ON LINE

Followers

ULAT AFRIKA TAHAN RACUN JAGUNG TRANSGENIK.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 03 Oktober 2013

Seperti tanaman transgenik lainnya, tanaman jagung jenis Bt maize dirancang menghasilkan pestisida dari tubuhnya sendiri. Sebuah protein beracun diproduksi bagian batang dan daun sehingga membunuh serangga yang hinggap. Meskipun tampak sempurna, kajian ilmuwan menunjukkan, serangga itu bisa berevolusi membangun ketahanan diri dari racun itu.

Peneliti dari Institut de Recherche pour le Developpement ( IRD ) di Perancis  bersama rekan di Amerika Selatan menemukan, hama ngengat Busseola fusca  membangun mekasinsme pertahanan diri  terhadap Bt toxin di Afrika Selatan. Mekanisme ini diturunkan secara dominan.


Di Amerika Serikat, komoditi jagung telah mengalami rekayasa genetika melalui teknologi rDNA, yaitu dengan memanfaatkan gen dari bakteri Bacillus thuringiensis (Bt) untuk menghindarkan diri dari serangan hama serangga yang disebut corn borer sehingga dapat meningkatkan hasil panen. GenBacillus thuringiensis yang dipindahkan mampu memproduksi senyawa pestisida yang membunuh larva corn borer tersebut.
Di Amerika Serikat, tanaman jagung telah mengalami rekayasa genetika dengan memanfaatkan gen dari bakteri Bacillus thuringiensis (Bt) untuk menghindarkan diri dari serangan hama serangga yang disebut corn borer. GenBacillus thuringiensis yang dipindahkan mampu memproduksi senyawa pestisida yang membunuh larva corn borer.
Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE, yang dikutip Science Daily, Jumat ( 20/9 ). Secara teknik rekayasa genetika, tanaman jagung Bt maize memanfaatkan gen pada bakteri Bacillus thuringiensis ( Bt ) yang menghasilkan racun. Bagian batang dan daun tanaman akan menghasilkan racun yang ketika dikonsumsi larva serangga bisa menimbulkan kerusakan usus.

Sumber : Kilas Iptek / Science Daily / ICH.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.