ON LINE

Followers

KEBAHAGIAAN ORANG YANG BERPUASA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 08 September 2010

Tak ada manusia di dunia ini yang tidak ingin hidup bahagia. Apa yang hendak dia capai dalam bentuk kegiatan akan bermuara pada kebahagiaan. Bahkan dalam doa yang kita panjatkan kepada Sang Khalik tentu ingin mendapatkan kebahagiaan dalam hidup juga kebahagiaan setelah mati dan akhir dalam perjalanan diri seorang hamba menuju Rab-Nya adalah berjumpa dengan-Nya. Kebahagiaan di sini bebas setiap orang untuk menterjemahkannya.



Ada orang yang menterjemahkan kebahagiaan dalam bentuk kecukupan materi, memiliki rumah besar dan luas, kendaraan mewah berganti-ganti merek, pakaian mahal, harta melimpah dan masih banyak lagi jenis kebahagiaan hidup di dunia. Kebahagiaan lain adalah mendapat pujian saat dia mendapat promosi jabatan yang dapat memuaskan bathinnya bahwa dia telah sukses dalam hidup ini. Semua itu hanyalah kebahagiaan sementara yang tidak langgeng dan setiap saat bisa tercerabut berganti dengan kesengsaraan yang menyakitkan hati. Bahagia, sedih, kecewa dan frustasi adalah perasaan yang biasa ada dalam diri setiap orang.



Manusia yang beriman dan saat ini tengah menyelesaikan ibadah puasa menjelang akhir Ramadhan tentu selalu ingat akan tausiah yang diberikan oleh ustadz bahwa setiap orang yang berpuasa akan merasa bahagia ketika bedug azan mahgrib tiba dan kita disunahkan segera berbuka puasa. Rasa haus, dahaga dan lapar segera hilang dan berganti dengan rasa bahagia ketika diperintahkan berbuka segera. Sungguh Allah SWT Maha Penyayang terhadap hamba-Nya dan tidak ada satu syariat pun yang diturunkan kecuali untuk kemasalahatan manusia.



Di dalam ibadah Saum atau puasa, Allah melarang manusia untuk makan, minum, berhubungan badan sekalipun halal bagi pasangan suami isteri di waktu siang hari. Semua dilakukan untuk menahan nafsu badaniah yang cenderung tidak terpuaskan dan hanya diperbolehkan setelah waktu berbuka puasa tiba. Atas kasih sayang Allah pula saat berbuka puasa tiba diperintahkan untuk menyegerakan berbuka puasa segera.


Buka Puasa-Anak Yatim/Piatu, Dhuafa. Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk dekat dan memberikan perhatian serta kasih sayang kepada anak-anak Yatim. Menyantuni anak Yatim sangatlah besar pahalanya yaitu Surga.

Kebahagiaan kedua adalah bagi orang yang berpuasa adalah berjumpa kelak dengan Allah SWT sebagaimana firman-Nya, " Wajah-wajah orang mukmin pada hari itu berseri-seri memandang Tuhannya." ( 76: 22 - 23 ). Ibnu Rajab berkata, " Bagi orang berpuasa maka ia akan mendapatkan balasan yang besar atas puasanya dengan berjumpa dengan Allah SWT. Kebaikan apa saja yang telah kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh balasannya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan paling besar pahalanya."



Tak terasa Ramadhan sudah berlangsung hingga malam ke 29 dan dalam beberapa jam lagi akan segera meninggalkan kita semua. Dua kebahagiaan ramadhan telah ada di depan mata, beruntunglah bagi siapa saja yang berpuasa karena mengharapkan ridho-Nya dan rugilah bagi siapa yang sengaja tidak berpuasa, maka kesempatan emas saat setiap orang ingin mendapatkan pengampuan atas dosa dari Tuhan, telah lenyap karena melalaikan perintah wajib puasa tanpa alasan jelas dari sisi agama yang dianutnya.



Tiada lain semoga Ramadhan kali ini menjadi Ramadhan yang berkesan bagi setiap orang beriman, demi taat menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan karena takut murka-Nya. Semoga kebahagiaan ketiga Insya Allah kita semua masih dipertemukan dengan Ramadhan tahun depan, karena kita tidak tahu apakah tahun depan akan kembali berjumpa dengan Ramadhan. Misteri kehidupan dan kematian ada di tangan Allah. Wallahua'lam bishawab.



Sumber : Tausiah Ramadhan lewat media masa sebelum waktu berbuka puasa tiba.

1 Responses to KEBAHAGIAAN ORANG YANG BERPUASA.

  1. Rizkyzone Says:
  2. ok mb' arum kapapun mudik ke tulungagung, saya tunggu infonya, sekalian au ucapin met hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.