ON LINE

Followers

MEDITASI GERAK PRIBADI

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 16 November 2009

Sudah tiga hari ini sehat dengan reiki libur dalam mengisi postingan blog ini. Mengingat kesibukan kerja rutin maka blog untuk sementara masih berisi postingan lama seputar meditasi. "Kesibukan kerja boleh saja tapi jangan lupa olahraga ya?" itu nasehat teman sekantor yang saat ini lagi hobi olahraga lari mengelilingi Stadion Gelora Bung Karno Senayan. Betul kata sahabat saya itu. Tapi kali ini karena saya bekerja lebih banyak duduk dalam ruangan, maka olahraga yang saya jalani adalah meditasi gerak pribadi saja sehabis bekerja. Nah apa pula meditasi gerak pribadi ini? Kalau sahabat ingin tahu inilah jawabannya.

Meditasi gerak pribadi layaknya meditasi klasik lainnya bertumpu pada gerakan badan berikut kedua lengan kaki dan tangan yang bergerak mengikuti energi yang dominan kita miliki saat ini. Kalau meditasi klasik posisi badan duduk bersila di lantai atau duduk di kursi tanpa punggung menyandar maka meditasi gerak pribadi adalah meditasi gerak yang bertujuan mengeksplorasi energi. Meditasi Gerak Pribadi hanya diajarkan di Aliran Inti Reiki. Dalam Inti Reiki selain belajar penyembuhan pribadi dan orang lain, juga diajarkan untuk memahami diri sendiri sebagai pribadi.

Adanya falsafah kekuatan kehendak bebas yang bertujuan mencapai kesempurnaan hidup bagi setiap insan manusia maka tepatlah istilah "kenalilah dirimu sebelum engkau kenal Tuhanmu". Ini adalah falsafah yang dipakai dalam proses pembelajaran Inti Reiki. Semua manusia harus kenal diri sendiri lebih dulu. Untuk mengenal diri sendiri langkah awal bagi seorang praktisi Inti Reiki harus mengetahui Gerak Pribadi. Gerak Pribadi akan menampilkan gerakan-gerakan otomatis yang awalnya muncul sebagai rasa.

Biasanya saya, sehat bersama inti reiki tidak mengetahui gerakan apa yang muncul saat meditasi gerak pribadi. Setelah berulang kali berlatih dan membiasakan diri mengenal gerak pribadi maka akan ada gerakan dominan dari dorongan energi yang muncul mengikuti gerakan tangan dan kaki. Dari sinilah sehat dengan reiki mulai melakukan eksplorasi energi melalui gerakan lengan dan kaki. Setiap kali berlatih maka pola gerakan dari awal berubah-ubah. Namun seiring berjalannya waktu pola gerakan sama yang menandakan bahwa itulah gerakan dominan diri saya saat ini. Dengan kata lain itulah energi pribadi yang menyertai saya saat meditasi gerak pribadi.

Boleh dikatakan bahwa meditasi gerak pribadi layaknya kita melakukan gerakan silat, senam atau olahraga bela diri lainnya. Bagaimana melakukan meditasi gerak pribadi itu? Baik saja jawab bahwa posisi badan berdiri tegak lurus dengan kedua kaki agak renggang sedikit. Pandangan mata lurus kedepan lalu mata ditutup. Arahkan kedua tangan kedepan lurus setinggi dada kedua telapak tangan saling bertemu. Kondisi tetap rilek, senyum dan pasrah sambil mengucap affirmasi, "Ya...Tuhan , aku mohon diberikan gerak pribadi dan tenaga saya saat ini" . Dalam pasrah kita rasakan ada dorongan kuat sebagai langkah awal energi bergerak mengikuti gerakan kedua kaki dan tangan. Terus kita ikuti keinginan yang muncul tadi dan jangan ditahan biarkan terus bergerak.

