ON LINE

Followers

BODY MIND HEALING

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 27 November 2009




Kalau postingan kemaren sehat dengan reiki menulis latihan unconcsious dialog kepada alam bawah sadar manusia, kali ini tulisan mengupas seputar dialog kepada organ-organ tubuh kita yang telah diciptakan Tuhan kepada semua umat manusia tanpa memandang agama, ras, kebangsaan mau pun asal usul negara melalui latihan yang disebut BMH. Apakah BMH itu nama merk mobil mewah saudara dari BMW? Bukan sahabat...BMH adalah singkatan dari istilah terapi body mind healing yang sangat mudah, murah dan tak mengenal overdosis.

Dengan terapi model BMH ini seseorang bisa ngobrol dengan jantung, paru-paru, ginjal, hati dan seluruh organ dalam miliknya dengan sepuas-puasnya dan bebas pulsa dan dapat dilakukan di sembarang waktu luang tanpa khawatir Anda dicap tak waras. Abaikan saja cap tidak waras ini bila ada orang lain yang mencibir tindakan kita saat berdialog dengan organ dalam milik sendiri. Tujuan kita berlatih terapi model BMH tiada lain kita ingin memelihara organ dalam agar selalu sehat dengan cara mengadakan dialog melalui laku terapi kesadaran tubuh.

Menurut Muhammad Sulhi yang menulis Ngobrol dengan Jantung sepuasnya dan bebas pulsa di Mind, Body and Soul menterjemahkan BMH sebagai terapi kesadaran tubuh yang sejak awal ingin menuntun kita kepada sebuah pemahaman bahwa tubuh manusia itu berjiwa. Orang bule sono berkata, the body has its own mind. Dikatakan tubuh manusia bukan seonggok daging bertulang besi berotot kawat milik Gatotkaca satria Pringgadani dalam dunia pewayangan sana tetapi sesungguhnya mempunyai sistem energi, kesadaran dan semuanya saling berinteraksi secara dinamis.

Tanpa kita sadari sang empunya tubuh kadang tak tahu kalau sel-sel tubuhnya mempunyai kesadaran yang memungkinkan berbicara dari hati ke hati, ngobrol dan mendiskusikan banyak hal dengan jantung, paru-paru atau ginjal misalnya. Tentu saja kita berbicara langsung kepada mereka layaknya kita berbicara kepada seseorang. Anda semua tentunya sahabat sehat berkat reiki bertanya aneh sekali ya kok berbicara kepada organ milik sendiri, apa bisa? Memang aneh pada awalnya. Sebab tanpa kita sadari pemilik tubuh ini senantiasa ngerumpi dengan dunia luar badannya. Sedangkan percakapan bhatin yang muncul dalam dirinya sendiri malah luput dari perhatian.

Ambil contoh yang paling gampang dan biasa kita lakukan dalam keseharian tatkala kita merasa haus dan ingin minum air dalam gelas. Gelas ada di seberang meja kerja kita. Melalui proses dialog imaginer secara spontan antara otak dan tangan kita terjadilah komunikasi dalam waktu singkat yang intinya otak memerintahkan tangan untuk mengambil gelas di atas meja. Perlahan dan spontan kita melangkah dan mengambil gelas di meja seberang. Dalam waktu bersamaan tatkala gelas penuh air, otak masih mengarahkan tangan kita agar memegang erat gelas ini agar airnya tidak tumpah. "Nah...karena engkau haus...ayo segera minum air ini agar hausmu hilang dan siap bekerja kembali,"pinta otak lebih lanjut.

Kalau untuk mengambil gelas saja yang melibatkan organ luar tubuh (tangan) saja ada dialog spontan , mestinya dialog serupa untuk organ dalam tubuh milik sendiri bisa juga dilakukan. Dialog yang dilandasi kesadaran tubuh inilah yang menjadi inti terapi BMH yang di Amerika sana menyebut body awareness, mind power atau the healing power of the mind. Menurut Janti Atmodjo, Ph.D, M.B.A terapis yang praktek di Jalan Pegangsaan Raya Jakarta Timur, BMH diperlukan oleh mereka yang kondisi tubuh kurang seimbang secara fisik, psikis maupun spiritual.

