ON LINE

Followers

KEBO BULE DAN GAJAH PINK.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 28 April 2012

Bagi Anda yang pernah melancong ke Solo tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama keraton Kasunanan Solo yang mempunyai binatang klangenan Raja, yaitu Kebo Bule. Binatang bertanduk melengkung ini kulitnya putih alias bule dan dikandangkan di tenggara Alun-alun Kidul dalam sebuah bangunan yang terletak di utara Pasar Gading. Keistimewaan Kebo Bule ini adalah setiap malam 1 Syuro selalu dikirab keliling Benteng Keraton bersama abdi dalem Keraton Kasunanan.

Itulah uniknya kota budaya Solo dengan Kebo Bulenya . Kebo bule ini saat ini telah beranak pinak dan sesekali dilepas di areal alun-alun kidul untuk merumput. Wong Solo dan daerah sekitarnya tentu sudah mengenal bahwa Kebo Bule itu milik Keraton Kasunanan Solo.
Kebo Bule milik Keraton Kasunanan Solo dalam perawatan pawang siap dikirab menjelang malam 1 Syuro dengan berkeliling tembok keraton, alun-alun Lor dan melintas Jalan Slamet Riyadi di perempatan Gladag.
Layaknya binatang ternak sudah tentu kebo bule juga senang dengan rumput. Selain rumput kebo bule ini saat lapar juga senang dengan pisang goreng dan singkong rebus. Pedangan pasar Gading yang letaknya tidak jauh dari kandang Kebo Bule sangat senang jika buah dagangannya seperti pisang dimakan Kebo Bule milik Kraton Solo.
Lain Solo lain pula dengan Myanmar yang juga punya binatang kerbau.  Selain kerbau Myanmar mempunyai juga Gajah. Sebagai sebuah negeri yang dipenuhi dengan Pagoda dan mayoritas warganya beragama Budha, Gajah Myanmar ternyata juga unik warna kulit tubuhnya. Bukan putih alias bule warna kulitnya akan tetapi pink alias merah muda.
Biasanya warna kulit gajah jenis berwarna cokelat kemerahan. Tetapi kulitnya berubah menjadi merah muda ketika basah. Mereka juga memiliki bulu mata dan kuku kaki.
Seperti dilansir Dailymail, Kamis ( 29/3/12 ) gajah berkulit pink ini ada di sebuah kebun binatang Myanmar. Gajah pink ini sedang dimandikan oleh pawangnya bersama bayi gajah menjadi atraksi menarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang saat itu tengah berkunjung ke Myanmar. Meskipun berpenampilan tak biasa, gajah-gajah yang secara resmi dikenal sebagai gajah putih itu tetap menarik untuk ditonton karena warna kulitnya.
Gajah langka kulit warna pink masih tergolong satu jenis dengan gajah putih, yang tidak berbeda dengan gajah abu-abu. Mereka juga bukan termasuk gajah dengan gen albino. Saat tubuh anak gajah disemprot dengan selang air, warna pink cerah terlihat disekujur tubuhnya.
Gajah dipercaya oleh masyarakat Myanmar membawa keberuntungan. Bahkan, pemberitaan apa pun mengenai gajah pink bisa mengganti berita politik utama negara itu. Demikian diberitakan Daily Mail, Kamis (29/3/2012).
Gajah pink itu spesies yang sama dengan gajah abu-abu maupun albino. Masyarakat setempat percaya kelahiran gajah pink merupakan pertanda keberuntungan dan perubahan politik yang lebih baik di negeri Seribu Pagoda itu. Setidaknya Myanmar saat ini memang telah mengalami perubahan politik drastis sejak tahun lalu.

Negeri yang bertahun-tahun di bawah rezim represif militer mulai mengakhiri kekuasaan junta militernya.  Saat itu telah diakhirinya kekuasaan junta militer dengan pembebasan ikon demokrasi negeri itu, yaitu Aung San Suu Kyi .  Aung San Suu Kyi telan ikut ambil bagian pemilu parlemen bulan lalu.
Sumber : Dailymail/AP/Photo : AP/Tribunnews.com

Jangan lupa setelah baca artikel ini kunjungi yang satu ini ya ? Terima kasih sebelumnya jika mau bergabung. Salam......

1 Responses to KEBO BULE DAN GAJAH PINK.

  1. klo kerbau pink sich di daerah ane juga ada,,tp klo gajah pink ane baru liat nih itupun dari gambarnya belum liat secara langsung....

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.