ON LINE

Followers

MERAWAT KESEHATAN MATA KITA

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 27 Februari 2010

Sepasang mata adalah karunia Tuhan yang luar biasa bagi manusia. Dengan adanya kedua jendela tersebut, beragam warna-warni kehidupan dapat sahabat sehat dengan reiki saksikan secara nyata selama hidup di dunia yang fana ini. Ada warna cerah, kusam, gembira, sedih bahkan paduan warna aura setiap manusia dapat dilihat dengan mata telanjang. Oleh karena begitu pentingnya peranan indera mata jangan biarkan fungsi mata indah milik Anda menjadi berkurang fungsinya karena perlakuan yang kurang tepat oleh pemiliknya.



Dalam ilmu kesehatan kedokteran mengungkapkan beberapa zat di antaranya adalah lutenin dan vitamin A yang banyak terkandung dalam makanan seperti wortel, brokoli, alpukat, bayam, tomat dan lainnya. Makanan sehat ini begitu banyak tersedia di alam sekitar kita. Selain meningkatkan kualitas penglihatan, bahan makanan tersebut dapat mencegah katarak dan glukoma. Untuk menjaga fungsi mata tetap berfungsi dengan baik ada latihan kebugaran mata perlu kita lakukan setiap hari.




Sepasang mata adalah karunia Tuhan yang luar biasa bagi manusia. Dengan mata inilah beragam warna dapat dilihat seperti halnya warna pelangi.

Seperti halnya tubuh, mata juga memerlukan latihan kecil agar tetap bugar. Senam mata barangkali sahabat sehat dengan reiki pernah dengar dari teman sekantor, tetangga bahkan dokter mata yang pernah merawat mata Anda ketika mengalami gangguan. Senam mata dapat merangsang saraf dan otot di dalamnya agar tidak tegang setelah Anda terpaku di depan komputer atau membaca buku. Cukup hanya dengan berkedip beberapa kali untuk melumasi mata lalu tutup mata sekitar lima menit agar mata lebih relaks.



Anda pun bisa mengistirahatkan mata dengan melihat sesuatu yang berwarna segar, misalnya melihat tanaman yang hijau di sekitar tempat tinggal atau di halaman kantor tempat Anda bekerja. Boleh juga di saat jam istirahat makan siang pun Anda bisa rehat sejenak dari terpaan sinar matahari siang hari yang terik dengan berteduh di selasar atau koridor banguan kantor Anda. Pendek kata warna hijau daun pada tanaman sedikit akan mengurangi kelelahan mata apabila kita pandang untuk waktu yang cukup pendek misalnya 5 menit.



Sebaliknya bila beraktifitas diluar ruangan, sebaiknya Anda mengenakan kacamata untuk mencegah masuknya kotoran, sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). Menurut penelitian dari dari Massachusetts University di Amerika Serikat yang dimuat di situs hubpages, sinar UV dapat mengurangi dan merusak fungsi mata. Karena begitu sensitipnya organ mata maka membiasakan diri mencuci tangan sebelum menyentuh mata sangat disarankan dan sebisa mungkin menghindarkan diri dari menggosok mata dengan telapak tangan karena dapat menyebabkan iritasi.



Anjuran lain yang tak kalah pentingnya adalah jangan membaca dengan jarak terlalu dekat atau kurang pencahayaan karena dapat berakibat fatal pada kinerja mata. Mengingat begitu pentingnya mata bagi seorang wanita yang membiasakan diri menggunakan make up, gunakan produk pelembab mata dan hapus semua sisa make up pada mata Anda sebelum tidur di malam hari. Ritual singkat tersebut memiliki efek besar pada keindahan mata. Bagi Anda yang menggunakan kacamata lebih sering, harus memeriksakan mata ke dokter.



Satu hal bagi Anda yang saat ini sudah bisa mempraktekkan reiki tidak salah apabila merawat mata dengan menyalurkan energi reiki yang keluar dari kedua telapak tangan ke mata sesering mungkin. Langkahnya...dengan rileks tutup mata lalu arahkan kedua telapak tangan ke bola mata. Akan terasa ada getaran energi yang ditandai sensasi hawa panas, hangat, dingin silih berganti menerpa bola mata Anda. Rasakan hangatnya mata bila sensasi ini panas atau sejuk pada bola mata bila energi reiki yang mengalir dingin. Getaran energi reiki ini sangat effektip mengatasi rasa perih pada mata bila terlalu lama kita terpaku melihat monitor komputer, layar pesawat televisi bahkan saat kita lelah terlalu banyak membaca.



Mulai sekarang ini mari kita merawat mata sebagaimana dianjurkan oleh dokter mata dan menyalurkan energi reiki ke mata sebagai kegiatan harian saat self healing. Sayangi mata Anda sebagaimana Anda menyayangi organ tubuh lain. Semuanya ini ditujukan untuk kesehatan pribadi selama hayat di kandung badan khususnya bagi sahabat sehat dengan reiki yang hobi berselancar di internet.

Sumber tulisan : Perawatan Kesehatan Kompas (diedit)

1 Responses to MERAWAT KESEHATAN MATA KITA

  1. Mulyati Says:
  2. Terimakasih informasinya mbak....
    Sangat bermanfaat sekali....
    Bagaimana khabarnya... maaf baru bisa kunjung nih di sela-sela kesibukan menyiapkan UN anak-anak.
    Semoga sukses selalu.

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.