ON LINE

Followers

TENGKLENG WIS MUNGGAH BALE.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 06 Agustus 2013

Semua sahabat sehat dengan reiki kundalini plus energi esoterik ala Waskita Reiki yang berasal dari kota Solo tentu saat ini sudah tiba di kampung halaman tercinta. Saat nya berkumpul, bersilaturahmi dengan kerabat, handai taulan, teman sekampung bahkan mantan pacar yang pernah menjalin cinta dulu untuk bersama-sama merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1434 H yang Insya Allah akan jatuh Kamis ( 8/8/13 ) esok. Lebaran kali ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, baik gemanya, suasananya maupun dengan siapa kita pernah menjalin silahturahmi.

Bagi sahabat Blog ataupun Facebook yang berasal dari Solo tentu akan memanfaatkan waktu luang Lebaran kali ini dengan menyempatkan diri kangen-kangenan dengan makanan khas kota Solo yang pernah akrab di lidahnya. Sebenarnya makanan khas kota Bengawan sangat banyak jenisnya. Mulai dari yang kaya akan lemak tinggi, juga kaya akan serat.

Untuk memfokuskan pada makanan klangenan di saat tubuh masih muda dulu, tidak peduli akan dampak kolesterol tinggi jika memakannya, maka wong Solo pasti kenal dengan yang namanya tengkleng. Apa itu tengkleng tentu bagi sahabat yang saat ini tinggal di perantauan, pasti ingin mencicipinya kembali sekalipun atas nama tubuh sehat rendah lemak, makanan ini sudah dijauhinya demi mengurangi dampak kolesterol tinggi dalam aliran darahnya.

Namun, dalam momen lebaran kali ini tak ada salahnya kembali mencicipi aroma tengkleng di habitat aslinya, kota Solo. Apa itu tengkleng dan cara membuatnya, sudah banyak program kuliner di televisi atau pun koran dan radio dijelaskan oleh pakar kuliner, mulai dari yang penampilannya cantik, gemes hingga koki cowok yang njawani. Untuk itulah mumpung berada di Solo, membicarakan tengkleng sebagai makanan khas kota ini tentu sah-sah saja.
Menu wajib Lebaran selain opor ayam, sambel goreng ati, lontong sayur, tak ada salahnya mencicipi tengkleng Solo. Dijamin pasti ketagihan saat menyusrup sumsum tulang muda kambing atau sapi.
Menu wajib Lebaran selain opor ayam, sambel goreng ati, lontong sayur, tak ada salahnya mencicipi tengkleng Solo. Dijamin pasti ketagihan saat menyusrup sumsum tulang muda kambing atau sapi.
Siapa pun Anda yang pernah singgah di kota Solo tentu kenal tengkleng. Jelajah resto melansir tengkleng sebagai makanan berbahan dasar tulang, kepala, jeroan dan kaki yang berasal dari kambing atau sapi. Kenikmatan menyantap tengkleng di habitatnya terletak pada saat menggigit daging yang menempel di tulangnya.

Setelah daging digigit dan cuwil dari tulangnya, kini giliran sumsum tulang muda sapi atau kambing disusrup ( dihisap ) agar keluar dari lubang tulang. Kenikmatan nyrusup sumsum dari dalam tulang akan menimbulkan sensasi tersendiri dan tengkleng ini bisa dinikmati dengan atau tanpa nasi. Jika sudah selesai nyruput sumsum, kini giliran kuah tengkleng cair dihabiskan sendok demi sendok hingga tandas dari piring.

Berbeda dengan gulai kambing, kuah tengkleng tidak menggunakan santan sehingga terlihat lebih bening. Kuahnya bercita rasa pedas-manis dengan bumbu bawang merah, putih, kemiri, merica, ketumbar, lengkuas, jahe dan tentu saja cabai rawit. Konon tengkleng adalah makanan kere alias rakyat jelata kerena tidak bisa menikmati sajian daging sapi atau kambing yang dibuat tongseng.
Ada 2 opsi yang ditawarkan penjual tengkleng Solo. Anda ingin bersantap ala raja Solo dengan piring porselen atau dengan pincuk yang terbuat dari daun pisang kepok. Jika ingin merakyat, tak ada salahnya menimati tengkleng Solo ala rakyat dengan sepincuk tengkleng. Aroma bau khas daun pisang kepok akan menyengat saat disiram kuah hangat tengkleng.
Ada 2 opsi yang ditawarkan penjual tengkleng Solo. Anda ingin bersantap ala raja Solo dengan piring porselen atau dengan pincuk yang terbuat dari daun pisang kepok. Jika ingin merakyat, tak ada salahnya menikmati tengkleng Solo ala rakyat jelata dengan sepincuk tengkleng. Aroma bau khas daun pisang kepok akan menyengat menebarkan bau harum saat disiram kuah hangat tengkleng. Dengan sepincuk nasi tengkleng tidak akan turun derajat status kita di masyarakat Solo. Pendek kata tengkleng sudah munggah mbale.
Padahal penikmat tengkleng tidak saja rakyat jelata. Juragan batik yang belum terindikasi kolesterol tinggi yang disebut ndoro kakung dan mbok mase waktu mudanya juga seneng dengan tengkleng. Karena begitu merakyatnya tengkleng di mata orang Solo, dalam perjalanannya, tengkleng menjadi makanan primadona. Tengkleng akhirnya menjadi salah satu makanan yang paling diburu penikmat kuliner saat sowan ke Solo.

Dengan kata lain jangan mati dulu sebelum menikmati tengkleng Solo. Pendek kata tengkleng kini telah munggah bale alias naik pangkat. Mulai dari rakyat jelata, pejabat dan pendatang yang bekerja di Solo pasti pernah mencicipinya saat ditawari oleh rekannya yang asli wong Solo.

Jika kebetulan Anda saat ini tengah mudik di kota Solo atau pun sekedar jalan-jalan di Solo, ada banyak warung makan dengan tengkleng sebagai menu utama. Warung tengkleng banyak bertebaran di Solo, mulai dari restoran kondang hingga mbok-mbok yang menjajakan tengkleng keliling dengan bakul di gendongan, keluar masuk kampung menjajakan tengkleng. Jadi, silahkan menikmati tengkleng jika anda masih dalam kondisi normal kolesterolnya, asalkan tidak berlebihan.

Selamat datang kembali di kota Solo, The Spirit of Java dan nikmati kuliner khas kota ini dalam acara mudik Lebaran 2013 dengan sepiring tengkleng dan kabarkan kepada kerabat dekat Anda bahwa tengkleng saat ini sudah jadi makanan rakyat. Selain tengkleng jika anda masih penasaran dengan kuliner khas Solo, silahkan cicipi nasi liwet dan serabi. Di kota ini, Anda dapat menemukan makanan kegemaran dengan harga terjangkau. Salam.....

Foto : Tim Indonesia Exploride.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.