ON LINE

Followers

ANJURAN SAAT LATIHAN TAI CHI

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 10 Desember 2009

Gerakan lembut membuat lentur tubuh dalam latihan Tai Chi. Sebagai olahraga bela diri Tai Chi juga dilatih untuk kesehatan.
Teliti sebelum membeli. Itulah pepatah yang tepat untuk menggambarkan bagaimana seseorang menjatuhkan pilihan sebelum mengambil keputusan agar di kemudian hari tidak terjadi dengan hal-hal yang tidak diinginkan. Demikian halnya dalam belajar Tai Chi ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai latihan Tai Chi.

1. Alangkah baiknya bila berkonsultasi kepada dokter lebih dulu bila kita sudah mempunyai keluhan seputar persendian. Tanyakan kepada dokter gerakan apa yang mesti dihindari.

2. Sekalipun belajar Tai Chi dimungkinkan lewat video atau buku ada baiknya belajar kepada guru Tai Chi yang sudah berpengalaman. Guru berpengalaman bisa memantau pergerakan tubuh kita dan mengarahkan untuk melakukan gerakan yang tepat.

3. Anda sahabat sehat bersama inti reiki yang barangkali memiliki masalah persendian alangkah bijaksana dalam memilih guru. Pastikan guru pembimbing mempunyai pengetahuan tentang sendi ketika mengajar orang yang menderita arthritis dan bisa memandu Anda untuk melakukan gerakan paling aman saat latihan.

4. Dalam setiap latihan lakukan pemanasan sebelum mulai gerakan lalu akhiri latihan dengan pendinginan sesudahnya. Tai Chi mungkin tidak terlalu berat, tapi itu lho....gerakannya bekerja pada sendi dan otot.

5. Sebaiknya lakukan modifikasi gerakan bila dianggap perlu. Contohnya untuk penderita arthritis, lakukan penyesuaian gerakan yang sekiranya membebani lutut agar gerakan ini menjadi aman dan nyaman.

6. Bila ketahuan sendi membengkak atau sakit jangan memaksa untuk berlatih. Para ahli menyatakan kondisi itu masih memungkinkan berlatih asal dilakukan dengan hati-hati. Berkonsultasi dengan dokter bila tidak yakin atau segera hentikan latihan bila gerakan ini membuat kita lebih sakit atau merasa nyeri dua jam usai latihan.

7. Ukur kemampuan tubuh Anda dalam setiap gerakan dan jangan memaksakan diri saat berlatih. Guru yang arif bijaksana percaya bahwa efek meditatif dari Chi sama pentingnya layaknya latihan fisik.

8. Latihan Tai Chi berbeda dengan latihan olahraga biasa karena dalam gerakan Tai Chi yang dilatih bukan tenaga luarnya tetapi tenaga dalamnya.

Itulah anjuran yang akan memandu peserta olahraga bela diri Tai Chi agar berhati-hati saat latihan. Dengan tubuh sehat mari kita lawan penyakit yang hendak menyerang kita. Anda bisa melawan penyakit dengan jurus yang telah dikuasi melalui olahraga bela diri Tai Chi. Selamat berlatih semoga sukses dan sehat bersama inti reiki akhiri postingan ini seraya mengucapkan salam olahraga. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa sehat dan dalam keheningan kita bisa mendengarkan kata hati dan mengetahui tujuan hidup ini.

Gambar : Google Images.

1 Responses to ANJURAN SAAT LATIHAN TAI CHI

  1. Agus Siswoyo Says:
  2. Info yang bagus. Jadi pengen ikutan...

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.