Pernahkan
Anda saat menggunakan angkutan udara merasakan kenyamanan saat terbang
dengan maskapai penerbangan idaman ? Lalu mendapatkan pelayanan ekstra
dari pramugari layaknya raja sehari saat bersanding di pelaminan,
sehingga tiba di tempat tujuan tubuh tetap bugar rasa capai hilang.
Kalau ya barangkali faktor kenyamanan saat terbang tak lepas dari
kondisi cuaca dalam perjalanan, juga kehandalan pesawat saat
diterbangkan pilot berpengalaman, membuat penumpang bisa tidur nyenyak
selama penerbangan.
Penumpang
pesawat tidur dalam perjalanan udara adalah lumrah terjadi setiap kali
kita naik pesawat. Namun pernahkan anda membayangkan, bahwa pilot
pesawat pun bisa ngantuk lantas tidur saat mengemudikan pesawat. Kalau
hal ini terjadi sungguh penumpang bisa was-was setiap kali naik pesawat.
Yang
lebih gawat lagi, 29 persen responden bilang saat bangun para pilot
menemukan kopilot juga tertidur. Survei yang dilakukan ComRes
diterbitkan tak lama setelah tabloid The Sun menurunkan berita bahwa
pilot dan kopilot pesawat Airbus A330 dari maskapai Inggris yang tidak
disebutkan namanya tidur bersamaan dalam sebuah penerbangan jarak jauh
menuju Inggris ( 13/8 ). Saat itu pesawat diterbangkan secara autopilot
dan kedua pilot itu tidak menyadari berapa lama mereka tertidur.
Pilot
mengakui bahwa dirinya dan rekannya tidur tak lebih dari 5 jam dalam
dua malam sebelumnya. " Hampir separuh tepatnya 49 persen pilot yang
ditanyai BALPA mengidentifikasi kelelahan sebagai ancaman terbesar untuk
keselamatan penerbangan, " sebagaimana dikatakan Otoritas Penerbangan
Sipil. Adapun sepertiga pilot mengatakan, budaya di dalam maskapai
membuat mereka enggan untuk melaporkan kelelahan tersebut.
Survei
BALPA ini dibuat sebelum Parlemen Eropa mengadakan voting atas proposal
yang akan menentukan lama kerja maksimum untuk pilot dan awak pesawat
di Uni Eropa. BALPA menyebut perubahan itu berbahaya karena mewajibkan
pilot untuk terjaga terus menerus selama 22 jam. " Ini akan menyebabkan
tingkat kelelahan pilot mencapai empat kali dari batas legal minum
alkohol sebelum terbang, " ujar BALPA.
Dalam
aturan baru yang akan divoting itu, pilot dilarang terbang atau
menunggu di bandara dalam kondisi standbay selama lebih dari 16 jam.
Meskipun di sejumlah negara Uni Eropa, seperti Spanyol, batas maksimum
ini bisa mencapai 26 jam. Adapun limit maksimum di Inggris saat ini
adalah 14 jam. Nah, kalau pilot mengantuk lalu tidur saat bekerja, ngeri
deh membayangkan.
AFP / WAS.
0 komentar