ON LINE

Followers

TIWUL MAKANAN AKHIR TAHUN 2009

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 31 Desember 2009 5 komentar

Malam pergantian akhir tahun 2009 ini sehat dengan reiki ada di Wonosari Gunung Kidul. Untuk apa kesana? Ya...untuk tetirah menjumpai saudara-saudara petani di daerah ini yang sampai sekarang ini masih rajin berladang dengan menanam polowijo. Di antara rimbunnya daun ketela singkong siang tadi mereka memanen singkong yang akan dipersiapkan sebagai makanan khas menyambut pergantian tahun dengan makanan khas

Tiwul dan Cenil ditambah parutan kelapa dan gula pasir menjadi kudapan yang enak dan bergizi.
Tiwul khas Gunung Kidul menyambut tahun baru 2010.

tradisionil yaitu Tiwul, Cenil dan singkong kukus.


Jika saudara telah bosan dengan kudapan modern tak ada salahnya mengikuti jejak saya di penghujung tahun 2009 ini untuk menyantap makanan khas tradisionil setempat yang terbuat dari tepung singkong dan parutan kelapa plus gula jawa. Sungguh enak bila kukusan makanan ini telah mengeluarkan asap putih berarti makanan khas telah siap dihidangkan. Kebanyakan orang telah memandang sebelah mata terhadap makanan ini tapi tidak dengan penduduk lokal sini. Mereka masih tiwul minded sekalipun di daerah ini telah masuk supermarket mini yang menjual makanan dan minuman kalengan.


Tiwul sebagai makanan khas daerah Wonosari ada juga di daerah Pacitan dan Wonogiri. Daerah ini terkenal dengan alam yang berbukit-bukit dan lembah curam. Masyarakat sini sudah biasa bercocok tanam singkong, jagung, kelapa dan padi tadah hujan. Singkong sebagai bahan baku Tiwul dari dahulu kala hingga kini masih dikonsumsi sebagai makanan pokok pengganti beras. Kudapan ini sangat lekat dengan masyarakat pedesaan Pegunungan Kendeng Selatan yang membujur dari Daerah Istimewa Jogjakarta hingga Pacitan dan Wonogiri.


Salah seorang penduduk desa Mardiyah mengungkapkan sejak tahun 1997 sudah menjual tiwul. Hingga kini dalam sehari mampu membuat 500 bungkus tiwul. Bahan baku tiwul berupa ketela pohon atau singkong yang dikeringkan kemudian dihaluskan dengan lumpang batu. Tepung singkong ini lalu dicampur dengan parutan kelapa dan gula jawa. Tanpa dicampur bahan pengawet dan pewangi makanan, tiwul khas desa ini mampu bertahan 24 jam.


Harum khas gula jawa dalam adonan tepung singkong lalu dikukus menggunakan kayu bakar. Penggunaan kayu bakar agar cepat matang dan rasanya lebih gurih. Sebagai makanan tradisional tentu saja tiwul masih banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional desa setempat. Bahkan kini telah ada penduduk yang membuat tiwul instan yang lebih praktis dan tahan lama. Sayang resepnya dirahasiakan . Jadi jangan bosan kembali makan tiwul di malam pergantian tahun ini enak kok?

Read More..

MEMILIH MENJADI VEGETARIAN

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 30 Desember 2009 1 komentar


Di saat kita menghindari kolesterol tinggi tiada lain pilihan jatuh kepada makanan tinggi serat rendah lemak. Itulah gaya hidup sehat dengan reiki terhadap makanan saat ini.Tentu saja banyak orang juga tidak menyantap daging setiap kali makan. Mereka lebih senang makan sayur dan buah sebagai ganti menu harian. Boleh dikatakan menjadi vegetarian. Tak ubahnya menyantap makanan biasa, bagi orang yang menjalani hidup sebagai vegetarian juga menjalani diet vegetarian. Dengan menjalani hidup vegetarian diharapkan kesehatan seseorang akan semakin baik tanpa dihantui kelebihan kolesterol setiap kali menyantap makanan.

Menurut gaya hidup sehat awet muda menyebutkan ada dua keuntungan diet vegetarian. Pertama banyak serat berarti menyehatkan saluran pencernaan selain mencegah kanker usus. Kedua, diet vegetarian cenderung rendah garam berarti terhindar dari darah tinggi. Anda ingin tahu berapa banyak orang Amerika makan garam dapur sehari? Di negara sana rata-rata satu setengah sendok teh atau lebih dari 9 gram. Berarti sodium yang masuk sekitar 3.5 gram padahal kebutuhan tubuh hanya 1.2 gram saja atau paling banyak 2.5 gram.

Asupan garam sebanyak itu termasuk yang biasa sehari-hari kita konsumsi. Namun bukankah berarti pola makan Barat sudah menjadi budaya makan kita? Coba lihat di mall atau restoran cepat saji. Menu siap saji, junk food dan makanan olahan pabrik cenderung kelebihan garam. Karena itu penderita darah tinggi di jaman sekarang ini cenderung meningkat khususnya yang biasa menyantap menu Barat. Sebaliknya dengan menjadi vegetarian menu mereka lebih rendah kadar garamnya dibanding menu normal selain itu konsumsi buah-buhanan dan sayur mayur meningkat. D

Penelitian yang pernah dilakukan F.M Sacks melakukan studi dengan diet baru rendah garam DASH (Diet Approach to Stop Hypertension). Hasilnya memperkuat studi-studi sebelumnya bahwa darah tinggi orang modern disebabkan oleh kelebihan asupan sodiom dalam garam dapur. Buktinya tekanan darah vegetarian lebih rendah daripada yang bukan vegetarian. Selain rendah sodium sehingga terhindar dari kemungkinan darah tinggi, asupan protein dari sumber yang berpengaruh terhadap kesehatan tulang. Riset di universitas California pada ibu berusia 65 tahun ke atas memperlihatkan bahwa responden yang mengkonsumsi protein hewan lebih banyak dari protein nabati kehilangan masa tulang lebih besar.

Banyak kehilangan massa tulang berisiko patah tulang dan osteoporosis. Selain itu jumlah asupan protein hewani tidak berkolerasi dengan kepadatan tulang. Diperkirakan wanita dengan asupan protein hewani tinggi rata-rata tiga kali lebih sering mengalami patah tulang paha dibandingkan dengan yang protein hewaninya rendah. Kecukupan protein tetap penting. Namun memilih protein nabati dan membatasi protein hewani pada lanjut usia juga harus dianggap sama pentingnya. Untuk mereka yang berusia muda protein hewani dibutuhkan lebih banyak dibandingkan dengan protein nabati.

Kita cermati menu orang sekarang rata-rata terdiri dari daging, ikan, telur dan bahan makanan yang berasal dari produk susu. Selain cenderung kelebihan lemak, asupan sodium dari garam dapur menjadi penyebab meningkatnya tekanan darah. Padahal menu olahan yang sudah disimpan, diawetkan, ditambah macam-macam zat kimiawi selain kurang kandungan gizinya juga berbahaya bagi kesehatan. Menu junk food sebagaimana lazim dikonsumsi warga kota besar sebetulnya tinggal ampas. Sebab isinya sebagian besar hanya gula, garam dan bumbu dengan hanya sedikit kandungan bahan gizi utamanya. Termasuk di sini bahaya zat pengawet dalam makanan yang perlu diperhitungkan.

Pembuluh darah orang Amerika sudah kena karat lemak (aterosklerosis) sejak usia muda mengingat menu lemaknya berlebihan sejak usia bayi karena minum susu sapi, makan burger, steak, sosis, es krim dan sejenisnya. Kita sebenarnya sudah terancam oleh bahan-bahan yang sebenarnya sudah terbukti berbahaya tapi masih juga dikonsumsi untuk jangka waktu lama bahkan sejak bayi. Karena sangat berbahaya bagi kesehatan maka menu vegetarian agaknya sudah waktunya kita pertimbangkan untuk beralih pada menu yang lebih arif menuju sehat yakni lebih banyak sayur dan buah serta membatasi daging, telur dan susu.

Belajar dari suku-suku tertentu di dunia yang rata-rata berusia panjang ternyata menu mereka lebih banyak mengandung protein nabati ketimbang hewani. Hendaknya itu menyadarkan kita untuk memihak pada menu vegetarian sekali pun bukan menjadi vegetarian sejati.Cukup saja dengan makan ikan laut sebagai pengganti daging. Anggapan bahwa kurang makan daging membuat badan lemah cuma mitos belaka. Vegetarian yang berkecukupan semua zat gizinya tidak menjadi lemah daripada yang bukan vegetarian. Mereka bahkan relatif sehat.

Kalau sudah tahu manfaat menjadi vegetarian mengapa tidak memilih menjadi vegetarian? Bahwa menurut penelitian tubuh manusia sudah diprogam mampu bertahan hidup sampai usia 120 tahun tapi tidak semua orang mampu menempuhnya hingga usia itu. Selain memanjakan pola hidup salah,makan rakus, boros lemak, gula dan garam namun miskin sayur dan buah dalam menu harian, maka sudah waktunya kita beralih menuju hidup sehat dengan mencoba menjadi vegetarian. Anda mau?

Sumber : Gaya Hidup Sehat Awet Muda (disunting) keterangan gambar kiri atas diet makanan vegetarian penderita diabetes.


Read More..

STIMULASI DAN NUTRISI BUAH HATI

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 29 Desember 2009 1 komentar

Tiada kebahagiaan lain bagi seorang wanita bila dalam berumah tangga dia dinyatakan hamil oleh dokter kandungan yang merawatnya. Tak terkecuali tentunya sahabat sehat dengan reiki yang

Stimulasi ibu hamil dengan memperdengarkan musik klasik ke jabang bayi.

saat ini tengah hamil 2 bulan ke atas sebagai calon ibu muda. Sangat menggembirakan tentunya, tapi usia kandungan masih muda dan fase kehamilan masa ini adalah paling rentan sekaligus membahagiakan. Pasalnya selama kehamilan, otomatis si calon ibu akan berjuang demi kesehatan dirinya sekaligus kandungan.


Pada saat mengandung inilah para calon orang tua bersiap menunggu kehadiran buah hatinya ke dunia. Oleh karena itu tidak ada kata lain selain melakukan upaya yang mendukung kesehatan ibu sekaligus janin yang dikandungnya. Para pakar kesehatan khususnya kebidanan dan kandungan menyatakan bahwa stimulasi dan nutrisi di masa hamil penting dilakukan. Banyak penelitian menyebutkan bahwa potensi kecerdasan seorang anak dipengaruhi dua faktor utama yaitu genetik dan lingkungan selama dia dikandung oleh sang ibu.


Banyak anggapan selama ini yang menyatakan janin dalam rahim belum mempunyai kemampuan apa-apa selain tumbuh dan baru dianggap sebagai individu setelah lahir. Padahal pandangan ini salah sebab janin sudah memiliki kemampuan yang disebut fetal behaviour. Janin tidak bisa diam dan selalu bergerak melakukan kegiatan bersama tumbuh kembangnya dan beradaptasi dengan lingkungannya.


Adalah Dr. Hermanto Tj dr. SpOg K, spesialis Obstetri Ginekologi Dokter Kandungan RS Dr. Soetomo Surabaya yang mendalami janin dan kehamilan risiko tinggi, menyatakan bahwa ada beberapa cara sinergi stimulasi dan nutrisi yang dapat dilakukan. Misalnya memperdengarkan musik klasik kepada janin, berbicara dan membacakan cerita untuk janin dan minum nutrisi terbaik untuk ibu hamil dan menyusui. Kenapa harus musik klasik?


Hasil penelitian yang dilakukan Dr. Hermanto mengatakan stimulasi terbaik adalah melalui suara yang memperdengarkan musik klasik yang memiliki kombinasi suara yang paling harmonis. Hermanto yang mengambil gelar doktor di bidang teknologi pendidikan menjelaskan bahwa frekuensi musik klasik adalah 3000-8000 Hz, tidak ada nada mayor, sederhana dimainkan sebagian besar oleh alat musik biola yang menghasilkan nada murni terbaik. Musik klasik yang mendukung pertumbuhan sel otak secara optimal hanya dimiliki musik klasik Mozart.


"Otak menerima musik Mozart luar biasa. Tidak semua lagu Mozart bagus. Ada 14 lagu yang memenuhi syarat sehingga dikenal sebagai urutan Mozart. Sekali sehari di malam hari adalah waktu terbaik mendengarkan musik klasik karena resonansi suara terbaik diterima di malam hari, papar Hermanto. Dia menambahkan, "Janin sebagian besar waktunya dipakai untuk tidur, maka pemberian stimulasi musik klasik ini disarankan jangan lebih dari 60 menit." Pemberian musik klasik paling ideal diberikan sekitar janin berusia 20 minggu. Pasalnya di minggu ke-18 telinga bayi merupakan panca indera yang telah tumbuh sempurna dan siap mendengar.


