ON LINE

Followers

MENANGANI PENYAKIT DIABETES MELITUS.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 01 September 2010

Diabetes melitus tentu kita semua tahu. Sebagai penyakit degeneratif, diabetes melitus tidak datang tiba-tiba kepada seseorang yang menyebabkan fungsi tubuh menurun. Sekalipun gejala awal yang perlu diwaspadai selalu tidak ada, masyarakat selalu menganggapnya sebagai tanda-tanda seseorang sehat. Menurut Ketua Persadia Cabang Surabaya Prof.dr.Agung Pranoto Msc.SpPdK-EMD, sejak kecil manusia tergantung pada insulin.



Organ mungil bernama pankreas ini bertugas memproduksi insulin untuk memproses asupan glukosa sebagai sumber energi. Ketika pankreas mogok dan tidak memproduksi insulin, misalnya dipaksa bekerja keras karena asupan terlampau banyak, glukosa akan terbuang melalui air seni. Yang menjadi masalah, menurut dr.Rudi seorang dosen Divisi Endokren Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, menyatakan bahwa pankreas pasien yang datang ke kliniknya sudah dalam kondisi 50 persen rusak. Hal ini terjadi akibat keterlambatan mendeteksi diabetes militus.




Wanita-wanita gemuk berkumpul dan saling mempertontonkan kecantikan dan kebolehan mereka. Alhasil, seorang wanita gendut tapi cantik bernama Moran Baranes berhasil menjadi Miss Fat and Beautiful dengan bobot badan 100-an kilogram. Gemuk dan cantik OK saja asalkan sehat dan tidak terkena diabetes.

Ketika kadar glukosa darah 250 - 300 mg/l, umumnya tidak ada gejala. Manusia dinyatakan sehat bila kadar glukosa darah saat puasa di bawah 100 mg/l, sedangkan dua jam setelah makan dibawah 140 mg/l. Seseorang menderita diabetes melitus bila kadar guklosa darah puasanya lebih dari 125 mg/l dan kadar glukosa darah setelah makannya lebih dari 200 mg/l.



Yang bisa kita amati dari gejala klasik diabetes melitus adalah minum berlebihan, banyak buang air kecil di malam hari dan berat badan cenderung menurun. Gejala klasik ini kerap disalahartikan sebagai tanda sehat. Padahal, berat badan menurun bukan karena diet berhasil, melainkan akibat pankreas mulai rusak, tidak adanya insulin diproduksi untuk mengolah glukosa dalam darah dan lemak cadangan dibakar untuk energi.


Jangan meremehkan wanita gemuk, banyak wanita gemuk yg cantik-cantik juga.

Yang menakutkan adalah diabetes melitus sudah parah dan menimbulkan berbagai komplikasi seperti gangguan ereksi, stroke dan lumpuh, penurunan kemampuan melihat, gagal ginjal dan luka di kaki tidak sembuh-sembuh.Karena itu tindakan tepat untuk mendeteksi gejala diabetes dari awal adalah langkah tepat. Penyembuhan lebih cepat bahkan mungkin diabetes melitus bisa ditunda selama-lamanya. Dengan sendirinya penggunaan suntikan insulin dan obat bisa dihindari.



Untuk mengenali tahap pertama diabetes sebelum memunculkan gejala adalah mengidentifikasi kelompok manusia yang rentan terhadap penyakit ini. Orang gemuk termasuk remaja dengan obesitas, bertekanan darah tinggi, pernah melahirkan bayi dengan bobot lebih dari 4 kilogram, merokok atau memiliki garis keturunan diabetes berisiko tinggi atas penyakit ini. Tanda lain untuk resistensi pada insulin adalah kapalan di tengkuk serta kumis tipis kadang muncul pada perempuan.


Jangan meremehkan wanita gemuk, banyak wanita gemuk lagi cantik juga.


Pada diabetes melitus tipe II atau diabetes melitus yang disebabkan proses imun merusak pankreas, identifikasi masih bisa dilakukan. Sedangkan diabetes melitus tipe I disebabkan kelainan bawaan pada fungsi pankreas. Karena itu diabetes militus tipe I bisa dideteksi sejak kecil. Mengingat diabetes melitus kini menjadi salah satu penyakit degeneratif yang banyak diderita masyarakat, bahkan untuk usia di atas 45 tahun diabetes melitus menjadi penyebab kematian setelah stroke, maka mengatur pola makan dan gaya hidup sehat bisa menghindarkan diri sedini mungkin adanya gejala diabetes melitus pada diri seseorang.

PRA DIABETES.



Ketika gaya hidup orang dari kelompok berisiko diabetes melitus kurang sehat kerap mengonsumsi produk siap saji, kurang olahraga dan biasa merokok, kadar gula glukosa darah bisa meningkat. Ketika kadar glukosa puasa 100 - 125 mg/l dan kadar glukosa setelah makan berkisar 140 - 199 mg/l, seorang sudah dikategorikan prediabetes atau selangkah lagi menjadi penderita diabetes. Dalam tahap ini perbaikan pola hidup harus dilakukan.


Mengontrol berat badan, kadar glukosa darah dan tekanan darah perlu dilakukan agar tidak terkena sindrom gejala diabetes.


Pola makan diatur sesuai kebutuhan. Latihan jasmani atau olahraga secara teratur selama 30 - 45 bahkan 1 jam untuk masa 4 - 5 kali seminggu. Berat badan perlu dikendalikan sesuai dengan indeks masa tubuh normal. Yang tidak boleh dilupakan adalah kontrol kesehatan harus dilakukan teratur. Beberapa indikator yang perlu diperhatikan, menurut dr.Rudi adalah berat badan, kadar glukosa darah, tekanan darah dan profil kolesterol darah.



AFFIRMASI UNTUK HEALING PENYAKIT DIABETES MELITUS.

Bagi praktisi reiki apa pun latar belakang tradisinya, Anda dapat melakukan self healing untuk mencegah kasus diabetes melitus dengan merancang affirmasi agar energi reiki bekerja ke dalam sistem tubuh energi dengan tepat. Saat akan memulai self healing ketika energi reiki mulai mengalir, kita dapat memberikan affirmasi misalnya, " Energi Reiki bekerja menurunkan dan menormalkan kadar gula dalam darah, menghidupkan kembali sel pankreas untuk memproduksi insulin kembali, meningkatkan energi di chakra seks untuk memperkuat energi di organ reproduksi sekian kali lipat ( sebutkan rangenya )."



Mulai salurkan energi reiki ke organ vital dimana terdapat chakra seks dengan santai. Anda pun dapat memberikan healing kepada orang lain untuk kasus penyakit itu dengan cara mengarahkan energi reiki setelah diberi pengarahan affirmasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan klien. Yang tak kalah pentingnya dari kasus penyakit diabetes melitus adalah tetap menjaga pola hidup sehat ala medis kedokteran dan selebihnya mendayagunkan kemampuan energi reiki untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar dalam hidup ini.



Sumber tulisan : Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kompas ( 21/7/10 ) dan Praktek Reiki.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.