ON LINE

Followers

TAI CHI UNTUK KESEHATAN TUBUH-1

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 08 Desember 2009

Sahabat dengan inti reiki tentu pernah dan sering melihat film kungfu maupun silat tai chi di gedung bioskop atau menonton gerakan silat melalui layar televisi di rumah. Apa yang Anda lihat dengan gerakan Tai Chi tadi? Kita lihat bagaimana seorang pesilat tadi melakukan Tai Chi dalam gerakan lembut yang dimaksudkan untuk melatih seluruh otot tubuh. Itu yang kasat mata. Tetapi yang tidak terlihat mata dari gerakan tadi sesungguhnya mereka sedang berlatih memperbaiki aliran energi utama kehidupan yang menunjang kesehatan sehinggap pikiran dan jiwa menjadi tenang.


Menurut Prihatin yang berlatih Tai Chi sejak umur 12 tahun gerakan lembut tadi dimaksudkan untuk mendapatkan Chi lebih dari ukuran biasanya yang bersumber dari alam. Gerakan lembut termasuk di dalamnya gerakan Tai Chi akan mengambil udara di sekitar kita dan menjadikan energi melalui pernapasan perut. Pernapasan perut ini menghirup udara lewat hidung lalu ditahan sebentar agar tersimpan di dalam perut setelah itu baru udara dihembuskan keluar lewat mulut. Yah...teknik pernapasannya mirip olah raga bela diri yang pernah dan sering sehat dengan inti reiki praktekkan hingga sekarang ini. Teknik pernapasan ini memang terbukti mampu membuat tubuh selalu bugar dan tentunya sehat. Untuk jelasnya sahabat bisa menengok ke yang satu ini

Senam Kungfu Tai Chi untuk kesehatan, penyembuhan dan panjang umur.

setelah saya jeda sebentar untuk menarik napas segar agar tulisan kembali lancar ke alinea berikutnya.


Proses menghirup-menahan-membuang napas dengan teknik pernapasan perut kalau boleh sehat bersama inti reiki sebut sebagai teknik mengolah tenaga dalam. Power yang dihasilkan dari teknik ini memang bisa untuk tenaga bela diri sekaligus mematahkan benda-benda keras hanya dengan teknik sabetan tangan atau tendangan kaki dalam satu gerakan silat. Hanya saja untuk mendapatkan power yang kuat saat berlatih pesilat harus mampu menahan napas dan mengkondisikan tubuhnya seluruhnya kejang...kejang...kejang kecuali daerah kepala. Menurut Suhu Prihatin Master Tai Chi menjelaskan lebih lanjut bahwa tenaga yang dihasilkan oleh otot disebut tenaga luar. "Tai Chi mencari tenaga dalam melalui gerak dan pernapasan perut," katanya.


Ilmu kedokteran China menjelaskan bahwa chi mengalir ke seluruh saluran tubuh secara otomatis kendati pun kita tidak menyadarinya. Untuk membangkitkan aliran chi ini tubuh harus dalam kondisi rileks dan pikiran tenang serta tidak membebani perut. Tai Chi Chuan menekankan upaya menjaga tubuh dalam kondisi selalu rilek lalu mengarkan chi ke tan tien (area di bawah pusar). Orang China mengatakan, "Biarkan chi masuk atau turun ke tan tien. Jika tubuh rileks kita akan merasakan adanya kekuatan di dekat tan tien. Karena itu dengan sering mempraktekkan Tai Chi secara benar, chi bisa dibuat tetap bertahan pada tan tien."


"Memang kedengarannya sulit belajar Tai Chi ini. Tapi sebenarnya tidak," ucap dr. Paul Lam (52) seperti dikutip Situs Arthritis Today. Dr Lam adalah seorang guru Tai Chi bermukim di Sydney dan telah mempraktekkan Tai Chi lebih dari 30 tahun lalu hanya untuk mengatasi masalah osteoarthritis yang menderanya ketika masih berumur 20 tahun. Menurut ilmu kedokteran China dipercaya penyakit terjadi karena terhambatnya atau tidak seimbangnya aliran chi. Selama aliran chi lancar tidak ada hambatan maka tubuh akan sehat. Jika aliran chi dalam tubuh tiba-tiba tidak seimbang orang akan sakit. Karena itu orang China lalu mempraktekkan gerakan silat Tai Chi di samping untuk bela diri sekaligus juga untuk menjaga kesehatan badan.


Selain di Sydney Tai Chi juga dipraktekkan di New York. Penelitian ilmiah di Medical Academy of Shanghai Thangsam Medical Center dan Bellevue Hospital di New York City menunjukkan Tai Chi Chuan dapat merangsang sistem saraf pusat, menurunkan tekanan darah, meredakan stress dan secara lembut memperkuat otota tanpa membebaninya. Tai Chi juga memperbaiki pencernaan, pembuangan sisa metabolisme tubuh dan sirkulasi darah. Gerakan Tai Chi secara teratur tanpa disadari juga ikut memijit organ dalam dan memperbaiki fungsi organ tersebut. Kiranya masih ada manfaat lain dari olahraga bela diri Tai Chi untuk menjaga kesehatan tubuh. Apa saja? tunggu serial Tai Chi Chuan lanjutan yang tersisa esok hari.

Sumber gambar di http://beladiri.silat.blogspot.com

3 komentar

  1. Sohra Rusdi Says:
  2. ini seperti Taichidi Film ya mbak indah nian filosofinya

     
  3. Arfi Says:
  4. taichi... hmmmm,,, kayaknya bagus juga ya... daripada olahraga yang berat2.... capek banget... malah bisa bikin cidera...

     
  5. nuansa pena Says:
  6. Tai Chi memang menyehatkan tubuh dan jiwa kita, saya kagum jawaban anda pada Blog Bang Munir Ardi mengenai PR dari 7 Taman Langit, Sukses untuk Anda!

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.