Air ketuban ibu merupakan penghantar suara yang paling baik, maka untuk memperdengarkan musik klasik ini hanya perlu menempelkan headphone ke perut ibu dengan volume pelan. Selain stimulasi musik klasik ada cara lain yaitu mendengarkan suara orangtuanya bicara. Cara ini membuat janin merasa lebih nyaman dan tenang mendengar suara orangtuanya dan membantu menciptakan hubungan emosional yang lebih erat antar ibu dan janin. Manfaat lain adalah untuk merangsang pertumbuhan sel otak janin sehingga bayi akan memiliki tingkat potensi kecerdasan yang lebih tinggi.


Di samping itu bayi akan lebih sigap dan menoleh mencari suara ibunya ketika lahir dan dia akan memiliki rasa ingin tahu besar dan memiliki koordinasi gerakan tubuh yang harmonis. Para ibu tentunya juga memerlukan nutrisi yang baik bagi kesehatan dirinya dan si buah hati dalam kandungan. Oleh karena itu akan lebih baik jika mengombinasikan stimulasi dengan nutrisi yang tepat. Nutrisi yang mengandung kolin, DHA dan asam folat dapat membantu perkembangan sel otak janin agar lahir sehat dan cerdas.


Proses pertumbuhan janin memang sebuah proses yang luar biasa mengagumkan. Di saat inilah sel otak terus tumbuh dan berkembang. Bertambah jumlahnya dan makin membesar dan berkembang karena sel-sel tersebut semakin matang fungsinya. Tidak ada kata lain bahwa stimulasi di dalam kandungan amat diperlukan oleh ibu yang tengah mengandung. Pasalnya penambahan jumlah sel telah selesai saat kelahiran tiba dan tidak akan bertambah lagi. Tapi perkembangan otak masih terus berlangsung asalkan terus distimulasi apalagi jika dilakukan sejak dalam kandungan.


Pak Dokter ini berpendapat bahwa janin di awal kehamilan sudah menjadi individu yang mempunyai hak. Hak diperoleh dari lingkungan saat ibu mengandung dan perlu diberikan stimulasi dan nutrisi sejak 20 minggu sampai melahirkan tiba. "Pemenuhan hak janin sudah harus dilakukan dan saya menyarankan agar cuti melahirkan sebaiknya selama satu tahun. Pasalnya sinaps si buah hati akan tumbuh satu tahun pertama setelah si kecil lahir. Maka alangkah baiknya jika mengasuh dan memegang bayi adalah ibunya sendiri," kata Hermanto seraya menyarankan mulailah memberikan stimulasi dan nutrisi yang baik bagi buah hati Anda...sahabat sehat dengan reiki... sejak dia ada dalam kandungan.


Nah...siapkah Anda semua calon ibu yang baru pertama kali mengandung saat ini untuk mempraktekkan stimulasi ini? Tiada salahnya mencoba dan semoga kesehatan kandungan Anda semua dalam kondisi sehat hingga tiba waktu melahirkan nanti. Salam sehat dengan reiki untuk Anda semua di minggu terakhir tahun 2009.

Sumber : Sehat Akhir Pekan Kompas.


Read More..

KUNDALINI REIKI

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 28 Desember 2009 2 komentar

Banyak sahabat sehat dengan reiki yang berkunjung blog ini masih awam seputar reiki. Ada yang menanyakan apakah Reiki itu tenaga dalam, yoga atau jenis jurus silat. Bukan sahabat....saya sendiri dulu sewaktu mengenal kata reiki pikiran langsung melayang ke masalah tenaga dalam sebagaimana pernah saya pelajari di PPS Merpati Putih sebelumnya. Ketika berkunjung ke toko buku baru saya mendapatkan gambaran sesungguhnya tentang reiki dan manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh setiap hari dari serangan penyakit.

Reiki adalah suatu sistem esoterik yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal keperluan antara lain untuk penyembuhan diri sendiri penyakit maupun penyembuhan ke orang lain baik jarak dekat (tatap muka) atau jarak jauh. Reiki-Ho yang mengacu kepada tradisi Usui ditemukan pada tahun 1923 oleh Sensei Mikao Usui setelah melakukan meditasi beberapa saat di Gunung Kurama Jepang. Beliau lalu mengajarkan reiki kepada Chujiro Hayashi lalu Madame Hawayo Takata. Murid-murid Hawayo Takata ada 22 orang yang selanjutnya menyebarkan reiki keluar Jepang di tahun 1938.


Selanjutnya Internasionalisasi Reiki ke lima benua dimulai tahun 1980 termasuk juga penyebaran reiki ke Indonesia yang dimulai tahun 1986. Reiki dalam penyebarannya lalu muncul berbagai tradisi reiki yang dikembangkan oleh Master Reiki. Termasuk di sini reiki tradisi kundalini yang lebih akrab disebut dengan nama Kundalini Reiki yang merupakan gabungan penyaluran energi reiki dan energi kundalini. Menyebut Kundalini Reiki tentu ada hubungannya dengan Kuthumi seorang Ascended Master yang diketahui secara fisik pernah hidup di wilayah India dan Tibet sekitar abad 19. Terakhir dikenal sebagai guru spiritual di daerah Kashmir India.

Calon praktisi sebelum mendapatkan attunement reiki.

Pada saat ini ajaran Kuthumi dapat diperoleh melalui kegiatan group channeling yang dipimpin oleh Madame Blavatsky pendiri dari Theosophical Society. Lalu generasi berikutnya adalah Ole Gabrielsen seorang Grandmaster Meditasi dan Kundalini dari Denmark yang sejak lama telah melakukan channeling terhadap Kuthumi dan akhirnya mendapatkan inisiasi Kundalini Reiki dari Kuthumi. Generasi ke-3 dari Tradisi Kundalini Reiki jatuh kepada Yan Nurindra founder dari IRMA, Asosiasi Reiki Master Independent Indonesia. Beliau merupakan Master dari lebih 80 tradisi energi esoterik dan pada tahun 1998 mulai memperkenalkan Reiki kepada masyarakat Indonesia melalui pelatihan Reiki yang dikenal dengan nama Mahameru Light Healing Institute.


Kundalini Reiki sebagai satu tradisi reiki penggunaannya sangat mudah dan sederhana tanpa menggunakan simbol reiki dan dapat digabung dengan teknik dari tradisi lain. Didisain khusus untuk membuka gulungan kundalini dan menaikkan api kundalini sehingga praktisi akan memperoleh beberapa energi berbeda, yang satu energi reiki tradisi tertentu dan satunya lagi energi khusus kundalini. Tata cara attunement sangat mudah dan sederhana tanpa attunement fisik.


Sehat dengan reiki sendiri belajar Kundalini Reiki jarak jauh melalui Majalah Nirmala di tahun 2003. Bersama praktisi reiki lain dari berbagai tradisi reiki bertemu dalam satu lokakarya dan mendapatkan attunement lanjutan Kundalini Reiki secara tatap muka dan mendapatkan hak untuk menularkan tradisi kundalini reiki ini kepada orang lain melalui attunement jarak jauh level 1. Selanjutnya praktisi dapat mempraktekkan tradisi kundalini reiki ini untuk keperluan healing, distance healing, cleansing room, karmic band healing dan situation healing.

Setelah mendapatkan attunement kundalini reiki level satu

Adakalanya seseorang untuk pertama kalinya memperoleh attunement akan mengalami effek over energy karena energi eterik mengalir terus menerus bersirkulasi di seluruh jaringan tubuh eterik. Bisa juga terjadi detoksifikasi berlebihan dengan seringnya membuang air besar dan kecil dengan suhu tubuh cenderung meningkat tapi hal ini tidak perlu dirisaukan dan wajar terjadi bagi seseorang yang baru pertama kali mendapatkan inisiasi. Lalu perubahan pola tidur dan cenderung lebih gampang mengantuk saat melakukan self healing. Perubahan pada tubuh fisik ini bersifat sementara karena adanya penyelarasan kembali aliran chi dalam tubuh dan efek positifnya tubuh akan merespon kondisi ini menuju sehat dan bugar.


Sekali lagi reiki adalah supplementary treatment tidak dimaksudkan menggantikan penyembuhan kedokteran. Praktisi reiki tradisi mana pun tidak diperkenankan menyarankan kepada pasien untuk menghentikan proses penyembuhan yang telah lebih dulu ditangani dokter. Selain itu pula praktisi reiki tidak diperkenankan melakukan diagnose penyakit kecuali praktisi reiki itu seorang ahli medis kedokteran yang memiliki kewenangan untuk mendiagnose penyakit.


Bagi Anda sahabat sehat dengan reiki yang telah menjadi praktisi reiki silakan praktekkan reiki untuk kebaikan sesama dalam menolong seseorang yang sedang sakit. Selamat berlatih.

Read More..

KELENJAR PINEAL MENUNJANG HORMON MELATONIN

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 27 Desember 2009 1 komentar

Irmansyah Effendi Msc dalam buku Kundalini menulis salah satu kekuatan psikis yang cukup mudah untuk dimiliki seseorang apakah dia seorang praktisi reiki atau non praktisi reiki adalah pewaskitaan. Untuk mencapai tataran itu seseorang harus mengetahui pewaskitaan dengan mengetahui organ-organ eterik yang berfungsi untuk pewaskitaan dan cara mengaktifkannya. Pewaskitaan dapat aktif dalam beberapa hari saja bagi orang yang berbakat.


Indera yang berfungsi untuk pewaskitaan dapat dibagi dalam 2 kelompok yaitu kamera dan penerima. Kamera atau pintu masuk penglihatan adalah chakra mata ketiga sampai chakra mata ketujuh. Di samping dua mata fisik yang bisa dilihat, manusia mempunyai lima mata lagi yang berada pada tingkat eterik dan tidak bisa dilihat. Gambaran yang masuk diterima oleh kelenjar pineal untuk disampaikan ke otak.


Untuk mengaktipkan sebuah mata eterik, chakra bersangkutan harus terbuka. Jaringan pelindung yang terletak dibelakang chakra juga harus dibuka. Ibarat shutter pada kamera jaringan pelindung sangat halus mudah robek dan rusak. Apabila jaringan pelindung robek, maka mata eterik akan aktif secara terus menerus yang berakibat yang bersangkutan akan sering melihat hal-hal yang tidak diinginkan. Seharusnya mata eterik dapat diaktifkan atau diistirahatkan sesuai keinginan.


Susunan kelenjar dalam tubuh manusia.

Sebagai contoh mata ketiga (chakra ajna) mempunyai fungsi untuk melihat energi kasar misalnya badan halus, mata kelima yang terletak di dahi untuk melihat energi yang lebih halus lagi seperti tubuh astral, chakra, aura dan sebagainya. Semua kemampuan ini dimungkinkan karena adanya kelenjar pineal yang berfungsi untuk pewaskitaan. Tanpa aktifnya kelenjar pineal pewaskitaan tidak dapat dimiliki. Jadi pada saat seseorang berlatih Kundalini maka kelenjar pineal akan diaktifkan dan dibersihkan sehingga kelenjar ini berfungsi dengan baik.


Organ penting lainnya di dalam otak adalah kelenjar pituitary yang mempunyai kemampuan untuk memanjang dan memendek berfungsi sebagai alat zoom seperti halnya lensa pada kamera. Kemampuan pewaskitaan sebenarnya luas misalnya melihat badan halus, aura, organ tubuh, tulang, penyakit dalam tubuh dan seseorang berada di tempat jauh. Namun harus diingat bahwa dalam belajar Kundalini untuk keperluan ini akan membelokkan arah dari tenaga kundalini ke chakra mata ketiga saja. "Akibatnya tenaga kundalini tidak mengalir menuju ke chakra mahkota lagi," tulis Irmansyah Effendi yang menutup sub bab 6 Kundalini Kekuatan-Psikis dan Pewaskitaan.


Itu tadi mengenai kelenjar pineal yang berfungsi sebagai kekuatan pewaskitaan. Ada lagi fungsi kelenjar pineal dalam ilmu kedokteran yang mengeluarkan Melatonin di pusat otak, merupakan antioksidan paling ampuh yang pernah ditemukan dan dapat menangkal oksidasi dalam tubuh. Sebagaimana ditulis dalam gaya hidup awet muda, melatonin adalah substansi yang keluar dari kelenjar pineal di pusat otak. Berbagai studi menunjukkan melatonin adalah master hormone yang merangsang keluarnya berbagai hormon lain.


Berbagai hormon tersebut pada gilirannya mengatur banyak proses metabolisme dalam tubuh mulai dari mencerna makanan sampai dengan masalah menstruasi. Dengan kata lain melatonin merupakan kunci penting untuk mempertahankan keseimbangan tubuh. Melatonin menjaga agar sistem tubuh yang beragam tetap selaras berfungsi sebagai kesatuan yang harmonis. Melatonin membantu memperbaiki sel-sel dan sistem-sistem yang telah rusak karena paparan zat-zat berbahaya dan tekanan hidup sehari-hari.