"Ketidakseimbangan ini terjadi karena tubuh selalu diforsir bekerja tanpa memikirkan istirahat yang cukup dan terus menerus dijejali kesadaran yang tidak benar. Kurang istirahat jelas berdampak pada fisik. Tapi bagaimana melacak kesadaran yang tidak benar?" jelas Janti lebih lanjut. Secara teori otak manusia bisa memproses ratusan ribu informasi dalam waktu bersamaan, tapi tetap saja ada yang namanya critical factor, penyaring informasi sehingga informasi yang sesuai dengan belief system saja yang diproses. Sisanya bablas masuk ke alam bawah sadar tanpa bisa dielakkan lagi.

Sayang tidak semua informasi positip masuk alam bawah sadar. Informasi negatif pun ikut tersimpan dalam rak file. Sebagai contoh trauma negative seorang anak yang melihat kedua orangtuanya bertengkar hebat yang berakhir dengan pemukulan bapak kepada ibunya. Dalam belief system sang anak diinformasikan bahwa memukul itu jelek apalagi dilakukan kepada perempuan . Informasi ini disimpan dan mendapat tanggapan positip di otak. Adegan memukul perempuan yang notabene tidak sesuai dengan belief system tanpa sadar juga ikut tersimpan ke alam bawah sadar sang anak. Bukan mustahil kelak dikemudian hari sang anak akan mengikuti jejak bapaknya. Karena itu untuk menuntaskan kasus sang anak agar tidak latah memukul perempuan, peranan terapis di tingkat bawah sadar perlu dilakukan. Terapis ini mirip hipnoterapi tapi lebih luwes.

Terapi BMH melalui tahapan stretching sederhana melibatkan tarik dan buang napas panjang sambil melemaskan leher, bahu, punggung, tangan dan kaki. Tarik dan buang napas alami semampu kita menarik dan menahan lalu membuang napas lewat mulut. Stretching ini dilakukan dengan penuh konsentrasi. Setelah tubuh rileks lalu giliran pikiran yang diarahkan menuju rilekasasi. Posisi berbaring lebih baik digunakan dalam latihan ini menjelang tidur malam hari. Tenangkan pikiran dan pusatkan perhatian dalam kondisi rileks serilek-rileksnya.

Giring pikiran ke dalam sistem tubuh. "Awalnya sulit tetapi kita harus bisa benar-benar berada dalam sistem tubuh. Jika suasana rileks telah tercipta barulah jalur komunikasi dibuka", jelas Janti lebih lanjut. Berdasarkan pengalamannya untuk tahap rileksasi ini bisa 20 menit bahkan bisa 40 menit. Makin panjang waktunya makin bagus apalagi dilakukan menjelang tidur malam supaya setelah latihan ini kita bisa tidur pulas. Rileksasi yang dalam akhirnya tercapai dan kini tiba giliran membuka inner dialog dengan organ-organ dalam kita.

Untuk kasus penyakit stroke, penderita stroke dapat mengucapkan materi ucapan agar penyempitan atau penggumpalan di dalam pembuluh darah cepat lepas. Pembuluh darah dibersihkan, lemak dalam darah dibuang dan aliaran darah lewat pembuluh darah lancar. Nah kini giliran kita bercakap-cakap dengan jantung. Apabila jantung kita bermasalah dan kita sudah masuk ke dalam sistem tubuh, bayangkan diri ini bertemu dan bercakap-cakap dengan jantung. Anggap saja jantung kita sebagai bayi kecil yang harus dilindungi, disayangi dan diberi limpahan kasih sayang penuh perhatian. Pun jika kita masih dikarunia Tuhan dengan kondisi jantung sehat tidak bermasalah ada baiknya kita juga memperhatikan jantung lebih dalam lagi.

Kita mulai bicara dengan jantung. Ucapkan kalimat misalnya, "Sejak aku lahir hingga detik ini wahai jantungku aku sayang sekali kamu. Aku berterima kasih sekali karena engkau telah bekerja keras tanpa kenal lelah. Maaf kalau aku tidak memperhatikan kamu, mulai sekarang ini aku akan lebih memperhatikan kamu." Katakan dengan bahasa santun kepada organ jantung kita dengan bahasa kasih. Jika kerja jantung agak bermasalah perintahkan pembuluh darah membuka lebar, kotoran plak pembuluh darah dibersihkan sehingga sirkulasi darah ke jantung akan lancar kembali.

