ON LINE

Followers

NASI PUTIH TERKAIT DIABETES.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 26 April 2012

Membicarakan penyakit diabetes yang dikaitkan dengan sumber makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, kembali diulas oleh tim peneliti dari Harvard School of Public Health di Boston. Hasil penelitian menunjukkan , orang yang makan nasi putih sebanyak 3 - 4 piring  sehari berpeluang mengidap   diabetes tipe 2 dibandingkan dengan orang yang makan 1 - 2 piring nasi putih seminggu sekali. Karena itulah mengonsumsi nasi putih terkait dengan  penyakit diabetes perlu mendapat perhatian semua pihak khususnya yang telah terdeteksi penyakit diabetes dan sebagai sinyal bagi orang yang diindisikan kadar gula darahnya dalam ukuran pre diabetes, agar waspada dalam mengatur pola makannya.

Peneliti memperkirakan risiko diabetes meningkat hingga 11 persen jika masing-masing meningkatkan konsumsi nasi putih setiap hari. Peneliti dari Havard School di Boston melihat empat studi sebelumnya yang menguji hubungan antara mengonsumi nasi putih dan diabetes tipe 2 dua, dilakukan di negara-negara Asia ( China dan Jepang ) dan dua negara Barat ( Amerika Serikat dan Australia ).

Tim peneliti hendak melihat apakah ada hubungan mengonsumsi nasi putih dengan perkembangan diabetes yang lebih kuat di Asia, yang cenderung  lebih banyak mengonsumsi nasi putih daripada orang Barat. Dalam penelitian 22 tahun yang melibatkan 352.000 peserta awalnya, tidak ada yang diabetes. Selesai penelitian sebanyak 13.248 orang ternyata menderita diabetes.
Para peneliti menjelaskan kadar gula darah karena nasi putih mengandung indeks glycemik yang tinggi dibanding nasi merah. Selain itu, nasi putih juga memiliki nutrisi yang lebih sedikit, termasuk serat dan magnesium, yang dapat mencegah diabetes tipe 2.
Hubungan antara mengonsumsi nasi putih dan diabetes lebih kuat di Asia dari kalangan perempuan . Menurut peneliti, nasi memiliki indeks glycemic atau tubuh secara cepat mengubah karbohidrat dalam nasi menjadi glukosa. Indeks glycemic nasi putih sekitar 64 dari skala 100.

Sebagai perbandingan menurut Harvard,  es krim punya indeks glycemic 61, jus jeruk 50. Penelitian sebelumnya yang terkait dengan makanan menemukan bahwa banyak makanan dengan indeks glycemic tinggi terkait dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2. Penelitian ini muncul di jurnal BMJ yang dikutip Livescience pada 16 Maret.

Sumber : Kilas Iptek/ELN.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.