Tentunya sahabat sehat dengan reiki semuanya akan menuju proses penuaan bukan? Kita sadar bahwa pada saat proses penuaan berlangsung, sistem-sistem tubuh yang telah tertata rapi akurat mulai mengalami kemunduran. Terjadilah kehilangan ingatan yang mungkin terkait dengan gangguan pada tidur. Selain itu sistem endokren menjadi kurang peka membuat produksi hormon yang salah atau melepaskan hormon pada saat tidak tepat. Sistem kekebalan tubuh ikut terganggu sehingga membuat kita lebih rentan terhadap infeksi.


Indikasi penuaan terjadi pada fungsi melatonin yang mengkoordinasi irama-irama tubuh. Kekuatan pendorong di balik proses penuaan adalah lepasnya radikal bebas yang merusak sel-sel . Di dalam tubuh melatonin bertindak sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Lebih kerennya lagi melatonin disebut sebagai hormon awet muda. Radikal bebas adalah atom atau molukel yang tidak lengkap. Pada sel-sel hidup radikal bebas merupakan senyawa pemberontak yang mengacaukan struktur kimiawi sel. Radikal bebas mungkin tidak menghancurkan sel sepenuhnya tapi dapat mengakibatkan kerusakan permanen.


Agar awet muda tetap berjalan sesuai dengan tambahnya usia hidup maka mempertahankan produksi melatonin senantiasa optimal sangat penting. Menu makanan dapat membantu produksi melatonin misalnya makanan yang banyak mengandung asam amino tryptophan (susu) berfungsi sebagai blok-blok pembangun dasar bagi tubuh untuk terus memproduksi melatonin. Ketika melatonin dihasilkan datanglah rasa kantuk. Karena itu tidak salah kalau ada anjuran minumlah susu segar di malam hari agar cepat tidur pulas.


Makanan yang tinggi antioksidan dari vitamin E, C dan A dapat membantu mempertinggi khasiat melatonin sebagai senyawa anti penuaan. Orang Barat mempunyai pepatah sarapan pagi tanpa sari jeruk bagaikan hari tanpa sinar matahari. Sari jeruk adalah sumber vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dapat menangkal radikal bebas. Diet yang mengandung substansi pelawan radikal bebas merupakan bantuan tambahan bagi melatonin. Pangan sebagai sumber vitamin E seperti sayuran berdaun hijau tua, ubi jalar, mangga dan kacang-kacangan merupakan antioksidan yang kuat. Demikian halnya dengan pangan sumber vitamin A atau betakaroten seperti pepaya dan wortel.


Sebenarnya masih banyak lagi sumber vitamin dalam makanan yang menunjang melatonin. Tapi rasa kantuk menyerang akibat produksi melatonin milik sehat dengan reiki yang sedang aktip, maka saya akhiri saja dulu tulisan ini tanpa minum susu di siang hari bolong ini. Salam sehat saja di akhir tahun untuk Anda semua dan terus berkarya dalam setiap kesempatan.

Sumber : Kundalini karya Irmansyah Effendi MSc dan Gaya Hidup Awet Muda (diedit)

Read More..

MENJAGA STAMINA DENGAN LIMA CARA

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 26 Desember 2009 4 komentar

Postingan kemaren sehat dengan reiki menulis tentang delapan langkah sehat kali ini tulisan masih seputar gaya hidup sehat alami bagaimana menjaga stamina tetap bugar dengan hanya lima cara. Anda sahabat sehat dengan reiki tentu mengenal Sean Connery bukan? Bagi pencinta film James Bond tentu sudah tidak asing lagi dengan bintang film ini. Bagaimana tidak? Dalam usia 70 tahun lebih ia masih berakting. Ia mendapat gelar Sir dari Ratu Inggris karena perannya yang pas sebagai James Bond, seorang agen rahasia Inggris yang tampan dan tangkas juga macho.


Tapi itu dulu sewaktu ia masih muda. Kendati pun sekarang ini ia sudah pensiun dari peran James Bond ia tetap laris dalam seni peran. Connery masih menjadi pemeran utama dalam film Entrapment sebagai jagoan pencuri bersama Catherine Zetta Jones yang juga naik daun berkat film Zorro itu. Lalu ada Tina Tuner nenek berusia di atas 60 tahun masih tetap mempesona sebagai penyanyi dengan suara dan aksi panggung yang energik luar biasa, tak kalah dengan Janet Jackson yang pantas menjadi cucunya. Kendati pun setelah berkarier 44 tahun ia mulai bicara tentang pensiun dan tetap naik panggung untuk acara amal saja.


Di dalam negeri tentu sahabat sehat dengan reiki pernah dan barangkali kenal dengan Mbak Titik Puspa seorang penyanyi serba bisa. Penampilan nenek beberapa cucu ini masih tetap energik walaupun usia telah merambah ke manula, toh kecantikan beliau masih terpancar dengan aura yang cukup kuat untuk mudah dikenali oleh penonton baik lewat aksi panggung atau pun lewat media televisi. Kira-kira apa saja yang membuat pesohor tadi itu demikian awet mempesona hingga masa tua sekarang ini? Kalau boleh saya bilang adalah stamina prima. Stamina prima adalah ketahanan tubuh yang identik dengan kondisi sehat dan bugar.


Sean Connery pemeran James Bond Agen Rahasia Inggris 007. Tetap bugar dan sehat di usia manula.

Masalahnya bagaimana mencapai kondisi bugar dan sehat ini? "Bugar adalah suatu keadaan jika orang sehari-hari melakukan pekerjaan dengan produktivitas tinggi. Setelah selesai beraktivitas ia masih bisa menikmati waktu luangnya dengan santai tanpa keluhan fisik sama sekali," ujar Dr. H.R. Rachmad Soegih, Sp. G dari bagian Ilmu Gizi FKUI RSCM Jakarta. Kondisi ini tercipta bila organ-organ dalam tubuh secara fisik baik dan dapat menjalankan fungsinya dengan normal.


Akan halnya dengan Dr. Leane Suniar, MSc Wakil Komisi Ilmu Olahraga KONI Bidang Gizi juga mengemukakan pendapat tentang konsep bugar dan sehat seseorang. "Bila stamina baik itu berarti kondisi tubuh juga baik. Misalnya sirkulasi darah dan oksigen berjalan dengan baik, bergerak bagus, bangun tidur badan merasa sehat dan segar," katanya seraya menambahkan untuk bisa mendapatkan stamina yang baik setidaknya ada lima faktor yang harus diperhatikan. Pertama (1) konsumsi makanan yang seimbang. (2) lakukan olahraga teratur. (3) istirahat cukup. (4) minum susu vitamin dan mineral secara cukup dan (5) memperhatikan keseimbangan jiwa.


Penjabaran dari lima faktor di atas tadi bisa kita terjemahkan untuk apa kita makan. Boleh dikatakan hampir semua orang kenal betul dengan konsep empat sehat lima sempurna. Tapi apakah konsep tadi sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari di lingkungan kita. Sayang seribu sayang masih banyak saudara kita di daerah lain bahkan yang ada di Jakarta masih hidup memprihatinkan dengan derajat kesehatan yang kurang bagus yang berhubungan dengan gizi makanan. Karena itu peranan tim penyuluhan kesehatan masyarakat mutlak diperlukan untuk mengenalkan gizi seimbang kepada masyarakat kelas bawah dan kelas atas.


Kita menyadari tidak semua orang mampu melaksanakan gerakan empat sehat lima sempurna. Padahal untuk mendapatkan stamina yang baik diperlukan makanan dengan kualitas dan kuantitas yang sesuai kebutuhan masing-masing. "Sebenarnya seseorang itu harus tahu untuk apa ia makan sayur atau mengapa nasi itu komposisinya lebih banyak di banding dengan buah-buahan," tutur Dr. Leane. Sebagai sumber tenaga, pembangun dan pengatur tubuh itulah fungsi utama makanan. Hidratarang atau karbohidrat, lemak dan protein adalah sumber penghasil tenaga. Protein dan air sebagai zat pembangun. Sedangkan proses dalam tubuh dipegang oleh vitamin dan mineral.


Makanan pokok berupa nasi, roti atau mie menghasilkan tenaga. Lauk pauk selain juga mengandung hidratarang adalah sumber protein hewani dan nabati. Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral. Sekalipun dibutuhkan dalam jumlah sedikit, vitamin dan mineral sebagai pengatur sangat diperlukan agar proses metabolisme dalam tubuh dapat berlangsung dengan baik. Fungsi lain dari zat gizi adalah sebagai antioksidan yang menetralisir radikal bebas yang merusak jaringan tubuh. Selain vitamin dan mineral sayuran dan buah mengandung serat.


Menurut Albert M. Hutapea, MPH dalam bukunya Menuju Gaya Hidup Sehat (1996) karakteristik serat banyak menguntungkan kita. Serat mampu menyerap air sampai enam kali volumenya sehingga membentuk gumpalan yang menyerupai busa dalam lambung dan usus. Makanan kaya serat lebih cepat membuat kita merasa kenyang sehingga dapat mencegah kegemukan. "Serat merangsang gerak peristaltik usus sehingga makanan dalam usus akan lebih cepat berjalan dan memudahkan feces keluar secara teratur," ungkap Dr. Leane lebih lanjut.


Penyerapan makan lebih cepat dan masa kontrak zat karsiogen yang mungkin ada dalam makanan semakin pendek. "Itulah sebabnya dikatakan bahwa serat bisa mencegah kanker di usus kolesterol tinggi dan gula," kata Dr. Rachmad. Ia menjelaskan bahwa susu juga diperlukan jika tubuh memang membutuhkan tambahan seperti ibu hamil, setelah sakit dan masa pertumbuhan. Susu sebagai penyempurna mengandung protein hewani dan air.


Dengan mengetahui peran dalam tubuh bila tidak makan sayur yang mengatur proses dalam tubuh tidak ada. Kalau kurang protein jika ada jaringan rusak tidak bisa diperbaiki. "Makan lemak terlalu banyak ada organ tubuh bekerja lebih berat yaitu liver. Kalau organ tubuh tidak berfungsi normal akhirnya stamina pun menjadi tidak baik," ujar Dr. Leane. Setiap orang mempunyai kebutuhan berbeda. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi banyaknya kebutuhan zat gizi. Faktor tersebut terdiri umur, jenis kelamin, pekerjaan, tinggi dan berat badan dan kondisi kesehatan masing-masing individu.


Semoga dengan mempraktekkan lima cara menjaga stamina ini sahabat sehat dengan reiki senantiasa sehat bugar dalam setiap aktivitas harian. Sebagai saran terakhir yang bisa sehat dengan reiki anjurkan jangan malas minum air putih. Sebab dengan minum air putih yang cukup diharapkan sirkulasi dalam tubuh seperti darah yang membawa oksigen dan sumber energi ke organ-organ tubuh lancar. Selain itu air juga berguna dalam proses pembuangan seperti urin, keringat, tinja termasuk napas yang membawa uap air. Jika Anda sahabat sehat dengan reiki tetap sehat mari kita sama-sama menyongsong tahun baru 2010. Semoga Anda semua tetap sehat, bugar dan tentu saja awet muda..

Sumber : Gaya Hidup Awet Muda (disunting) gambar : Google Image.

Read More..

PEMBAGIAN BINGKISAN NATAL

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 25 Desember 2009 3 komentar

Satu orang tewas dan puluhan orang lainnya luka-luka dalam kekisruhan pembagian hadiah natal di Peru. Warga yang jumlahnya ratusan terlibat saling dorong mengakibatkan sejumlah orang terinjak-injak. Peristiwa tragis ini terjadi saat ratusan warga memadati sebuah stadion di Chimbote, Peru Utara untuk mendapatkan hadiah Natal dari sebuah organisasi amal tanggal 24 Desember 09 kemaren.

Proses pembagian hadiah Natal pada mulanya berlangsung aman. Namun menjelang tengah hari warga yang memperoleh bingkisan kehilangan kesabaran dan mendorong warga yang berada di depannya di pintu masuk stadion di Chimbote sekitar 273 kilometer sebelah utara ibukota Peru, Lima. Aksi dorong mendorong ini mengakibatkan puluhan orang termasuk orang tua dan anak-anak terjatuh dan terinjak-injak.

Seorang kameramen amatir yang berusaha mengabadikan kekisruhan juga ikut menjadi korban. Musibah yang terjadi di saat masyarakat Peru bergembira menantikan datangnya Natal, menewaskan seorang nenek berusia 60 tahun dan melukai sedikitnya dua puluh orang lainnya. Seorang warga menuturkan putranya sempat terinjak-injak dan mengalami sesak napas. Pihak panitia mengatakan masyarakat mulai berdatangan sejak pukul 06.00 pagi waktu setempat dan harus menunggu dalam antrian panjang.

