ON LINE

Followers

MENJAGA STAMINA DENGAN LIMA CARA

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 26 Desember 2009

Postingan kemaren sehat dengan reiki menulis tentang delapan langkah sehat kali ini tulisan masih seputar gaya hidup sehat alami bagaimana menjaga stamina tetap bugar dengan hanya lima cara. Anda sahabat sehat dengan reiki tentu mengenal Sean Connery bukan? Bagi pencinta film James Bond tentu sudah tidak asing lagi dengan bintang film ini. Bagaimana tidak? Dalam usia 70 tahun lebih ia masih berakting. Ia mendapat gelar Sir dari Ratu Inggris karena perannya yang pas sebagai James Bond, seorang agen rahasia Inggris yang tampan dan tangkas juga macho.


Tapi itu dulu sewaktu ia masih muda. Kendati pun sekarang ini ia sudah pensiun dari peran James Bond ia tetap laris dalam seni peran. Connery masih menjadi pemeran utama dalam film Entrapment sebagai jagoan pencuri bersama Catherine Zetta Jones yang juga naik daun berkat film Zorro itu. Lalu ada Tina Tuner nenek berusia di atas 60 tahun masih tetap mempesona sebagai penyanyi dengan suara dan aksi panggung yang energik luar biasa, tak kalah dengan Janet Jackson yang pantas menjadi cucunya. Kendati pun setelah berkarier 44 tahun ia mulai bicara tentang pensiun dan tetap naik panggung untuk acara amal saja.


Di dalam negeri tentu sahabat sehat dengan reiki pernah dan barangkali kenal dengan Mbak Titik Puspa seorang penyanyi serba bisa. Penampilan nenek beberapa cucu ini masih tetap energik walaupun usia telah merambah ke manula, toh kecantikan beliau masih terpancar dengan aura yang cukup kuat untuk mudah dikenali oleh penonton baik lewat aksi panggung atau pun lewat media televisi. Kira-kira apa saja yang membuat pesohor tadi itu demikian awet mempesona hingga masa tua sekarang ini? Kalau boleh saya bilang adalah stamina prima. Stamina prima adalah ketahanan tubuh yang identik dengan kondisi sehat dan bugar.


Sean Connery pemeran James Bond Agen Rahasia Inggris 007. Tetap bugar dan sehat di usia manula.

Masalahnya bagaimana mencapai kondisi bugar dan sehat ini? "Bugar adalah suatu keadaan jika orang sehari-hari melakukan pekerjaan dengan produktivitas tinggi. Setelah selesai beraktivitas ia masih bisa menikmati waktu luangnya dengan santai tanpa keluhan fisik sama sekali," ujar Dr. H.R. Rachmad Soegih, Sp. G dari bagian Ilmu Gizi FKUI RSCM Jakarta. Kondisi ini tercipta bila organ-organ dalam tubuh secara fisik baik dan dapat menjalankan fungsinya dengan normal.


Akan halnya dengan Dr. Leane Suniar, MSc Wakil Komisi Ilmu Olahraga KONI Bidang Gizi juga mengemukakan pendapat tentang konsep bugar dan sehat seseorang. "Bila stamina baik itu berarti kondisi tubuh juga baik. Misalnya sirkulasi darah dan oksigen berjalan dengan baik, bergerak bagus, bangun tidur badan merasa sehat dan segar," katanya seraya menambahkan untuk bisa mendapatkan stamina yang baik setidaknya ada lima faktor yang harus diperhatikan. Pertama (1) konsumsi makanan yang seimbang. (2) lakukan olahraga teratur. (3) istirahat cukup. (4) minum susu vitamin dan mineral secara cukup dan (5) memperhatikan keseimbangan jiwa.


Penjabaran dari lima faktor di atas tadi bisa kita terjemahkan untuk apa kita makan. Boleh dikatakan hampir semua orang kenal betul dengan konsep empat sehat lima sempurna. Tapi apakah konsep tadi sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari di lingkungan kita. Sayang seribu sayang masih banyak saudara kita di daerah lain bahkan yang ada di Jakarta masih hidup memprihatinkan dengan derajat kesehatan yang kurang bagus yang berhubungan dengan gizi makanan. Karena itu peranan tim penyuluhan kesehatan masyarakat mutlak diperlukan untuk mengenalkan gizi seimbang kepada masyarakat kelas bawah dan kelas atas.


