ON LINE

Followers

MENGOLAH AMPAS TEBU JADI GEL SILIKA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 29 Agustus 2013

Ampas tebu tidak hanya bisa dijadikan bahan bakar dalam industri gula. Limbah tebu itu dapat diolah menjadi gel silika yang biasa digunakan untuk menyerap uap air serta mencegah tumbuhnya jamur pada obat-obatan, makanan, barang elektronik, serta bahan sensitif lain.

Pengolahan ampas tebu menjadi gel silika dilakukan empat mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada, Intin Nurwati, Denok Kumalasari, Dena Prischa Putri dan Wiwik Indriani. Pembakaran ampas tebu menghasilkan abu.

Menurut berita yang diunggah ke situs UGM, Senin ( 27/5 ), penelitian menunjukkan, abu ampas tebu mengandung silika sekitar 51 persen berfasa amorf.
Pembuatan gel silika dari ampas tebu dilakukan melalui proses ekstraksi basa dan sol-gel. Silika gel dari abu ampas tebu dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan silika gel yang masih diimpor. 

( UGM.AC.ID/ ELN )

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.