ON LINE

Followers

STIMULASI DAN NUTRISI BUAH HATI

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 29 Desember 2009

Tiada kebahagiaan lain bagi seorang wanita bila dalam berumah tangga dia dinyatakan hamil oleh dokter kandungan yang merawatnya. Tak terkecuali tentunya sahabat sehat dengan reiki yang

Stimulasi ibu hamil dengan memperdengarkan musik klasik ke jabang bayi.

saat ini tengah hamil 2 bulan ke atas sebagai calon ibu muda. Sangat menggembirakan tentunya, tapi usia kandungan masih muda dan fase kehamilan masa ini adalah paling rentan sekaligus membahagiakan. Pasalnya selama kehamilan, otomatis si calon ibu akan berjuang demi kesehatan dirinya sekaligus kandungan.


Pada saat mengandung inilah para calon orang tua bersiap menunggu kehadiran buah hatinya ke dunia. Oleh karena itu tidak ada kata lain selain melakukan upaya yang mendukung kesehatan ibu sekaligus janin yang dikandungnya. Para pakar kesehatan khususnya kebidanan dan kandungan menyatakan bahwa stimulasi dan nutrisi di masa hamil penting dilakukan. Banyak penelitian menyebutkan bahwa potensi kecerdasan seorang anak dipengaruhi dua faktor utama yaitu genetik dan lingkungan selama dia dikandung oleh sang ibu.


Banyak anggapan selama ini yang menyatakan janin dalam rahim belum mempunyai kemampuan apa-apa selain tumbuh dan baru dianggap sebagai individu setelah lahir. Padahal pandangan ini salah sebab janin sudah memiliki kemampuan yang disebut fetal behaviour. Janin tidak bisa diam dan selalu bergerak melakukan kegiatan bersama tumbuh kembangnya dan beradaptasi dengan lingkungannya.


Adalah Dr. Hermanto Tj dr. SpOg K, spesialis Obstetri Ginekologi Dokter Kandungan RS Dr. Soetomo Surabaya yang mendalami janin dan kehamilan risiko tinggi, menyatakan bahwa ada beberapa cara sinergi stimulasi dan nutrisi yang dapat dilakukan. Misalnya memperdengarkan musik klasik kepada janin, berbicara dan membacakan cerita untuk janin dan minum nutrisi terbaik untuk ibu hamil dan menyusui. Kenapa harus musik klasik?


Hasil penelitian yang dilakukan Dr. Hermanto mengatakan stimulasi terbaik adalah melalui suara yang memperdengarkan musik klasik yang memiliki kombinasi suara yang paling harmonis. Hermanto yang mengambil gelar doktor di bidang teknologi pendidikan menjelaskan bahwa frekuensi musik klasik adalah 3000-8000 Hz, tidak ada nada mayor, sederhana dimainkan sebagian besar oleh alat musik biola yang menghasilkan nada murni terbaik. Musik klasik yang mendukung pertumbuhan sel otak secara optimal hanya dimiliki musik klasik Mozart.


"Otak menerima musik Mozart luar biasa. Tidak semua lagu Mozart bagus. Ada 14 lagu yang memenuhi syarat sehingga dikenal sebagai urutan Mozart. Sekali sehari di malam hari adalah waktu terbaik mendengarkan musik klasik karena resonansi suara terbaik diterima di malam hari, papar Hermanto. Dia menambahkan, "Janin sebagian besar waktunya dipakai untuk tidur, maka pemberian stimulasi musik klasik ini disarankan jangan lebih dari 60 menit." Pemberian musik klasik paling ideal diberikan sekitar janin berusia 20 minggu. Pasalnya di minggu ke-18 telinga bayi merupakan panca indera yang telah tumbuh sempurna dan siap mendengar.


Air ketuban ibu merupakan penghantar suara yang paling baik, maka untuk memperdengarkan musik klasik ini hanya perlu menempelkan headphone ke perut ibu dengan volume pelan. Selain stimulasi musik klasik ada cara lain yaitu mendengarkan suara orangtuanya bicara. Cara ini membuat janin merasa lebih nyaman dan tenang mendengar suara orangtuanya dan membantu menciptakan hubungan emosional yang lebih erat antar ibu dan janin. Manfaat lain adalah untuk merangsang pertumbuhan sel otak janin sehingga bayi akan memiliki tingkat potensi kecerdasan yang lebih tinggi.


Di samping itu bayi akan lebih sigap dan menoleh mencari suara ibunya ketika lahir dan dia akan memiliki rasa ingin tahu besar dan memiliki koordinasi gerakan tubuh yang harmonis. Para ibu tentunya juga memerlukan nutrisi yang baik bagi kesehatan dirinya dan si buah hati dalam kandungan. Oleh karena itu akan lebih baik jika mengombinasikan stimulasi dengan nutrisi yang tepat. Nutrisi yang mengandung kolin, DHA dan asam folat dapat membantu perkembangan sel otak janin agar lahir sehat dan cerdas.


Proses pertumbuhan janin memang sebuah proses yang luar biasa mengagumkan. Di saat inilah sel otak terus tumbuh dan berkembang. Bertambah jumlahnya dan makin membesar dan berkembang karena sel-sel tersebut semakin matang fungsinya. Tidak ada kata lain bahwa stimulasi di dalam kandungan amat diperlukan oleh ibu yang tengah mengandung. Pasalnya penambahan jumlah sel telah selesai saat kelahiran tiba dan tidak akan bertambah lagi. Tapi perkembangan otak masih terus berlangsung asalkan terus distimulasi apalagi jika dilakukan sejak dalam kandungan.


Pak Dokter ini berpendapat bahwa janin di awal kehamilan sudah menjadi individu yang mempunyai hak. Hak diperoleh dari lingkungan saat ibu mengandung dan perlu diberikan stimulasi dan nutrisi sejak 20 minggu sampai melahirkan tiba. "Pemenuhan hak janin sudah harus dilakukan dan saya menyarankan agar cuti melahirkan sebaiknya selama satu tahun. Pasalnya sinaps si buah hati akan tumbuh satu tahun pertama setelah si kecil lahir. Maka alangkah baiknya jika mengasuh dan memegang bayi adalah ibunya sendiri," kata Hermanto seraya menyarankan mulailah memberikan stimulasi dan nutrisi yang baik bagi buah hati Anda...sahabat sehat dengan reiki... sejak dia ada dalam kandungan.


Nah...siapkah Anda semua calon ibu yang baru pertama kali mengandung saat ini untuk mempraktekkan stimulasi ini? Tiada salahnya mencoba dan semoga kesehatan kandungan Anda semua dalam kondisi sehat hingga tiba waktu melahirkan nanti. Salam sehat dengan reiki untuk Anda semua di minggu terakhir tahun 2009.

Sumber : Sehat Akhir Pekan Kompas.


SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.