ON LINE

Followers

KARANG GLOVER.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 09 Januari 2011

GeoWeek mewartakan bahwa sebuah pulau karang kecil di Belize dianggap sebagai model konservasi alam terbaik. Ditetapkan tahun 1993 sebagai wilayah laut yang dilindungi pulau karang tersebut sebagai rumah bagi sejumlah mahkluk laut seperti ikan, ikan pari, hiu dan terumbu karang.



Karang Golver demikianlah gugusan pulau itu berada diambil dari dua nama pembajak bersaudara sekitar tahun 1750, letaknya 47 kilometer dari pesisir Belize dan satu dari sedikit pulau karang yang ditemukan di Samudra Atlantik. Kegiatan nelayan untuk menangkap ikan secara terbatas di wilayah sepanjang laut yang dilindungi ini tetap diperbolehkan. Alasannya untuk menjaga keseimbangan alam, khususnya di antara para predator seperti hiu dan barakuda.


Pada gambar kita bisa melihat, ada dua pelangi yang melewati atol pada Glover, salah satu situs warisan dunia di Belize. Atoll adalah cincin koral yang pertama kali tumbuh di sekeliling garis pantai suatu pulau, namun terus berkembang ke atas dan "menimpa" pulau tsb. Atoll Glover Reef terdapat di Laut Karibia. Dan merupakan tempat yang menarik untuk berenang, snorkling, dan menyelam. Atoll Glover memiliki 700 karang pada lagoonnya dan dengan ketinggian yang variatif, antara 25 hingga 2.700 kaki.


Keberadaan hiu tetap penting bagi keseimbangan ekosistem karena mereka memberi kehidupan bagi terumbu karang. Keberadaan hiu juga membuat barakuda tetap terawasi sepak terjangnya sehingga ikan yang menjadi makanan barakuda, bisa leluasa menyantap gangang. Alhasil, ganggang tidak sampai menyumbat terumbu karang.



Sekalipun upaya-upaya proteksi cukup efektif, polusi dan perubahan iklim tetap mengancam keberadaan karang. Karena itu The Belize Barrier Reef Reserve System, termasuk Karang Glover merupakan karang penghalang terbesar di belahan bumi utara yang pada tahun 1996 ditetapkan sebagai warisan dunia Unesco.



Sumber : GeoWeek Kompas. Photo by : www.hadinisme.blogspot.com

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.