ON LINE

Followers

DELAPAN LANGKAH SEHAT

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 22 Desember 2009

Masih ingin hidup sehat? Kali ini sehat dengan reiki mengajak kepada Anda untuk sejenak merenung tentang arti kesehatan di akhir tahun 2009 ini. Semoga di tahun 2010 nanti Anda dalam keadaan sehat dan bisa mencerna delapan langkah sehat sebagaimana ditulis oleh Henry Chang dalam bukunya Longevity Throught The Organic Lifestyle yang terjemahan bebasnya sebagai berikut ini:

1. Back to nature atau kembali ke alam yang bermakna melakukan kegiatan dan tindakan yang memperhatikan keseimbangan dan keharmonisan dengan lingkungan hidup mencakup fisik, alam dan sosial. Misalnya berusaha menghindari segenap kegiatan dan tindakan yang dapat meracuni dan merusak lingkungan hidup. Lingkungan yang tercemar justru akan mempercepat proses "kiamat" minimal membuat manusia sakit-sakitan dan menderita sehingga sisa umurnya tidak dapat dinikmati.

2. Minum air putih dalam jumlah yang cukup sekitar 6-8 gelas per hari karena air merupakan sumber kehidupan dan zat gizi utama. Sekitar 65 persen tubuh kita terdiri dari air sehingga sedikit saja terjadi kekurangan pasokan air dampaknya sangat serius terhadap penampilan dan kesehatan tubuh. Air yang diminum tentu saja harus memenuhi syarat kualitas air minum dan kesehatan (Permenkes No. 416 tahun 1990). Sebaiknya air tersebut dimasak lebih dulu sebelum diminum.

3. Berjemur di bawah sinar matahari pagi antara jam 06.00 - 09.00 selama beberapa menit dan menghirup udara segar di pagi hari sebanyak-banyaknya. Selain air sinar matahari dan udara bersih termasuk unsur utama kehidupan kita. Hendaknya kita menghindari terik matahari pada waktu siang hari jam 10.00 - 15.00 sebab pada jam ini sengatan sinar matahari dapat merusak kulit, mata, rambut dan lainnya yang menyebabkan wajah lebih tua dari umurnya.

4. Kebiasaan sehat ketiga di atas harus disertai kemauan untuk menggerakan tubuh yaitu olahraga. Lakukan joging atau senam pagi. Olahraga yang sesuai dengan keadaan fisiologis tubuh,dikerjakan secara teratur dan terukur agar manfaat terhadap kesehatan fisik dan mental lebih bermakna. Bisa juga ikut dalam progam kegiatan olahraga di tempat tinggal masing-masing atau di tempat latihan kebugaran. Sayang latihan yang disebut terakhir ini biasanya mematok tarip yang tidak sedikit sehingga untuk sehat saja orang harus keluar ongkos.

5. Hindarkan emosi yang menggebu dan alihkan emosi itu ke hal positif serta kendalikan stress kepada hal yang bermanfaat. Emosi dan stress yang positif diperlukan untuk menggairahkan semangat hidup dalam meraih cita-cita, kemajuan, kemapanan dan tentu saja sukses hidup.

6. Sediakan waktu luang untuk refreshing dan upayakan tidur yang berkualitas. Misalnya setelah jenuh bekerja 2-5 jam istirahat sejenak. Pejamkan mata, tenangkan pikiran dan buatlah tubuh Anda menjadi rileks. Dengan cara demikian akan membuat tubuh kita segar lahir dan bhatin dan membangkitkan lagi semangat baru. Tidur berkualitas adalah tidur yang nyenyak meskipun hanya 2-4 jam atau beberapa menit. Ibarat kita mengisi baterei yang sudah lemah, tidur sejenak yang berkualitas akan membuat fisik, perasaan dan otak lebih segar. Orang yang kurang tidur akan mengalami pikiran kacau dan terganggu, pusing, sakit kepala serta hidupnya uring-uringan.

7. Menghentikan/menghindari merokok aktip atau pasif, berhenti minum minuman beralkohol dan obat-obatan psikotropika atau obat terlarang lainnya. Semua ini dapat merusak kesehatan dan mempercepat proses menjadi pikun sebelum waktunya dan sakit-sakitan. Sebelumnya sehat dengan reiki mohon maaf kepada pembaca blog ini kalau point ke tujuh ini meyinggung perasaan Anda yang masih hobi dengan tema kejantanan yaitu sering mengisap rokok agar tidak dibilang banci dalam pergaulan. Memang tidak dilarang merokok di Republik Indonesia ini tapi asal tahu saja bahwa merokok mengganggu kesehatan Anda.

8. Yang tidak boleh dilupakan dan harus dikerjakan adalah membina hubungan vertikal kepada Tuhan YME melalui ritual ibadah serta membina hubungan horizontal secara sosial dengan sesama dan lingkungan dengan baik. Taat dan tekun melaksanakan ibadah dan doa kepada Tuhan agar dikaruniai umur yang penuh berkah. Perbanyak sahabat dan membina hubungan silaturahmi karena hal itu akan membuat hidup tidak kesepian.

Silakan pilih gaya hidup sehat agar dapat hidup awet muda. Sehat dengan reiki akan mengantar Anda menuju tahun 2010 dengan penuh optimisme dan jangan berkecil hati kalau saat ini sedang dirundung sakit. Carilah solusi dalam mengentaskan penyakit Anda dengan metode pengobatan yang Anda sukai. Pokoknya... Jangan Putus Asa... sebagaimana judul lagu Pop Dangdut ini yang pernah dipopulerkan oleh Koes Plus dan mencetak hit di tahun 1974.


2 komentar

  1. salam sahabat
    wah bagus artikelnya,bicara kesehatan memang mutlak sangat di perlukan,healthy its bets than wealhty/kesehatan lebih baik dari kekayaan bukankah gitu sis,,,thnxs n good luck ya

     
  2. Rizky2009 Says:
  3. trima kasih mbak arum artikelnya bgus bgt sanat bermanfaat

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.