ON LINE

Followers

DETOKSIFIKASI AIR KELAPA

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 02 Desember 2009



Berkendara dari arah Kota Banjar ke arah Pangandaran sahabat dengan reiki akan menemui kawasan pantai yang landai dengan deburan ombak biru dengan paduan karang yang menonjol di sela-sela hempasan ombak tinggi Samudra Indonesia. Kawasan pantai ini oleh masyarakat nelayan setempat dijuluki Karang Nini. Layaknya pantai lain di perairan Indonesia kawasan ini juga tumbuh jajaran pohon kelapa yang tinggi berjajar di tepi pantai. Selanjutnya dalam perjalanan menuju kawasan Hutan Lindung Pananjung di Pangandaran mata Anda pun akan disuguhi jajaran pohon kelapa yang menjulang tinggi di mana saat matahari terbit di ufuk timur, Gugusan Karang Pulau Nusakambangan yang angker nun jauh di timur sana tampak terlihat samar-samar.

Berderet rapi menghijau di sepanjang pantai atau di areal perkebunan bahkan di kebun milik Anda sendiri, pohon kelapa tumbuh subur di bumi pertiwi dengan batang tinggi langsing meliuk-liuk, daunnya bergerak ditiup angin udara tropis. Di dataran rendah pohon kelapa tumbuh di perkebunan dirawat penuh kesabaran selama bertahun-tahun menantikan panen kelapa yang daging buah dan airnya bisa dikonsumsi untuk detoksifikasi tubuh. Pohon kelapa tanaman multi guna mulai dari daun, batang, buah, sabut dan airnya semuanya bisa dimanfaatkan.

Mulai dari daunnya dianyam untuk atap rumbia, hiasan pelaminan pengantin dengan untaian bungai melati melilit daun muda kelapa yang disebut janur, juga bungkus ketupat tatkala Lebaran dan Hari Raya Agama Hindu tengah berlangsung di Bali. Ditengah daun kelapa ada lidi memanjang warna coklat muda digunakan untuk sapu lidi menyapu halaman rumah kita. Belum lagi batang pohon kelapa yang kokoh utuh melingkar digunakan untuk tiang penyangga bangunan rumah tradisional, penopang tiang jembatan tatkala proses pengecoran badan jembatan belum berlangsung. Sabut kelapa sendiri dianyam rapi digunakan untuk alas kaki yang disebut keset di mana orang kaya dan miskin tanpa kecuali pasti memilikinya.

Pohon kelapa nama ilmiahnya Cocos Nucifera memang serbaguna dan memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari pohon kelapa adalah buahnya. Daging buah dan airnya bisa dikonsumsi tatkala haus menyergap di terik panasnya udara kota. Daging kelapa yang menjadi bagian penting dari pohon kelapa dimanfaatkan orang untuk bahan makanan. Daging kelapa muda digunakan untuk kue kelapa, manisan serutan kelapa dan salad kelapa. Sedangkan daging kelapa tua diparut untuk dibuat santan kelapa, kelapa parut dan dagingnya dikeringkan dijemur sinar matahari. Daging kelapa kering orang menyebutnya kopra dan bisa juga dibuat minyak kelapa di mana orang Jawa menyebutnya Blondo.

Batang pohon kelapa kokoh berdiri tegak ditiup angin Pantai Timur Pananjung Pangandaran.


Dalam kaitan kesehatan alami air kelapa yang selama ini dianggap limbah dan dibuang sebetulnya merupakan sumber nutrisi yang baik. Menurut Ir. Hieronymus yang paparannya dimuat di Gaya Hidup Sehat dan ditulis oleh Widya Saraswati, menyebutkan air kelapa merupakan sumber beragam mineral, vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, asam folfat, biotin, riboflavin dan sebagainya.Unsur karbon dalam air kelapa adalah glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol dan lainnya. Sedangkan unsur nitrogen berupa protein. Kadar asam amino air kelapa bahkan lebih tinggi ketimbang asam amino dalam susu sapi.

Sedangkan riset yang dilakukan oleh Soleah Catur Rahayu dari Litbang Departeman Kesehatan menyebutkan air kelapa muda terbukti dapat digunakan untuk detoksifikasi dan menyembuhkan urtikaria (kulit bercak kemerahan). Manfaat lainnya adalah sebagai pembersih darah, obat TBC, obat sifilis, obat demam dan untuk meredakan gangguan pada saluan kencing. Para ahli di Bagian Ilmu Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Pajajaran R.S Hasan Sadikin Bandung telah memanfaatkan air kelapa sebagai bahan untuk rehidrasi oral yang mengandung mineral.

Mineral tersebut antara lain natrium, kalium, klorida dengan ph rata-rata 5.5. Di samping mineral air kelapa muda mengandung glukosa, sakarosam zat putih telur, asam arang, enzim osidase dan katalase yang membuat gula dan zat samak. Masih mengutip Solehah air kelapa muda juga dapat menetralkan zat-zat penyebab alergi sedangkan zat mana dari air kelapa muda yang bisa menetralkan racun masih belum jelas. Namun dalam masyarakat tradisional yang hidup di pedesaan khasiat air kelapa muda khususnya kelapa ijo untuk penawar racun memang telah digunakan sejak dulu sebagai langkah preventip pertolongan pertama dalam kasus keracunan dan nyatanya telah terbukti.

Yang pasti daripada Anda bingung dalam menghapal istilah kimia air kelapa, sehat bersama inti reiki ajak Anda melangkah menuju Pantai Barat Pananjung Pangandaran. Di sini kita bisa menikmati tenggelamnya Sang Mentari di ufuk barat di sore hari sambil menikmati air kelapa muda dengan campuran sirop. Perlahan dan pasti bola raksasa merah menyala mulai tenggelam di telan permukaan air Samudera Hindia. Masih menyiratkan sinar lembayung senja, deretan pohon kelapa tinggi di bibir pantai tetap melambai-lambai daunnya ditiup angin laut.

Sehat dengan inti reiki menulis dari Pantai Barat Pananjung Pangandaran Ciamis Selatan.

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.