ON LINE

Followers

KOTA TETAP MENYALA SELAMA 50 TAHUN.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 03 Januari 2011

Pada tahun 1962 terjadi kebakaran di dekat pintu masuk menuju bekas pertambangan batu bara di pinggir kota Centralia, kota tambang di bagian timur Pennsylvania. Api diduga berasal dari sampah yang dibakar para pekerja tambang. Begitu api menyala langsung menyambar lapisan batu bara yang berada di lahan bekas pertambangan.



Akibatnya sejak saat itu kawasan tersebut terus membara dan kemungkinan besar kondisinya akan seperti itu dalam 250 tahun ke depan. Centralia yang ditemukan tahun 1866 berkembang dari wilayah dengan sebuah warung kopi menjadi kota berpenduduk 1000 orang. Semua bangunan yang ada di kota itu, termasuk perumahan, perkantoran dan gedung pemerintah dibangun di atas lahan yang memiliki lapisan batu bara antrasit.



Lapisan itu terungkap ke permukaan akibat penambangan yang berlangsung selama beberapa generasi. Antrasit sebagaimana Situs GeoWeek mewartakan sebagaimana dilansir Kompas Minggu, merupakan batu bara yang mengandung kadar belerang tinggi yang mudah terbakar. Sekali terbakar, lapisan itu akan membentuk sendiri sumber oksigen sehingga wilayah yang terbakar amat sulit dipadamkan.


Centralia, Pennsylvania, sebuah kebakaran kecil tidak terduga ternyata merembet menjadi sebuah kebakaran yang luar biasa besar yang konon tidak akan pernah padam sampai ratusan tahun lamanya. Jalan aspal merekah di dalamnya keluar percikan api dari batu bara yang terbakar.

Sekalipun setiap lubang beraspal mengeluarkan hawa panas masih saja ada penduduk Centralia yang bermain dengan anjing peliharaannya.

Centralia, Pennsylvania, sebuah kebakaran kecil tidak terduga ternyata merembet menjadi sebuah kebakaran yang luar biasa besar yang konon tidak akan pernah padam sampai ratusan tahun lamanya.


Api terus membesar dan berbagai upaya telah dilakukan untuk memadamkan kebakaran di Centralia tetapi tak pernah berhasil. Hanya dalam beberapa bulan, wilayah yang terbakar semakin luas. Gas CO yang beracun mulai menguap ke udara. Bukan hanya itu saja, jalan-jalan di seluruh kota mulai terbelah dan meninggalkan lubang-lubang besar.



Tahun 1981 setelah gagal dipadamkan, hampir seluruh penduduk kota mengambil tawaran ganti rugi pemerintah dan mulai meninggalkan Centralia. Hampir semua gedung dihancurkan atau diambil alih sebagai milik Pemerintah Daerah Centralia. Gedung-gedung yang terbengkalai tetap ditinggali sejumlah penduduk yang masih tetap bertahan di kota itu.


Ladang penduduk pun musnah dimakan si jago merah. Di sana-sini muncul asap putih dari rekahan batu bukit panas menghanguskan semak dan belukar.

Sebuah grup investigator, termasuk seorang dewan negara bagian, seorang senator negara bagian, dan seorang direktur keamanan pun melakukan ke lokasi kebakaran.

Api masih saja menyala di bawah kota tersebut dan menurut kabar, batubara yang dikandung dibawah lokasi tersebut sangat besar hingga diperkirakan mampu untuk memberi makan sang api sampai 250 tahun lamanya. Penduduk setempat sudah pergi mengungsi.

Saat ini Centralia merupakan wilayah terbengkalai yang kondisinya mirip lokasi pembuatan film bertema kehancuran. Ironisnya kisah mirip Centralia ini kini terjadi di sejumlah wilayah di China dan India. Sudah seperti tanda kiamat saja ketika jalan dikota Pennsylvania, Amerika, terbuka lebar dan di dalamnya adalah kawah api. Sungguh seperti kota yang ada di atas belanga yang sedang menyala.



Sumber : GeoWeek Kompas 12/12/10

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.