ON LINE

Followers

BANJIR BRASIL LEBIH DARI 500 ORANG TEWAS.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 16 Januari 2011

Brasil yang kali ini dipimpin oleh Presiden wanita Dilma Rousseff tengah menghadapi bencana besar banjir bandang yang terjadi di negara itu. Dilma Rousseff menyatakan akan melakukan tindakan kuat bagi pemerintahannya yang telah mengeluarkan 470 juta dollar AS bantuan darurat awal dan mengirim pula 7 ton obat-obatan. Ini semua karena terjadinya badai pada Rabu dinihari yang menjatuhkan curuh hujan di atas normal. "Pemandangannya sangat mengejutkan," kata Presiden Dilma Rousseff setelah mengunjungi daerah ini hari Kamis ( 13/01 ).



Badai yang menyebabkan lumpur longsor dan menyapu kota-kota dan desa-desa serta menghancurkan rumah-rumah, jalan dan jembatan lalu merobohkan tiang listrik dan telepon. Kota paling parah terkena bencana adalah Novo Friburgo dengan korban tewas 225 orang, Teresopolis dengan 223 orang tewas dan Petropolis dengan 39 korban tewas. Menurut para pejabat kota praja, sejumlah 19 korban tewas tercatat di desa Sumidouro.



Para regu penyelamat di Brasil dibayangi potensi bersiap menghadapi hujan lagi. Mereka berjuang mencapai daerah-daerah yang terputus oleh banjir dan tanah longsor yang telah menewaskan lebih dari 500 orang. Pejabat kota praja di wilayah Serrana, sebelah utara Rio de Janeiro mengatakan, sedikitnya 506 orang tewas. Jumlah itu melebihi angka 437 korban tewas dalam tragedi lumpur longsor tahun 1967, yang sebelumnya dianggap sebagai bencana terbesar Brasil.


Banjir di suatu desa di negara bagian Rio de Janeiro, Brazil. Tim penyelamat Brazil terus bersusah-payah menemukan para warga yang masih tertimbun reruntuhan dan lumpur akibat bencana banjir, Rabu 12 Januari 2011. Jumlah korban pun terus bertambah. ( AP Photo/Roberto Ferreira, Agencia O Dia )


Saat petugas penyelamat sampai ke desa akan lebih banyak jenazah diperkirakan akan ditemukan di desa-desa yang terputus karena rusaknya jalan dan jembatan-jembatan di kawasan itu. Upaya menemukan korban yang selamat dan tewas dilakukan dengan menghadapi ancaman lumpur longsor karena hujan terus turun di kawasan yang tak bisa lagi menyerap air, membuat tanah sebagian tidak stabil.



Seorang penduduk yang berlindung di sebuah gedung olahraga yang dijadikan tempat penampungan pengungsi di Teresopolis, Albertino Lazaro ( 54 ) mengatakan, " Apa yang terjadi di sini adalah absurd layaknya seperti perang Vietnam. Akan jauh lebih baik di sini daripada di dalam lumpur," katanya menggambarkan tempat penampungan itu. Tercatat lebih dari 13.500 orang kehilangan tempat tinggal.



Selain menimbulkan kerugian melayangnya nyawa dan harta benda, kerusakan akibat hujan itu juga akan semakin meningkatkan harga pangan di beberapa bagian Brasil tenggara. Kondisi ini menjadi keprihatinan pemerintah. Wilayah Serrana adalah penghasil penting buah dan sayuran bagi kawasan Rio. Namun banjir tak memengaruhi produksi utama Brasil, seperti kedelai, tebu, jeruk dan kopi.



Yang menyedihkan di Teresopolis, jenazah-jenazah dibawa ke sebuah gereja setelah kamar jenazah kota itu tak mampu lagi menampung. Para pejabat memperlihatkan foto jenazah untuk mengidentifikasi anggota keluarga. Pemakaman dilakukan sepanjang hari Kamis di tengah gerimis yang terus turun. Sebelumnya para petugas bekerja keras menarik orang-orang dari air banjir yang mengalir deras dan memeriksa rumah-rumah yang rusak untuk mencari korban selamat, tetapi hanya menemukan jenazah.



Dari reruntuhan rumah petugas menyelamatkan bayi berusia enam bulan. Seorang wanita memeluk anjingnya di reruntuhan rumahnya, sementara arus banjir yang sangat deras menyapu dinding rumah yang tersisa. Wanita itu menangkap sebuah tali yang dilemparkan dari atap di dekatnya. Namun malang untuk bisa memegang tali itu, dia harus melepas anjingya.



Sumber : Reuters/AP/AFP/Kompas.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.