ON LINE

Followers

TERAPI MAKANAN MENURUNKAN KOLESTEROL

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 04 November 2009

Ketika jalan sehat di pagi hari melintas perkampungan yang ada tanaman mangga yang sedang berbuah, seorang ibu yang tinggal di desa itu menyapa sehat dengan reiki. Sapaan layaknya teman lama yang sudah kenal, beliau mengatakan kenapa setiap hari tanpa ada rasa bosan saya melakukan olah raga jalan kaki pagi. Secara jujur saya katakan bahwa saya ingin membakar lemak tubuh dengan olah raga jalan kaki saja. Ya olah raga jalan kaki pagi hari sambil menikmati sejuknya udara alam pedesaan tempat saya tinggal.

Beliau lalu bercerita tentang kolesterol tinggi yang telah diidapnya sejak lama. Ketakutannya tentang kolesterol tinggi berdampak pada tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner. Saya dengarkan saja cerita dia seputar kolesterol tinggi, tekanan darah yang tidak pernah stabil dan tentu saja penyakit asam urat. Saya hanya menyarankan saja alangkah baiknya bila Ibu mau olah raga minimal 1 jam setiap hari apakah jalan kaki, joging atau berenang.

Pembicaraan beralih ke masalah sakit jantung. Penyakit satu ini memang begitu mengkhawirkan bagi semua orang yang tidak waspada akan serangan jantung yang bisa mengakibatkan kematian mendadak. Kematian mendadak akibat sakit jantung bersumber dari penyempitan arteri dan timbulnya penggumpalan darah. Semuanya akan memudahkan terjadinya penyakit jantung.

Karena sehat bersama dengan reiki bukan dokter, saya dengarkan saja paparan Ibu ini tentang hubungan kolesterol tinggi dan hubungannya penyakit jantung. Yang dapat saya sarankan mengikuti pola hidup sehat ala dokter dengan cara banyak beraktivitas olah raga, mengkonsumsi makanan tinggi serat dan rendah kolesterol. Saran ini adalah saran yang selalu terngiang-ngiang di telinga sehat bersama reiki saat menghadiri temu alumni Inti Reiki beberapa tahun lalu. Pembicara dalam acara temu alumni ini adalah Dokter yang juga praktisi Reiki.

Memang pernah disinggung tentang kolesterol dengan rekan sekantor, sesama praktisi reiki dan sahabat netter di internet. Bahaya kelebihan kolesterol akan memunculkan bermacam penyakit terutama yang berhubungan dengan pembuluh darah dan jantung. Pola makan dengan gizi seimbang dapat menjadi terapi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mengatur makan yang tepat dapat membantu meningkatkan kesehatan, terutama organ jantung dan pembuluh darah.

jalan kaki 2
Jalan kaki olah raga murah meriah efektif membakar lemak tubuh.


Dengan makanan sehat sistem kerja kardiovaskuler dapat dipertahankan. Kebalikannya pola makan tanpa keseimbangan zat gizi akan memunculkan risiko terkena hipertensi, aterosklerosis serta serangan jantung dan tentu saja stroke. Makanan modern yang serba fast food tinggi lemak jenuh, gula dan garam akan mudah menimbun lemak di pembuluh arteri. Timbunan lemak di pembuluh darah arteri disebut ateroma. Karena itu bagi Anda yang pernah terserang penyakit jantung, sebaiknya lakukan pengaturan makanan yang tepat.

Tepat di sini adalah meningkatkan konsumsi ikan seperti ikan salmon, tuna, sardin dan lainnya. Tambah juga makanan dengan unsur tinggi serat seperti buah-buahan dan sayuran. Bukan itu saja, masih menurut penjelasan Pak Dokter makanan juga mengandung kalium seperti sayuran berdaun hijau, bawang putih, jahe dan buah-buhan sendiri yang membantu menurunkan tekanan darah. Jangan lupa minum air putih 8 gelas atau 2 liter per hari.

Kandungan bioflavonoid dalam sayuran berwarna kuning, orange, merah dan hijau merupakan antioksidan yang membantu mengurangi pengendapan lemak dalam pembuluh darah arteri. Sebaiknya kurangi konsumsi gorengan, daging merah dan makanan berlemak khususnya daging sapi, babi serta susu full cream beserta produk olahannya. Sangat bijaksana batasi konsumsi telor, gula dan garam dalam menu harian.

Yang tidak boleh ditolak dan harus mau dikerjakan adalah lakukan olah raga secara teratur dan intensip. Kalau Anda hobi renang silakan menceburkan diri ke kolam renang. Bila hobi bersepeda lakukan di waktu hari libur atau hobi joging atau jalan kaki lakukan minimal 3 kali dalam seminggu. Setiap latihan olah raga ini minimal lamanya 1 jam. Normalkan berat badan seimbang dengan tinggi badan Anda agar berat badan dalam kondisi normal sesuai dengan usia biologis. Jika Anda merokok coba hentikan kebiasaan ini karena dapat meningkatkan penyakit jantung. Perokok pasif pun bisa menderita layaknya perokok aktip.

Itulah kiat hidup sehat dengan terapi makanan turunkan kolesterol yang dapat sehat ala reiki bagikan kepada Sahabat Ibu ini dan tentu saja penjelasan ini belum tentu memuaskan. Sekali lagi penjelasan ini bersumber dari gaya hidup sehat ala medis kedokteran. Kalau penjelasan gaya hidup sehat ala praktisi reiki, kita sudah punya cara sendiri untuk melengkapi dari yang sudah ada dan tentu saja banyak latihan meraih kebugaran dan kesehatan dalam praktek terapi reiki setiap hari.








1 Responses to TERAPI MAKANAN MENURUNKAN KOLESTEROL

  1. Yanuar Catur Says:
  2. bisa mengurangi darah tinggi juga donk pastinya
    hehehehe

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.