Peristiwa tragis ini tentunya mengingatkan kita kepada peristiwa di Pasuruan Jawa Timur dua tahun lalu saat seorang dermawan di kota itu membagikan hadiah lebaran kepada penduduk setempat. Namun karena jumlah penerima bingkisan lebaran banyak, terjadi aksi dorong mendorong di pintu masuk rumah sang dermawan tersebut. Akibatnya sejumlah warga terinjak-injak dan mengakibatkan ada korban meninggal dunia.

Sumber : Reuters


Read More..

BADAI SALJU DAN OMBAK TINGGI

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 24 Desember 2009 2 komentar



Ratusan anggota regu penolong dikerahkan untuk mencari 8 orang yang hilang akibat tersapu gelombang tinggi di wilayah Haining, Cina. Orang-orang tesebut sedang melihat ombak di pantai ketika tiba-tiba gelombang tinggi menerjang mereka. Delapan orang dilaporkan hilang setelah gelombang tinggi tiba-tiba menyapu kawasan wisata di Propinsi Zhejiang, Cina Timur.

Stasiun Televisi Pemerintah Cina, C-C-T-C melaporkan sepuluh orang sedang menyaksikan ombak di pantai Hainan ketika gelombang tinggi datang menggulung mereka. Dua orang berhasil diselamatkan oleh para nelayan setempat yang berada di dekat lokasi peristiwa, sedangkan 8 orang lainnya hilang dan belum ditemukan. Lebih dari 300 anggota regu penolong diterjunkan ke kawasan wisata itu untuk mencari para korban.

Gelombang tinggi menjadi pemandangan tahunan yang menarik bagi warga di Cina meski beberapa kali sering menimbulkan musibah. Tahun 200 lalu 30 orang tersapu gelombang setinggi 3 meter ketika masyarakat sedang merayakan festival musim gugur di Propinsi Zinjiang.

Sementara itu berita musibah masih saja menimpa Cina dengan menelan korban 800 ekor domba yang terkubur dalam kubangan salju tebal di wilayah otonom Xinjiang. Badai salju yang datang lebih awal di wilayah Cina Utara dilaporkan menewaskan puluhan orang. Di tempat lain badai salju lebat melanda wilayah otonomi Xinjiang Cina Barat yang mengakibatkan suhu udara anjlok sangat rendah hingga minus 30 derajat celcius.

Stasiun televisi pemerintah Cina, CCTV melaporkan badai salju menyapu sebagian besar wilayah otonomi Xinjiang tahun ini. Di kawasan pegunungan Aletai propinsi Xinjiang Utara lebih dari 8oo ekor domba terkubur salju tebal. Regu penolong harus bekerja keras untuk mengeluarkan kawanan domba dari timbunan salju. Mereka menemukan puluhan domba sudah dalam kondisi mati.

Kantor berita pemerintah Cina, Xinhua melaporkan musim dingin yang datang lebih awal dan badai salju hebat yang menerjang wilayah Cina Utara menewaskan sedikitnya 38 orang termasuk empat anak-anak.

Sumber : Reuters/Asia


Read More..

BERITA SEPUTAR NATAL 2009

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI 0 komentar

Suasana pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta dan sekitarnya menjelang perayaan Natal relatif normal, tidak tampak lonjakan pengunjung bahkan dibilang sepi dari kegiatan jual beli. Demikian pula jalan-jalan protokol juga relatif lancar dibanding hari-hari sebelumnya. Kendatipun hari ini merupakan awal dari libur bersama Natal suasana kantor tempat sehat dengan reiki bekerja tetap buka untuk melakukan liputan dan rekaman out door Natal

Pesan Natal 2009 Bertumbuh Menjadi Pembawa Damai.
serta menyiarkan dalam rangkaian berita seputar Perayaan Natal. Maklum show must go on...istilah untuk orang yang bekerja di mass media.


Berkendara dalam cuaca hujan di sore hari tadi di sekitar Pasar Baru Jakarta Pusat menunjukkan kegiatan normal tidak terjadi lonjakan pengunjung bahkan dibilang sepi bila dibanding dengan perayaan hari besar Islam seperti Idul Fitri. Namun pihak pengelola Pasar Baru pada menjelang Natal tetap menyiagakan petugas keamanan siang dan malam sebanyak 30 personil yang terbagi dua sift. Menurut salah seorang petugas keamanan, Sarijan mengatakan sistim pengamanan di Pusat Perbelanjaan Pasar Baru adalah satu personil menjaga 10 toko.


Pengunjung yang datang di Pusat Perbelanjaan Pasar Baru tidak hanya mereka yang akan merayakan Natal. Sebagian besar pengunjung adalah mereka yang menghabiskan masa liburan sekolah dengan melihat-lihat suasana pertokoan. Namun Shinta salah seorang pengunjung datang ke Pasar Baru hanya untuk mencari keperluan pernak-pernik Natal bagi anak-anaknya.


Sementara itu suasana jalan-jalan protokol di Jakarta sore hari menjelang Perayaan Natal terpantau lancar seperti di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Husni Thamrin. Pada jam yang sama di hari kemaren lalu lintas tetap padat merayap sehingga hingar-bingar bunyi kendaraan bermotor mendominasi sore hari yang cerah menjelang malam hari.


Memang menjelang kebaktian Natal sejumlah Gereja di Jakarta hari ini mendapatkan pengamanan ketat. Pasukan Gegana Kepolisian Mabes Polri siang tadi melakukan penyisiran untuk mendeteksi kemungkinan adanya ancaman bom saat kebaktian berlangsung. Di antara Gereja di Jakarta yang mendapat pengamanan adalah Gereja Kathedral, Gereja Protestan Imanuel, Gereja Theresia dan Gereja Ortodoks Anglikan.


Puluhan aparat kepolisian anggota pasukan gegana Mabes Polri diterjunkan untuk melakukan penyisiran baik di dalam ruangan kebaktian maupun di halaman gereja. Di Gereja Katholik Kathedral misalnya seluruh ruangan gereja di sterilkan. Pasukan Gegana Mabes Polri menggunakan alat metal detector melakukan penyisiran tempat altar, lemari, ruang bawah bangku dan meja, seputar Patung Yesus dan Maria serta tempat vas bunga.


Karena pengamanan begitu ketat diharapkan Umat Kristiani tidap perlu khawatir dalam beribadah dan tetap khusuk dalam peribadatan. Mereka dapat melaksanakan Misa Natal dengan tenang, aman dan nyaman. Misa Natal di Gereja Khatedral hari ini dilaksanakan tiga kali yakni misa pertama pukul 17.00, misa kedua pukul 19 lewat 30 menit dan misa Natal ketiga pukul 22.00 wib. Untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi di ruas jalan Lapangan Banteng Utara dan sekitar gereja, banyak kendaraan jemaah di parkir di halaman Masjid Istiqlal. Hal ini menunjukkan tanda kerukunan antar umat beragama yang sudah terjalin selama ini.


Gereja Kathedral sendiri pukul 17.00 sore tadi menggelar Ibadah Misa Pertama Menjelang Natal dengan Tema Bertumbuh Menjadi Pembawa Damai. Dengan tema ini diharapkan Natal tahun ini bisa menghilangkan kebencian dan kekerasan antar sesama umat. Terlihat sedikitnya 3500 umat Kristen Katholik melaksanakan ibadah misa pertama. Dengan penuh khidmat berbagai doa dan pujian dihaturkan kepada Tuhan.


Romo Bratakatarna dalam khotbahnya menyatakan kedamaian saat ini merupakan hal penting dan mendesak untuk dilakukan. Masih terjadi aksi kekerasan dan kebencian di antara sesama umat. Karena tema Natal tahun ini adalah Bertumbuh Menjadi Pembawa Damai maka damai itu harus diciptakan sendiri oleh umat dan dimulai dari dalam hati.


Read More..

SAYUR DAN BUAH CEGAH FLEK HITAM DI WAJAH

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 23 Desember 2009 2 komentar

Sudah satu minggu ini sahabat sehat dengan reiki di kantor mengeluh tentang wajahnya yang mulai kusam dan dipenuhi dengan bercak warna hitam sehingga mengganggu penampilan. Sekali pun sahabat ini terlihat cantik dengan memakai kerudung toh kegelisahan selalu terlihat dalam keseharian kerja. Maklum di usia yang sudah memasuki monopause dan sudah dikarunia tiga putri, bagi sahabat ini penampilan harus tetap diusahakan agar terlihat awet muda. "Apa bisa...Jeng?", sergah sehat dengan reiki ketika sama-sama menjalankan dinas siaran pagi beberapa hari lalu. Beliau menjawab bahwa dalam mempertahankan kebersihan kulit wajah sampai tua ada caranya. "Tunggu saja nanti sehabis kita rekaman dan editing, resep khusus ini aku beri tahu kamu...sabar saja ya?", katanya.

Tapi kalau sudah tahu resepnya kenapa tetap saja mengeluh? Dalam mengatasi gangguan tadi kenapa sampai menampakkan kegelisahan apalagi kalau menghadapi pekerjaan yang dikejar deadline siaran? Harusnya kalau sudah tahu resepnya langsung saja dipraktekkan. Perkara berhasil itu urusan nanti. Daripada menduga-duga akan mustajabnya resep tadi dalam mencegah bercak hitam di wajah, sehat dengan reiki lalu membuka file dokumentasi kesehatan kulit tentang pentingnya makan sayur dan buah yang mengandung vitamin A, C dan E. Disebutkan dalam file tadi bahwa bercak-bercak hitam adalah tanda proses penuaan pada kulit. Hal ini dikarenakan terjadinya penumpukan pigmen melanin. Pigmen itulah yang menyebabkan kulit kita terlihat sawo matang.

Ya...kalau sawo matang sih enak dan manis untuk kita konsumsi buah ini. Tapi kalau kulit sawo matang akan menjadi persoalan serius bagi wanita yang tetap menjaga penampilan kulit tubuh dan wajahnya agar terlihat bersih,putih dan segar. Perlu kita ketahui bahwa sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV). Sinar UV ini sebenarnya sangat berguna karena dapat membunuh bakteri yang bisa mengganggu kesehatan. Bila sinar ini terkena suatu bahan atau jaringan bersama oksigen akan menghasilkan zat yang dikenal sebagai oksigen radikal, yakni oksigen yang sangat aktif.

Oksigen radikal akan merangsang tyrosine (salah satu asam amino esensial yang ada di seluruh jaringan tubuh manusia) untuk berubah menjadi Dopa (dehydroxy-phenyl-alanine). Selanjutnya Dopa ini akan berubah menjadi quinone lalu berubah menjadi melanin yakni pigmen kulit itu tadi. Apabila sinar UV terlalu banyak pembentukan oksigen radikal juga banyak. Selanjutnya akan membentuk melanin yang banyak pula dan akibatnya terjadi bercak-bercak hitam pada kulit.

Ketika masih muda kemampuan fisiologis tubuh masih sangat prima dan kuat. Kendati pun oksigen radikal itu berguna bila berlebihan toh tetap akan merusak jaringan tubuh. Yang menggembirakan tubuh kita memiliki zat yang lazim disebut sebagai antioksidan. Antioksidan dapat menetralkan oksigen radikal yang berlebih tadi. Ketika usia muda kemampuan tubuh untuk menghasilkan antioksidan juga masih sangat prima sehingga efek negatif dari oksigen radikal dapat dikontrol dengan baik. Yang tergolong antioksidan antara lain provitamin A, E, C, glutathion, SOD dan banyak lagi. Sebagian besar bahan pembentuk antioksidan maupun antioksidan sendiri bisa kita peroleh dalam makanan sehari-hari utamanya buah dan sayur segar.

"Betul sayur segar dan buah aku biasa konsumsi di malam hari menjelang tidur dan makan malam dengan 3 atau 4 potong roti saja", kata teman sehat dengan reiki menepati janjinya memberikan resep khusus ini. Kenapa buah dan sayur sangat penting untuk mencegah bercak hitam di wajah? Disebutkan bahwa proses penuaan akan terjadi kepada siapa saja tanpa terkecuali. Bila proses pembentukan oksigen radikal tidak terkontrol apalagi bila terjadi secara berlebihan, proses menua akan menjadi sangat cepat. Kondisi ini akan diperburuk dengan meningkatnya kadar polutan udara seperti asap kendaraan bermotor, sisa-sisa oksidasi, polutan bahan kimia dari limbah pabrik dan kadar sinar UV yang berlebih akibat pelindung lapisan ozon bumi berlubang atau berkurang. Semua akibat ini akan memperbanyak keberadaan radikal bebas di dalam tubuh kita. Radikal bebas jelas sangat mempercepat proses penuaan dan menimbulkan terjadinya berbagai jenis penyakit degeneratif. Misalnya penyakit jantung, diabetes, radang sendi, kolagen dan lain-lain.

