ON LINE

Followers

PETA BESAR YANG MENYUSUTKAN DUNIA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 02 Januari 2011

Hanya segelintir orang saja yang mendalami sejarah China yang mengenal Matteo Ricci, pendeta Jesuit kelahiran Italia. Popularitas Ricci terkait dengan kerjanya sebagai misionaris di China sejak tahun 1582 sampai 1610. Ia merupakan orang Barat pertama yang bisa masuk ke Beijing dan Kota Terlarang.


misionaris Yesuit Italia, Matteo Ricci, yang pertama kalinya menunjukkan benua Amerika dan mengidentifikasi Florida sebagai "Land of Flower."


GeoWeek mewartakan sebagaimana dilansir Kompas Minggu 26/12 bahwa Ricci mengenalkan masyarakat China kepada jam dinding, mengembangkan metode penulisan bahasa China dengan menggunakan alfabet Latin, menerjemahkan Euclid ke China dan mengasah kemampuannya sebagai ahli matematika dan kartografi. Karya kartografinya lah yang membuat Ricci tetap dikenang sampai hari ini. Khususnya karyanya berupa enam panel peta dunia yang ia ukir pada bilahan kayu dan dicetak di kertas.

Peta beranotasi yang diselesaikan tahun 1602 itu panjangnya 3,8 meter kali 1,7 meter. Peta itu menggambarkan dunia saat itu dengan Kemaharajaan China sebagai pusatnya. Untuk merinci keterangan gambar, Ricci memenuhi petanya dengan anotasi, semuanya dalam bahasa China.


Peta langka abad ke-17 yang menunjukkan Tiongkok sebagai pusat dunia. Peta tersebut dibuat pada tahun 1602 oleh misionaris Yesuit Italia, Matteo Ricci, yang pertama kalinya menunjukkan benua Amerika dan mengidentifikasi Florida sebagai "Land of Flower."


Peta buatan Ricci menghilangkan berbagai ilustrasi mitologi yang umum dijumpai pada peta-peta periode sebelumnya. Peta Ricci ini dianggap sebagai repersentasi ilmiah gambaran dunia. Ricci juga menjelaskan perihal garis bujur dan garis lintang, termasuk skala jarak bumi ke planet, juga lamanya siang dan malam.


Peta yang dibuat pada 1602, mengidentifiksai Folrida sebagai 'Land of Flowers' (AP)

Katalisator perdagangan: Peta ini diperkirakan merepresentasikan pertemuan penting pertama antara Timur dan Barat. (AP)


Hanya enam buah peta Ricci yang diketahui pernah ada. Meskipun demikian selama berabad-abad diyakini tak ada satu pun peta yang selamat, sehingga peta tersebut dijuluki bunga tulip hitam yang mustahil. Salah satu peta Ricci baru-baru ini dimiliki oleh Yayasan James Ford Bell dan akan dipamerkan secara permanen di Perpustakaan Bell di kampus Universitas Minnesota.



Sumber : GeoWeek Kompas Minggu 26/12/10

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.