ON LINE

Followers

SURVEI COMRES KEPADA PILOT.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 16 Oktober 2013

Pernahkan Anda saat menggunakan angkutan udara merasakan kenyamanan saat terbang dengan maskapai penerbangan idaman ? Lalu mendapatkan pelayanan ekstra dari pramugari layaknya raja sehari saat bersanding di pelaminan, sehingga tiba di tempat tujuan tubuh tetap bugar rasa capai hilang. Kalau ya barangkali faktor kenyamanan saat terbang tak lepas dari kondisi cuaca dalam perjalanan, juga kehandalan pesawat saat diterbangkan pilot berpengalaman, membuat penumpang  bisa tidur nyenyak selama penerbangan.

Penumpang pesawat tidur dalam perjalanan udara adalah lumrah terjadi setiap kali kita naik pesawat. Namun pernahkan anda membayangkan, bahwa pilot pesawat pun bisa ngantuk lantas tidur saat mengemudikan pesawat. Kalau hal ini terjadi sungguh penumpang bisa was-was setiap kali naik pesawat.

Karena ini menyangkut keselamatan penerbangan yang melibatkan unsur manusia, sarana angkutan yang dipakai juga faktor cuaca di angkasa, maka survei perlu dilakukan terhadap pilot yang mengemudikan pesawat. Hasilnya ada fakta mencengangkan dari survei terhadap 500 pilot anggota Asosiasi Pilot Maskapai Penerbangan Inggris ( BALPA ). Jajak pendapat mendapatkan jawaban, lebih dari separuh pilot mengaku pernah tertidur di kokpit saat sedang bekerja.

Yang lebih gawat lagi, 29 persen responden bilang saat bangun para pilot menemukan kopilot juga tertidur.  Survei yang dilakukan ComRes diterbitkan tak lama setelah tabloid The Sun menurunkan berita bahwa pilot dan kopilot pesawat Airbus A330 dari maskapai Inggris yang tidak disebutkan namanya tidur bersamaan dalam sebuah penerbangan jarak jauh menuju Inggris ( 13/8 ). Saat itu pesawat diterbangkan secara autopilot dan kedua pilot itu tidak menyadari berapa lama mereka tertidur.
Anda sering traveling, salah satu pilihan alat transportasi yang paling hemat waktu adalah pesawat. Namun kadang terdengar keluhan yang hampir sama dari para penumpang pesawat mengenai ketidaknyamanan di pesawat terbang yang mereka tumpangi.
Salah satu pilihan alat transportasi yang paling hemat waktu adalah pesawat. Penerbangan jarak jauh sering membuat penumpang ngantuk lalu tidur di kursi pesawat, sementara pilot bekerja mengemudikan pesawat.
Pilot mengakui bahwa dirinya dan rekannya tidur tak lebih dari 5 jam dalam dua malam sebelumnya. " Hampir separuh tepatnya 49 persen pilot yang ditanyai BALPA mengidentifikasi kelelahan sebagai ancaman terbesar untuk keselamatan penerbangan, " sebagaimana dikatakan Otoritas Penerbangan Sipil. Adapun sepertiga pilot mengatakan, budaya di dalam maskapai membuat mereka enggan untuk melaporkan kelelahan tersebut.

Survei BALPA ini dibuat sebelum Parlemen Eropa mengadakan voting atas proposal yang akan menentukan lama kerja maksimum untuk pilot dan awak pesawat di Uni Eropa. BALPA menyebut perubahan itu berbahaya  karena mewajibkan pilot untuk terjaga terus menerus selama 22 jam. " Ini akan menyebabkan tingkat kelelahan pilot mencapai empat kali dari batas legal minum alkohol sebelum terbang, " ujar BALPA.

Dalam aturan baru yang akan divoting itu, pilot dilarang terbang atau menunggu di bandara dalam kondisi standbay selama lebih dari 16 jam. Meskipun di sejumlah negara Uni Eropa, seperti Spanyol, batas maksimum ini bisa mencapai 26 jam. Adapun limit maksimum di Inggris saat ini adalah 14 jam. Nah, kalau pilot mengantuk lalu tidur saat bekerja, ngeri deh membayangkan.

AFP / WAS.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.