ON LINE

Followers

AYO BERHENTI MEROKOK

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 05 November 2009

Saya ingin berhenti merokok itulah tanggapan salah satu artikel postingan lama sehat dengan reiki yang memberi komentar 1 minggu kemaren. Sayang pemberi komentar ini tidak menyebutkan alasannya kenapa ingin segera berhenti merokok. Barangkali keinginan berhenti merokok ini patut kita sambut dengan hati gembira mengingat dampak kesehatan seseorang akibat merokok sudah

anak merokok
Anak kecil pun menikmati asap rokok.

sering dibahas oleh para dokter ahli kesehatan paru dan jantung. Bukan berarti sehat berkat reiki ingin memanasi seseorang agar segera berhenti merokok, tetapi ingin mengingatkan juga bahwa perokok pasif pun bisa terkena imbas dari perokok aktip jika sama-sama menghirup asap rokok.


Keputusan melanjutkan merokok atau berhenti sama sekali dari merokok ada di tangan Anda sekarang juga. Kita pun sadar bahwa bahaya dan kerugian akibat merokok sangat besar bagi kesehatan paru dan jantung seseorang. Ikatan Kesehatan Masyarakat dan Komnas Pengendalian Tembakau memprediksi sebanyak 8 juta orang akan meninggal akibat rokok pada tahun 2030. Kecenderungan angka perokok aktip semakin meningkat dan yang memprihatinkan banyak perokok baru yang masih usia dini di bawah 10 tahun.


Berita itu tentu saja mengejutkan kita semua. Yang sedikit menyenangkan ketika ada seseorang yang ingin berhenti merokok setelah yang bersangkutan terdeteksi penyakit TBC. Sebenarnya 70% perokok ingin berhenti merokok, namun hanya 5-10% yang benar-benar berhasil tanpa bantuan orang lain. Keberhasilan melawan untuk segera berhenti merokok karena faktor lingkungan dan penyuluhan Dinas Kesehatan yang memberi terapi berhenti merokok.


Tentu saja penyuluhan dini tentang bahaya merokok dari Dokter Penyakit Dalam sangat berperan akan keberhasilan menghambat laju perokok aktip. Seorang dokter kesehatan paru pernah berujar kepada sehat ala reiki ketika bersama teman-teman sekantor sedang melakukan general tes kesehatan di Pusat Kesehatan Olah Raga di Kawasan Senayan. Beliau...bapak dokter itu berujar bahwa makin dini usia merokok, berarti paparan asap rokok akan lebih panjang. Pengaruh negatif yang diterima juga lebih banyak dan bervariasi.


Dalam jangka pendek efek samping asap rokok mungkin hanya berupa iritasi atau bronkitis akut. Dalam jangka panjang bisa terjadi bronkitis kronik yang disebut PPOK kepanjangan dari istilah penyakit paru obstruksi kronik sampai kanker paru. Lantas kalau seseorang telah benar-benar berhenti merokok apakah bekas kuat dari pengaruh merokok pada organ pernapasan juga akan bersih dengan sendiri dari pengaruh asap rokok yang telah lama dia hisap dengan nikmatnya?


Terus terang Bapak Dokter yang sudah sepuh dan juga praktisi dari Ilmu Pernapasan ini enggan menceritakan dampak buruk dari dosa merokok, tetapi ketika didesak dengan pertanyaan yang sedikit memancing, beliau berujar bahwa dosa lama dari merokok tidak bisa hilang. Artinya dampak merokok sudah membekas pada organ saluran pernapasan. Terjadinya anatomis di bronkus dan cabang-cabangnya yaitu rusaknya sebagian besar sel-sel kelenjar (sel goblet) sudah berproliferasi memperbanyak diri sehingga produksi dahak berlebihan dan memudahkan infeksi. Akibat paparan asap rokok, sel-sel makrofag alveolar yang berfungsi menghancurkan kuman menjadi lemah.


Segi positip dari keinginan seseorang berhenti merokok lebih karena bujukan kawan, dukungan keluarga dan menanamkan pengetahuan tentang kesehatan organ pernapasan. Sekali lagi perlu penyuluhan yang terus menerus perlunya kita hidup sehat bebas dari asap polusi rokok. Faktor yang paling penting adalah faktor budaya atau nilai-nilai sosial. Misalnya ketika ada larangan merokok di ruangan ber-ac atau katakanlah di bangsal rumah sakit, masih ada seseorang yang dengan bebasnya merokok, dengan sendirinya kita yang melihat akan kesal dan menganggap orang ini tidak punya etika sopan santun dan kurang berbudaya.


Karena itu berhenti merokok butuh keinginan kuat dan merupakan suatu proses atau tahapan yang memerlukan waktu agar keinginan merokok berhenti sama sekali. Dukungan dari orang lain yang telah berhasil dari berhenti merokok bisa membantu. Bila perlu dokter dapat memberikan farmakoterapi yaitu terapi obat untuk membantu. Dalam metode reiki dari berbagai tradisi pun dapat juga membantu memberikan terapi berhenti merokok.


Di lingkungan kantor sehat bersama reiki pun mayoritas pekerja laki-laki sebagian ada yang merokok. Bahkan ruangan tempat bekerja yang didesain bebas asap rokok pun sering kecolongan dengan adanya sisa bau asap rokok di pagi hari ketika ruangan ac ini dibuka. Pasalnya pekerja laki-laki yang lembur malam hari tanpa sungkan dan jengah pun sering mencuri waktu untuk merokok di ruangan ini. Kalau sudah begitu apa boleh buat kita menjadi perokok pasif dalam arti sebenarnya dan korbannya tidak lagi memilih jender. Karyawan wanita pun sering jadi korban menjadi perokok pasif.


Perokok pasif sering berisiko terhadap berbagai gangguan kesehatan. Zat apa saja yang sebenarnya terkandung dalam asap rokok? Rokok mengeluarkan asap dalam bentuk main stream dan side stream. Main stream adalah asap rokok yang langsung dihisap oleh perokok. Ini merupakan asap yang terjadi akibat pembakaran yang cukup sempurna sampai 900 derajat celcius. Side stream adalah asap yang timbul karena orang mengisap rokok. Asap ini terjadi karena pembakaran yang tidak sempurna sehingga kadar zat racun lebih banyak. Perokok pasif akan mengisap side stream yang terbakar tidak sempurna ini. Melihat bahayanya asap rokok maka dari sekarang ini sehat ala reiki ajak Anda berhenti merokok, mau?

3 komentar

  1. Rizkyzone Says:
  2. merokok mang g baik buat kesehatan, tp kalau g merokok merugikan perusahaan, kasiankan.... pastinya akan banyak pengangguran....

    baca d postingan q juga y

    http://rizky2009.blogspot.com/2009/09/bagi-yang-masih-suka-merokok.html

     
  3. Yanuar Catur Says:
  4. mungkin agak susah jika harus berhenti,,karena ini udah menjadi virus
    tapi kalau untuk mengurangi insyallah saya bisa
    amiennn

     
  5. safru Says:
  6. Untuk berhenti merokok akan lebih efektif memang kalau berdasarkan kesadaran diri si perokok karena selain g baik buat kesehatan sendiri juga merugikan orang lain sebagai perokok pasif serta tentunya kantong perokok...

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.