapan atau yang dimaui si hipnoterapis.



Tampaknya sederhana proses terapinya tetapi proses terapinya sendiri harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Terapi harus dilakukan penuh kasih sayang, disertai doa, memohon petunjuk serta bimbingan-Nya. Apabila terapi hipnosis digunakan untuk penyembuhan penyakit, sugesti dibuat sedemikian rupa sesuai kondisi kesehatan pasien sehingga penyakitnya bisa disembuhkan. Jika digunakan untuk ketenangan jiwa, lakukan sugesti yang menenangkan jiwa pasien.


Praktek menghipnosis orang lain untuk pemberian terapi atas kasus keluhan penyakit.


Kepada pasien yang mempunyai persepsi salah sehingga jiwanya resah berkepanjangan dan tidak harmonis perlu dilakukan wawancara secara seksama. Tujuan wawancara ini untuk menjajagi penyebab resahnya jiwa pasien ini. Baru setelah itu diberikan sugesti yang tepat kepada pasien ini. Dengan kekuatan affirmasi yang telah dirancang si terapis maka alam bawah sadar pasien dimasuki sugesti ini.



Sebagaimana sehat dengan reiki pernah tulis mengenai relaksasi di postingan terdahulu, gelombang otak manusia saat relaksasi dalam akibat self hipnosis diri sendiri berada dalam kondisi alfa atau pada frekuensi antara 8 - 12 siklus per detik. Lebih dalam lagi gelombang otak bisa mencapai kondisi teta atau sekitar 4 - 7 siklus per detik. Dalam kondisi seperti ini sugesti positif untuk mendapatkan rasa nyaman serta ketenangan jiwa akan mudah diterima pikiran bawah sadar kita.



Demikian pula bila kita menghipnotis pasien/seseorang, pola pikir pasien yang terlanjur salah sehingga mengakibatkan resah jiwanya dapat kita ubah rekaman alam bawah sadarnya yang dimiliki selama ini, agar menjadi lebih baik lagi. Dengan latihan relaksasi siapa pun bisa menjadi hipnoterapis bagi diri sendiri atau orang lain. Sebagai gambaran gelombang otak manusia dalam keadaan sadar aktif berkisar antara 14 - 80 siklus per detik. Dengan relaksasi akan menurunkan dan terus menurunkan gelombang otak ini.



Keberhasilan terapi hipnosis sama seperti terapi psikologis lainnya diukur dengan melihat perubahan yang dialami pasien. Jadi sejauh mana tingkat keberhasilan penyembuhan itu sepenuhnya tergantung pada tingkat "kepuasan" pasien yang menerima terapi hipnoterapi.



Dalam hipnoterapi sugesti memang memegang peranan penting. Apa pun metode hipnosisnya dan jenis keluhan pasien yang dirasakan agar mendapat kesembuhan, kuncinya terletak pada sugesti. Hanya orang yang tidak bertanggung jawab saja yang menggunakan sugesti ini untuk hal-hal negative, misalnya melakukan tindak kejahatan.



Karena itu mari sehat dengan reiki ajak Anda belajar relaksasi lebih dulu. Bila Anda mempunyai keluhan psikis misalnya penyakit imsonia, dengan relaksasi sederhana Anda akan mampu menyembuhkan diri sendiri keluhan itu. Caranya tanamkan ke dalam pikiran bawah sadar Anda lebih dulu, bahwa semua manusia yang diciptakan Tuhan pasti akan mempunyai rasa mengantuk apabila waktunya tiba untuk segera tidur. Ucapkan affirmasi ke dalam alam bawah sadar secara perlahan penuh penghayatan dan sangat rileks sambil berbaring dan mulai tutup mata pelan-pelan.



( 1 ) " Saya pasti mengantuk bila mata sudah berat untuk melek. Saya perintahkan saat ini juga wahai kedua mataku untuk merem. Semakin kuat engkau ingin melek, semakin kuat pula kelopak matamu menutup erat-erat. Saat ini juga saya perintahkan engkau menjadi malas untuk membuka mata. Sekarang juga pergilah tidur. "



( 2 ) " Saat saya sedang merancang kalimat postingan ini, tiba-tiba rasa kantuk datang menyergap. Dia seperti pencuri yang mengendap-endap ingin mencuri sesuatu. Akibatnya kalimat tidak menyambung karena kelopak mata sudah sangat berat untuk terus membuka. Saya akhiri saja tulisan ini dan memutuskan pergi tidur segera. "



Begitulah kira-kira kalimat affirmasi yang tepat untuk diprogram ke dalam alam bawah sadar Anda jika kita merasa ingin tidur. Untuk kasus keluhan lain, Anda bisa merancang kalimat yang sesuai dengan tujuan hendak memberikan hipnoterapi kepada orang lain. Kuncinya kondisikan gelombang otak kanan dan diri Anda dalam kondisi rileks. Selain itu hati nurani Anda juga mau menerima sugesti dari Anda sendiri dan jangan menolak. Nah...selamat berlatih.



Sumber - edited dari:
1. Materi cd pelatihan Self Empowerment dan Kundalini Reiki.
2. Mind-Body-Soul Majalah Intisari Edisi Khusus.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.