Kita menyadari tidak semua orang mampu melaksanakan gerakan empat sehat lima sempurna. Padahal untuk mendapatkan stamina yang baik diperlukan makanan dengan kualitas dan kuantitas yang sesuai kebutuhan masing-masing. "Sebenarnya seseorang itu harus tahu untuk apa ia makan sayur atau mengapa nasi itu komposisinya lebih banyak di banding dengan buah-buahan," tutur Dr. Leane. Sebagai sumber tenaga, pembangun dan pengatur tubuh itulah fungsi utama makanan. Hidratarang atau karbohidrat, lemak dan protein adalah sumber penghasil tenaga. Protein dan air sebagai zat pembangun. Sedangkan proses dalam tubuh dipegang oleh vitamin dan mineral.


Makanan pokok berupa nasi, roti atau mie menghasilkan tenaga. Lauk pauk selain juga mengandung hidratarang adalah sumber protein hewani dan nabati. Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral. Sekalipun dibutuhkan dalam jumlah sedikit, vitamin dan mineral sebagai pengatur sangat diperlukan agar proses metabolisme dalam tubuh dapat berlangsung dengan baik. Fungsi lain dari zat gizi adalah sebagai antioksidan yang menetralisir radikal bebas yang merusak jaringan tubuh. Selain vitamin dan mineral sayuran dan buah mengandung serat.


Menurut Albert M. Hutapea, MPH dalam bukunya Menuju Gaya Hidup Sehat (1996) karakteristik serat banyak menguntungkan kita. Serat mampu menyerap air sampai enam kali volumenya sehingga membentuk gumpalan yang menyerupai busa dalam lambung dan usus. Makanan kaya serat lebih cepat membuat kita merasa kenyang sehingga dapat mencegah kegemukan. "Serat merangsang gerak peristaltik usus sehingga makanan dalam usus akan lebih cepat berjalan dan memudahkan feces keluar secara teratur," ungkap Dr. Leane lebih lanjut.


Penyerapan makan lebih cepat dan masa kontrak zat karsiogen yang mungkin ada dalam makanan semakin pendek. "Itulah sebabnya dikatakan bahwa serat bisa mencegah kanker di usus kolesterol tinggi dan gula," kata Dr. Rachmad. Ia menjelaskan bahwa susu juga diperlukan jika tubuh memang membutuhkan tambahan seperti ibu hamil, setelah sakit dan masa pertumbuhan. Susu sebagai penyempurna mengandung protein hewani dan air.


Dengan mengetahui peran dalam tubuh bila tidak makan sayur yang mengatur proses dalam tubuh tidak ada. Kalau kurang protein jika ada jaringan rusak tidak bisa diperbaiki. "Makan lemak terlalu banyak ada organ tubuh bekerja lebih berat yaitu liver. Kalau organ tubuh tidak berfungsi normal akhirnya stamina pun menjadi tidak baik," ujar Dr. Leane. Setiap orang mempunyai kebutuhan berbeda. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi banyaknya kebutuhan zat gizi. Faktor tersebut terdiri umur, jenis kelamin, pekerjaan, tinggi dan berat badan dan kondisi kesehatan masing-masing individu.


Semoga dengan mempraktekkan lima cara menjaga stamina ini sahabat sehat dengan reiki senantiasa sehat bugar dalam setiap aktivitas harian. Sebagai saran terakhir yang bisa sehat dengan reiki anjurkan jangan malas minum air putih. Sebab dengan minum air putih yang cukup diharapkan sirkulasi dalam tubuh seperti darah yang membawa oksigen dan sumber energi ke organ-organ tubuh lancar. Selain itu air juga berguna dalam proses pembuangan seperti urin, keringat, tinja termasuk napas yang membawa uap air. Jika Anda sahabat sehat dengan reiki tetap sehat mari kita sama-sama menyongsong tahun baru 2010. Semoga Anda semua tetap sehat, bugar dan tentu saja awet muda..

Sumber : Gaya Hidup Awet Muda (disunting) gambar : Google Image.

4 komentar

  1. Unknown Says:
  2. salam sahabat
    wah sip cara yang mudah dilakukan menurut saya thnxs n good luck ya

     
  3. ALRIS Says:
  4. Info sangat berguna. Salam kenal.

     
  5. tito Says:
  6. uraian nya sangat lengkap sekali, sehingga sangat berguna bagi kita semua, terima kasih telah berbagi tips untuk menjaga stamina, thanks :)

     
  7. heru Says:
  8. nice info sobat, akan saya coba lakukan tipsnya, thanks ya

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.