ON LINE

Followers

ASI PERAH UNTUK BAYI ANDA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 16 Oktober 2013

Sekalipun anak-anak sudah tumbuh dewasa dan telah menentukan sendiri jalan hidupnya, saya masih teringat dokter anak yang pernah merawat anak saya ketika kecil dulu. " Ibu memberikan ASI pada putranya kurang lebih berapa tahun ? " tanya Pak Dokter sambil memeriksa lengan anak ketika akan memasukkan jarum suntik untuk imunisasi.  " Kurang lebih setahun lebih  beberapa bulan Pak Dokter ? " jawab saya.

Dokter anak yang memeriksa langsung menunjukkan brosur kecil tentang ASI yang kerap dibagikan gratis kepada ibu-ibu sambil menjelaskan kamus ASI yang sebenarnya. Miturut ilmu kedokteran anak, ASI alias air susu ibu adalah makanan terbaik untuk bayi yang berfungsi mengoptimalkan kekebalan pada bayi atau anak. Dengan kata lain sangat disarankan bagi ibu yang akan kembali kerja setelah cuti melahirkan usai, memerah dan menabung sendiri ASI nya dan diberikan pada bayinya kemudian.

Selama pemberian ASI berat badan bayi terus bertambah di kisaran 750 - 1.000 gram dalam sebulan.  Selain memerah ASI, menurut Laras Ragam dalam artikelnya menulis, setiap ibu bekerja perlu memahami panduan daar cara menyimpan ASI perah yang benar agar si kecil tetap mendapatkan manfaat ASI secara optimal.

Panduan yang disampaikan dr. Elizabeth Yohmi SpA IBCLL dari Satgas ASI IDAI dari materi Seminar Pakan  ASI oleh IDAI  ( Ikatan Dokter Anak Indonesia ) tertulis, " Menyusui pada Ibu Bekerja Bagaimana Menyiasatinya ?" Jawabannya, jelas untuk menyimpan ASi perah sebaiknya ibu memilih wadah dari botol gelas yang dapat ditutup. Botol gelas sebaiknya dibersihkan dengan cara dicuci dengan air sabun panas dan bilas dengan air panas yang bersih pula.
Kendala utama ibu bekerja saat bayi masih menyusu adalah waktu tepat pemberian ASI. Di sela bekerja, ibu masih bisa memerah ASI dan memberikan pada bayinya saat tiba di rumah.
Kendala utama ibu bekerja saat bayi masih menyusu adalah waktu tepat pemberian ASI. Di sela bekerja, ibu masih bisa memerah ASI dan memberikan pada bayinya saat tiba di rumah. Atau ASI bisa diantar segera ke rumah lewat kurir atau orang kepercayaan.
Jika jumlah ASI melimpah dan setiap saat memerah, sebaiknya disediakan botol lebih dari satu, catat setiap botol ASI perah tanggal pemerahannya. Gunakan  ASI yang lebih lama dulu atau bayi secepatnya diberikan ASI begitu selesai diperah jika stok lama tidak ada. Dengan kata lain secepatnya memberikan ASI segar daripada memberikan ASI yang dibekukan.

Panduan lainnya, ASI beku yang dicairkan perlahan dalam lemari pendingin dapat digunakan dalam 24 jam.  Hangatkan ASI beku dalam botol dengan merendam di wadah berisi air hangat dan segera gunakan dalam satu jam. Ibu juga tidak boleh memasak ASI atau memanaskannya dalam microwave karena akan merusak kandungan nutrisi dan bisa membakar mulut bayi.

Jadi seandainya sahabat sehat bersama reiki yang saat ini tengah menyusui bayinya dan sebentar lagi akan bekerja, Anda bisa memerah ASI di tempat kerja.  ASI perahan bisa dikirimkan lewat saudara atau teman yang dipercaya untuk dibawa pulang dan dikonsumsikan pada bayi segera. Pernah dengar kurir ASI yang bertugas membawa ASI perahan ke rumah?

Sumber : Laras Ragam Air Susu Ibu.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.