Dalam gerakan yang lamban misalnya ingin dipercepat maka ucapkan affirmasi agar gerak energi dipercepat 3 kali lipat. Tidak usah terkejut kalau gerakan badan dan kaki tiba-tiba bergerak cepat. Tetap ikuti gerakan ini dan bila ingin berhenti cukup ucapkan affirmasi "gerakan berhenti". Setiap affirmasi diucapkan gerak pribadi tetap sama yang menandakan bahwa gerak pribadi tidak dipengaruhi umur. Hanya saja ketika mengucapkan gerak pribadi di saat umur 20 tahun, maka energi gerak pribadi akan semakin kuat. Dengan kata lain semakin muda usia kita semakin kuat dan bertenaga energi yang keluar. Lantas pertanyaan yang menjadi teka-teki kita semua adalah saat affirmasi diucapkan... mohon diperlihatkan gerak pribadi kita di usia 1 tahun?

Jadi meditasi gerak pribadi bisa menggantikan gerakan jenis olahraga tertentu. Misalnya Anda ingin diperlihatkan gerak pribadi jurus silat Tai Chi atau Taekwondo padahal Anda belum pernah belajar ilmu bela diri silat Tai Chi atau Taekwondo, maka gerak pribadi yang keluar melalui gerakan badan Anda adalah jurus ilmu bela diri Taekwondo atau silat Tai Chi. Sebaliknya bila Anda seorang ibu rumah tangga yang lemah gemulai ingin diperlihatkan gerak pribadi tari serimpi maka gerakan tari serimpi lah yang akan keluar lewat gerakan tubuh Anda sekalipun belum pernah belajar tari serimpi. Atau Anda praktisi Inti Reiki ingin diperlihatkan energi dan gerak pribadi goyang ngebornya Inul? Semua bisa dipraktekkan dalam gerak pribadi masing-masing praktisi Inti Reiki.

Itulah salah satu meditasi gerak pribadi yang sehat dengan inti reiki praktekkan untuk mengendorkan ketegangan otot di saat banyak duduk dalam aktifitas kerja. Meditasi gerak pribadi ini saya rancang untuk mencegah osteoporosis. Jadi dalam belajar reiki di alamat ini Anda akan belajar bagaimana menyembuhan kasus penyakit serta penyembuhan ke orang lain layaknya reiki tradisi lain yang ada di Indonesia. Hanya saja di Inti Reiki maka kita bisa merancang affirmasi yang bertujuan agar pola getaran energi yang keluar dari kedua telapak tangan kita adalah gerak dan energi penyakit tertentu (misal gerak energi penyembuhan sakit asam urat, darah tinggi, penyembuhan sakit kepala dll). Kuncinya ada di affirmasi yang diucapkan dengan santai, rileks dan pasrah.







2 komentar

  1. Admin Says:
  2. Wahhh,...
    Ini keren nih. Coba diaplikasikan dalam Lomba / kejuaraan Karate atau Taekwondo yang melombakan keserempakan Jurus.

    Tertarik tapi bisa gak ya?

     
  3. whienda Says:
  4. Tante, Papa baru saja menerima hadiah dari temannya, sebuah buku berjudul: The Sepirit of Chan, Faith in Mind. Lalu kami mendiskusikannya. Papa menilai, substansi buku tersebut bukan sebuah metodologi tetapi lebih merupakan doktrin religi. Papa memang sulit dipengaruhi. Dan, itulah salah satu kekurangan dan sekaligus kelebihan Papa. Akan tetapi, Papa juga bisa dan sangat menghargai perbedaan dalam diskusi. Karenanya, Whienda sempat sampaikan bahwa -setahu Whienda- Reiki lebih merupakan metodologi. Kaitannya dengan spritual adalah karena spiritualitas memang bersifat universal. Ya, Papa memang religius.
    Sehubungan dengan nasihat Tante tentang meditasi, kami memang telah sering lakukan. Kalau pas Whienda tugas trining, lalu ada kelebihan jatah hotel, Whienda suka ajak Papa dan Mama. Di sana, di alam terbuka yang sejuk, kami meditasi bersama. Kadang juga mengunakan gerakan-gerakan Chi. Benar nasihat Tante ... sungguh beda rasanya. Meditasi di sana, kami merasa lebih dekat dengan alam dan Penciptanya. Oleh karena itu, Whienda terus "ngangsu" di sumur Tante Arum ...sumur yang tak kan pernah kekeringan air ...
    Sembah-sungkem, Whienda.

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.