ON LINE

Followers

TENDA TERBESAR DI DUNIA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 05 Januari 2011

Khan Shatyr tenda terbesar di dunia yang terletak di Astana, Kazakhstan baru saja selesai pembangunannya peda musim panas lalu. Proses pembangunannya memakan waktu empat tahun. Atapnya yang berbentuk kerucut memiliki tinggi 150 meter dengan radius 200 meter. Bangunan masif ini melingkupi sekitar 100.000 meter persegi ruangan yang dirancang untuk penyelenggaraan acara-acara kebudayaan.



Tenda raksasa ini terbuat dari tiga lapis plastik khusus tembus cahaya yang hemat energi dan bisa melindungi pengunjung dari cuaca yang ekstrem di wilayah itu dimana temperatur udara bisa berubah dari minus 35 derajat celcius pada musim dingin menjadi 35 derajat celcius pada musim panas. Ratusan kabel yang menopang permukaan tenda diampu oleh tripod raksasa yang menjulang tinggi.



GeoWeek sebagaimana dilansir Kompas menyebutkan di dalam tenda, ruangan yang terdiri dari beberapa lantai itu berisi pusat pertokoan, komplek bioskop, restoran, pusat jajanan, taman air dan taman publik. Bahkan di sini juga terdapat pantai lengkap dengan pasirnya sehingga para pengunjung bisa menikmati suasana musim panas sepanjang tahun. Tenda itu dirancang oleh arsitek Inggris, Lord Foster.


Khan Shatyr, dinobatkan sebagai tenda terbesar di dunia, adalah bangunan terbaru untuk skyline futuristik ibukota Kazakhstan, Astana. Tenda yang dirancang oleh arsitek terkenal Inggris Lord Foster, memiliki rumah pantai dan air terjun indoor, serta lapangan golf mini dan kebun raya.


Kazakhtan yang bekas bagian Uni Soviet meraih kemerdekaannya tahun 1991. Rancangan modern Khan Shatyr membantu simbolisasi transisi Kazakhstan dari budaya kuno menuju negara yang progesif dan kontemporer. Arsitek berkelas dunia itu merupakan salah satu tanda modernisasi di Astana, selain bandara internasional yang dirancang oleh Kisho Kurosawa dari Jepang dan gedung kesenian oleh Manfredi Nicoletti dari Italia.



Sumber : GeoWeek.

1 Responses to TENDA TERBESAR DI DUNIA.

  1. wow, besar banget, berapa ongkos untuk biyayanya tuch..

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.