"Karena Jeng sudah tahu resepnya saya harap tidak usah cemas menghadapi flek hitam pada wajah", sergah saya sambil menghibur dia bahwa proses menuju tua sebenarnya dimulai ketika seseorang masuk ke usia 40 tahun. Lantas resep selanjutnya apa? Begini...jawabnya, "Kerusakan jaringan akibat dari oksigen radikal dapat dihindari atau dikurangi keganasannya bila kita bisa mereduksi efek negatif dari radikal bebas tadi. Caranya?...pertahankan antioksidan dalam kondisi cukup dalam tubuh kita dengan memperoleh makanan dan dibantu dengan vitamin atau obat yang dapat dibeli di apotik. Antioksidan terdapat dalam buah-buahan berwarna. Vitamin A banyak terdapat di jaringan hati. Vitamin C banyak terkandung di buah-buahan dan sayuran segar sedangkan vitamin E bisa didapat dari berbagai jenis kecambah", katanya.

Kita pun sadar bahwa menurut resep sehat ala dokter menyebutkan bahwa antioksidan dapat melawan radikal bebas. Karena itu resep sehat yang satu ini ialah mengupayakan agar tubuh terus memperoleh cukup antioksidan. Kebiasaan makan sayur-sayuran pada manusia modern harus terus dipertahankan. Misalnya saat merebus sayur hendaknya tidak terlalu lama agar kandungan vitamin pada sayur tidak habis. Kebiasaan makan lalapan harus ditumbuhkan lagi dalam diri kita dan mengajak anak-anak agar membiasakan diri cinta buah dan sayur. Kekurangan vitamin bila terjadi dapat ditanggulangi dengan cara mengasup tablet vitamin yang mudah diperoleh di apotek maupun toko obat.

Kalau apotek hidup yang ada disekitar kita ialah menanam jenis tanaman tertentu yang mengandung obat tradisional. Karena sudah membagikan resep sederhana cara atasi flek hitam pada wajah kini giliran sehat dengan reiki memberikan resep jitu atasi stress dan tetap muda di usia menjelang setengah abad. Mengakhiri obrolan siang itu yang bisa sehat dengan reiki bagikan kepada sahabat ini adalah makanlah dengan gizi seimbang,belajar hidup bermeditasi serta berolahraga secara teratur akan sangat membantu memperlambat proses penuaan dini termasuk di sini berusaha hidup sehat, jangan mudah stress. "Kalau stress dipelihara akan merusak badan yang sudah sehat. Tidak usah cemas dengan flek hitam pada wajah...yang penting wajah Jeng tetap cantik", saran saya sambil mengakhiri obrolan siang itu.






Read More..

DELAPAN LANGKAH SEHAT

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 22 Desember 2009 2 komentar

Masih ingin hidup sehat? Kali ini sehat dengan reiki mengajak kepada Anda untuk sejenak merenung tentang arti kesehatan di akhir tahun 2009 ini. Semoga di tahun 2010 nanti Anda dalam keadaan sehat dan bisa mencerna delapan langkah sehat sebagaimana ditulis oleh Henry Chang dalam bukunya Longevity Throught The Organic Lifestyle yang terjemahan bebasnya sebagai berikut ini:

1. Back to nature atau kembali ke alam yang bermakna melakukan kegiatan dan tindakan yang memperhatikan keseimbangan dan keharmonisan dengan lingkungan hidup mencakup fisik, alam dan sosial. Misalnya berusaha menghindari segenap kegiatan dan tindakan yang dapat meracuni dan merusak lingkungan hidup. Lingkungan yang tercemar justru akan mempercepat proses "kiamat" minimal membuat manusia sakit-sakitan dan menderita sehingga sisa umurnya tidak dapat dinikmati.

2. Minum air putih dalam jumlah yang cukup sekitar 6-8 gelas per hari karena air merupakan sumber kehidupan dan zat gizi utama. Sekitar 65 persen tubuh kita terdiri dari air sehingga sedikit saja terjadi kekurangan pasokan air dampaknya sangat serius terhadap penampilan dan kesehatan tubuh. Air yang diminum tentu saja harus memenuhi syarat kualitas air minum dan kesehatan (Permenkes No. 416 tahun 1990). Sebaiknya air tersebut dimasak lebih dulu sebelum diminum.

3. Berjemur di bawah sinar matahari pagi antara jam 06.00 - 09.00 selama beberapa menit dan menghirup udara segar di pagi hari sebanyak-banyaknya. Selain air sinar matahari dan udara bersih termasuk unsur utama kehidupan kita. Hendaknya kita menghindari terik matahari pada waktu siang hari jam 10.00 - 15.00 sebab pada jam ini sengatan sinar matahari dapat merusak kulit, mata, rambut dan lainnya yang menyebabkan wajah lebih tua dari umurnya.

4. Kebiasaan sehat ketiga di atas harus disertai kemauan untuk menggerakan tubuh yaitu olahraga. Lakukan joging atau senam pagi. Olahraga yang sesuai dengan keadaan fisiologis tubuh,dikerjakan secara teratur dan terukur agar manfaat terhadap kesehatan fisik dan mental lebih bermakna. Bisa juga ikut dalam progam kegiatan olahraga di tempat tinggal masing-masing atau di tempat latihan kebugaran. Sayang latihan yang disebut terakhir ini biasanya mematok tarip yang tidak sedikit sehingga untuk sehat saja orang harus keluar ongkos.

5. Hindarkan emosi yang menggebu dan alihkan emosi itu ke hal positif serta kendalikan stress kepada hal yang bermanfaat. Emosi dan stress yang positif diperlukan untuk menggairahkan semangat hidup dalam meraih cita-cita, kemajuan, kemapanan dan tentu saja sukses hidup.

6. Sediakan waktu luang untuk refreshing dan upayakan tidur yang berkualitas. Misalnya setelah jenuh bekerja 2-5 jam istirahat sejenak. Pejamkan mata, tenangkan pikiran dan buatlah tubuh Anda menjadi rileks. Dengan cara demikian akan membuat tubuh kita segar lahir dan bhatin dan membangkitkan lagi semangat baru. Tidur berkualitas adalah tidur yang nyenyak meskipun hanya 2-4 jam atau beberapa menit. Ibarat kita mengisi baterei yang sudah lemah, tidur sejenak yang berkualitas akan membuat fisik, perasaan dan otak lebih segar. Orang yang kurang tidur akan mengalami pikiran kacau dan terganggu, pusing, sakit kepala serta hidupnya uring-uringan.

7. Menghentikan/menghindari merokok aktip atau pasif, berhenti minum minuman beralkohol dan obat-obatan psikotropika atau obat terlarang lainnya. Semua ini dapat merusak kesehatan dan mempercepat proses menjadi pikun sebelum waktunya dan sakit-sakitan. Sebelumnya sehat dengan reiki mohon maaf kepada pembaca blog ini kalau point ke tujuh ini meyinggung perasaan Anda yang masih hobi dengan tema kejantanan yaitu sering mengisap rokok agar tidak dibilang banci dalam pergaulan. Memang tidak dilarang merokok di Republik Indonesia ini tapi asal tahu saja bahwa merokok mengganggu kesehatan Anda.

8. Yang tidak boleh dilupakan dan harus dikerjakan adalah membina hubungan vertikal kepada Tuhan YME melalui ritual ibadah serta membina hubungan horizontal secara sosial dengan sesama dan lingkungan dengan baik. Taat dan tekun melaksanakan ibadah dan doa kepada Tuhan agar dikaruniai umur yang penuh berkah. Perbanyak sahabat dan membina hubungan silaturahmi karena hal itu akan membuat hidup tidak kesepian.

Silakan pilih gaya hidup sehat agar dapat hidup awet muda. Sehat dengan reiki akan mengantar Anda menuju tahun 2010 dengan penuh optimisme dan jangan berkecil hati kalau saat ini sedang dirundung sakit. Carilah solusi dalam mengentaskan penyakit Anda dengan metode pengobatan yang Anda sukai. Pokoknya... Jangan Putus Asa... sebagaimana judul lagu Pop Dangdut ini yang pernah dipopulerkan oleh Koes Plus dan mencetak hit di tahun 1974.


Read More..

REKREASI CEGAH KOLESTEROL TINGGI

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 20 Desember 2009 4 komentar

Makanan sehat bergizi tidak selalu mahal. Komposisi rendah lemak tinggi serat modal utama mencegah kolesterol tinggi.

Libur panjang yang terjadi selama tiga hari ini sungguh membuat badan ingin istirahat dari kesibukan kerja. Mengecek tanaman hias di kebun sampai membersihkan tanaman hias dalam pot merupakan sarana rekreasi murah meriah yang bisa dilakukan siapa saja di rumah. Tak terkecuali membersihkan tanaman hias anthurium yang harus segera diganti potnya mengingat pertumbuhan tanaman yang sudah berumur 2 tahun ini sangat membutuhkan pot yang lebih besar. Namun tatkala asyik dengan klangenan tanaman hias ini mendadak tetangga sebelah datang bersilaturahmi dan minggu siang ini mengajak sehat dengan reiki untuk menengok tetangga lain yang sedang dirawat di rumah sakit gara-gara kadar gula tinggi, kolesterol tinggi plus asam urat yang juga tinggi.


Begitu mengejutkan berita ini mengingat dampak negative dari kolesterol tinggi sudah sering diperbincangkan dalam kegiatan harian baik lewat media massa hingga penuturan di meja makan ala Warung Tegal. Mendengar penuturan perihal kolesterol tinggi ingatan sehat dengan reiki lalu tertuju kepada penuturan dokter kantor yang menyarankan agar manusia hidup yang sudah masuk usia 4o tahun ke atas harus mewaspadai tentang gejala tidak sehat dampak dari kolesterol tinggi. Kolesterol yang tidak terkendali salah satunya dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan strok. Lantas cara aman bagaimana lagi untuk menghindari kolesterol tinggi dalam tubuh?


Salah satunya adalah memiliki pola hidup yang sehat mulai dari sekarang. "Ya...sekarang ini...jangan ditunda-tunda," saran dokter kantor kepada sehat dengan reiki waktu itu. Memulai hidup sehat sebagai salah satu kunci mencegah kolesterol tinggi lebih baik daripada nanti mengobati bila sudah kena penyakit ini. Dituturkan ada empat kunci hidup sehat ala dokter diantaranya adalah:

1. Makan teratur dan bergizi seimbang dan bervariasi. Makan tepat waktu tiga kali sehari. Porsi makanan harus seimbang nutrisinya. Disarankan untuk menghindari makanan dengan kadar lemak tinggi seperti jeroan dan junk food. Mengonsumsi bahan makanan yang mengandung HDL tinggi seperti red yeast rice yang terdapat dalam produk herbal Nutrafor Chol pun sangat dianjurkan untuk menekan tingkat LDL.

2. Lakukan istirahat cukup dalam aktivitas harian yang sangat sibuk. Dengan istirahat cukup selain makanan, tubuh pun perlu diistirahatkan agar tetap sehat. Akan lebih baik tidur selama enam sampai delapan jam setiap malam hari. Kurang tidur sama tidak baiknya dengan kebanyakan tidur. Jadi tidur harus seimbang jumlah jam tidurnya.

3. Menjalankan kontrak hidup sehat sampai mati nanti yaitu mau dan mau melakukan olahraga secara teratur. Hanya dengan olahraga teratur saja minimal 3 kali seminggu dengan durasi olahraga 30 hingga 6o menit setiap kali latihan olahraga. Anda disarankan tidak harus ke pusat kebugaran olahraga yang memasang tarip tinggi setiap kali kita bertandang. Cukup dengan olahraga sederhana seperti jogging, aerobik, berenang, bersepeda dan jalan kaki yang dilakukan di ruang terbuka dengan kecukupan udara bersih di pagi hari akan lebih baik dampaknya untuk kebugaran tubuh. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga dimulai dan lakukan pendinginan sesudahnya. Harus rutin berolahraga karena salah satu faktor dari olahraga secara teratur adalah kontinuitas.


Lantas ada hubungan apa seseorang bisa divonis menderita kolesterol tinggi? Penyebab utama dari gangguan tubuh karena kolesterol tinggi adalah makanan. Saat ini banyak orang cenderung memilih makanan dari segi rasa belaka. Makanan enak banget seperti gorengan yang renyah plus berlemak dan junk food yang tinggi kalorinya menjadi begitu populer di jaman yang serba instan dan cepat ini dibandingkan dengan makanan sehat yang seimbang nutrisinya. Dokter pun bilang bahwa, "Tubuh memiliki batas tertentu terhadap zat makanan yang dicerna. Bila berlebih maka sebagian akan dikeluarkan dari tubuh, sedangkan sisanya menjadi lemak di bawah kulit atau lemak dalam darah yang disebut kolesterol."


Tak bisa dibantah bahwa menurut ilmu kesehatan kolesterol dalam jumlah tertentu memang dibutuhkan oleh tubuh. Kolesterol penting karena fungsinya menjaga keutuhan sel tubuh, membuat hormon, membungkus jaringan saraf, melarutkan vitamin dan membantu proses pembentukan vitamin. Kolesterol yang berlebihan dalam tubuh inilah yang berbahaya bagi kesehatan tubuh misalnya mengakibatkan penyakit jantung koroner dan strok. Seram bukan penyakit ini?


