ON LINE

Followers

BAHASA PERU YANG HILANG KETEMU LAGI.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 02 Januari 2011

Ada puluhan bahasa yang sudah musnah di Amerika Selatan akibat penjajahan dan kondisi geografis benua itu. Amerika Selatan setidaknya menurut Situs GeoWeek sebagaimana dilansir Kompas Minggu 2/12 memiliki lebih dari 30 keluarga bahasa. Bandingkan dengan gabungan Afrika, Asia dan Eropa yang jumlahnya hanya 21. Afrika memiliki banyak bahasa Individual, tetapi semua itu berasal dari keluarga bahasa yang sedikit jumlahnya.



Quechuan merupakan satu dari 10 keluarga bahasa utama di Amerika Selatan yang masih eksis. Bahasa itu diyakini berasal dari wilayah utara Peru dan digunakan di wilayah Andes lebih dari lima abad. Quechuan sendiri terdiri dari 47 bahasa terpisah



Para peneliti yang pada saat ini bekerja di kompleks penggalian arkeologi El Brujo berhasil menemukan surat berusia 400 tahun yang ditandai dengan angka-angka yang aneh. Angka-angka itu ditulis di belakang surat, sepertinya merupakan upaya dari si penulis untuk menandai terjemahan bahasa Spanyol untuk angka-angka dari sebuah bahasa yang tidak diketahui.


Surat itu ditemukan di bawah tumpukan batu bata adobe di sebuah kompleks gereja yang roboh dekat Trujillo, 347 mil sebelah utara Lima. Kompleks ini telah dihuni oleh biarawan Dominika selama dua abad.


Surat itu ditemukan di di reruntuhan Magdalena de Cao Viejo yang dahulunya merupakan sebuah gereja. Meski sebagian isi surat merupakan bahasa Quechuan, banyak juga angka yang tidak pernah dilihat sebelumnya. Para ahli bahasa yang meneliti surat itu menduga, angka-angka itu berasal dari dari salah satu bahasa yang telah musnah, kemungkinan Quingnam atau Pascadora.



Menemukan bahasa yang telah musnah mengingatkan pada keragaman yang ada pada awal masa penjajahan di Amerika Selatan. Dokumen-dokumen itu sekaligus menunjukkan bahwa penjajahan Spanyol di Peru pada abad ke-17 kemungkinan lebih ekstensif dari yang semula diduga.



Sumber : GeoWeek Kompas Minggu 02/01/11

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.