ON LINE

Followers

MEMBUAT SEHAT ORGAN GINJAL.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 07 Oktober 2013

Jika ingin umur panjang dan sehat perhatikan angka berikut ini. Pada 2012, terdapat 24.141 penderita gagal ginjal. Angka ini merupakan peringatan penting buat kita semua yang peduli akan kesehatan. Kemungkinan peningkatan penderita gagal ginjal cukup besar mengingat adanya dugaan peningkatan populasi diabetes dan hipertensi sebagai pangkal munculnya penyakit gagal ginjal.

Mudah-mudahan dengan menjaga kesehatan sejak awal dan mengikuti edukasi terus menerus akan arti pentingnya kesehatan, penyakit diabetes dan hipertensi bisa diturunkan Sadar akan pentingnya menjaga hidup sehat ini, maka malam minggu yang sedikit mendung ini, kita menyimak tindakan preventif agar fungsi ginjal kita tetap maksimal. Lalu caranya bagaimana untuk punya ginjal sehat?

Ginjal manusia bentuknya segenggam tangan manusia akan tetapi jika fungsinya sebagai filtirasi terganggu, baru terasa penting memperhatikan organ ginjal agar berfungsi maksimal. Karena itu menjaga organ ginjal tetap baik perlu kesadaran pemiliknya untuk memeliharanya dengan baik. Jika organ yang satu ini sudah bermasalah, maka alat cuci darah  ( hemodialisa ) yang mampu berperan menggantikan fungsinya.

Menjaga keseimbangan cairan dan garam dalam tubuh, menghasilkan hormon erytropoletin yang bertugas mematangkan sel darah merah. Lalu menyeimbangkan sifat asam dan basa dalam tubuh, mengatur tekanan darah serta membuang zat racun atau zat lain yang tidak dibutuhkan tubuh adalah beberapa fungsi ginjal yang sangat berperan dalam metabolisme tubuh kita. Adanya infeksi, diabetes, hipertensi, batu ginjal, dan lupus bisa menjadi penyebab menurunnya fungsi ginjal.
Jika anda sering lemas, salah satu pinggang terasa sakit, waspadi gangguan ginjal anda. Gejala penyakit ginjal dapat dideteksi dan kita mesti mengetahui secara persis akar penyebab terjadinya kerusakan pada ginjal. Tubuh memiliki sistem organ yang berfungsi untuk membuang sisa-sisa metabolisme yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh. Salah satu sistem tersebut adalah saluran kemih yang di dalamnya ada ginjal yang punya fungsi khusus sebagai penyaring kotoran yang ada dalam darah. Ginjal biasanya akan membuang kotoran tersebut dalam bentuk urine. Jadi jika ingin mengetahui apakah ginjal anda baik atau tidak, kita bisa melakukan pengecekan terhadap urine.
Jika anda sering lemas, salah satu pinggang terasa sakit, waspadai gangguan ginjal anda. Gejala penyakit ginjal dapat dideteksi dan kita mesti mengetahui secara persis akar penyebab terjadinya kerusakan pada ginjal.
Penurunan fungsi ginjal tidak bisa dipisahkan dari pola atau gaya hidup yang tidak sehat pemilik ginjal. Karena itu, hal paling baik harus dilakukan adalah memeriksakan kesehatan secara rutin disertai pemeriksaan laboratoriom yang menyangkut fungsi ginjal, gula darah, kolesterol, serta urine. Pemeriksaan ini  untuk mengetahui adanya darah atau kadar protein dalam air seni.

Ibarat merawat mobil jika sudah lama dioperasikan, memeriksakan fungsi ginjal  perlu dilakukan. Sebab, menurunnya fungsi ginjal hampir tidak disertai gejala awal. Rasa lemas, pusing, jarak pandang mata sempit, sakit kepala, mual-mual, badan bengkak, sesak napas, hingga tak sadarkan diri,  merupakan  ciri-ciri lanjut terganggunya fungsi ginjal yang kudu diwaspadai.

Agar fungsi ginjal tetap terjaga dengan baik, beberapa hal berikut ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya agar sedini mungkin tahu penyebabnya jika merasakan salah satu organ kita bermasalah, mudah-mudahan tidak dan tetap sehat.

1. Minum air putih yang cukup, disarankan 10 gelas atau 2 liter per hari.
2. Melakukan pemeriksaan kesehatan paling tidak 1 kali setahun untuk yang berumur di bawah 40 tahun atau 2 kali setahun untuk mereka yang berumur di atas 40 tahun.
3. Tidak mengonsumsi obat-obatan yang membahayakan kesehatan tanpa sepengetahuan dokter.
4. Mengobati penyakit yang bisa menurunkan fungsi ginjal, seperti batu ginjal, hipertensi, diabetes, dan lupus.
5. Berolahraga seperti berenang atau joging 2 hari dalam seminggu minimal 30 menit setiap kali olahraga sudah cukup bagus untuk menjaga organ ginjal tetap sehat.

Semoga Anda semua peduli akan organ ginjalnya dan bisa memelihara dengan baik agar berfungsi maksimal. Ibarat mobil yang rutin Anda rawat, ginjal pun perlu perawatan maksimal sebagaimana 5 poin di atas. Saya dan Anda tentu ingin punya ginjal sehat bukan ?

Sumber tulisan : Laras Ragam Kesehatan Klasika ( 4/10 ) / AYA.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.