Nah nasehat bijaksana bagi kita yang masih sehat adalah mencegah akibat buruk kolesterol dan sedapat mungkin menghindari dengan 3 kunci utama hidup sehat yang telah ada plus satu kiat hidup sehat lainnya yaitu rekreasi sebagai kiat keempat menurut aturan hidup sehat ala dokter. Kenapa rekreasi? Sebab....peran rekreasi tak kalah pentingnya bagi tubuh karena tubuh pun membutuhkan rekreasi untuk menghindari stress akibat kejenuhan dalam bekerja dan beraktivitas sepanjang hari. Ya...rekreasi di hari Minggu pagi ini sehabis olah raga jalan kaki sehat murah meriah adalah berkebun dan melihat tanaman hias sebagaimana prolog postingan sehat dengan reiki di minggu pagi. Masih ada cara sehat alami dari ke empat cara di atas yang biasa dilakukan oleh praktisi reiki adalah rutin melakukan self healing dan others healing dan juga meditasi kesehatan tubuh.

Read More..

TETAP SEHAT DENGAN KESEIMBANGAN CAIRAN

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 19 Desember 2009 0 komentar

Bagi Anda yang berkendara dari arah Desa Tieng Kecamatan Kejajar Wonosobo Jawa Tengah menuju Datarang Tinggi Dieng menjelang masuk ke kawasan Telaga Warna Dieng akan menjumpai gapura sebagai penanda pintu gerbang Kawasan Wisata Dieng. Di belakang gapura ini akan dijumpai belik (mata air bening) tempat menampung air jernih yang oleh Masyarakat Dieng disebut sebagai Tuk Bimo Lukar. Tuk Bimo Lukar diyakini sebagai cikal bakalnya mata air Sungai Serayu yang berhulu di Dataran Tinggi Dieng lalu mengalir berkelok-kelok melalui Kabupaten Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga dan Banyumas sebelum akhirnya bermuara di Samudra Hindia.


Tuk Bimo Lukar memang kecil sekali debet airnya di musim kemarau. Pada saat musim hujan tiba dan Kawasan Datarang Tinggi Dieng berkabut, tuk Bimo Lukar memancarkan air bening dalam jumlah banyak dan bak penampung air ini dipenuhi air bening sehingga banyak dimanfaatkan masyarakat setempat untuk keperluan sehari-hari seperti memasak, mencuci, mandi dan mengairi ladang kentang. Tuk Bimo Lukar sebagai sebutan untuk mata air yang dikaitkan dengan cerita pewayangan kisah Pendawa Lima memang menjadi tujuan wisatawan baik domestik atau pun mancanegara untuk mengunjunginya.


Air yang memancar keluar dari perut bumi lalu ditampung dalam bak penampung dan sebagian mengalir membentuk parit dan lama kelamaan menjadi sungai kecil dan bertemu dengan sungai kecil lainnya hingga membentuk sungai besar dinamakan Kali Serayu. Memang tidak dibantah bahwa air tanah yang bening dan dingin ini layak dikonsumsi sebagai minuman penghilang haus asalkan direbus dulu dalam suhu mencapai 100 derajat Celcius. Air dimana pun di muka bumi ini sangat dibutuhkan manusia untuk menunjang kehidupan.


Menurut ilmu hayat yang pernah sehat dengan reiki pelajari tatkala di sekolah sma dulu menyebutkan bahwa tubuh manusia hanya dapat bertahan selama satu minggu tanpa air. Tubuh manusia sendiri pun sekitar 55 hingga 75 persen terdiri dari air. Selain sebagai penghilang rasa haus, cairan tubuh juga berfungsi sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh, menjadi penyedia mineral, elektrolit serta menjadi tempat berlangsungnya reaksi-reaksi kimia. Cairan tubuh ini bukan hanya air biasa semata akan tetapi memiliki karakter khusus yaitu mengandung elektrolit dan bersifat basa (alkaline) dengan kandungan antara lain Natrium, Kalium, Kalsium dan Klor yang dibutuhkan agar organ tubuh manusia dapat berfungsi dengan optimal.


Mata air bening memantulkan bayangan indah layaknya cermin.

Untuk menunjang aktifitas keseharian seseorang sangat masuk akal jika keseimbangan cairan tubuh menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya apabila cairan dalam sel tubuh berkurang otomatis tekanan darah juga ikut berkurang sehingga tubuh menjadi lemas sebagai awal terjadinya dehidrasi. Oleh karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, maka akan menjadi dampat serius dan perlu diwaspadai dan memerlukan penanganan segera. Kompas terbitan 29 Oktober 09 mencatat bahwa dehidrasi terjadi ketika cairan tubuh menurun 2-6 persen. Penyebabnya adalah penurunan asupan air, meningkatnya pengeluaran air dari tubuh melalui ginjal dan pencernaan.


Manifestasi klinis dari dehidrasi paling erat kaitannya dengan penurunan volume intravaskuler dan selanjutnya dapat mengakibatkan kematian dan kegagalan organ tubuh. Gangguan lain adalah dalam fungsi otak karena konsentrasi berpikir terus menerus. Dampaknya secara fisik dapat menurunkan stamina dan produktivitas melalui gangguan sakit kepala, lesu, lemas, kejang hingga pingsan. Dalam jangka panjang dehidrasi dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan terjadinya luka karena batu ginjal ada di saluran air kemih.


Bila manusia haus cara cerdas adalah minum air sebanyak-banyaknya. Setiap hari pada umumnya manusia kekurangan cairan tubuh sebesar 2.500 ml per hari. Untuk mencegah dehidrasi maka mengganti cairan dalam jumlah sama mutlak diperlukan agar keseimbangan cairan dalam tubuh tetap terjaga dengan baik. Keseimbangan cairan di sini dapat dipahami sebagai menjaga keseimbangan asupan cairan dengan pengeluaran cairan dari tubuh lewat keringat, urine, feses, pernapasan serta proses metabolisme tubuh itu sendiri. Semakin banyak aktifitas fisik dilakukan maka kemungkinan dehidrasi tubuh semakin besar. Karena itu sangat diperlukan cairan minuman sebagai pengganti cairan tubuh yang telah hilang.


Tentu sahabat sehat dengan reiki pernah berjalan di siang hari bolong di tengah teriknya udara panas Khatulistiwa di Pontianak. Anda dapat merasakan betapa sengatan panas matahari sangat tajam kendati pun kita memakai pakaian tebal. Rasa haus menyergap dan bibir terasa kering, kulit terasa tidak kenyal bila kita sentuh, mata terasa cekung dan kulit tampak pucat dan anehnya ujung jari terasa dingin padahal kita berada di udara panas. Itulah tanda ringan kita sedang terserang dehidrasi dan pantauan fisik adalah pengurangan frekuensi buang air kecil dan volume urine serta warna air seni menjadi pekat.


Kiat menghindari dehidrasi adalah minum sebanyak-banyaknya air matang yang telah direbus. Lebih dari itu dalam jaman modern yang telah maju ini juga disediakan minuman siap saji dalam menangkal dehidrasi yang disebut minuman isotonik. Disebut isotonik karena minuman ini dirancang memiliki tekanan osmotik yang sama dengan tekanan darah manusia sehingga minuman isotonik ini segera dapat diserap oleh tubuh. Sebagai pengganti kehilangan air, minuman ini dapat dibuat dengan kadar air sampai 98 persen.


Air sebagai pelepas dahaga dapat diperoleh dalam bentuk isotonik. Masalah merk sehat dengan reiki serahkan kepada Anda masing-masing untuk memilihnya dan mengkonsumsi. Cara tradisional yang sudah turun temurun ada dalam keluarga Indonesia adalah mengambil air bersih dari sumbernya selanjutnya air itu direbus sampai matang dan didinginkan selanjutnya dikonsumsi. Cara lainnya adalah menjadikan air matang atau air dalam galon menjadi heksagonal dan siap saji dengan cara mengaliri air tadi dengan energi reiki. Itulah cara yang sehat dengan reiki praktekkan dalam hidup keseharian baik di rumah atau di kantor atau di tempat lain saat menjalankan aktifitas harian.

Read More..

GIZI SEHAT BUGAR BAGI LANSIA

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 18 Desember 2009 2 komentar

Hari ini Jumat 18 Desember 2009 bertepatan dengan 1 Muharram 1431 Hijrah. Berarti kita saat ini memasuki tahun baru Islam. Usia bertambah 1 tahun dan bagi Anda yang kini menapaki menuju usia lanjut jangan merasa menjadi manusia lemah dan tidak bersemangat, merasa tidak berguna dan jauh dari kesehatan prima. Belum tentu sahabat... dan jangan sekali-kali merasa seakan masa lansia hanya menunggu vonis alam yaitu ajal menjemput. Sebaliknya yang masih muda jangan mengumbar makanan yang asal makan saja tanpa memperhatikan aspek kesehatan tubuh bila penuaan dini mulai terjadi pada tubuh karena makanan yang tidak sehat.

Kondisi demikian sebaiknya ditepis jauh-jauh dari pikiran Anda. Tumbuhkan motivasi yang kuat dalam diri untuk mencapai kondisi bugar di saat menuju usia lanjut. Memang hitungan tahun baru selalu dijadikan ukuran bertambahnya usia hidup khususnya bagi Anda yang memasuki wilayah lansia. Banyak sahabat sehat dengan reiki baik di kantor atau pun di sekitar tempat tinggal yang saat ini memasuki usia 5o tahun tapi penampilan masih seperti layaknya usia 35 tahun. Sebaliknya ada anak remaja masih kuliah tetapi penampilan seperti layaknya orang berusia 40 tahun. Kenapa bisa begitu? Barangkali hal ini berkaitan dengan penampilan wajah seseorang yang dihubungkan dengan kesehatan fisik dan mentalnya.

Usia boleh bertambah tetapi kesehatan tubuh juga harus bertambah prima. Karena itu menciptakan kebugaran tubuh di masa senja bukan hal sulit atau mustahil dilakukan. Kuncinya hanya kemauan saja apakah kita ingin hidup sehat sampai tutup usia ataukah ingin sakit-sakitan di usia senja. Tentunya pilihan akan jatuh pada pilihan pertama yaitu tetap sehat, bugar dan hidup berkualitas baik mental, emosional dan spiritual. Untuk menciptakan kondisi demikian tiada lain kuncinya memilih makanan yang tepat sesuai petunjuk ahli gizi dan diet ketat atas anjuran dokter bila kita sudah mempunyai penyakit degeneratif.


Makanan berserat empat sehat lima sempurna hidup sehat dengan reiki.
Dukungan makanan yang tepat ternyata mampu berperan menjadikan masa lansia penuh semangat, energik, produktif dan tentu saja tetap bugar. Kecerdikan memilih makanan tepat dari segi jumlah, jenis, cara penyajian dan pengolahannya akan memberi banyak dukungan bagi terciptanya kesehatan prima di masa tua. Sekalipun bukan satu-satunya faktor untuk menjaga kebugaran, makanan berkemampuan mencegah, meringankan bahkan menyembuhkan beberapa penyakit. Kemunduran biologis berkaitan dengan diet ketat yang dialami lansia menuntut pentingnya mengatur makanan secara khusus.

Sering kita melihat bagaimana seorang lansia mengeluh sulit mengonsumsi daging dan makanan keras akibat gangguan gigi dan gusi. Rasa tidak nyaman tatkala mengonsumsi susu karena laktose intoleran ditambah kehilangan selera makan akibat menurunnya indra perasa dan sensivitas penciuman yang juga menurun. Menurut Exton-Smith dalam Encyclopaedia of Food Science, Food Technology and Nutrition (1993) pada lansia umumnya terjadi kerawanan gizi. Ada beberapa faktor penyebab seperti kesepian, ketidaktahuan, terbatasnya keuangan karena sudah tidak bekerja, melemahnya fisik, kebingungan mental dan depresi, konsumsi obat, gangguan kesehatan gigi, sangat sulit menyerap makanan dan sebagainya. Untuk menyesuaikan dengan segala keterbatasan tadi maka diperlukan perencanaan menu khusus pada lansia.

Dengan adanya perencanaan menu yang tepat pada lansia, diharapkan dapat meminimalkan risiko kekurangan gizi atau sebaliknya kelebihan gizi. Bila kekurangan gizi pada lansia dapat membentuk kurang kalori protein kronis baik ringan atau berat. Tanda fisik yang bisa dilihat adalah tubuh kurus atau lebih rendah dari berat badan baku. Sebaliknya kelebihan gizi pada lansia ada hubungannya dengan gaya hidup yang akhirnya menimbulkan dampak terhadap bergesernya pola konsumsi makanan yang tidak sehat. Kondisi semacam ini banyak terjadi di daerah perkotaan yang mengarah kepada pola diet tinggi lemak rendah serat.


Sarapan pagi bersama roti dan secangkir kopi manis.