Dalam kondisi rilek saat kita berbicara ini bila Anda peka akan ada perpindahan energi dari ubun-ubun menyebar ke tubuh bawah. Ada aliran hangat dingin menyebar yang membuat tubuh merasa nyaman. Tentu Anda sahabat sehat bersama inti reiki bertanya lagi bagaiman mungkin dialog BMH bisa menyembuhkan? Jawaban jelas tidak ada dalam buku-buku kedokteran mana pun. Hanya yang sudah memahami sistem tubuh energi, misalnya praktisi tenaga prana, tenaga dalam atau pun reiki dengan mudah melakukan sistem healing ini. Masih menurut Janti dengan mengucapkan kalimat-kalimat positif kita mengharapkan datangnya Energi Ilahi. Dalam agama apa pun dikenal istilah Ruh yang berbentuk energi dan mempunyai kemampuan menyembuhkan.

Interaksi lalu lintas energi yang ada dalam tubuh kita tidak bisa berlangsung serampangan. "Hanya dalam kondisi tertentu kita bisa menyerap dan memanfaatkan Energi Ilahi.Ini bisa dicapai dalam kondisi rileks," sebut Janti lebih lanjut. Kabar baiknya sebenarnya setiap orang mempunyai potensi memanfaatkan Energi Ilahi tersebut. Saat kita berpikir otak menghasilkan energi yang tidak kelihatan tapi ada. Ada partikel halus sekali dari suatu benda yang punya hubungan dengan benda lain terutama berkaitan dengan sesuatu yang bersifat biologis.

"Partikel halus bisa sampai di tempat tujuan tanpa meninggalkan tempat aslinya. Energi ini begitu halusnya sehingga tidak perlu diambil, tapi cukup diteleportasikan. Teleportasi yang paling gampang dan efektif adanya hubungan otak dengan organ tubuh sendiri. Karena itu tidak mengherankan kalau ada orang yang bisa menghipnotis diri sendiri dengan baik," jelas Janti lebih lanjut yang memberikan tips BMH bukan terapi yang bersifat langsung menyembuhkan. Ia lebih mirip supporting unit yang membuat seseorang sembuh lebih cepat, hidup lebih sehat dan tumbuh menjadi manusia yang lebih berkualitas. Jadi... sehat bersama reiki akhiri postingan ini seraya mengingatkan mari berlatih BMH dengan rutin baik tatkala kita tengah sakit atau sehat.

Sumber tulisan Mind, Body and Soul Intisari. (diedit)

Gambar kiri atas sikap rileksasi dengan posisi duduk.
Gambar di bawahnya sikap postur tubuh mengolah napas masuk meditasi.




5 komentar

  1. Citro Mduro Says:
  2. kunjungan balik
    kurang tahu juga apa masalah dengan blog saya, widget sebelah kiri malah tampil pada bigian bawah
    jadi bingung antisipasinya apa harus mengganti tema
    selam kenal

     
  3. Citro Mduro Says:
  4. menenangkan jiwa dapat memberikan kesehatan jiwa dan raga

     
  5. citromduro Says:
  6. mohon pencerahan dan bantuan tetang blog saya tersebut

     
  7. Citro Mduro Says:
  8. saya menjadi pengikut blog ini mbak

     
  9. Terima kasih Mas atas keluhannya itu. Saya sendiri terus terang juga tidak menguasai kode html blogger atau wordpress bila blog saya bermasalah. Yang bisa saya lakukan ya...menulis saja postingan blog.
    Kalau ada masalah blog misal widget saya cukup panggil ahlinya termasuk mengganti template misalnya. Coba mas jelaskan masalah blognya itu kepada sahabat yang mengerti kode html agar bisa edit kode html dan blog tampil anggun apa adanya tanpa gangguan.
    Biasanya yang tahu kode html adalah anak muda yang kuliah IT dan menguasai bahasa HTML blog.
    Kalau saya sih kode buntut saja paham, itu dulu waktu masih sekolah. Kalau edit video dan film aku sudah kuasai sejak tahun 1979 sejak masih memakai peralatan manual film lalu video dan sekarang komputer.
    Makasih atas masukannya tapi saya sarankan belajar unconscious dialog dulu kalau mau agar tubuh tetap sehat atas izin Allah SWT.
    Oh...ya Mas tinggal di Pamekasan Madura ya? aku sudah pernah dinas ke kota ini 2 kali kunjungan.Salam sehat selalu ya untuk Mas dan keluarga tentunya.

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.