ON LINE

Followers

RITUAL KUTKOT SUKU MANGYANGS

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 09 Februari 2010

Bila kita menggali harta karun boleh jadi akan menemukan harta yang terpendam selama puluhan tahun. Tapi apa jadinya bila kita membongkar peti mati yang berisi jenazah manusia yang telah terkubur selama 1 tahun, tentunya membuat ngeri bagi orang yang melihatnya. Tapi tidak demikian dengan adat kebiasaan masyarakat Suku Mangyans di Pulau Mindoro Philipina. Mereka tidak jijik melihat tulang belulang manusia yang masih menyisakan daging busuk berikut rambut yang masih menempel di tengkorak, sebab yang mereka bongkar adalah makam kerabat yang dicintainya.



Kendati pun tulang belulang telah hancur yang menyisakan serpihan daging busuk, pakaian yang melekat pada jenazah masih utuh. Inilah adalah bagian tradisi unik Suku Mangyans di Pulau Mindoro dalam melaksanakan sebuah upacara ritual yang disebut Kutkot. Dalam upacara adat ini warga menggali jasad orang yang dicintai dari dalam kubur dan mendandani jasad tersebut seperti layaknya mendandani manusia.



Peristiwa ini terjadi kepada keluarga Hulyong Antonio yang telah meninggal dunia setahun lalu dan dikuburkan di makam desa setempat. Enam orang anak Antonio beserta saudara-saudaranya dari Suku Mangyans menggali kuburannya. Tulang belulang Antonio kemudian dibersihkan dari tanah dan daging yang masih tersisa kemudian dipersatukan kembali layaknya merakit mainan anak-anak.



Proses ini merupakan bagian dari dari upacara ritual Suku Mangyans yang disebut Kutkot yang harus dilaksanakan oleh anak-anak Antonio atas permintaan Antonio sendiri sewaktu ia masih hidup. Ini semacam wasiat yang harus dilakukan anak keturunan Antonio. Tulang belulang Antonio yang telah dibersihkan kemudian disatukan lalu diberi pakaian dan perhiasan layaknya mengenakan perhiasan seorang manusia.



Teknik mengenakan pakaian pada tulang belulang manusia tersebut membutuhkan keahlian tersendiri yang hanya bisa dilakukan oleh beberapa warga Suku Mangyans. Jasad Antonio yang telah didandani kemudian dibawa ke rumah keluarganya di Desa Bulalacao di Propinsi Mindoro dan disimpan di rumah itu selama satu tahun.

Upacara ritual Kutkot yang merupakan tradisi kuno Suku Mangyans kini semakin jarang dilaksanakan oleh masyarakat Mangyans sendiri mengingat saat ini arus modernisasi telah masuk desa-desa di Philiphina termasuk adanya jaringan internet, tv kabel, siaran televisi dan radio yang menjamah daerah ini sepanjang hari sehingga informasi dari dunia luar sangat mudah diakses oleh warga Suku Mangyans.

Sumber : Reuters dan Life


Membersihkan tulang belulang manusia merupakan bagian upacara ritual Suku Mangyans.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.