Akibatnya bisa ditebak yaitu gizi lebih akan terjadi obesitas atau kegemukan pada lansia yang berisiko terjadinya penyakit degeneratif. Mudah menjadi gemuk pada lansia karena menurunnya tingkat aktivitas fisik dan metabolisme lemak yang tidak sempurna karena menurunnya hormon pembakar lemak. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada usia lansia kuncinya adalah memilih makanan yang tepat. Diantara makanan yang tepat bagi lansia adalah yang mampu berperan mencegah atau setidaknya dapat memperlambat munculnya kondisi osteoporosis, diabetes melitus, jantung koroner atau penyakit degeneratif lainnya.

Pada dasarnya kebutuhan gizi lansia hampir sama dengan orang dewasa tetapi sedikit berbeda dalam hal kuantitasnya. Selain itu jarang tersedia makanan spesifik bagi lansia. Dalam menentukan diet bagi lansia harus dipertimbangkan kondisi kesehatan lansia, penurunan kemampuan dalam mencerna dan perubahan selera makan. Karena itu dalam menyediakan makanan bagi Anda...sahabat dengan reiki yang mempunyai anggota keluarga lansia ada beberapa hal yang wajib diperhatikan yaitu kecukupan gizinya, tekstur makanan sehingga lansia dalam keluarga Anda tidak mengalami kesulitan dalam mencerna makanan dan tentu terhindar dari masalah gizi salah (mal nutrisi).


Read More..

MEMBUANG FAKTOR PENGGANGGU KESEHATAN MAKANAN

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 15 Desember 2009 4 komentar

Di zaman modern seperti sekarang ini siapa orang yang tidak kenal dengan istilah asam urat, kolesterol tinggi, kadar gula darah,triglesireda, lemak darah dan tentu saja jantung koroner. Sahabat sehat bersama waskita reiki tentu pernah mendengar bagaimana cemasnya bila seseorang telah divonis mengidap penyakit diabetes. Tentunya semua akan terkejut bagaimana penyakit ini bisa masuk kedalam tubuh kita. Bisa saja karena faktor makanan yang dikonsumsi sampai pola hidup tidak sehat dan jarang olahraga. Nah kalau makanan utama yang disantap sudah tidak memenuhi kadar kesehatan sesuai saran ahli gizi dan nasehat dokter,lantas dengan cara apalagi agar kita tidak cemas menghadapi kolesterol atau gula darah tinggi setiap kali kita menyantap makanan.

Kecemasan Anda tentu juga kecemasan kami semua praktisi reiki yang pernah terdeteksi kena kolesterol tinggi. Sebelum bergabung menjadi praktisi reiki rekan-rekan di paguyuban reiki pun sebagai manusia normal dan tidak sakti pernah juga kena diabetes, asam urat, tekanan darah tinggi dan seabrek penyakit modern lainnya. Tapi berkat latihan yang teratur dan tanpa kenal lelah perlahan tapi pasti Insya Allah gangguan penyakit tadi bisa direduksi dan dihilangkan. Ini memerlukan perjuangan berat dan disiplin tinggi termasuk masih tetap berkonsultasi dengan dokter yang pernah merawatnya.

Memang hidup di jaman yang serba cepat dengan gaya hidup menyantap makanan siap saji di restoran serba ada menjadikan seseorang terbiasa dengan jenis makanan ini. Tapi hendaknya kita cukup bijaksana bahwa makanan cepat saji ini pun tentu mengandung banyak kolesterol sehingga perlu kehati-hatian setiap kali hendak menyantap.Bukan berarti kita menghindari yang namanya kolesterol. Kita tetap menyantap makanan yang rendah kolesterol dan tinggi serat sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga dalam kondisi semua normal.

Bagi Anda yang praktisi reiki tentu punya kiat sendiri bagaimana mengkonsumsi makanan tanpa kuatir dampak dari makanan ini. Tentu saja cara aman adalah menghindari makanan yang mengandung banyak kolesterol. Lantas cara kedua dengan mengalirkan Reiki atau energi non reiki ke makanan yang hendak kita santap melalui kekuatan affirmasi. Pertama kali kita buang dulu unsur kolesterol, kadar gula, asam urat dalam makanan ini yang bisa merusak kesehatan.

Caranya? Mengarahkan kedua telapak tangan kita ke makanan yang ada di atas piring.Lalu affirmasikan ke makanan ini agar kandungan kolesterol/asam urat/kadar gula darah tinggi yang ada dalam makanan ini menjadi netral atau pasif tanpa mengurangi rasa asli makanan tersebut dan tetap lezat bergizi. Apabila yang Anda takutkan bukan kolesterol tetapi asam urat atau kadar gula darah sehingga mengakibatkan gout dan faktor lain pengganggu kesehatan, affirmasikan agar kandungan faktor tidak baik dalam makanan ini menjadi pasif atau netral.

Selepas memberi affirmasi ke dalam makanan ini lalu alirkan reiki ke makanan ini. Tetap santai dan pasrah maka reiki akan mengalir ke makanan ini. Yang semula struktur molekul makanan mengandung kolesterol/asam urat/kadar gula darah menjadi makanan yang memiliki struktur molekul yang tidak lagi mengandung kolesterol. Buktinya? Coba saja makanan ini diperiksa dengan spectograph. Dalam memberikan affirmasi yang perlu kita jaga adalah jangan sampai mengubah atau menghilangkan rasa asli dari makanan ini. Sebab makanan dapat berubah rasa sesuai dengan affirmasi yang kita berikan dan arahkan ke makanan ini.

Percobaan reiki kepada makanan atau minuman berlaku pula kepada jenis kegemaran pria kalau mau disebut jantan yaitu merokok. Setelah Anda jago dalam mereiki makanan dan minuman agar dampak negative dari makanan ini menjadi pasif tanpa mengurangi rasa makanan dan tetap lezat di lidah...mari sehat bersama waskita reiki ajak Anda untuk mempraktekkan 2 batang rokok yang hambar ketika diisap menjadi rokok yang manis dan apek/pahit ketika diisap. Kita abaikan saja merk rokok ini.

Ambil rokok (1) di tangan kiri lalu affirmasikan agar rokok ini menjadi manis ketika dihisap nantinya. Alirkan reiki atau energi non reiki ke batang rokok ini dan visualkan dalam mind Anda rokok ini tercelup larutan air gula manis dalam gelas. Berikutnya ambil rokok (2) di tangan kanan lalu affirmasikan agar rokok ini menjadi apek ketika dihisap nantinya. Alirkan reiki atau energi non reiki ke batang rokok ini sambil memvisualkan rokok ini tersentuh larutan brotowali. Tetap alirkan reiki ke kedua batang rokok ini untuk beberapa saat dan tetap santai dalam percobaan ini.

Setelah kedua rokok ini diberi reiki dan energi non reiki lalu suruh kedua sahabat Anda yang perokok aktip untuk menghisapnya. Apa rasanya? Rokok (1) akan terasa manis di mulut perokok aktip dan rokok satunya lagi (2) terasa pahit di mulut perokok aktip lainnya. Begitulah dampak pengaliran reiki dan energi non reiki ke makanan/minuman atau rokok. Semua dimungkinkan dengan menggunakan kekuatan pikiran (mind), affirmasi dan pasrah adanya. Reiki di samping untuk kesehatan, penyembuhan juga membuang hambatan pengganggu kesehatan dari makanan.



Read More..

ANGIN PUTING BELIUNG MELANDA TUBAN

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 14 Desember 2009 4 komentar

Peralihan cuaca dari musim kemarau ke musim penghujan tampaknya membawa bencana angin puting beliung bagi Kabupaten Tuban. Angin puting beliung yang melanda beberapa kawasan menyisakan puluhan rumah rusak dan pepohonan tumbang. Meski tidak ada korban jiwa kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Peristiwa yang terjadi Kamis malam seminggu lalu terjadi di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.


Ilustrasi pada saat angin puting beliung lewat kawasan rumah penduduk.


Angin kencang yang menerjang kawasan desa itu berlangsung sekitar pukul 21.30 wib. Angin puting beliung setelah reda menyisakan atap rumah warga berantakan karena genting beterbangan dan pecah berserakan di tanah. Sedikitnya dua puluh enam rumah milik warga setempat yang sebagian besar terbuat dari dinding bambu mengalami kerusakan cukup parah. Kerusakan terjadi sebagian besar pada atap. Selain itu angin puting beliung yang oleh warga desa setempat dinamakan Lesus juga merobohkan sebuah pohon besar hingga tumbang.

Meski tidak ada korban jiwa dan luka akibat bencana angin puting beliung ini, tetap saja menyengsarakan warga yang rumahnya rusak. Menurut Kasmadi warga setempat menuturkan, "Kejadian angin puting beliung ini begitu cepat dan berlangsung selama 5 menit. Malam itu cuaca mendung diiringi angin kencang dan tiba-tiba atap genting rumah warga beterbangan," katanya. Tidak ingin terjadi korban jiwa atau luka, Kasmadi langsung membangunkan seluruh warga yang sudah terlelap tidur untuk segera keluar rumah menyelamatkan diri dari reruntuhan genting.



Pusaran angin puting beliung pekat mampu merobohkan rumah dan pepohonan.

Hingga kini warga setempat belum semuanya membetulkan atau mengganti atap rumah mereka yang hancur akibat terjangan Si Lesus ini. Pasalnya, mereka tidak ada biaya untuk perbaikan atap rumah. Mereka sangat berharap ada dermawan yang bersedia membantu untuk membetulkan atap rumah mereka yang hancur gentingnya.

Sumber berita: Sahabat sehat dengan reiki... Heri Setiawan melaporkan dari Tuban untuk versi siaran berita televisi dan internet.

Gambar : Google Images.



Read More..

ULAT BERUBAH KEPOMPONG UNTUK LAUK PAUK

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 13 Desember 2009 3 komentar

Hutan wilayah K-R-P-H Tretes sebagai hutan tropis juga menyediakan alam yang indah untuk dikunjungi. Letaknya bukan di Kalimantan tetapi masih di wilayah Jawa Timur tepatnya di Kecamatan Temayang Bojonegoro. Saat ini sebagian warga Desa Kedungsari sering mendatangi hutan itu bukan untuk mencari kayu bakar apalagi piknik melainkan mencari ulat dan kepompong untuk dijual dan dimakan sendiri.

Setiap awal musim penghujan yang datang di akhir tahun, warga desa Kedungsari Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro yang mayoritas warganya mencari batu sebagai gantungan hidup untuk saat ini beralih profesi dadakan sebagai pengumpul kepompong. Di dalam hutan ini sejumlah wanita desa sedang mencari kepompong secara beramai-ramai. Pasalnya setiap musim penghujan tiba daun jati muda tumbuh dan pada saat bersamaan muncul ulat yang menggerogoti daun jati.

Sebagian ulat yang menggerogoti daun jati jatuh ke permukaan tanah. Jumlahnya bisa mencapai jutaan berserakan di sela-sela tanaman jati hutan dan menempel di daun jati yang rontok ke tanah. Ulat-ulat yang jatuh ini bersembunyi di balik berserakannya daun kering. Kondisi ini oleh warga setempat ditengarai terjadi di musim labuh awal musim hujan tiba. Warga desa itu mengaku sudah tiga hari mendatangai hutan jati. Dua atau tiga hari lagi kemungkinan kepompong itu berubah menjadi kupu-kupu.

Lantas untuk apa kepompong yang jumlahnya ribuan itu mereka kumpulkan ramai-ramai di tengah sunyinya hutan jati sekitar tempat tinggal mereka? Mereka mengaku kepompong yang telah dikumpulkan lalu dimasak oseng-oseng atau dimasak sayur asem-asem. Karena bisa dimasak, pencari kepompong itu merasa bisa mengirit biaya hidup keluarganya. Biasanya mereka harus mengeluarkan uang untuk membeli tempe atau tahu sebagai lauk santap makan tapi kali ini cukup dengan oseng-oseng kepompong dan sayur asem-asem sudah cukup terpenuhi keperluan lauk harian.



Kawasan hutan jati di pegunungan kapur utara wilayah Bojonegoro ketika peralihan musim kemarau ke musim hujan.

Bila warga desa ini mendapatkan banyak kepompong dan tidak dikonsumsi mereka menjualnya ke orang lain. Harga per satu wadah mencapai sepuluh ribu rupiah. Bahkan para pembeli banyak mendatangi tempat mereka mencari kepompong di dalam hutan jati. Namun disadari oleh warga setempat bahwa mencari kayu bakar atau kepompong mengandung resiko bahaya sebab di semak hutan belukar ini masih banyak ularnya. Karena itu demi keselamatan dalam menyusuri setiap jengkal areal hutan saat mencari kepompong dan ulat, warga memilih mencari kepompong secara bergerombol.


Dengan padanan bumbu bawang putih,merah dan cabe enthung digoreng siap disajikan untuk lauk santap makan malam.


