ON LINE

Followers

AKTIF SAAT BERPUASA CEGAH OSTEOPOROSIS.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 01 Agustus 2012

Puasa bukan penghalang untuk aktif bekerja, berolahraga dan terkena sinar matahari. Hal ini justru mencegah osteoporosis alias pengeroposan tulang. Demikian kata dokter spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi yang juga Wakil Ketua Perhimpunan Ahli Osteoporosis Indonesia, Siti Annisa Nuhonni, Selasa ( 24/7 ) di sela bincang-bincang bertajuk " Langkah Sehat Menuju Berkah Bersama."

Aktivitas tubuh rutin membantu membentuk kepadatan massa tulang. Berdasarkan penelitian terhadap pasien stroke, enam bulan setelah serangan, pasien rata-rata sudah bisa berjalan. Namun, ternyata kepadatan massa penderita tulang turun, baik pada sisi tubuh yang lumpuh maupun sehat.

" Penderita stroke umumnya berkurang aktivitasnya. Hal ini berpengaruh pada kepadatan massa tulang, " kata Nuhonni, pengajar Program Studi Rehabilitasi Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Dikatakan kepadatan massa tulang orang normal tidak kurang dari minus 2,5 kepadatan mineral tulang  (bone mineral density/BMD).
Sejumlah penelitian membuktikan bahwa paparan sinar matahari sebenarnya memberikan begitu banyak manfaat kesehatan tulang. Sinar matahari merupakan salah satu karunia yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia di muka bumi.
Apabila kepadatan mineral tulang seseorang sudah minus 2BMD, dia harus waspada karena masuk pada fase osteopenia ( kadar kepadatan mineral tulangnya di bawah normal ), nyaris osteoporosis. Solusi atas kondisi ini, dengan memaparkan diri pada sinar matahari selama 10 - 15 menit per hari sangat baik untuk mencegah osteoporosis.

Sinar matahari dapat mengaktifkan vitamin D di bawah kulit yang membantu penyerapan kalsium. Dokter gizi medika dari Departeman Ilmu Gizi FKUI- RSCM, Fiastuti Witjaksono, menambahkan, saat berpuasa di anjurkan makan seperti biasa dan minum susu saat sahur. Susu kaya akan kalsium yang dibutuhkan dalam pembentukan dan penguatan tulang. ( ABK ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.