ON LINE

Followers

KURA-KURA AIR TAWAR.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 04 Januari 2011

Kelompok-kelompok konservasi mewaspadai penurunan secara cepat populasi kura-kura air tawar selama dua dekade terakhir. Sekitar 30 sampai 40 persen dari 280 spesies kura-kura air tawar di dunia terancam punah. Yang terparah adalah kura-kura raksasa berkulit empuk Red River ( Rafetus Swinhoel ) asal Asia yang jumlahnya hanya tinggal beberapa.



Situs GeoWeek sebagaimana dilansir Kompas, mewartakan fenomena itu menunjukkan kehidupan binatang jenis amfibi dan reptilia yang semakin terancam. Sejumlah persoalan menjadi penyebab kepunahan mereka di antaranya perburuan liar, penjualan ilegal dan hancurnya habitat akibat pertambangan dan pembangunan bendungan.



Fisiologi kura-kura juga berkontribusi terhadap hal ini. Sebagian besar kura-kura air tawar hidup selama 50 tahun, tetapi mereka perlu waktu 20 tahun untuk mencapai masa dewasa dan mampu bereproduksi. Daging kura-kura dan kulitnya dihargai mahal di negara-negara di Asia, khususnya China karena dianggap berkhasiat.


Kura-kura juga bisa hidup di danau, muara dan hutan bakau. Sayangnya dalam dua dekade 11 familia dari kura-kura jenis ini terus menurun. Selain diburu sebagai binatang peliharaan. Kura-kura sangat berharga di Asia, khususnya di Cina. Mereka dikonsumsi sebagai obat.


Mengonsumsi daging kura-kura diyakini dapat mengobati sejumlah penyakit, seperti nyeri sendi, malaria dan TBC. Munculnya penangkaran kura-kura telah mengurangipasar perburuan kura-kura. Sejumlah spesies kura-kura di Bangladesh, China, India, Myanmar, Nepal dan Vietnam terancam punah. Di negara-negara ini hilangnya habitat kura-kura seperti rawa dan sungai tergolong tinggi.



Dr Peter Paul van Dijk, direktur Tortoise Conservation International dan Program Konservasi kura-kura air tawar, mengatakan masa depan kura-kura ini sangat suram. "Kura-kura adalah hewan yang membutuhkan 15-20 tahun untuk menjadi dewasa dan kemudian hidup selama 30-40 tahun," ujarnya. Mereka meletakkan telur di darat setiap tahun. Namun, kata Paul, jika Anda mengambil hewan-hewan ini sebelum mereka berusia 15 tahun maka selesai sudah. Mereka tidak bisa lagi bereproduksi.



Tidak seperti penyu atau kura-kura yang hidup di laut, kura-kura air tawar lebih jago beradaptasi. Mereka bisa hidup jauh dari sungai, bahkan bisa hidup di sungai kecil di perbukitan.



Sumber : GeoWeek.

1 Responses to KURA-KURA AIR TAWAR.

  1. rupanya tidak hanya penyu yang semakin terancam punah, ternyata kura-kura air tawar juga. menyedihkan sekali.

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.