Anda sahabat sehat dengan reiki yang pernah merasakan sayur asem-asem dengan lauk pauk anak lebah muda tentunya bisa merasakan rasa sayur kepompong apalagi dibumbui dengan sedikit cabai dan garam plus 1 butir telor ayam kampung yang diceplok. Ada juga yang membuat tumis kepompong rasa sayur lodeh. Ada juga yang membuat menjadi peyek. Soal rasa kalau boleh menilai paling pas ditumis. Rasanya gurih bercampur asin jadi satu. Lumayan menu dadakan ini bisa menambah protein bagi penduduk desa.




Ungker atau enthung yang terkumpul ada yang berwarna coklat dan hijau pupus. Bahan pembuat menu dadakan warga sekitar hutan jati secara turun temurun.

Sayang musim enthung ini cukup singkat hanya sekitar 1-2 bulan saja waktunya antara Nopember dan Desember. Jika hujan turun lagi secara terus menerus maka ulat dan enthung kembali lenyap menghilang dan hutan kembali menghijau daunnya. Membaca gelagat alam ini kita pantas merenung bahwa Tuhan melalui alam semesta ciptaan-Nya begitu murah memberikan kehidupan terbaik buat manusia. Tinggal manusia sendiri mau berterima kasih atau tidak kepada alam ciptaan Tuhan ini.

Sumber berita: Sahabat sehat dengan reiki Heri Setiawan dari Televisi Jawa Timur ( diedit) dan gambar di http://berandakawasan.wordpress.com/


Read More..

ANJURAN SAAT LATIHAN TAI CHI

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 10 Desember 2009 1 komentar

Gerakan lembut membuat lentur tubuh dalam latihan Tai Chi. Sebagai olahraga bela diri Tai Chi juga dilatih untuk kesehatan.
Teliti sebelum membeli. Itulah pepatah yang tepat untuk menggambarkan bagaimana seseorang menjatuhkan pilihan sebelum mengambil keputusan agar di kemudian hari tidak terjadi dengan hal-hal yang tidak diinginkan. Demikian halnya dalam belajar Tai Chi ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai latihan Tai Chi.

1. Alangkah baiknya bila berkonsultasi kepada dokter lebih dulu bila kita sudah mempunyai keluhan seputar persendian. Tanyakan kepada dokter gerakan apa yang mesti dihindari.

2. Sekalipun belajar Tai Chi dimungkinkan lewat video atau buku ada baiknya belajar kepada guru Tai Chi yang sudah berpengalaman. Guru berpengalaman bisa memantau pergerakan tubuh kita dan mengarahkan untuk melakukan gerakan yang tepat.

3. Anda sahabat sehat bersama inti reiki yang barangkali memiliki masalah persendian alangkah bijaksana dalam memilih guru. Pastikan guru pembimbing mempunyai pengetahuan tentang sendi ketika mengajar orang yang menderita arthritis dan bisa memandu Anda untuk melakukan gerakan paling aman saat latihan.

4. Dalam setiap latihan lakukan pemanasan sebelum mulai gerakan lalu akhiri latihan dengan pendinginan sesudahnya. Tai Chi mungkin tidak terlalu berat, tapi itu lho....gerakannya bekerja pada sendi dan otot.

5. Sebaiknya lakukan modifikasi gerakan bila dianggap perlu. Contohnya untuk penderita arthritis, lakukan penyesuaian gerakan yang sekiranya membebani lutut agar gerakan ini menjadi aman dan nyaman.

6. Bila ketahuan sendi membengkak atau sakit jangan memaksa untuk berlatih. Para ahli menyatakan kondisi itu masih memungkinkan berlatih asal dilakukan dengan hati-hati. Berkonsultasi dengan dokter bila tidak yakin atau segera hentikan latihan bila gerakan ini membuat kita lebih sakit atau merasa nyeri dua jam usai latihan.

7. Ukur kemampuan tubuh Anda dalam setiap gerakan dan jangan memaksakan diri saat berlatih. Guru yang arif bijaksana percaya bahwa efek meditatif dari Chi sama pentingnya layaknya latihan fisik.

8. Latihan Tai Chi berbeda dengan latihan olahraga biasa karena dalam gerakan Tai Chi yang dilatih bukan tenaga luarnya tetapi tenaga dalamnya.

Itulah anjuran yang akan memandu peserta olahraga bela diri Tai Chi agar berhati-hati saat latihan. Dengan tubuh sehat mari kita lawan penyakit yang hendak menyerang kita. Anda bisa melawan penyakit dengan jurus yang telah dikuasi melalui olahraga bela diri Tai Chi. Selamat berlatih semoga sukses dan sehat bersama inti reiki akhiri postingan ini seraya mengucapkan salam olahraga. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa sehat dan dalam keheningan kita bisa mendengarkan kata hati dan mengetahui tujuan hidup ini.

Gambar : Google Images.

Read More..

TAI CHI UNTUK KESEHATAN TUBUH-2

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 09 Desember 2009 1 komentar

Belajar ilmu penyembuhan dan bela diri memang memerlukan ketekunan dan kesabaran. Demikian pula halnya dengan Perguruan Silat Awan Putih yang mengajarkan silat Tai Chi, merekomendasikan setiap calon murid agar belajar bela diri dulu sebelum belajar gerak Tai Chi. Kenapa bisa begitu? Menurut Suhu Prihatin sebaiknya belajar bela diri lebih dulu baru setelah mencapai tingkat 5 baru diajarkan Tai Chi. Di tingkat 5 ini diharapkan setiap murid sudah mampu mengendalikan emosi.


Penguasaan gaya gerakan, akal menyangkut taktik menetralkan gerakan lawan, rasa, refleks, naluri dan kekuatan tenaga luar adalah modal dasar untuk melangkah menjadi pesilat. Bila tujuan belajar tai chi hanya untuk kesehatan karena peserta sudah lanjut usia dan usia sudah tidak memungkinkan untuk latihan beban dan jurus silat, bisa saja seseorang langsung belajar tai chi. "Untuk belajar tai chi lewat jalan pintas ini, latihan tai chi diawali dengan latihan gerakan terlebih dahulu," jelas Suhu Prihatin yang juga mengajar murid untuk kelas tai chi khusus kesehatan.


Latihan gerakan dimulai guru memperagakan gerakan tunggal dan kemudian mengajak peserta untuk menggabungkan langkah demi langkah secara bertahap hingga menjadi gerakan panjang. Gerakan ini dapat dilakukan dengan perlahan atau cepat dan bertenaga namun gerakan selalu lemah gemulai, lembut dengan tetap memperhatikan pernapasan dan postur tubuh. Begitu menguasai gerakan selanjutnya peserta dilatih menyelaraskan pernapasan. "Maksudnya supaya gerakan dan napas sinkron. Kalau gerakan belum lancar, bagaimana bisa melakukan gerakan dan pernapasan secara tepat?" jelas Prihatin lebih lanjut.


Latihan pernapasan ini mirip dengan latihan pernapasan yang pernah sehat bersama waskita reiki latih tatkala masih bergabung di PPS Merpati Putih dulu. Pernapasan dada dan perut merupakan menu utama setiap latihan. Menarik napas panjang lewat hidung-menahan napas di dada-membuang napas lewat mulut mendesis sambil tentu mengejangkan seluruh otot badan. Latihan ini dimaksudkan untuk melatih otot agar lentur dan tatkala memukul benda keras maka tenaga yang dihasilkan mampu mematahkan besi dragon, balok es, per keong dan tumpukan potongan kayu.


Demikian halnya di silat Tai Chi dilatih pernapasan biasa saja. Biarkan kearifan tubuh memerintahkan kita untuk bernapas. Ketika tubuh perlu menarik napas, maka kita menghirup napas. Sebaliknya tatkala mengeluarkan napas, kita akan menghembuskan napas. Latihan pernapasan perut bersamaan dengan gerakan dilakukan setelah semua betul siap. Latihan napas perut di Tai Chi memang tidak dipaksakan. Semua latihan pernapasan dipelajari secara bertahap, langkah demi langkah hingga sinkronisasi napas dan gerakan menjadi padu serasi.


Anjuran setiap kali latihan sebaiknya dalam seminggu dua kali pertemuan dengan durasi latihan 1-2 jam. Latihan Tai Chi sebaiknya dilakukan di kebun atau lapangan terbuka yang dikelilingi pepohonan rindang. Ini dimaksudkan agar chi yang diserap peserta Tai Chi maksimal mengingat udara bersih dan chi cukup tersedia di tempat ini. Dalam setiap latihan selalu diakhiri dengan pendinginan dan kadang-kadang meditasi singkat sebagai penutup rangkaian latihan. Dalam jangka panjang minimal 2 tahun setiap peserta sudah mampu mengendalikan pikiran (mind) dan chi (tenaga dalam) sehingga kesehatan fisik setiap peserta akan tetap terjaga.


Sebagaimana ditulis oleh I Gede Yudana dalam Mind, Body and Soul, Tai Chi telah diakui dunia kedokteran Barat dapat memperbaiki kondisi musculoskeletal karena dapat memperbaiki kelenturan dan membangun kekuatan otot secara bertahap. "Tidak ada yang membantah bahwa Tai Chi bila dilakukan dengan benar, dapat bermanfaat bagi penderita asma," jelas Prihatin lebih lanjut yang mengakui sejak kecil telah menderita asma. Berkat olah napas disertai gerakan tubuh maka asma dapat diatasi.


Orang yang menderita asma mengalami hambatan dalam menarik napas sehingga tidak memiliki tenaga. Melalui olah napas perut, menurut pemahaman Prihatin, penderita asma akan mendapatkan tenaga lebih yang bisa membantu penderita bernapas normal kembali. Sebaliknya untuk penyakit degeneratif termasuk kanker, Tai Chi memang tidak bisa membantu banyak dalam arti menyembuhkan total, tetapi mampu menghambat perkembangan penyakit itu sehingga kualitas hidup penderita tidak menurun. "Tai Chi tidak bisa menyembuhkan penyakit itu kecuali ada mukzizat dan izin Tuhan semata," tegas Prihatin.


Bagi penderita diabetes pun ada yang merasakan manfaat dari olah gerak silat Tai Chi. Entang Saputra ayah dua orang anak oleh dokter yang merawatnya dinyatakan menderita diabetes. Di samping diabetes ia juga over weight dengan berat badan 91 kg di tahun 2000 padahal tinggi badannya cuma 160 cm. Dengan tekad kuat ia berusaha menurunkan berat badannya karena dokter yang merawat sering mencandainya, "Apakah kamu bisa menurunkan berat badan?" kata dokter ini. Ucapan dokter ini bagai menampar mukanya. Maka Entang bertekad untuk menurunkan berat badannya. Dengan cara apa ia akan menurunkan berat badannya?


"Dengan berlatih Tai Chi saya akan menurunkan berat badan sekaligus mengendalikan kadar gula darah," kata Entang sembari mempraktekkan jurus silat Tai Chi yang telah dilakoninya sejak tahun 2003. Betul juga sejak rutin berlatih selama 1 tahun bobot badannya turun menjadi 74 kg. Selain Tai Chi Entang juga berlatih Karate yang telah dikuasainya sejak tahun 1986. Latihan Tai Chi lebih difokuskan kepada gerakan tubuh untuk membakar lemak sekaligus menurunkan berat badan. Dengan turunnya berat badan maka penyakit diabetes akan dapat diatasi dengan baik.


Sekalipun gerak silat Tai Chi lembut bagaikan penari keraton, lemak tubuh ikut terbakar. Tatkala memperagakan gerak jurus Tai Chi terlihat Entang berkeringat banyak. Ini menandakan di dalam tubuhnya terjadi proses pembakaran lemak. Sebaliknya Chi yang diserap melalui olah napas akan tersimpan di tubuh. Bisa dimengerti mengapa Tai Chi bisa membantu menurunkan berat badan. Seperti dinyatakan Prihatin Wiratna guru bela dirinya, chi sekali lagi chi bisa membantu memperbaiki fungsi organ tubuh, termasuk kelenjar pankreas yang menghasilkan insulin. Dari sini kadar gula darah dapat dikendalikan. Sementara bagi penderita asma mengakui berkat latihan Tai Chi, maka energi lebih dari latihan mampu membuka bronkus dan bronkiolus paru-paru yang memungkinkan penderita bernapas lega.


Akhirnya dengan bernapas lega
Senam Tai Chi untuk kesehatan tubuh sekaligus membuat pesertanya awet muda tetap cantik.
Gerakan lembut jurus Tai Chi mirip tarian puteri keraton.
Sehat bersama Waskita Reiki mengakhiri postingan seputar gerak silat Tai Chi sebagai seni bela diri sekaligus sebagai jurus mengatasi penyakit. Anda...sahabat sehat berkat reiki... yang telah divonis penyakit dan belum sembuh ada baiknya belajar bela diri sekaligus menjadi penyembuh diri sendiri dengan bergabung di PSAP yang mengajarkan jurus Tai Chi. Tak ada salahnya mencoba.

Read More..

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto Saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.