ON LINE

Followers

REKREASI CEGAH KOLESTEROL TINGGI

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 20 Desember 2009

Makanan sehat bergizi tidak selalu mahal. Komposisi rendah lemak tinggi serat modal utama mencegah kolesterol tinggi.

Libur panjang yang terjadi selama tiga hari ini sungguh membuat badan ingin istirahat dari kesibukan kerja. Mengecek tanaman hias di kebun sampai membersihkan tanaman hias dalam pot merupakan sarana rekreasi murah meriah yang bisa dilakukan siapa saja di rumah. Tak terkecuali membersihkan tanaman hias anthurium yang harus segera diganti potnya mengingat pertumbuhan tanaman yang sudah berumur 2 tahun ini sangat membutuhkan pot yang lebih besar. Namun tatkala asyik dengan klangenan tanaman hias ini mendadak tetangga sebelah datang bersilaturahmi dan minggu siang ini mengajak sehat dengan reiki untuk menengok tetangga lain yang sedang dirawat di rumah sakit gara-gara kadar gula tinggi, kolesterol tinggi plus asam urat yang juga tinggi.


Begitu mengejutkan berita ini mengingat dampak negative dari kolesterol tinggi sudah sering diperbincangkan dalam kegiatan harian baik lewat media massa hingga penuturan di meja makan ala Warung Tegal. Mendengar penuturan perihal kolesterol tinggi ingatan sehat dengan reiki lalu tertuju kepada penuturan dokter kantor yang menyarankan agar manusia hidup yang sudah masuk usia 4o tahun ke atas harus mewaspadai tentang gejala tidak sehat dampak dari kolesterol tinggi. Kolesterol yang tidak terkendali salah satunya dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan strok. Lantas cara aman bagaimana lagi untuk menghindari kolesterol tinggi dalam tubuh?


Salah satunya adalah memiliki pola hidup yang sehat mulai dari sekarang. "Ya...sekarang ini...jangan ditunda-tunda," saran dokter kantor kepada sehat dengan reiki waktu itu. Memulai hidup sehat sebagai salah satu kunci mencegah kolesterol tinggi lebih baik daripada nanti mengobati bila sudah kena penyakit ini. Dituturkan ada empat kunci hidup sehat ala dokter diantaranya adalah:

1. Makan teratur dan bergizi seimbang dan bervariasi. Makan tepat waktu tiga kali sehari. Porsi makanan harus seimbang nutrisinya. Disarankan untuk menghindari makanan dengan kadar lemak tinggi seperti jeroan dan junk food. Mengonsumsi bahan makanan yang mengandung HDL tinggi seperti red yeast rice yang terdapat dalam produk herbal Nutrafor Chol pun sangat dianjurkan untuk menekan tingkat LDL.

2. Lakukan istirahat cukup dalam aktivitas harian yang sangat sibuk. Dengan istirahat cukup selain makanan, tubuh pun perlu diistirahatkan agar tetap sehat. Akan lebih baik tidur selama enam sampai delapan jam setiap malam hari. Kurang tidur sama tidak baiknya dengan kebanyakan tidur. Jadi tidur harus seimbang jumlah jam tidurnya.

3. Menjalankan kontrak hidup sehat sampai mati nanti yaitu mau dan mau melakukan olahraga secara teratur. Hanya dengan olahraga teratur saja minimal 3 kali seminggu dengan durasi olahraga 30 hingga 6o menit setiap kali latihan olahraga. Anda disarankan tidak harus ke pusat kebugaran olahraga yang memasang tarip tinggi setiap kali kita bertandang. Cukup dengan olahraga sederhana seperti jogging, aerobik, berenang, bersepeda dan jalan kaki yang dilakukan di ruang terbuka dengan kecukupan udara bersih di pagi hari akan lebih baik dampaknya untuk kebugaran tubuh. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga dimulai dan lakukan pendinginan sesudahnya. Harus rutin berolahraga karena salah satu faktor dari olahraga secara teratur adalah kontinuitas.


Lantas ada hubungan apa seseorang bisa divonis menderita kolesterol tinggi? Penyebab utama dari gangguan tubuh karena kolesterol tinggi adalah makanan. Saat ini banyak orang cenderung memilih makanan dari segi rasa belaka. Makanan enak banget seperti gorengan yang renyah plus berlemak dan junk food yang tinggi kalorinya menjadi begitu populer di jaman yang serba instan dan cepat ini dibandingkan dengan makanan sehat yang seimbang nutrisinya. Dokter pun bilang bahwa, "Tubuh memiliki batas tertentu terhadap zat makanan yang dicerna. Bila berlebih maka sebagian akan dikeluarkan dari tubuh, sedangkan sisanya menjadi lemak di bawah kulit atau lemak dalam darah yang disebut kolesterol."


Tak bisa dibantah bahwa menurut ilmu kesehatan kolesterol dalam jumlah tertentu memang dibutuhkan oleh tubuh. Kolesterol penting karena fungsinya menjaga keutuhan sel tubuh, membuat hormon, membungkus jaringan saraf, melarutkan vitamin dan membantu proses pembentukan vitamin. Kolesterol yang berlebihan dalam tubuh inilah yang berbahaya bagi kesehatan tubuh misalnya mengakibatkan penyakit jantung koroner dan strok. Seram bukan penyakit ini?


Nah nasehat bijaksana bagi kita yang masih sehat adalah mencegah akibat buruk kolesterol dan sedapat mungkin menghindari dengan 3 kunci utama hidup sehat yang telah ada plus satu kiat hidup sehat lainnya yaitu rekreasi sebagai kiat keempat menurut aturan hidup sehat ala dokter. Kenapa rekreasi? Sebab....peran rekreasi tak kalah pentingnya bagi tubuh karena tubuh pun membutuhkan rekreasi untuk menghindari stress akibat kejenuhan dalam bekerja dan beraktivitas sepanjang hari. Ya...rekreasi di hari Minggu pagi ini sehabis olah raga jalan kaki sehat murah meriah adalah berkebun dan melihat tanaman hias sebagaimana prolog postingan sehat dengan reiki di minggu pagi. Masih ada cara sehat alami dari ke empat cara di atas yang biasa dilakukan oleh praktisi reiki adalah rutin melakukan self healing dan others healing dan juga meditasi kesehatan tubuh.

4 komentar

  1. Sohra Rusdi Says:
  2. mesti sering ngajak kakak nih rekreasi dia kolestrolnya tinggi banget kakinya bengkak kalau lagi kumat

     
  3. safru Says:
  4. Yupz... lebih baik mencegah daripada mengobati, pola makan yang sehat dan olah raga yang cukup memang suatu keharusan untuk bisa hidup sehat

     
  5. Tergantung kepada kita Mas.Apakah kita mau hidup sehat atau tidak. Bagi saya pribadi tidak ada istilah malas dalam olahraga. Sejak saya pensiun dari Merpati Putih saya banting haluan ke Teknik Reiki.
    Lalu olahraga harian atas nasehat dokter serta pola hidup sehat serta hindari stress. Manajemen stress harus kita laksanakan juga dalam hidup sehari-hari. Tentu saja doa kepada Tuhan tidak boleh kita lupakan dalam memulai setiap aktifitas harian. Doa mohon sisa umur berkah, sehat jasmani dan rohani dan menjauhkan dari pola hidup tidak sehat. Waktunya kita kembali ke alam.

     
  6. rachmatullah Says:
  7. rekreasinya harus yang baik juga, seperti jalan ke gunung... :)

    http://rachmatullah83.wordpress.com

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.